Home » » KARST DAN DUFAN MATTAMPA

KARST DAN DUFAN MATTAMPA

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Januari 10, 2010 | 1/10/2010

Seminggu terakhir,... cuaca ditempat saya nampaknya tidak begitu bersahabat, demikian pula dengan koneksi internet yang setiap harinya trouble.... Seperti yang saya posting sebelumnya, untuk mengatasi kejenuhan ditengah deraan rutinitas kerja yang membludak, kembali saya ajak sahabat semua untuk berwisata sambil mengenal obyek-obyek wisata yang ada di Sulsel.

Kali ini kita akan berkunjung ke salah satu Kabupaten di Sulsel yaitu Kabupaten Pangkep, salah satu daerah yang mempunyai PAD tertinggi di Propinsi Sulawesi Selatan.

Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang jaraknya sekitar 50 kilometer dari Kota Makassar, selain terkenal sebagai pemasok ikan bandeng, juga menjadi satu-satunya daerah di Sulsel yang memiliki dunia fantasi (dufan) mirip Dufan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

MATTAMPA
Meski Dufan Mattampa yang berlokasi di Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep ini tidak memiliki permainan selengkap Dufan di Jakarta, tak kalah menariknya dengan Dufan yang ada di Ibu Kota Republik Indonesia itu. “Surga bermain” itu menyatu dengan alam pegunungan karst yang memberikan pesona tersendiri.

“Dufan Mattampa ini merupakan surga bermain, tidak hanya bagi anak-anak tetapi bagi segala usia. Selain itu, kita bisa menikmati panorama alam dan gua-gua di pegunungan karst terpanjang kedua di dunia setelah pegunungan karst di China ini,” jelas salah seorang petugas loket, Idris, yang juga biasa merangkap menjadi guide atau pemandu wisata jika ada turis mancanegara yang berkunjung ke taman wisata plus ini.

Untuk mencapai Dufan Mattampa, dari Kota Makassar Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan jarak tempuh sekitar dua jam. Letaknya pun sangat strategis, karena berada di jalan poros dan pintu gerbangnya langsung terlihat.

Pada gerbang pertama, kalau membawa kendaraan, Anda harus berurusan dengan petugas loket parkir terlebih dahulu. Untuk kendaraan roda dua, pihak pengelola Dufan Mattampa, Abadi Megah Promosindo, menarik retribusi Rp 1.000, sedangkan kendaraan roda empat Rp 2.000.

Sekitar lima meter dari lokasi parkir, akan ditemukan sebuah museum karst yang di dalamnya terdapat aneka batu-batuan karst dan fauna yang habitatnya di pegunungan batu kapur itu.

Untuk menikmati dufan dan panorama alam Mattampa, Anda harus kembali berurusan dengan petugas loket yang akan memberikan karcis masuk untuk dewasa seharga Rp 5.000 per orang dan anak-anak Rp 3.000 per orang.

Ketika memasuki gerbang kedua Dufan Mattampa, pengunjung akan disambut dengan dua patung replika kuda putih yang merupakan patung penyambut selamat datang. Warna hijau dari berjenis-jenis pohon yang menyelubungi pusat wisata ini dan embusan angin semilir menjadi pertanda betapa asrinya Dufan Mattampa ini.

Bunyi gemericik air dan suara anak kecil pun akan terdengar riuh rendah, karena meraka asyik menikmati berbagai permainan yang menguji adrenalin dan ketangkasan. Permainan memanjat tali, meniti dan bergelantungan di atas anyaman tali, merupakan pemandangan yang lazim di Dufan Mattampa.

Selain itu, terdapat aneka permainan seperti komedi putar, kincir, bebek-bebekan, kereta gajah dan kereta wisata. Kolam renang yang merupakan permandian alam sengaja dirancang layaknya waterboom.

Dengan modal karcis masuk Rp 5.000 per orang bagi orang dewasa, anak-anaknya sudah dapat memilih jenis permainan yang tentunya dapat menghilangkan penat sekaligus memberikan hiburan tersendiri. Namun apabila ingin menikmati semua jenis mainan, cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 25.000 untuk mendapatkan tiket terusan.

“Namun apabila Anda hanya ingin menikmati jenis permainan tertentu, Anda hanya membayar Rp 5.000 per anak. Fasilitas permainan di tempat ini seluruhnya berdurasi lima menit.

Tak kalah menariknya, jika sempat menikmati gua-gua karst yang berada sekitar 100 meter dari arah sebelah kanan gerbang kedua Dufan Mattampa. Bila masuk lebih jauh ke dalam gua, cahaya tidak ada lagi sehingga Anda perlu membawa lilin. Dan di tempat ini, sejumlah bocah menawarkan lilin lengkap dengan koreknya dengan harga lilin per batang Rp 1.000.

karstkarst
Gugusan karst yang terdapat di lokasi ini merupakan yang terindah kedua di dunia setelah Karst di China,yang terbentang mulai dari Kabupaten Maros " Pangkep, sekitar 30 km dari kota Makasar dengan total luas kawasan 4.500 Ha.

Keragaman dan keunikan jenis atraksi wisata yang ada di Kawasan Maros- Pangkep membuat kawasan ini ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia atau World Heritage Site oleh UNESCO. Dengan ditetapkannya kawasan tersebut sebagai situs warisan dunia, maka kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi di Indonesia yang menjadi pusat perhatian dunia yang secara langsung membantu dalam mempromosikan Kabupaten Maros-Pangkep sebagai destinasi wisata potensial di Indonesia.

Apabila Anda tidak sempat membawa bekal makanan saat bertamasya ke tempat ini, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat gazebo untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati makanan ringan. Selain itu, terdapat pusat jajanan tradisional yang melengkapi seluruh fasilitas yang ada. Di foodcourt ini dijual berbagai jenis makanan khas Sulsel dengan harga terjangkau, khususnya Pangkep, misalnya sop saudara dan ikan bakar.

Tak heran, jika dufan ala Mattampa yang akan memberikan kesan tersendiri menjadi alternatif utama masyarakat Kabupaten Pangkep dan daerah sekitarnya seperti Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Barru. Termasuk Anda semua tentunya

Share this article :

72 comments:

  1. kayaknya orang pertaama lagi deh

    BalasHapus
  2. kan bener.....
    om iwan cocok den jadi guru + pemandu wisata
    klo pa bnyak duit udah pergi tuh gi dufan ala sulawesi

    BalasHapus
  3. Saya lebih suka pemandanagn gunungnya yang indah yang ada didufan Mattampa..Kalo mainannya aduh bikin kapok ( pernah coba didufan jakarta ),walau jarak tempuh dekat sekali dari rumah saya.Tapi kapok deh hehe...

    BalasHapus
  4. mantab... batu2 bebatuan gitu kayaknya keren juga dijadiin tempat tamasya heueheu.. oh iya pak iwan terima kasih reviewnya.. segera saya balas review balik yah! hehehe

    BalasHapus
  5. keren,,,
    Tidak pernah kehabisan ide untuk ngepost


    Sukses Selalu Pak

    BalasHapus
  6. harga tiket masuk di dufan bisa mencapai ratusan ribu, mending ke makasar sekalian kali ya..hiahahahaha~

    BalasHapus
  7. Wah indahnya.. bagusnya.. dhe ga pernah ke dufan T_T

    BalasHapus
  8. Indah banget mas, saya pernah ke sulsel namun sayang tidak sempat ke pangkep. Padahal cukup lama saya di sana. Menarik sekali, entah kapan saya bisa berkunjung lagi ke sulses.
    Terima kasih atas informasinya.
    Salam hangat selalu :)

    BalasHapus
  9. saya jD mo jaLan2 ke sana tp skrg kntong lagi kering...

    BalasHapus
  10. Daripada Dufan jakarta sih kayanya lebih enak yg ini mas...udaranya kayanya masih seger ya..belum lg pemandangannya..masih asri..

    BalasHapus
  11. nah bukit karst jangan sampai dikelola sehingga hancur
    karst menyimpan air cukup banyak
    tetapi harus didukung dengan pepohonan sekitarnya

    BalasHapus
  12. murah ya Dufan di sana... gag ky di jkt, mahal...

    wah kalo ke Karst mending bawa senter aja sendiri qeqe...

    BalasHapus
  13. Di Samarinda belum ada tempat seindah itu...jadi iri nih...padahal Kalimantan termasuk pulau yang kaya dari segi ekonomi pendapatan penduduk.

    BalasHapus
  14. Sulsel..is the best...patut di perhitungkan nih di kancah pariwisata nasional dan internasional

    BalasHapus
  15. tempat yg sangat menarik mas, natural banget nyatu dg panorama pegunungan, thanks

    BalasHapus
  16. dah lama gak ke dufan nih bang, padahal katanya banyak wahana baru. tapi bukit2 karst itu tentu hanya ada di dufan pangkep ya bang :D

    BalasHapus
  17. rasanya pengen berkunjung
    sayang jauh banget
    :p

    BalasHapus
  18. asyik ney pak klo perpisahan nanti prgi ksana............

    BalasHapus
  19. hmm Sulsel tempat wisata beraneka ragam! Anugerah Allah yang harus dijaga, jangan lukai pemandangan itu!

    BalasHapus
  20. wah, gak kalah dg Dufan di Jakarta nih.

    BalasHapus
  21. belom lagi studio trans ya bro?

    BalasHapus
  22. halo bang Iwan, kunjungan perdana niy. makasih ya sebelumnya dah singgah ke blogku.
    lokasi di Sulsel kah? Dufan ala Mattampa ini dekat dengan Trans Studio Theme Park di Tanjung Bunga ngga? Yg rekreasi indoor terbesar di dunia itu lho... Wow, banyak lokasi sangat menarik di Indonesia yg jarang dipromosikan ya...
    aku sudah meletakkan blog bang Iwan di Friends, biar bisa berkunjung lagi :) salam

    BalasHapus
  23. Subhanallah. rupa Indonesia menyimpan tempat2 yang indah.. Alternatif liburan yang luar biasa menurut saya selain murah tempat nya juga bagus..

    Thanks reviewnya kang..

    BalasHapus
  24. semoga kelestarian alam seperti itu bisa dijaga dengan baik ya mas :)

    BalasHapus
  25. sumpah keren dan bagus sekali.
    coba di tempat saya Flores, NTT bisa diekspos dan dibangun tempat seperti ini, karena kekayaan bahari di tempat saya juga ga kalah bagusnya hehehe

    BalasHapus
  26. Pokoknya siiip, jalan-jalan ke Makasar dan sekitarnya. Saya tunggu jalan-jalan ke TN Bantimurungnya bang. Gak sabar pengen lihat syurga kupu-kupu disana.

    BalasHapus
  27. karst merupakan salah satu kekayaan sumberdaya alam negeri ini. smg2 karst yg di sulawesi dpt dilestarikan karena banyak sdh karst yg sdh musnah

    BalasHapus
  28. Menyapa Sahabat.. Walau Terlambat.. Selamat Tahun Baru.. Semangat Baru.. Menemukan Diri Sebenar Diri.. Meraih Kehidupan Sejati..
    SALAM SAYANG SELALU

    BalasHapus
  29. Jalan-jalan terus....

    *mupeng.

    BalasHapus
  30. :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  31. Mangstaaaaaabbbss hayu atuh kita main ke sana

    BalasHapus
  32. siaapp pak Iwan, review sudah masuk di alexa.. heuehueheu

    BalasHapus
  33. wah... tempatnya indah dan sangat asyik pak... makasih infonya ya...

    BalasHapus
  34. wah, jadi pengen ke Makassar. Dang lupo jugo mampir ke Lampung, banyak pemandangan indah yang tak kalah menariknya dari mattampa.hihihihi..salam.Yanti

    BalasHapus
  35. wah keren ,,, ada dufan juga di sana...
    saya belum pernah ke dufan nih,..
    iraha nya tiasa???

    BalasHapus
  36. wajib di kunjungi nih,,

    BalasHapus
  37. Wah mainan air sih kesukaanku pak pokoknya suka lupa waktu. siiplah..

    BalasHapus
  38. Waterboom memang sangat mengasyikan tuh.. sangat cocok untuk lburan sekolah ya.. ohya pak linknya dah saya pasang khusus di daftar dofollow nih.. ditunggu linkbacknya ya

    BalasHapus
  39. Saya lebih tertarik sama karst Maros-Pangkep (kebetulan pernah posting itu).

    BalasHapus
  40. wow,indah sekali ya pemandangannya...

    BalasHapus
  41. Wew tiap komen disini pasti telat terus, kebagian akhir melulu.. hahaha..

    btw, jadi inget dufan di ancol, udah 2 tahun lebih gak main kesana... hihih.. pengen kesana jadinya melepas lelah..

    BalasHapus
  42. wahh ... koq murah sih masuknya, hee. Bagusan mana mas sama wahana rekreasi bikinan trans TV itu, di makassar juga kan yah

    BalasHapus
  43. Meskipun koneksi internet masih saja kacau, mengunjungi tempat-tempat indah semacam ini bagus juga untuk mencerahkan ide kembali, sekaligus menyegarkan tubuh dan pikiran.
    Semoga sehat selalu Bang Iwan....

    BalasHapus
  44. Woow....View nya bagusssss banget ya Bos....tp udaranya gimana yaa? Kalo Dufan-Jkt kan Panas n full macet. kalo disana gimana?

    BalasHapus
  45. PUJIAN BAGI ALLOH, YANG MEMBUAT UDARA SEJUK, PEMANDANGAN SEGAR.

    BalasHapus
  46. keren keren yah tempatnya... :)

    BalasHapus
  47. Nice sharing kang ...
    Kapan-kapan pengen berkunjung ke sana akh...

    BalasHapus
  48. Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

    BalasHapus
  49. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  50. Jadi berangkatnya kapan kang.. di tunggu atuh

    BalasHapus
  51. Wah Pak, jadi pengen kesana..

    BalasHapus
  52. indah sekali pemandangannya bang..dan dilengkapi pasilitas permainan seperti itu menambah indahnya suasana dan sudah layaknya dikunjungi dan diperkenalkan kepada wisatawan ... nice informasi bang....

    BalasHapus
  53. hueh, saya malah baru tauk kalo ada tempat wisata kek gini di pangkep, jadi kepengen juga nulis ttg Sinjai, tanah tumpah darahku, heheu..
    tapi kapan yak? ....

    BalasHapus
  54. keren bang...
    hehehehe... :)

    BalasHapus
  55. Busyeeeet... seandainya di Dufan punya pemandangan kaya begini mah saya bakalan suka deh...
    serius, cakep amat pemandangannya...

    BalasHapus
  56. sudah pernah ke dufan, tapi ke mattampa belum pernah....

    BalasHapus
  57. subhanallah, bgs bgt karst-nya pak..

    aku mo bgt kesana, kan berhubungan dg kuliahku jg tuh karst :D ntar deh kalo cukup modal x :)

    aku da awod tuk bpk, ambil y pak:

    http://ayastasliwiguna.blogspot.com/2010/01/blog-ayas-1st-anniversary.html

    BalasHapus
  58. Bagus bener pemandangannya... itu gunung batunya keren banget... moga-2 bisa kesana suatu saat nanti.. Amin.

    BalasHapus
  59. belum pernah ke dufan neh. sepertinya bagus pemandangannya.

    BalasHapus
  60. ha..ha.....dufannya pangkep........mantap sulsel.........maju tyus.....disoppeng ada juga dufan tuh,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  61. indah betul tempatnya..sedap mungkin makanannya, cantik pula gadis gadisnya

    BalasHapus
  62. Wah.., shasa pasti ngajak kesana nih kalau tahu.. ternyata di sulsel emang banyak tempat-2 wisata yg bagus ya..?

    BalasHapus
  63. Wah keren bgt tuh...

    andai aku pnya bnyk uang, mngkin bakal sring kesono.....

    BalasHapus
  64. wih ternyata begitu yah isinya Bungoro saya belum pernah kesana kanda habis yang paling mahal sih jika dibandingkan Bantimurung, lejja atau ompo jadi mending ke yang lain aja, nice post kanda

    BalasHapus
  65. berkunjung ke rumah tetua kapan nih ke Pinrang lagi kumpul juga yuk seperti para bertuah

    BalasHapus
  66. I can see all the important information about Indonesia here Thank you master

    BalasHapus
  67. Cuma 25rb udah bisa main sepuasnya Bang? Murah sekali.

    BalasHapus
  68. keren bangeeetttt suwer! saya baru tau lho..
    thanx info nya ya, makin penasaran saya dg makasar. makin bertekad utk bisa kesana.
    tp terbentur biaya sih..
    ke makasar dg ke thailand ongkos nya sama..
    jd rasanya gimana gitu..
    duh, ga nasionalis bgt deh saya ternyata! soalnya 2thn lalu memilih ke thailand drpd ke makasar..
    yah mudah2an masih ada rejeki lagi utk mengunjungi makasar. ga ada yg ga mungkin..

    BalasHapus
  69. btw blog nya bagus bgt
    kok bisa sih blogspot digini-in?
    blajar otodidak dari buku ato pake guru?
    kalo buku, boleh tau judul buku & pengarang nya?

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger