Home » , , » Bram Stoker : Novelis Dracula Di Logo Google Hari Ini

Bram Stoker : Novelis Dracula Di Logo Google Hari Ini

Written By FATAMORGANA on Kamis, November 08, 2012 | 11/08/2012

Hari ini Google kembali tampil dengan logo unik yang bertajuk Ulang Tahun Bram Stoker ke-165. Siapa Bram Stoker? Kenapa Hari lahirnya diperingati secara khusus oleh Google?

Abraham "Bram" Stoker lahir di Clontarf, Irlandia, pada tanggal 8 November 1847. Semasa kecilnya, Dia adalah anak yang sakit-sakitan, sebagian besar masa kanak-kanaknya sampai sekitar usia tujuh tahun di habiskan di tempat tidur. 

Setelah tumbuh menjadi seorang pemuda, Stoker tertarik dengan kisah yang sering diceritakan oleh ibunya, Charlotte saat dia terbaring sakit. Terutama  cerita  tentang epidemi kolera tahun 1832 yang merenggut ribuan nyawa. Kisah-kisah kejam yang terjadi dalam kehidupan mulai membentuk imajinasi Stoker muda.

Stoker tumbuh kuat, dan sebagai mahasiswa di Trinity College, di Dublin, Irlandia, ia berprestasi dalam bidang atletik dan lulus dengan gelar kehormatan dalam bidang matematika pada tahun 1870. 


Dia bekerja selama sepuluh tahun di Pegawai Negeri Sipil Irlandia, dan selama ini memberikan kontribusi kritik teater untuk Dublin Mail.  dan pada tahun 1878 ia menikah dengan Florence

Meskipun kesehariannya Bram Stoker sangat sibuk sebagai seorang profesional, ia mulai menulis dan menerbitkan novel, dimulai dengan The Snake's Pass (1890). Keberhasilan buku ini mendorong Stoker untuk melanjutkan menulis.

Novel Dracula yang dirilis pada tahun 1897 mempopulerkan kisah perpindahan bangsa Drakula dari Transylvania ke Inggris. Yang kemudian berperang dengan sekelompok manusia yang dipimpin oleh Profesor Abraham Van Helsing.

Meskipun Bram Stoker bukan pencipta karakter vampir, namun beliau berhasil menggambarkan vampir dalam kehidupan modern. Novel Dracula pun banyak dijadikan acuan dalam dunia teater dan perfilman modern yang masih menghantui pembaca lebih dari seratus tahun setelah pertama kali diterbitkan.

Dracula telah memiliki dampak yang luar biasa pada pembacanya sejak awal dipublikasikannya. Apakah Stoker menciptakan rasa takut universal, atau karena beberapa kritikus modern akan memilikinya, memberikan formulir untuk fantasi universal, ia menciptakan citra yang kuat dan abadi yang telah menjadi bagian dari budaya populer.


Bram Stoker  meninggal pada tanggal 20 April 1912, di London, Inggris





 
 
Denaihati
Share this article :

17 comments:

  1. wah,,berarti beliau titik aweal adanya film-film berjenis drakula ya..hebat,,,

    BalasHapus
  2. wah, karya yang luar biasa. Drakula memang menjadi salah satu tokoh horror yang bikin kita ngerasa brigidig..

    BalasHapus
  3. Luar biasa Bram Stoker menciptakan halusinasi cerita yang dapat dipercaya bertahun-tahun hingga sekarang

    BalasHapus
  4. saya baru tahu kalau ternyata dia novelis dracula gan.. :D

    BalasHapus
  5. keren banget google doodlenya.. heheh

    BalasHapus
  6. sungguh luar biasa sekali isi postingannya.. ane salut sama penulis di blog ini.. luar biasa sekali

    BalasHapus
  7. Biarpun saya seorang spammers terkadang saya menyimak artikel yang agan tulis ko..makasih yah gan untuk artikelnya..tetap semangat berkarya di dunia blogging . .
    :D


    BalasHapus
  8. terimakasih atas infonya gan, salam sukses.

    BalasHapus
  9. Film-film mengenai drakula salah satu film favorit saya Bang Iwan.
    Oh ya bang cara buat sticky entri seperti bang iwan postingan mengenai iphone gadget impian gimana caranya yah bang..semoga bisa berbagi ilmu dan caranya.
    Terima kasih bang iwan sebelumnya

    BalasHapus
  10. makasih yah atas artikelnya yang bermanfaat ini semoga aja artikel ini juga menjadi insiprasi dari para blogger lainnya. makasih skali lagi... salam blogger

    BalasHapus
  11. Baru tahu Bang kalau beliau merupakan titik awal dari film-film drakula.

    Salam Wisata

    BalasHapus
  12. luar biasa sekali informasi yang disajikan ini. sungguh sangat bermanfaat sekali. dan saya berharap blog ini dapat terus menerus trafiknya naik. dan jumlah visitor semakin banyak.

    BalasHapus
  13. thx a lot for bram stoker..kalau tidak ada kreativitas dr dikau, mungkin sekarang tidak ada klan cullen ....a.k.a edwar cullen di twilight...;p

    BalasHapus
  14. wah padahal sekalian bikin novel "pocong" atau "kuntilanak"
    hehehehe

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger