Home » , » HIKMAH DIBALIK FENOMENA

HIKMAH DIBALIK FENOMENA

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Desember 09, 2009 | 12/09/2009

HIKMAHSalam sukses sahabat semua….., mari senantiasa kita memulai aktifitas keseharian dengan payung semangat berkendara keceriaan sehingga kesuksesan akan senantiasa menyertai setiap langkah kita, tentu saja dengan senantiasa menoleh kebelakang untuk sekedar memetik hikmah dari setiap kejadian yang kita alami agar kita dapat berbuat lebih baik dan lebih bermakna untuk lingkungan sekeliling kita, minimal dapat menjadi pembelajaran bermakna untuk hidup kita hari ini dan esok tentunya.

Mari bersama sejenak kita berpaling menelusuri ‘karunia’ yang besar dengan banyaknya kejadian yang menghebohkan menimpa bangsa ini. Bencana Tsunami Aceh, Gempa Yogya, Tsunami Pantai Selatan, Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, banjir , tanah longsor, kecelakaan kapal laut dan pesawat terbang sampai pada Gempa dahsyat yang menimpa Sumatera Barat.

Jika kita merenungkan hikmah di balik kejadian-kejadian tersebut, sesungguhnya bukanlah kejadian yang kebetulan. Akan tetapi seluruhnya sudah diatur dan menjadi kehendak Allah SWT. Sesungguhnya tidak ada satupun kejadian yang luput dari pengaturan-Nya. Semuanya terjadi karena izin Allah SWT. Setiap kejadian, entah baik atau buruk, semuanya karena izin Allah SWT. Oleh karena itu, mari bersama jangan sekadar mencari izin Allah, tetapi juga mencari ridho-Nya.

Kalau kita bisa mengilustrasikan, kita terkadang seperti seekor kerbau yang sedang merumput di pinggir rel kereta api. Ketika kereta api lewat, sang kerbau sejenak menengok lalu segera merumput lagi, tanpa pernah berpikir mengapa benda seberat dan sebesar itu bisa bergerak. Memang kerbau merupakan hewan yang tidak dikaruniai akal untuk bertafakur.

Nah , jika kita banyak dihadapkan pada kejadian demi kejadian, tetapi kita hanya terpana dan tidak berusaha menafakurinya, maka dimanakah perbedaan kita dengan sang kerbau?

Kenyataannya dalam kehidupan, kita sering fokus pada sebuah kejadian, namun tidak berusaha mengambil hikmah dari kejadian tersebut.

Misalnya saja ketika kita kehilangan dompet. Kita hanya sering bergulat dengan perasaan menyesal kehilangan uang atau emosi kepada pencopet, padahal belum tentu juga hilangnya karena diambil oleh pencopet. Pernahkah kita melakukan perenungan, hilangnya uang adalah peringatan dati Allah SWT untuk kita. Mungkin saja kita belum bersedekah, belum membayar zakat, ataukah dengan uang itu nantinya akan membawa kita bermaksiat.

Pada dasarnya seseorang yang pandai mendapat hikmah akan menemukan sesuatu yang lebih berharga dibandingkan kejadian tersebut. Adapun orang yang tidak bisa menemukan hikmah dibalik kejadian adalah orang yang merugi. Merugi karena pada lain kesempatan hal tersebut akan menimpa lagi kepadanya, tetapi orang itu sama sekali tidak memunculkan perubahan sikap ataupun ikhtiar.

Apa yang saya tulis disini adalah hasil perenungan saya dalam beberapa hari terakhir ini. Ditengah deraan pemadaman simultan oleh PLN dan koneksi Speedy yang terkadang terputus karena pengaruh pemadaman yang tersebut, saya terpaksa jarang online.... di pihak lain ada hikmah yang saya bisa petik. Mungkin Tuhan menghendaki semuanya itu, karena pekerjaan saya menuntut untuk fokus dan Alhamdulillah tidak menyisakan bengkalai yang berarti.

Semoga saja tulisan ini dapat menjadi perenungan bagi sahabat semua, terutama pembelajaran yang sangat berarti bagi diri saya.

Share this article :

57 comments:

  1. Benar itu.. Tuhan selalu punya cara misterius untuk menyampaikan pesannya.

    Harus pintar-pintar.. menafsirkan pesan Tuhan yang tersirat.

    BalasHapus
  2. Kapal pesiarnya masih muter Mas, nanti pasti dapet operan, hehehe..

    Selamat ngapain aja yaaaa....

    Senangnya dapet 3 kaplingan hari ini..
    hihihihihih (ketawa kunti)

    *terbang*

    BalasHapus
  3. Wah ...
    Ternyata pemadaman listrik bisa menyelamatkan sang pekerjaan ya ?.
    hebat...
    harus belajar ilmu hikmah nih..

    nice posting

    BalasHapus
  4. semua kejadian memang selalu ada hikamhnya.
    tergantung bagaimana orang tersebut mau melihat dan menanggapi semua hal itu...

    BalasHapus
  5. semua itu memang ada hikmanya,,,


    oea,tukeran link pak ??????
    aku dah pasang linknya,,,

    BalasHapus
  6. Setujuuu pak ! memang selalu ada hikmah di balik kuasa Tuhan atas kejadian2 tersebut dan seharusnya kita menganggap bahwa kejadian2 itu adalah ujian yang diberikan agar kita lebih kuat menghadapi masa yang akan datang...

    BalasHapus
  7. ternyata PLN mati ada hikmahnya juga ya bang
    disni sudah mulai baikan plnnya

    BalasHapus
  8. *merenung*
    mengapa saya belum sesukses teman2 saya? ah, mungkin saya nanti malah kerepotan gak bisa ngeblog klo dibuat sukses sama Tuhan :D

    BalasHapus
  9. dualisme yah bang? bknny sgala ssuaut emang sprti itu, brmata postif n berkor negatif? Bt trgntung gmn kt nyikapin, y g?

    BalasHapus
  10. hiii.. ak kadang bisa cuek bebek,nmun klo uda keganggu, emosi jd kepancing jg sih

    renungan yg bagus bang!

    BalasHapus
  11. siip om...mari kita berusaha agar Allah SWT senantiasa tersenyum kepada kita....

    BalasHapus
  12. Amin. Oh ya daeng. Yang tadi trhapus di kedaikopi sekaarng muncul lagi tuh.

    BalasHapus
  13. Setiap kejadian, entah baik atau buruk, semuanya karena izin Allah SWT. Oleh karena itu, mari bersama jangan sekadar mencari izin Allah, tetapi juga mencari ridho-Nya.

    BalasHapus
  14. Salam berjumpa du kunjungan pertasma

    BalasHapus
  15. Intinya Selalu Senyum dan Ngelus Dodo.
    Wong sabar disayang Tuhan.

    BalasHapus
  16. meskipun om jarang onlen.. tapi tetep saya kunjungi kok :p


    perenungan yang bagus oom.. meskipun dengan analogi kebo sih (saya ngga bisa bayangin gimana kalo jadi kebo)

    BalasHapus
  17. Segala cobaan dan ujian yang Allah turunkan untuk kita pasti ada hikmah dibaliknya,dan berarti kita telah lulus melewati ujian dan cobaan dari-NYA....

    BalasHapus
  18. Semua ada hikmahnyaa...
    Mari kita bersyukur....
    dan Lanjtkan Perjuangan...
    LahirkaN Reformasi Jilid 2.

    BalasHapus
  19. demikianlah, bang ... orang yang berutnung adalah ia yang mampu mengambil hikmah dari setiap peristiwa.

    Semoga kita termasuk di dalamnya. Amiiin

    oya, bang, link blog abang sudah saya pasang

    BalasHapus
  20. Setuju Bang, kalo kita pintar membaca fenomena, hidup tentu selalu bahagia....
    bukankah setiap kejadian selalu ada hikmahnya...

    BalasHapus
  21. ada hikmahnya jg listrik padam. bang iwan bisa merenung dan hasil renungannya bisa sampai pada saya sudah dalam bentuk tausiyah....
    terima kasih :)

    BalasHapus
  22. bener ya
    saya juga cuek banget sama sekeliling
    paling kalo ada gempa cuma bisa bilang, "ohhh ada gempa, kasian"
    hihihi....tapi renungan ini bisa jadi pembelajaran yang bagus buat saya

    BalasHapus
  23. ya pak, kita sebaiknya belajar dari apa yang telah kita lalui agar kedepannya bisa lebih baik

    BalasHapus
  24. jakarta juga masih suka mati listrik pak. terutama di daerah gunung sahari ancol.

    tapi yg pasti semua kejadian memang ada hikmahnya. mungkin bapak memang disuruh fokus pada tugas2 utama.

    BalasHapus
  25. se 7 juga pak!
    setiap kejadian pasti ada hikmahnya...

    BalasHapus
  26. selalu bisa mengambil hikmah dari setiap keadaan atau peristiwa, bijaksana

    BalasHapus
  27. Iya mas, selalu ada hikmah dibalik suatu kejadian. Hikmahnya hanya bisa didapat bagi mereka yang mau bertafakur

    BalasHapus
  28. intinya semua yang sudah terjadi itu kita ambil himahnya aja,, dan dijadiin pelajaran,, gituh kan bang?! hehe..

    BalasHapus
  29. apapun yang terjadi, baik ataupun buruk semuanya terjadi atas izin Allah, karenanya tidak ada sehelai daunpun yang jatuh kecuali Allah mengetahuinya.

    BalasHapus
  30. Semua kejadian yang kita alami memang selalu membawa hikmah, baik dan buruk hikmahnya tergantung pada apa yang kita alami, dan andaikata kita sering mengambil semua hikmahnya, niscaya hidup kita akan terasa lebih baik.

    Hmmm sekedar Info, Linknya udah aku pasang, pasang linku juga ya Sob?

    BalasHapus
  31. Setuju dengan bang setyawan....sesungguhnya di balik pesisir gelap selalu ada mercusuar yang menjulang tinggi hingga kapal kita bisa memperoleh cahaya sampai pada akhirnya kapal itu selamat dari batu karang yang terjal dan tajam......dan kegelapan yang menyelimuti kapal sebelum bertemu dengan mercusuar tadi sebenarnya memiliki hikmah karena dengan gelap itulah kita selamat dari perompak yang mengintai.........

    BalasHapus
  32. Tuhan itu berbicaranya suka dengan cara yang ajaib... kita cuma perlu buka hati lebar2 biar nggak salah tanggep...

    nice post....

    BalasHapus
  33. Terjaga di waktu shubuh langsung ke rumah pak Iwan. Pencerahan ini enak dibaca di jam segini.

    BalasHapus
  34. Tuhan selalu memberikan isyarat kepada manusia dengan cara yang manusia sendiri tidak menyangka
    Sungguh TUhan Maha Besar

    BalasHapus
  35. Mampir pagi Bang untuk memetik hikmah dari postingan ini

    BalasHapus
  36. Persediaan lilin yang banyak!
    "Hidup ini penuh kesukaran tapi jawablah semua kesukaran itu, mungkin salah satu diantaranya merupakan kesempatan."

    BalasHapus
  37. apapun itu saya selalu berusaha mengambil hikmahnya
    karena barusan saya kehilangan kacamata saya
    hiks..hiks..

    BalasHapus
  38. Setuju, mas. Semua peristiwa itu bagaikan 2 sisi mata uang. Pasti ada sisi positif dan sisi negatif. Kalau kita cukup bijak, maka kita akan bisa memaknainya dgn baik

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. salam kenal kang
    semoga komentar yang sederhana ini dapat diperkenan

    BalasHapus
  41. segala kejadian yang kita alami ada hikmahnya

    sebaik - baik guru adalah pengalaman

    kata pepatah
    "Pengalaman adalah guru yang............"
    tidak dilanjutkan karena rada-rada lupa mas

    BalasHapus
  42. Yah.. memang semua kejadian ada hikmah dan tujuan tertentu dari Yang Maha Kuasa....

    BalasHapus
  43. Hikmah dalam setiap peristiwa tentunya ada yang bisa di jadikan pembelajaran, so pandai-pandailah dalam membaca peristiwa agar tidak salah dalam melangkah...

    BalasHapus
  44. masa lalu adalah bagian dari hidup kita, jangan ditinggalkan untuk menjadi pelajaran.
    isnen cahyadi (netter baru) fokusbelajar.blogspot.com

    BalasHapus
  45. Wah, benar-benar renungan yang sangat mendalam

    BalasHapus
  46. terimakasih perenungannya membuat arti yg mendalam, bang...
    iya, kita memang musti bisa membaca hikmah dari 'pelajaran' yg kita alami.

    ps.aku blom smpet ngapdet >>> hikmahnya aku banyak tidur skg, jarang begadang hehe

    BalasHapus
  47. artikel ini bener bener menggugah semangat ku untuk hidup dan semangat lagi.. boleh saya ijin bookmark mas?? makasih ..

    great article.. keep posting.. !!

    BalasHapus
  48. Beruntunglah orang-2 yang mampu memetik hikmah dari suatu peristiwa...
    Salut Bang..! Postingannya mantap...

    BalasHapus
  49. Kadang kita ga sadar bahwa semua sudah menjadi kehendak-NYA. Namun damainya hati orang yang selalu memanjatkan Syukur kepada-NYA tak kan pernah terusik oleh semua keputusan-NYA

    BalasHapus
  50. patut direnungi yah kata2nya.. trims

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger