Home » , , » TIME IS MONEY

TIME IS MONEY

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, Januari 11, 2010 | 1/11/2010

Waktu merupakan salah satu anugerah yang diberikan Allah kepada kita. Sebuah anugerah yang sangat luar biasa dan juga bisa menjadi berbahaya. Tergantung bagaimana kita memanfaatkannya, karena waktu ini tidak akan bisa kembali dan akan terus menghitung mundur. 1 hari 24 jam, 1 jam 60 menit, 1 menit 60 detik. Dan setiap hari akan terus begitu.

Pernyataan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita adalah Time is Money. Secara sederhana kita dapat mengartikan bahwa waktu adalah uang, namun apabila kita telaah lebih mendasar lagi, menurut saya pernyataan itu mengartikan bahwa waktu itu sangatlah berguna, sehingga selayaknyalah kita bijaksana dalam memanfaatkannya.

Status sebagai seorang Guru sekaligus sebagai Kepala Rumah Tangga dengan 2 orang anak, Seharian di sekolah dengan beban tugas 36 Jam seminggu ditambah dengan memberikan les tambahan serta mengurusi masalah kurikulum di sekolah belum terhitung waktu untuk online tentu sangat menguras tenaga dan pikiran.

Kondisi di atas adalah sebuah contoh yang saya alami sendiri. Dapatkah Anda membayangkan bagaimana sibuknya diri saya?

Saya sadar apabila ingin mencapai sesuatu tujuan yang diinginkan akan ada sesuatu yang harus dikorbankan Dalam hal ini adalah mengurangi waktu tidur saya. Bila Anda memiliki waktu tidur antara 8-10 jam per hari, maka saya berkurang setengahnya. Meskipun begitu ada sesuatu kenikmatan dan kepuasan dalam hati yang tak dapat dibayar oleh apa pun setelah menyelesaikan sebuah pekerjaan tanpa menyisakan bengkalai, dan itu merupakan obat yang mujarab sepanjang masa.

Allah memberikan kita setiap hari "modal" waktu dan kepada semua manusia di muka bumi ini adalah sama–24 jam. Namun, ada berapa orang yang bisa seperti :
  • Rasulullah SAW : Dalam waktu 23 tahun bisa membangun peradaban Islam yang tetap ada sampai sekarang. Ikut 80 peperangan dalam tempo waktu kurang dari 10 tahun, santun terhadap fakir miskin, menyayangi istri dan kerabat, dan yang luar biasa adalah beliau seorang pemimpin umat yang bisa membagi waktu untuk umat dan keluarga secara seimbang!!
  • Zaid bin Tsabit RA : Sanggup menguasai bahasa Parsi hanya dalam tempo waktu 2 bulan! Beliau dipercaya sebagai sekretaris Rasul dan penghimpun ayat Quran dalam sebuah mush’af
  • Abu Hurairah : Masuk Islam usia 60 tahun. Namun ketika meninggal di tahun 57 H, beliau meriwayatkan 5374 Hadits! (Subhanallah!)
  • Anas bin Malik : Pelayan rasulullah sejak usia 10 tahun, dan bersama rasul 20 tahun. Meriwayatkan 2286 Hadits.
  • Abul Hasan bin Abi Jaradah (548 H) : Sepanjang hidupnya menulis kitab-kitab penting sebaganyak tiga lemari.
  • Abu Bakar Al-Anbari : Setiap pekan membaca sebanyak sepuluh ribu lembar.
  • Syekh Ali At-Thantawi : Membaca 100-200 halaman setiap hari. Kalkulasinya, berarti dengan umurnya yang 70 tahun, beliau sudah membaca 5.040.000 halaman buku. Artikel yang telah dimuat di media massa sebanyak tiga belas ribu halaman. Dan yang hilang lebih dari itu.
Masih banyak lagi contoh-contoh luar biasa lainnya. Kenapa tidak banyak orang yang bisa menyamai mereka? Padahal waktu yang diberikan Allah kepada mereka sama dengan waktu yang diberikan Allah pada hambaNya yang lain? Jawabannya adalah kecerdasan manajemen waktu.

Sebuah hal yang sangat sederhana, namun sangat sulit diterapkan. Maka dari itu, marilah kita memulai mengatur dan memanfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya. erikut ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatur waktu agar lebih baik.

Hindari Menunda-nunda Pekerjaan
Banyak sekali dari kita yang biasanya menunda suatu pekerjaan yang penting dan menukarnya dengan sesuatu yang kurang penting. Cobalah untuk belajar mengurangi menunda-nunda pekerjaan ini. Kalau Anda bilang "masih ada hari esok", maka keesokannya pun akan berkata demikian dan tak akan pernah selesai.
  • TIPS : Buatlah catatan tugas-tugas bermanfaat yang harus dikerjakan. Majukan deadline dari yang semestinya, kalau Anda komitmen, maka Anda akan mengalami percepatan kemajuan.
Kenali Aktivitas Harian
Rancanglah jadwal atau schedule harian tetap Anda, kemudian analisa di bagian mana Anda memiliki waktu sibuk dan waktu kosong. Banyak sekali orang-orang yang tidak mengetahui kebiasaan dan aktivitas hariannya, sehingga ketika disadari ternyata mereka memiliki waktu luang yang cukup banyak.
  • TIPS : Buatlah tabel-tabel jadwal harian Anda dari Senin-Minggu, beserta jam-jamnya. Kemudian Anda akan temukan bahwa ada beberapa waktu luang yang bisa Anda gunakan. Tambahkan aktivitas bermanfaat dalam jadwal kosong Anda tersebut, misalkan dengan menghafal Al-Quran, dengan membaca buku, atau lain sebagainya.
Mengerti Prioritas
Ini juga sangat penting. Bila Anda tidak mengetahui arti penting prioritas, maka Anda akan bingung apabila dihadapkan pada masalah secara bersamaan. Salah satu akibat tidak mengetahui prioritas adalah alokasi waktu yang kurang tepat pada beberapa aktivitas. Tetapkanlah prioritas dari agama, keluarga, kerabat, teman, seklolah, karier, dan lainnya sesuai dengan yang semestinya. Misalkan prioritas keluarga harus lebih tinggi dari prioritas kerabat jauh. Kemudian tinjau juga dari batasan akhir (deadline) aktivitas tersebut.
  • TIPS : Buatlah sebuah list daftar aktivitas harian Anda buat hari esok. Bagilah ke dalam beberapa jenis, seperti agama, keluarga, sekolah, dan lain-lain. Berikan huruf tebal (A, B, C) pada daftar itu. A untuk yang harus terlaksana, B untuk Boleh dilaksanakan, dan C Bila dilaksanakan maka Anda akan mendapat manfaat melebihi orang-orang pada umumnya. Predikat huruf ini bisa Anda ganti dan buat sendiri sesuai kebutuhan.
Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua dalam meningkatkan efisiensi waktu dan aktivitas Anda. Kalaupun anda tambahan…. Silahkan Share di kotak komentar dibawah…

Sebagai penutup postingan ini saya akan sertakan Hadiah terindah dari Sahabat berupa Mobil Ferrari dari Ayas yang dikemudikan oleh Sitampan Amru nampak diatas mobil lagi duduk Inul dengan gaun cantik bergambar kupu-kupu yang indah dari Elpa......





Untuk keempat sahabatku Ayas Gokil , Sitampan Amru, Inul keren dan Elpa yang cantik, terima kasih untuk semuanya.

Salam sukses!!

Share this article :

59 comments:

  1. aku juga sibuk nih, pak. waktu rasanya kurang mulu. btw, selamat utk awardnya ya.

    BalasHapus
  2. salam sobat
    iya betul bang Setiawan,,
    waktu adalah uang,,makanya saya juga tidak suka kalau menunda-nunda pekerjaan walaupun pekerjaan biasa rumah tangga.
    selamat atas AWARDnya.
    semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  3. Selamat atas awardnya. Semoga saya bisa belajar, setelah membaca artikel ini

    BalasHapus
  4. Akhirnya, terjawab sudah pertanyaan saya, selama ini saya tertanya2 bagaimana bapak mengatur waktu, posting dan BW. Padahal, pengunjung blog Bapak banyak. Saya aja, yang sedikit kadang kewalahan...

    BalasHapus
  5. bener bang
    jangan menunda pekerjaan

    met atas awardnya.....

    BalasHapus
  6. bener banget time is money.. saya sudah sangat merasakannya bahkan ketika menuliskan komentar ini heuehuehuee..... ada artikel baru dilapak sayah.. ehehhe dibaca yah pak iwan..

    BalasHapus
  7. kalo saya TIME TO CHANGE hehe...waktu, memang sangat berharga.Tanpa tersa sudah berlalu tanpa jejak..

    BalasHapus
  8. kalau sudah baca begini rasanya ngiri...
    waktuku buat apa aja ya?

    BalasHapus
  9. selamat atas awardnya...
    betapa berharganya waktu ketika berkumpul dengan keluarga disela aktifitas yang begitu padat.

    BalasHapus
  10. Makasih utk tips dan pencerahannya... bermanfaat pastinya...
    Selamat utk awardnya...

    BalasHapus
  11. Terus semangat berbagi ya Bang...
    BTW, ide Bang Iwan rasanya tak pernah habis deh.. salut...!

    BalasHapus
  12. Tips yang sangat bermanfaat, sempat saya keluhkan beberapa kali posting.
    Ternyata ada jawaban disini, jadi malu...
    Makasih sharingnya.

    Selamat bagi yang mendapat AWARD, semoga persahabatan kalian semakin erat, lengket kayak perangko

    BalasHapus
  13. menunda pekerjaan itulah penyakit saya kanda

    BalasHapus
  14. Sayapun sama. Sebagai seorang guru swasta di sekolah swasta dengan beberapa pekerjaan lain sebagai sambilan ditambah kegiatan di dunia maya kayak gini, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 4 minggu sebulan, 12 bulan setahun rasanya kurang buanget.

    Terkadang waktu istirahat yang terkalahkan dan baru nyadar kalau badan memberikan sinyal2 menyerah.

    hehehe

    BalasHapus
  15. indah banget pak, penjelasan dan tipsnya,, insyaallah sedikit demi sedikit aku lakukan manajemen waktu yg baik :)

    ty krn awodnya udah dipasang :D

    BalasHapus
  16. tak kopi ya pak hadist2nya

    BalasHapus
  17. waktu adalah rizki yang tramat besar. namun kerap kali kita melupakan anugerah ini dan menyia-nyiakannya..trims telah mengingatkan mas...

    BalasHapus
  18. Aku bisa bayangin sibuknya mas, untung mas Iwan bisa membagi waktu. Pdhal itu blm termasuk waktu tuk keluarga, tuk beribadah, tuk diri sendiri. Asal bisa mengatur waktu dgn baik, semuanya pasti bisa tercapai. Kalo aku, paling sedikit hrs tidur 7 jam, kalo kurang bisa pusing kepala. So, yg paling penting mengetahui kemampuan masing2, dan mengoptimalkannya. Good post!

    BalasHapus
  19. Siiip. Setuju, waktu itu berharga kalau digunakan dengan sebaik-baiknya. Selamat atas award-awardnya bang.

    BalasHapus
  20. Dengan kesibukan yang begitu padat namun bang Iwan tetap dapat membagi waktu secara optimal. Luar biasa. Kagum dan salut. Saya sangat perlu untuk belajar banyak dari bang Iwan.

    Artikel luar biasa. Keteladanan dari Rasulullah, SAW dan sahabat-sahabat beliau. Subhanallah.

    BalasHapus
  21. aku sering mengalami masalah dengan waktu,dan Om tau, ini akan menjadi sebuah pegangan buatku, mengatur waktuku. menjadi jauh lebih baik :). nice share Om !!

    BalasHapus
  22. Saya merasa salut kepada bang Iwan. Sesibuk itu, dalam memanfaatkan waktu dgn berbagai aktivitas yang luar biasa. Pun menyempatkan sedikit waktu untuk berbagi di sini, FATAMORGANA. Semoga kesehatan masih kita nikmati. Sukses selalu.

    BalasHapus
  23. Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

    BalasHapus
  24. Time is money waaakakakakkkk yayayya

    BalasHapus
  25. Mangstaaaabbbbsss.. memang hidup harus di atur kalau enda waktu terbuang percuma

    BalasHapus
  26. Mungkin selama ini aq terlalu menyia2kan waktu bang...jdnya ya seperti ini deh keadaan q saat ini huuuuhuhuhuhuh

    BalasHapus
  27. sedang sibuk pak, sekarang waktunya untuk persiapan Ujian Nasional

    BalasHapus
  28. Bener banget sih Mas.. tapi.. cara2 itu sudah saya pratekkan.. masih kuranggg.. aja 24 jam sehari.. :(

    Awardnya bagus-bagus ya! congrats!

    BalasHapus
  29. huaaa akhir-akhir ini waktuku agak berkurang buat blogwalking.. hiks... maaf ya pak.. baru mampir sekarang..

    BalasHapus
  30. sekarang waktu saya lagi longgar-longgarnya om.. gatau deh kalo udah masuk kuliah lagi.. kayaknya balik kayak dulu lagi.. jarang tidur saking kurangnya waktu dan keteteran. iya sih manajemen waktu saya kurang kyknya

    BalasHapus
  31. astaghfirullah, ternyata banyak waktuku yang terbuang percuma

    BalasHapus
  32. Mengerti akan sebuah prioritas adalah suatu hal yang paling penting.
    Dengan demikian, maka waktu yang digunakan lebih efisien :)

    BalasHapus
  33. keuren bang..
    kisah dan tips2nya sungguh sangat bermanfaat.. makasih sdh membaginya disini..

    BalasHapus
  34. Tolong kasi tau saya, gimana cara yg mudah buat meninggalkan komentar disini, dari kemarin2 selalu aja gak bisa milih profil padahal udah selesai baca, tapi selalu aja gagal ngepos komen. Apa yg salah dengan komputer saya?

    BalasHapus
  35. WAQTU TIDUR APA BISA DIKURANGI?
    KALAU KURANG TIDUR, APA ITU TIDAK MEMAKSAKAN DIRI?
    OLAH RAGA, SENAM PENTING, AGAR UMUR BISA PANJANG.

    BalasHapus
  36. saya setuju bang..mari kita memanfaatkan waktu yang ada untuk jadi yang terbaik...btw selamat ya bang atas awardnya.......

    BalasHapus
  37. Trim's tips nya! Selamat atas awardnya!

    BalasHapus
  38. tips nya bagus-bagus..... top deh bro... ditunggu posting berikutnya...

    BalasHapus
  39. wah tips yg bermanfaat sob.. bner Waktu adalah uang...

    BTW link kmu juga dh aq pasang

    BalasHapus
  40. haloo pa kabar sahabat, udah lama ga bersua.!!
    top aryikel yang satu ini saya suka, jangan lupa berkunjung balik ya sahabat..

    BalasHapus
  41. Sukses selalu bang Iwan ,salam dari Medan

    BalasHapus
  42. selamat atas money eh awardnya ya bosssss

    BalasHapus
  43. berkunjung ke sini...
    dan pulang membawa ilmu
    terimakasih tipsnya...

    BalasHapus
  44. Pencerahan yang sangat keren,
    selamat ya atas awardnya.

    BalasHapus
  45. komplit + mantap banget tipsnya.. demi masa (ada surahnya jg di Alquran ya mas)
    salut lagi Mas Iwan bisa cepet banget update postingnya; meskipun dgn kesibukan yang sangat saya mengerti karena saya lahir dan dibesarkan dari ayah yang berprofesi mulia seperti Anda.
    O iya award dari Sobat Amru belum ane posting .. selamat award2 cantiknya Mas :)

    BalasHapus
  46. salam sejahtera
    kunjungan balik
    sebuah tulisan yang tidak hanya bermanfaat untuk para pebisnis tapi juga semua orang
    hikmah yang saya dapat petik adalah setiap detik itu sanagt berharga
    thanks

    BalasHapus
  47. mampir sore belajar membagi waktu.

    BalasHapus
  48. mantap mas.........sukses selalu ya mas......

    BalasHapus
  49. makasih om...award nya sudah s pajang...
    time is money...y kadang susah mengatur waktu antara pekerjaan,ibadah,juga lainnya
    tp krena ada niat insyaallah smua itu akan teratasi walaupun agak lmbt tp lama2 jd biasa,menjadi rutinitas...

    BalasHapus
  50. Jadi teringat Ayat "Wal Asri.." demi masa.. Ssungguhnya mang waktu itu harus dipergunakan sebaik2nya. sehingga tidka ada kerugian dalam diri kita kelak.

    Bekerjalah kamu untuk duniamu, seolah2 kamu akan hidup selamanya dan bekerjalah kamu untuk duniamu seolah2 kamu akan mati besok. so.. seimbangkan waktu qt untuk beribadah dan berkerja utk dunia qt sebaik2nya :D

    BalasHapus
  51. meskipun aq g sibuk2 amat to aq kalau tidur sll tengah malem, dah kebiasaan sih dari kecil, oy selmat atas award yg d dapatkan tambah semangat dg adanya award

    BalasHapus
  52. Salut nih,
    Dengan kesinbukan yg Luar bisa masih bisa tetap posting dengan Sesuatu yang Mantab bermutu.

    BalasHapus
  53. thanks tips2 nya yang di berika bang setiawan semoga kita lebih mennghargai waktu ...

    BalasHapus
  54. WAKTU memang sangat berharga sahabat ...

    BalasHapus
  55. wuaduhhh.......... saya juga dapat award itu tapi belum sempat masang... maafin saya ya man teman...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger