Home » , , , , » LOGO GOOGLE HARI INI ; NIKOLA TESLA

LOGO GOOGLE HARI INI ; NIKOLA TESLA

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Juli 10, 2009 | 7/10/2009


Mungkin anda bertanya ketika Browsing dengan Mbah Google hari ini,.... Koq logonya jadi seperti yang ada disamping?

Hari ini Mbah Gugel memperingati Kelahiran Seorang Ilmuwan Besar

Nikola Tesla (nama baptis: Николай; Lika, 10 Juli 1856 - New York City, 7 Januari 1943) adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Amerika Serikat kelahiran Serbia.

Tesla sering dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan merupakan salah seorang teknisi terbesar dalam akhir abad ke-19 dan abad ke-20.


Tesla merupakan seorang perintis elektromekanik, tanpa kabel, dan daya listrik. Ia berketurunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada 1891 selagi bekerja di negara tersebut.

Paten Tesla dan kerja teorinya merupakan dasar dari daya listrik arus bolak-balik (bahasa Inggris: Alternating Current, AC) modern termasuk distribusi daya polyphase, dan motor AC, yang ia umumkan pada Revolusi Industri Kedua. Setelah pendemonstrasian komunikasi tanpa kabel pada 1893 dan memenangkan "Perang Arus", Tesla dianggap sebagai salah satu teknisi listrik AS terhebat.

Tesla dengan simbol T adalah Satuan Internasional (SI) dari intensitas magnet, pada konferensi CGPM (Conference Generale des Poids et Mesures) di paris pada tahun 1960, satuan ini diberi nama untuk menhormati penemunya dari Serbian-Amerika yaitu Nikola Tesla, dia seorang ahli listrik yang memberikan kontribusi penting pada bidang Keelektromagnetan.

Definisi
1 T = \frac{1 V.s}{m^2} = \frac{1 kg}{s^2.A} = \frac{1 N}{A.m} = \frac{1 Wb}{m^2}\,
Berikut penjelasan tentang kehebatan Tesla :
  • 30 hak paten dalam setahun
Di New York, Tesla bekerja untuk Edison. Ia merancang 24 jenis dinamo. Namun keduanya tidak pernah cocok. Maka, April 1887 Tesla mendirikan laboratorium sendiri. Dalam waktu singkat ia membuktikan, sistem arus AC (bolak-balik)-nya jauh lebih hebat dibandingkan dengan sistem DC (searah) Edison.
Hebatnya, kurang dari setahun ia telah mematenkan sekitar 30 karya. Malah 20 tahun berikutnya ia menelurkan penemuan di bidang teknik listrik dan radio dalam jumlah yang mencengangkan. Sayang, serangkaian kecelakaan memusnahkan banyak tulisannya. Mana mungkin ia mengingat setiap tanggal penemuannya? Namanya sebagai penemu pun sering terabaikan.
  • 200 lampu menyala tanpa kabel
Berbeda dengan Marconi, Tesla sangat peduli dengan transmisi energi bukan cuma dalam jumlah kecil berupa sinyal radio, tapi juga energi besar listrik untuk keperluan rumah tangga dan industri. Malah tahun 1899 ia membangun stasiun pengirim tenaga listrik raksasa di Colorado Springs, di dataran tinggi Rocky. Instalasi itu serupa lumbung berukuran 60 m2. Tepat di tengah atap ada rangka menara setinggi 60 m. Di puncaknya terpasang bola tembaga berdiameter 90 cm. Di dalam bangunan ada kerangka bulat berdiameter 23 m yang dipagari lalu dililit kawat sebagai kumparan utama pemancar, kumparan kedua berdiameter 3 m menempel langsung di tiang.
  • Memancing arus listrik bumi
Setelah itu, Tesla memulai proyek yang lebih ambisius, ia sebut sistem jaringan dunia. Dengan memanfaatkan getaran listrik alamiah bumi ini akan tersedia energi listrik yang murah dan universal. Didukung dana dari pengusaha kereta api terkemuka J.P. Morgan, ia memulai konstruksi kompleks transmisi di lahan seluas 800 ha di Wardencliff, Long Island, 100 km dari New York. Rangka kayu menara menjulang setinggi 45 m. Di atasnya dipasang elektroda tembaga berdiameter 30 m serupa donat raksasa dengan tabung berdiameter 6 m. Namun, tidak ada dana untuk menyelesaikannya. Menara itu sempat berdiri selama 12 tahun, sampai akhirnya dirobohkan selama PD I demi alasan keamanan. Semua skema rancangan tidak terwujud, gagal pula proyek kota industri yang dirancang bersama rekannya, arsitek Stanford White.
  • Senjata sinar mematikan
Tesla menemukan senjata sinar dengan kekuatan dan ketepatan yang belum pernah ada sebelumnya. Apalagi, di akhir hidup Tesla meninggalkan isyarat yang menguatkan dugaan itu. Penemuanku bisa menghancurkan apa pun, manusia atau mesin yang ada dalam radius 320 km. Tapi, dalam artikel tahun 1935, ia menyanggah bila penemuannya menyebabkan perang. Ia mengaku benci perang. Perang tidak dapat dihentikan dengan membuat pihak yang lemah menjadi kuat. Cara paling tepat, membuat tiap bangsa, kuat atau lemah, mampu mempertahankan diri. Tiap negara, besar-kecil, tak akan kalah melawan musuh. Jika senjata itu diterima, hubungan antarbangsa akan mengalami revolusi.
Kecurigaan itu berekses tak menyenangkan padanya tak lama setelah ia berpulang, 7 Januari 1943, di kamar New Yorker Hotel di Manhattan. Sebelum tubuh kakunya dipindah, beberapa agen FBI masuk kamar, membuka brankas mini, dan mengambil semua dokumen yang diduga berisi detail rancangan senjata rahasia.





Dengan hasil temuan yang begitu banyak, maka layaklah kiranya Om Google memperingati kelahirannya.
Sumber :
1. http://id.wikipedia.org
2. http://budakfisika.blogspot.com

Share this article :

40 comments:

  1. Salu buat Nikola Tesla, siip terus buat google. Nice posting bang Iwan.

    BalasHapus
  2. wah iya bener mas, barusan aku cek ternyata emang ada yang berubah,

    mbah gugel emang suka gonta-ganti logo kalo ada hari besar dunia

    BalasHapus
  3. Oh, itu toh sebabnya tampilan Googlenya jadi unik. Tadi sampe nginget hari ini hari apa ya? hehehe...Thanks sdh sharing wawasan barunya mas. Ternyata ini toh penemunya arus listrik AC.

    BalasHapus
  4. Mas, susah sekali ngetik di shoutmixnya mas Iwan. Kenapa yah?
    Kalo ga keberatan, bersediakah vote aku? Ada di kiri atas halaman blog aku. Tapi ga maksa kok, kalo berkenan aja...

    BalasHapus
  5. :19: ada gmbar donaldnya!!

    BalasHapus
  6. :31 maap mas jarang mampir

    abis malesnya menjadi sih :19

    BalasHapus
  7. kereennn... bang amri... postingan ente semuanya keren2 nih.. aku suka bnget baca artikel yang isi kayak gini... jadi tambah pinter dikit deh kucing ini....

    BalasHapus
  8. waahhhh bang..makasih banyak yaa....

    ella tadi emang bertanya2....itu lambang apa ya.....

    mmm akhirnya ku menemukan jawaban disini..

    makasih bang

    BalasHapus
  9. bang.....maen2 donk ke blog ella hehhehheh

    BalasHapus
  10. Ga perhatiin waktu buka google..ternyata oh ternyata

    BalasHapus
  11. Waaaahhhh makasih bang buwel jadi tahu nikola tesla neh, bener tadi sempet bingung ama logo nya...mo cari2 artikel tentang nikola tesla tadi siiiih, eeeeehhh ternyata abang udah mosting...siiiippp deh bang...

    BalasHapus
  12. :10, kemarin2 nggak bisa...moga sekarang bisa...amiiin

    BalasHapus
  13. oya??? logonya begitu... bentar aq mau lihat dulu ni.... waaaaahhhhh iya.... bener2...
    keren2, jujur dulu aq gak kenal sama nicola tesla, dan baru sekarang mengenal dari blognya bang iwan, aq baca dan aq amati ternyata aq bego banget sampe dulu gak kenal.....

    ehiya bang, aq lama gak blogwalking bukannya malezz tp emang lagi nyicil2, disambi-sambi juga soalnya.... hohohohoho cowry ya bang, kalau sampe lama2 bener aq koment2 disini.... :17

    BalasHapus
  14. wah lebih jelas pembahasannnyaa

    BalasHapus
  15. Ilmuwan hebat nieh. Jadi ingat pas smp, kekuatan medan magnet dulu.
    Kita bisa kan jadi seperti Testla?!

    BalasHapus
  16. wah...beruntungnya aku mampir kesini dapat tambahan pengetahuan
    makasih.salam persahabatan

    BalasHapus
  17. Sempet kaget tuh.. kok jadi kesetrum begono
    Salam Sayang

    BalasHapus
  18. mas,aku dah balik follower,makasih ya
    salam persahabatan

    BalasHapus
  19. Ternyata ada maksudnya toh mbak google nampilin logo yang unik. Selama ini gak kepikir sama sekali hehehe...
    Hebat bang infonya... salut banget !! Aku jadi nambah ilmu nih.

    BalasHapus
  20. Salut buat Nikola Tesla atas semua penemuannya.

    Makasih atas info yang sangat menarik dan bermanfaat ini...
    Tetaplah berbagi Bang :)

    Sukses Selalu...

    BalasHapus
  21. yup google selalu mengganti logo sesuai dengan peristiwa sesuatu
    aku udah mendonlod logo ini mulai dari 2001 mpe 2008
    cuma belom mosting
    takut kehabisan jatah space gambar di google picassa

    BalasHapus
  22. alhamdullilah ya. bang..
    mbahh google ternyta masih mengenang jasa jasa para ilmuwan ....
    yang telah mendahului nya :)
    heheheh..heheheh
    nice infoo bang

    BalasHapus
  23. Google emang adaptif sama perubahan dan sensitif sama even2 penting. Sedangkan mas iwan...tau aja kalo banyak yg bertanya2 logo google hari ini, termasuk saya he he he :16

    BalasHapus
  24. kiraiin postingan ini di posting di blog dikau yang satunya

    BalasHapus
  25. wow manteb pak....

    kek baru abis dengerin pak iwan ngajar ilmu kimia nih.jadi tau juga kenapa om gugel ari ini keren banget hehehhehe lagi memperingati eyang tesla tho..

    BalasHapus
  26. jadi inget group musik... TESLA...
    terimakasih info nya Sir...
    jd nambah sesuatu nii di kepala saiia...

    BalasHapus
  27. Tak kiro mbah Google lagi kepanasan makany apasang kipas angin...:D

    BalasHapus
  28. :19 waduh fisika..........kapan-kapan ngulas archimides,galileo dan newton ya bang...........jgn lupa einstein dengan relatifitas,paralel universe dan worm hole nya......n jgn lupa di bumbuin dikit dengan teori inti atomnya.......yang katanya inti atom itu bukan cuma proton netron dan elekron......tapi masih ada pecahan yang lebih kecil lg....tp aq lupa namanya.......

    BalasHapus
  29. :34 emotion nya lucu....guwe bgt gtloh

    BalasHapus
  30. info renyah,
    info tak mudah,
    info yang menggugah...

    BalasHapus
  31. wakh baru tahu aku kalo gambar yang di google itu memperingati tesla....kalo gag salah itu juga nama salah satu kelompok band rock dari bule.....ya kang

    BalasHapus
  32. mantap tuh google, tadi baca juga ttg nicola tesla, nama tesla sering denger waktu kuliah. awal yang baik untuk dunia nikola tesla.... tanpa dia gak tau ttg arus listrik. nice post mas.

    BalasHapus
  33. eTha baru tau nii kalo ternyata suka ganti gtu... hohoho...
    maklum jarang ngenet :(

    BalasHapus
  34. Ulasan yang lengkap dan berguna
    Semoga ada orang Indonesia yang karyanya bisa bermanfaat bagi umat manusia seperti Nikola Tesla

    BalasHapus
  35. aih makk... fisika! langsung pusing! hahaha...

    BalasHapus
  36. Iya nih...google tampilannya emang selalu unik
    buat kita jadi penasaran..ada apa hari ini
    ada apa dengan esok?

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger