Home » , , » Grace Hopper ; Pelopor Bahasa pemrograman COBOL di Logo Google Hari Ini

Grace Hopper ; Pelopor Bahasa pemrograman COBOL di Logo Google Hari Ini

Written By FATAMORGANA on Senin, Desember 09, 2013 | 12/09/2013

 photo grace-hoppers-107th-birthday-54470772407664642-hp_zpsf1f71bef.gif
Ulang Tahun Grace Hopper Ke-107 di Logo Google

Grace Hopper adalah tokoh yang diapresiasi oleh Google Doodles kali ini yang bertajuk Ulang Tahun Grace Hopper Ke-107.
 
Grace Hopper dilahirkan di New York, AS, pada 9 Desember 1906. Pemilik nama lengkap Grace Brewster Murray Hopper ini adalah Laksamana Angkatan Laut AS yang juga merupakan seorang ilmuwan komputer. 

Hopper adalah pelopor dari bahasa pemrograman komputer modern COBOL yang diciptakan pada tahun 1959. COBOL, singkatan dari Common Business Oriented Language, adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga. 

Sesuai dengan namanya, maka COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan berbagai masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain. Sebelum menciptakan COBOL, Hopper juga memimpin tim dalam mengkreasikan dua bahasa pemrograman kompter pertama, yakni MATH-MATIC dan FLOW-MATIC. 

Hopper bergabung ke Angkatan Laut AS pada tahun 1943 di era Perang Dunia II. Saat itu ia sudah memiliki gelar Ph.D di bidang matematika dari Yale University, AS. Karirnya di Angkatan Laut berkembang pesat seiring kecerdasannya di bidang komputer dan sains. Sehingga di penghujung karirnya di Angkatan Laut, Hopper dipercaya menyandang pangkat Laksamana, yang setara dengan pangkat Jenderal di Angkatan Darat. Namanya pun kemudian diabadikan sebagai nama sebuah kapal perang milik Angkatan Laut AS yakni USS Hopper (DDG-70). 

Di bidang komputer, nama Hopper juga diabadikan untuk superkomputer milik NERSC (National Energy Research Scientific Computing Center) dan sebuah ruangan di Chalmers University of Technology di Gothenburg, Swedia. 

Grace Hopper meninggal pada 1 Januari 1992 di Virginia, AS, dalam usia 85 tahun. Sepanjang hidupnya, Hopper telah menerima sekitar 40 gelar kehormatan dari berbagai universitas di seluruh dunia. 


Denaihati
Share this article :

16 comments:

  1. Weleh-weleh ... ini mah luar biasa namanya... kapan ya nama tokoh yang ada di Indonesia nampang di Goodle

    BalasHapus
  2. luar biasa banyak sekali penghargaan yang didapat, semoga menjadi motivasi generasi muda, tidak hanya pria saja yang ahli komputer, wanita pun bisa

    BalasHapus
  3. mau tanya, tapi yang mau ditanyainnya apa?.. ikut nyimak aja deh,, terimakasih atas informasinya bermanfaat . ditunggu yah informasi selanjutnya. sukses semangat !!

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr.wb
    selamat siang para pembaca dan khususnya empunya artikel ini,semoga kita semua selalu berada dalam lindungan dan rahmat tuhan sang maha pencupta.
    Saya ucapkan terimakasih banyak untuk informasi yang anda sajikan ini, informasiny asnagat bagus,aktual,tajam dan terpercaya. saya tunggu informasi-informasi yang lain yang tidak kalah menarik lagi. Semoga Sukses selalu gan
    GOD JOB

    BalasHapus
  5. Grace Hoper memang anugerah yang indah bagi insan IT, komentar juga ya ke blog saya www.goocap.com

    BalasHapus
  6. Hai, Selamat siang ! semoga hari ini menyenangkan yah.. disini saya tidak mau berkomentar apa-apa juga tidak akan berpendapat apa-apa. Saya hanya ikut menyimak saja dari isi yang disampaikan, dari sisi baik nya ya saya ambil. Posting terus, ditunggu postingan selanjutnya. Terimakasih :)

    BalasHapus
  7. luar bi\asa para pahlawan kita

    BalasHapus
  8. mungkin belum ada ilmuan lain menerima sehingga 40 gelaran kehormatan sehebat beliau.

    BalasHapus
  9. Selamat malam! Semoga aktivitas kita dipagi ini lancar sampai beres dan semoga di malam ini lebih baik daripada malam yang lalu. Mudah-mudahan kita kedepannya semakin baik lagi semakin baik lagi dan semaaakin baik lagi. sukses pokoknya! Berikan yang terbaik untuk pembaca yah gan, semoga artikelnya menjadi suatu inspirasi juga informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Terimakasihgan semoga berada dalam kesuksesan!

    BalasHapus
  10. Selamat Pagi ! Apa kabar hari ini ?? Mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat amin. dan jika kurang sehat pun, mudah-mudahan aktivitasnya tetap berjalan dengan lancar seperti biasanya tidak ada halangan. Ayo,, bankit !! tetap lanjutkan perjuangan. :D semangat semangat semangaaat... haha .

    Maaf mas ikut nyimak aja, semoga blognya makin bagus dan tetap banyak yang mengunjunginya. Posting terus yah, saya tunggu postingan selanjutnya.. :) Sukses buat mas yang punya blog ini.

    BalasHapus
  11. Informasi yang anda sajikan kepada kami sangat memberikan motifasi dan dangat menambah wawasan

    BalasHapus
  12. Selamat pagi menjelang siang, terimakasih untuk informasi yang anda berikan ini, semoga bisa bermanfaat untuk semua pembaca khususnya saya sendiri. saya kagum dengan agan, bisa menyajikan informasi sebagus ini.
    Saya tunggu informasi berikutnya
    sekali lagi terimakasih

    BalasHapus
  13. waw keren ternyata seorang perempuan pencipta bahas pemrograman itu.

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger