Home » , , » Maria Sibylla Merian : Pelukis Naturalis dan Pecinta Serangga di Logo Google Hari Ini

Maria Sibylla Merian : Pelukis Naturalis dan Pecinta Serangga di Logo Google Hari Ini

Written By FATAMORGANA on Selasa, April 02, 2013 | 4/02/2013

Maria Sibylla Merian -  Hari ini 2 April 2013, Google kembali tampil dengan logo unik yang menampilkan gambar kupu-kupu, ulat, kadal dan beberapa binatang liar lainnya.

Hari ini Google sedang merayakan hari ulang tahun yang ke-366 dari seorang pelukis yang juga ilmuwan pecinta serangga, Maria Sibylla Merian. Mungkin tidak banyak dari kita yang akrab dengan nama itu. Namun, bagi orang Jerman, perempuan ini adalah sosok yang cukup populer dan membanggakan.

Maria Sibylla Merian dilahirkan di Frankfurt, Jerman, pada 2 April 1647. Ia dikenal sebagai seorang pelukis, pecinta serangga, ilmuwan biologi dan peneliti ilmiah yang mengabdikan hidupnya untuk mempelajari tentang tanaman dan seluk-beluk serangga.

Maria semakin terkenal berkat karya lukisnya yang sangat indah dan teramat mirip dengan aslinya. Keahliannya dalam melukis ini justru sangat menunjang aktivitasnya di bidang penelitian ilmiah.

Karena saat itu kamera foto belum ditemukan, maka banyak sekali peneliti yang mengabadikan hasil mengamatannya lewat media gambar, tentu saja mereka harus melukis sesuai aslinya, sehingga gambar hasil penelitian itu bersifat naturalis. Inilah yang menjadi nilai lebih Maria.

Kecintaannya kepada tanaman dan serangga, membawa Maria mengembara ke hutan tropis di Suriname, sebuah negara kecil nan indah di kawasan Amerika Latin. Seraya melakukan penelitian tentang flora dan fauna, ia mengabadikan semua yang dilihatnya ke dalam buku sketsa.

Sekembalinya ke Jerman, Maria menerbitkan hasil gambar penelitiannya ke dalam sebuah buku yang berjudul Metamorphosis Insectorum Surinamensiu. Buku tersebut ternyata diminati oleh kaum bangsawan dan orang-orang kaya di Jerman sehingga terjual ludes di pasaran.

Oleh karena itulah Maria justru lebih dikenal sebagai seorang pelukis beraliran naturalis ketimbang sebagai ilmuwan yang sebenarnya menjadi profesi aslinya.

Maria Sibylla Merian mengembuskan napas terakhirnya di Amsterdam pada 12 Januari 1717. Ia memberi banyak kontribusi bagi penelitian serangga dan tumbuh-tumbuhan, terutama yang ada di Amerika Latin. Konon, kumpulan bukunya pun dihargai hingga ratusan ribu dolar.



Denaihati
Share this article :

11 comments:

  1. Logo Google edisi Maria Sibylla Merian sangat mengandung banyak nilai-nilai yang tersembunyi :) hehehe

    BalasHapus
  2. Wah,, Tahun kelahirannya lebih tua dari kemerdekaan Negara kita yah..

    BalasHapus
  3. Pantas ketika saya membuka laman google muncul Doodle yang aneh ternyata itu adalah ulang tahun dari maria sibylla merian.

    BalasHapus
  4. Siapapun dia pastinya dia adalah orang yang terhebat, karena measin pencari terbaik di duniapun yaitu Google memperingati ulang tahunnya

    BalasHapus
  5. Makasih banyak atas info yang anda sampaikan..sangat membantu sekali mas..selamat siang untuk semuanya..salam kenal dari penjual obat herbal alami ...

    http://goo.gl/EG6VO

    BalasHapus
  6. selamat hari jadi untuk Maria Sibylla yang ke 366

    BalasHapus
  7. tema google hari ini adalah tentang hari jadi maria sibylla

    BalasHapus
  8. terima kasih sudah berbagi infonya

    BalasHapus
  9. googles doodles hari ini keren,,menampilkan seorang pelukis yaitu maria sibylla,

    BalasHapus
  10. oh jadi maria sibylla itu pecinta serangga, baru tahu saya arti logo google hari ini.

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger