Home » , , » Herman Melville : Penulis Novel Moby Dick di Logo Google Hari Ini

Herman Melville : Penulis Novel Moby Dick di Logo Google Hari Ini

Written By FATAMORGANA on Kamis, Oktober 18, 2012 | 10/18/2012


Perayaan Moby Dick ke-161 adalah Tajuk Logo Google hari ini. Moby Dick adalah sebuah Novel Klasik Dunia yang ditulis oleh Herman Melville.


Herman Melville (lahir di New York City, 1 Agustus 1819 – meninggal di New York City, 28 September 1891 pada umur 72 tahun) adalah seorang novelis dan penyair asal Amerika Serikat. 

Novel-novel awalnya yang berkisah petualangan-petualangan di Lautan Selatan cukup populer namun jumlah pembacanya berkurang pada akhir kehidupannya. 

Saat meninggal dunia, Melville hampir telah dilupakan sepenuhnya, tetapi mahakaryanya, Moby-Dick "ditemukan kembali" pada tahun-tahun selanjutnya dan ia kini dianggap sebagai salah seorang tokoh terpenting dalam dunia kesusastraan AS. 

Herman Melville pernah menjadi seorang pelaut setelah gagal dalam berbagai usaha. Sebagai pelaut, dia melarikan diri dari sebuah kapal Amerika untuk menghindari keadaan-keadaan yang luar biasa kejam dan berbahaya. Dia menetap di sebuah pulau, di tengah-tengah penduduk asli di sana. 

Pada tahun 1844, Melville berhenti bertualang dan menulis buku. Novel-novelnya yang pertama sangat berhasil diantaranya adalah Typee (1846) yang dibuat berdasarkan pengalaman kehidupannya di tengah-tengah penduduk asli di sebuah pulau, Omoo (1846), yang berdasarkan kehidupannya di Tahiti, dan Redburst (1848) yang berdasarkan pengalamannya dalam pelayaran pertamanya ke Inggris. 

Karyanya yang berjudul White Jacket (1850) merupakan protes keras terhadap perlakuan kejam yang dialami para pelaut dalam Angkatan laut Amerika. 

Karyanya yang berjudul Moby Dick (1851) mula-mula tidak begitu berhasil dan tidak cukup laku untuk menghidupi dirinya dan keluarganya. Namun belakangan Novel ini menjadi amat terkenal dan dianggap sebagai salah satu novel klasik dunia.

Karya ini bercerita tentang petualangan sang tokoh (bernama Ishmael) dalam mengikuti pelayaran kapal pemburu paus yang dipimpin oleh seorang kapten obsesif bernama Kapten Ahab. Sang kapten hanya memiliki satu kaki akibat kecelakaan di kala memburu seekor paus yang dijulukinya Moby-Dick. Ia sangat bernafsu melampiaskan dendamnya kepada sang hewan hingga tidak peduli akan keselamatan diri maupun anak buahnya. Cerita berakhir dengan tragedi.

Melville sempat mengalami pertumbuhan Amerika Serikat ke arah barat, yaitu ke arah Pasifik dan menjadi negara yang kuat. 

Kemajuan besar dalam bidang materi dan sosial terus melaju , dan hanya terhenti oleh Perang Saudara Amerika pada tahun 1860-an. Meskipun banyak pengarang besar bangsa Amerika Serikat hidup dijaman Melville, namun yang dikaguminya secara khusus hanyalah seorang yakni Nathaniel Hawthorne, dan kepada pengarang inilah dia mempersembahkan buku Moby Dick.

Sumber : Wikipedia.org
 
Denaihati
Share this article :

27 comments:

  1. Dapat pengetahuan baru lagi nih Bang Iwan tentang Herman Melville...
    Kapan suatu saat tokoh Indonesia bisa masuk dalam logo Google yah...?

    BalasHapus
  2. makasih gan informasinya
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. makasih infonya gan___kapan yach orang sulawesi di buatkan logo google juga__ihihih

    BalasHapus
  4. google memang menghargai tokoh tokoh yang sangat luar biasa.........

    BalasHapus
  5. kalo untuk indomesia google pernah membuat logonya akagak gan??

    BalasHapus
  6. informasi yang bermanffat untuk menambah ilmu pengetahuan terutama untuk mengenal tokoh sejarawan novelis

    BalasHapus
  7. hebat ni gan update blognya cepet banget hehe salam kenal ya

    BalasHapus
  8. widih .. pengalaman hidup yang sangat dramatis ..

    BalasHapus
  9. novel moby dick kayaknya seri tuh om ..

    BalasHapus
  10. walaupun udah tiada tapi karyanya masih tetap dikenang ...

    BalasHapus
  11. Nama Herman, kayak nama orang Indonesia tuh.. :D

    BalasHapus
  12. Selain Moby Dick, novel yg mana lagi yg terkenalnya??

    BalasHapus
  13. novel yg sangat terkenal hingga dijadikan filem

    BalasHapus
  14. oh,,,logonya buat merayakan ini
    pantesan berbeda dari biasanya

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger