Home » , , » Honinbo Shusaku - Logo Google Hari Ini

Honinbo Shusaku - Logo Google Hari Ini

Written By FATAMORGANA on Jumat, Juni 06, 2014 | 6/06/2014


Honinbo Shusaku - Tokoh yang diapresiasi oleh Google hari ini untuk memperingati kelahirannya yang ke-185.

Honinbo Shusaku (本因坊秀策 Hon′inbō Shūsaku, lahir dengan nama Kuwabara Torajirō (桑原虎次郎 Kuwabara Torajirō, lahir 6 Juni 1829 – meninggal 10 Agustus 1862 pada umur 33 tahun) adalah seorang pemain Igo profesional Jepang yang dianggap oleh banyak pihak sebagai pemain terhebat di zaman keemasan Igo pada pertengahan abad ke-19.

Igo, go, weiqi, atau baduk adalah permainan papan strategis antar dua pemain, berasal dari Tiongkok sekitar 2000 SM sampai 200 SM. Permainan ini cukup populer di Asia Timur. Pengembangan sistem untuk bermain igo melalui Internet telah meningkatkan popularitasnya di belahan dunia lain.

Di Indonesia, nama igo dan go sama-sama digunakan. Go adalah nama Inggrisnya yang berasal dari pelafalan bahasa Jepang aksara 碁 (go), walaupun di Jepang permainan ini biasa disebut 囲碁 (igo). Namanya di bahasa Tionghoa yaitu 圍棋 (trad.)/围棋 (sed.) (pinyin: wéiqí) kurang lebihnya berarti “permainan papan mengelilingi (wilayah)”.

Nama kunonya adalah 弈 (pinyin: yì), dan juga terdaftar dalam Kamus Kangxi sebagai 碁. Permainan ini disebut 바둑 (baduk) di bahasa Korea.

Kedua pemain, hitam dan putih, bertempur untuk memaksimalkan wilayah yang mereka kuasai, mengelilingi daerah besar di papan dengan batu-batunya, menjebak batu-batu musuh yang menyusup daerahnya, dan melindungi batu-batu mereka dari penangkapan. Strategi yang terlibat sangatlah halus namun kompleks.

Beberapa pemain tingkat tinggi, termasuk Honinbo Shusaku mendedikasikan waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan strateginya. Bagi sebagian orang, igo adalah permainan strategi yang paling hebat karena mengalahkan catur maupun shogi dalam hal kompleksitasnya.

Igo biasanya diklasifikasikan sebagai permainan papan abstrak. Walaupun begitu, kemiripan permainan igo dengan perang sering disebutkan. Sebagai contoh, tulisan klasik Tiongkok The Art of War (孫子兵法) kadang-kadang diterapkan pada strategi igo.

Di lain pihak, strategi umum igo sering dituangkan dalam pepatah dan bisa diterapkan pada konteks lain misalnya manajemen.

Perang di dunia nyata berakhir ketika kedua belah pihak menandatangani perjanjian. Di igo, kedua pemain harus setuju bahwa permainan telah selesai. Setelah itu nilai dan pemenangnya baru dapat ditentukan.
Honinbo Shusaku dijuluki "Invincible" setelah ia mendapatkan nilai sempurna untuk 19 kali menang secara beruntun di game kastil tahunan. Beberapa orang mengatakan bahwa dia tidak lebih kuat dari gurunya, Honinbō Shuwa yang oleh konvensi tidak bermain dalam permainan benteng. Selain untuk menghormati guru tua, Shusaku menolak untuk bermain dengan putih terhadap gurunya sehingga tidak ada alat ukur yang jelas dari perbedaan kekuatan antara mereka. Shusaku misalnya, memiliki nilai tambah terhadap Ota Yuzo tapi dia masih menemukan lawan tangguh, sementara Shuwa mengalahkannya dengan mudah.

Hanya dua orang memiliki judul "Go-Saint" (Kisei) dan Shusaku adalah salah satunya, yang lain menjadi Honinbō Dosaku (1645-1702). Sementara judul ini awalnya mungkin telah diberikan kepada Honinbo Jowa dan dicabut karena manuver politiknya. Bahkan saat ini ia dianggap sebagai salah satu pemain Go terbaik yang pernah hidup.

Pada 1837, pada usia 8, Shusaku sudah hampir menjadi pemain kaliber profesional. Dia meninggalkan rumah untuk bergabung dengan sekolah Honinbō sekolah (lembaga yang paling penting dalam permainan Go di Jepang pada saat setelah menghasilkan Go Saint Dosaku dan banyak Meijins) secara resmi sebagai mahasiswa Honinbo Jowa tetapi studinya terutama dengan siswa senior. Pada tanggal 3 Januari 1840, ia menerima gelar Shodan (dan pertama) diploma profesional.

Pada 1840 Shusaku meninggalkan Edo dan kembali ke rumahnya untuk jangka waktu lebih dari satu tahun. Tahun-tahun berikutnya ia membuat kemajuan yang mantap menanjak mencapai 4 dan pada tahun 1844 ia kembali pulang ke rumah dalam waktu lama.


400

Pada bulan April-Mei 1846, kembali ke Edo, lalu ia bermain melawan Gennan Inseki, bisa dibilang pemain terkuat saat itu. Shusaku bermain dengan cacat dari dua batu, tapi Gennan menemukan bahwa Shusaku terlalu kuat sehingga ia membatalkan pertandingan.

Sebuah permainan baru dimulai dengan Shusaku hanya bermain hitam, permainan telinga memerah . Gennan memainkan baru joseki (membuka variasi dalam sudut), dan Shusaku keliru dalam merespon.

Dia berjuang kembali keras, tapi masih pada saat middlegame semua orang menonton pertandingan. Dia mengakui bahwa dia tidak terampil dalam Go, tapi melihat bahwa telinga Gennan itu menjadi merah setelah langkah tertentu dengan Shusaku, pertanda bahwa Gennan terkejut. Pada akhirnya, Shusaku memenangkan pertandingan dengan dua poin.

Kembali ke Edo, Shusaku tidak hanya dipromosikan ke Dan 5, tapi ia juga membuat pewaris resmi Honinbo Shuwa yang akan menjadi kepala rumah Honinbo. Shusaku menurun pada awalnya, mengutip kewajibannya terhadap Tuhan Asano sebagai alasannya. Setelah masalah yang diselesaikan, maka Shusaku diterima.

Sebagai pewaris resmi untuk kepala rumah Honinbo, Shusaku memiliki posisi terkemuka. Kelasnya juga meningkat, akhirnya dia mencapai Dan 7, meskipun tidak diketahui secara pasti. Setelah memaksa saingan utamanya dan teman Ota Yuzo untuk mengambil cacat, ia menjadi pemain terkuat dengan pengecualian Shuwa.

363


Pada tahun 1862 wabah kolera epidemik melanda Jepang. Shusaku menjadi pasien dalam rumah Honinbō dan kemudian jatuh sakit sendiri dan meninggal pada tanggal 10 Agustus. Saat itu ia baru berusia 33 tahun.

Nama Shusaku yang terhubung ke Shusaku Fuseki, dalam metode tertentu membuka permainan di hitam yang dikembangkan untuk kesempurnaan (tapi tidak ditemukan) oleh dia dan merupakan dasar dari gaya pembukaan populer hingga tahun 1930-an.

Shusaku juga diingat dengan jumlah Shusaku, setara dengan Erdös nomor satu untuk pemain Go. 

Sumber :
 


Denaihati
Share this article :

1 comments:

  1. ada ada saja memang google itu.., terimaksih artikelnya gan..!

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger