KEUMALA

Written By FATAMORGANA on Sabtu, Februari 18, 2012 | 2/18/2012

Dari Judulnya saya teringat sebuah kecamatan di Kabupaten Pidie, Nanggröe Aceh Darussalam, Indonesia. Kebetulan adik ipar pernah mengabdi disana sebagai seorang polisi . Kecamatan ini terkenal dengan berasnya yang enak dan air yang bersih.

Namun kali ini Keumala sesuai dengan judul postingan diatas adalah nama tokoh dalam sebuah film yang berjudul sama. Meskipun settingan filmnya sendiri tidak jauh dari Kecamatan Keumala Kota paling utara Indonesia yaitu Kota Sabang.

“Keumala”
adalah sebuah film drama romantis yang dibintangi oleh Nadia Vega dan Abimana Aryasatya. Film besutan sutradara Andhy Pulung ini bercerita tentang betapa besarnya kekuatan cinta antara dua insan yang saling menyayangi. Kisah-kasih mereka ini bersettingkan indahnya kota Sabang.


Andy sendiri sebetulnya telah lama malang melintang sebagai penata gambar di beberapa film seperti “Under The Tree” dan “Opera Jawa”. Kini ia dipercaya oleh Teuku.M.Iqbal dari Indirama Film untuk menjadi sutradara film “Keumala”.


Sinopsis Film Keumala

Senja. Momen alam yang paling indah. Setidaknya itu menurut Langit, sang fotografer. Awalnya senja cuma pelarian atas kekecewaannya terhadap masa lalunya Pelarian yang justru mengajarkannya banyak makna kehidupan. Jadilah ia mengadakan pameran foto bertema langit senja di sebuah kapal

Siapa sangka, di kapal ia justru terlibat perdebatan menyebalkan yang mengusik lagi soal idealismenya sebagai fotografer dengan seorang penulis dan pembuat sketsa yang cantik tapi kepala batu bernama Keumala

Perdebatan-perdebatan ini justru membuat mereka semakin menuding sekaligus dekat dan saling memahami. Dan mungkin manjadi 'rasa'. Di kapal juga, dua manusia yang terbawa romantisme senja di kapal ini berkenalan dengan anak perempuan usil yang cerdas sekaligus optimis soal mimpinya menunggu ibu yang belum juga ditemukan paska tsunami Aceh

Di Sabang, Keumala justru dibenturkan lagi oleh pertanyaan-pertanyaan tentang cinta. Setelah ia mengetahui ia justru divonis menderita retinitis pigmentosa, sebuah penyakit menurun yang bisa berujung pada kebutaan.

Keumala semakin membutuhkan jawaban apakah ia dicintai Langit?
Sanggupkah ia menghasilkan karya jika ia buta? Apakah senja terindah itu berhasil ditemukan oleh Langit? Dapatkah semua pertanyaan-pertanyaan itu terjawab dengan cerita indah?

Film Keumala hadir, mungkin tidak untuk menjawab semua pertanyaan tentang hidup. Tapi bisa jadi mengingatkan kita tentang nilai kesyukuran dan pentingnya tetap menjaga harapan

“Keumala” direncanakan untuk rilis pada tanggal 1 Maret 2012. Jika melihat dari film-film sebelumnya yang bersetting daerah eksotis seperti Belitung di “Laskar Pelangi”, rasanya “Keumala” pun akan membuat kota Sabang populer segera setelah peluncuran filmnya.

Teaser Film Keumala



Denaihati

Share this article :

34 comments:

  1. Bila baca jalan cerita dah nampak keistimewaan Keumala ni, filem yang harus ditonton :)

    BalasHapus
  2. bakalan jadi film yang bisa memberikan pelajaran yang baik,terimkasih buat infonya!!!

    BalasHapus
  3. postingan yang sangat menarik :)
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

    BalasHapus
  4. semoga jadi film yang disukai banyak masyarakat dan memberikan contoh bagi yang membutuhkan,,,

    BalasHapus
  5. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    BalasHapus
  6. Sebuah film yang banyak memberi pelajaran tentang optimisme...

    BalasHapus
  7. wooww,..
    lumayan buat ditonton nihh...
    terima kasih atas infonya pak...

    BalasHapus
  8. rilisnya 1 Maret yaa, bentar lagi donk. . .

    BalasHapus
  9. kurang kenal dgn pelakon2 ini.. tetapi sinematografi nya teramat lah cantik... :)

    BalasHapus
  10. Cukup lama saya nda nonton film, terlebih film-film Indonesia yang sempat dipenuhi deretan film-film mistis. Mudah-mudahan film ini tidak 'serendah' film-film mistis tersebut.

    BalasHapus
  11. sepertinya bagus ini film. layak untuk direkomendasikan ms bro,,, salam kenal ya..

    BalasHapus
  12. mudah-mudahan bisa liahat sendiri seperti apa ceritanya :D

    BalasHapus
  13. tgl 1 maret yaa.... hmmm, sedikit menyangsikan siy ceritanya akan sama dengan cerita2 indonesia yang begitu-begitu ajah. tapi karena yg maen nadia vega jadi sedikit mendongkrak karena aktingnya aku suka.

    halah, aku kayak pengamat ajah. hahahahaha

    BalasHapus
  14. Semakin banyak film yang diproduksi untuk mengangkat sebuah citra daerah, lebih banyak memungkinkan agar masyarakat mengenal lebih dekat dengan situasi dan kondisi serta budaya dari daerah setempat dengan segala warna kehidupannya. Dengan membaca sinopsis film ini, saya berkeyakinan bahwa para kreatif film sudah memulai untuk mengangkat semua daera-daerah yang ada di indonesia sebagai bagian dari promosi profile daerah setempat dengan pesan moral budaya yang di milki bangsa ini.


    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blob

    BalasHapus
  15. info yg menarik,
    terima kasih atas info nya...

    BalasHapus
  16. jadi pengen nonton...
    trims....

    BalasHapus
  17. film lagi nih,,,berkat terus update di blog ini saya selalu mengetahui film2 terbaru yang akan keluar,,,terima kasih pak,,ini sepertinya menarik sekali,

    BalasHapus
  18. baca sinopsisnya juga sudah rame,,gmn kalo langsung nonton filmnya

    BalasHapus
  19. judulnya sama dengan nama ,,yang kalau bahasa sunda sering disebut dengan KOMALA

    BalasHapus
  20. wah settingan tempatnya di sabang,,
    filmnya bakal rame ga ya?
    derama harus nonton

    BalasHapus
  21. nadia vega exis lagi :D
    kita tunggu saja film keumala ini..

    BalasHapus
  22. Film yang berbeda dengan film-film Indonesia lain nya.. Terimakasih atas Blog nya mengenai Keumala. Saya berharap kualitas dunia perfilman indonesia meningkat mutu nya.

    BalasHapus
  23. Terimakasih atas Blog nya tentang Keumala. FIlm Keumala berbeda dengan film-film Indonesia lainnya. dengan tata bahasa yang di rangkai sangat indah di tambah gambar visual yang sangat menarik untuk di pandang. Saya berharap kualitas dunia perfilman Indonesia meningkat mutu nya dan kualitas ide-ide cerita nya. Terimakasih.

    BalasHapus
  24. blog yang sangat bagus, ini jadi inspirasi saya gan

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger