Home » , , , » FAJAR 1 SYAWAL 1430 H

FAJAR 1 SYAWAL 1430 H

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, September 20, 2009 | 9/20/2009

LEBARAN BUKANLAH BUBARNYA KEBAJIKAN

Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allah Mahabesar!
Gema tasbih, tahmid dan takbir memecah kesenyapan fajar
Tak mungkin dibandingkan dengan besarnya kuasar
Tak mungkin dibandingkan dengan besarnya galaksi kembar
Dialah yang punya Arsyi tak bertepi
Dialah yang punya segala cakrawala
Segala segara
Segala cemerlang mega yang tak berlentera
Segala lintang yang tak bertiang
Segala nebula yang tak berjendela
Bahkan segala langit yang sulit diintip

Puasa usailah sebulan sudah
Tarawih lengkap, I’tikaf pun tak khilaf
Namun, muslim bersimbah asa dan tanya
“Apakah puasa saya diterima?”

Horseeeiii! Lebaran tiba!
Takbir mencibir gaun baru warna biru
yang mengetat di atas dengkul gadis bahenol.

Zakat fitrah menceria sang fakir yang ketir
di syawal pagi yang membahagia nurani

Ketupat bertumpuk di segala ufuk
Sambal goreng berselera-selera di segala cakrawala
Bolu kukus berdus-dus mencengangkan para tikus
Nasi kuning tak membikin jiwa bening
Sebab jiwa kufur masih bertengger di sanubari.

Horseeeiii! Lebaran kebacut !
Menjadi pesta poranya pikiran kusut

Para setanpun bersorak menjegal silaturrahmi
Yang lupa waktu dan tak tahu diri.

Zhuhur terlewat berkat kunjungan panjang ke rumah sobat
Azar nyasar ke magrib...
berkat bertandang di si dindun yang semakin heidun

Lantas isya diperkosa di malamnya pesta pora
Dan tegaknya shalat subuh menjadi runtuh
ketiban tubuh yang lusuh.


Mumpung Lebaran, aji mumpung kembali disanjung
Mumpung baju baru sepatu baru
Kue keju berselisih saling gurih di lidah yang semakin pedih
Mumpung kue nampang di setiap kandang
Dan si fakir yang ketiban zakat di hari lebaran kembali fakir
Melodi lama berkumandang riang
Melagukan ’sengsara badan’ dalam tone bariton
Si miskin dan si kaya kembali saling bertolak belakang

Puasa yang diharapkan mewujudkan kesederhanaan jiwa manusia,
telah diartikan lain oleh segelintir makhluk yang bermental binal
sehingga dampaknya jadi konsumtif.
Lebaran yang diharapkan mencanangkan manusia
kembali kepada fitrahnya
kembali kepada kejujurannya
kembali kepada kesuciannya
malah menjadi cikalnya mubazir.

Akhirnya sang setanpun berteriak senang
dalam kemenangan yang gemilang

Setan yang dikerangkeng oleh mental baja kita selama Ramadhan
Yang dilandasi iman yang tangguh dan ketaqwaan tiada tara
Yang diborgol oleh pengabdian tulus terhadap Allah SWT.

Semoga kita ini termasuk yang mampu mengkrangkeng setan
Berkat puasa kita yang khusu’
Yang mewangun mental baja
dalam melaksanakan amal shaleh hingga akhir hayat

Perlu dicamkan ” Lebaran bukanlah bubarnya kebajikan”

Share this article :

45 comments:

  1. pertamaaaaaaaaaaaaaxxxxxxxxxxxzzzz

    BalasHapus
  2. Lebaran telah tiba !!!..

    Sebulan sudah kita jalani Ramadhan bersama
    Malam penghujung hari yang indah ini
    Genderang Perang sudah di tabuh.
    Pekik Kemenangan dikumandangkan
    Alunan Nada Pengagungan dinyanyikan
    Suara Riang Gembira berkeliling kota
    Ramadhan dengan segala perniknya telah kita lewati bersama

    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

    Mudah mudahan Jerit kemenangan ada dalam diri kita semua
    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Bebenah dan jadikan momentum kemenangan ini
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih
    Tiada kata yang terungkap lagi
    Mari kita bersama menyambut hari yang FITRI
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin

    Dari :
    ” Kang Boed Sekeluarga “

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaaaank

    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    BalasHapus
  3. Satu kata yang tiada tergantikan
    Kata MAAF nan tulus dan ikhlas
    Keluar dari lubuk hati terdalam
    Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Buruk laku tindak tandukku
    Hanya Harap dan MAAF terucap
    Mudah mudahan esok lebih baik
    Saat Hari Kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    Murnikan Jiwa dalam genggamanNYA
    sucikan keping hati di hari nan Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin

    Dari :
    “Kang Boed Sekeluarga”

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    BalasHapus
  4. Selamat Hari Raya Aidilfitri dan Selamat Bercuti dari IMCurtain.

    p/s: We would like to invite all bloggers to join our blogging community which can helps you getting more visitors to your blogs. It's totally free! Social Blogger Community

    BalasHapus
  5. minal aidzin walfaidzinn ya bang . bang follow blog sya yg bru ya at : www.ghufronpurnama.blogspot.com soalnya blog yg kemarin rusak bang . gimana sih bang tips2 supaya blog kita banyak comment di artikel kita ? bagi2 tips donk bang .. makasih ya bang untuk sebelumnya .:)

    BalasHapus
  6. maksudx chapta untuk komentar apa ya bang ? syagak ngerti, maklum bang sya masih bru di blog. sya punya impian untuk bsa punya blog kyak abang . dapat awards , trus dapat rank dri googlenya juga bgus, followersx juga banyak .. .. sya mau punya blo seperti itu bang :)

    BalasHapus
  7. Selamat hari Raya Idul Fitri
    Mohon maaf lahir dan Bathin
    semoga di hari Suci ini semua dosa bisa terampuni

    BalasHapus
  8. selamat hari raya idul fitri 1430 H.. mohon maaf lahir dan bathin

    BalasHapus
  9. naudzubillah.. smoga tidak terlarut dalam pesta si setan...

    taqabbalahu minna wa minkum ya bang iwan...

    BalasHapus
  10. Singgah untuk mengucapkan Selamat Hari Raya. Semoga kedatangan syawal tahun ini membawa maksud yang lebih bermakna buat seisi keluarga. Salam Sejahtera.
    Your cyber friend,
    Little Honeybuzz

    BalasHapus
  11. minal aidin wal faidzin, selamat hari lebaran and salam kenal dari Kendari ;)

    BalasHapus
  12. ass . abang sya mau nanya . caranya gimana ya supaya teman follower kita bisa bertambah banyak seperti blog abang yg berjumlah 314 ? tolong beri sya info, kalau abang tidak keberatan . trims . :)

    BalasHapus
  13. selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  14. Met Idul fitri mas, maaf lahir batin :)
    Semoga makin mendapatklan berkah dari Yang Diatas. Amin :)

    BalasHapus
  15. Happy Lebaran ya mas...
    Minal Aidin Wal Faizin...
    salam...

    BalasHapus
  16. Selamat Hari Raya Idul Fitri Bro
    Minal Aidin Wal Faidzin
    Mohon Maaf Lahir dan Batin
    Terima Kasih

    BalasHapus
  17. Selamat Hari raya lebaran 1430H
    Taqabalallahu minna wa minkum
    Mohon maaflahir dan bathin

    BalasHapus
  18. Fajar itu telah tiba kemarin, maaf telat mampir. Selamat merayakan Idul Fitri 1430 H, maaf lahir dan bathin.

    BalasHapus
  19. Mohon Maaf Lahir dan Batin Kang

    BalasHapus
  20. Memang susah ya mas melepaskan diri dari semangat hedonisme, gak di Lebaran, gak di hari Natal. Begitu gegap gempitanya sehingga esensi kedua momen itu seakan terlewatkan...

    Mas, sekalian mau menghaturkan ucapan terima kasih atas dukungannya buat blogku...

    BalasHapus
  21. met hari raya mas mohon maap lahir dan batin yah. maap baru mampir baru ol neh. kembali fitri dihari yang penuh berkah. alhamdulillah baik2 aja mas. neh lg mudik. blm bisa update blog neh. maap yah misal terkadang gak pernah mampir

    BalasHapus
  22. sebelumnya minta maab ya bang, bila buwel jarang kemari.....blog Abang terkadang error dan berat bang....maafin ye.....
    sekalian ngucapin....

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430H

    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    Taqabalallahu minna wa minkum

    BalasHapus
  23. How are you today? How is your feeling to post the news?
    I also love to read and catch the Khmer news from your site
    Now I have decided to buy one website, but I dont know how to do much as possible I am not good at that.
    I post nothing, but some news I select which I love as my favorite after I relax as extra work.
    Could you share to allow me to put your blong i happy put your blog in my Web list ?
    Here is my Web.com http://darakhmernews.com/>
    and you please put my web to your blog list if you dont mind me , I do hope you will be kind to
    do what i reguest
    Thanks you so much for your sharing to me

    Regards,

    http://darakhmernews.com/

    BalasHapus
  24. mas'e..mas'e..
    wen hendak menghaturkan selamat hari raya idul fitri, plus mohon maaf lahir & batin yah:)

    BalasHapus
  25. "jangan gulung sajadahmu, ibadah tak kenal waktu" dapet dari sebuah artikel...fuh, sedihnya kalo inget betapa mudahnya melibas 30 hari ramadhan dengan sehari lebaran. tengkyu Bang udah diingetin

    BalasHapus
  26. Mohon samudera jiwa kakanda, bisa saling merdeka-memerdekakan dan dengan begitu akan lebih lapang jalan tuk memperoleh pengampunan Allah.

    mohon maaf lahir dan bathin :)

    BalasHapus
  27. Selamat hari raya IDUL FITRI mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum :)
    Amin... :)
    Semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi

    BalasHapus
  29. Assalamualikum
    bagus nian blognya, apalagi musiknya, he2 jadi pengen :)

    BalasHapus
  30. Tragis ya pak, kita kuat menahan nafsu selama Ramadhan, tapi langsung lupa diri ketika syawal tiba :(

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum :)
    Amin :)
    Bagus nian tulisannya :)

    BalasHapus
  32. Untuk khilaf yg sempat terucap
    Pintu maaf selalu kuharap
    Di Hari suci nan fitri ini, Kita cuci hati, Kita buka pintu maaf.

    █▓▒░ Selamat Idul Fitri 1430 H░▒▓█
    █▓▒░Mohon maaf lahir dan batin....░▒▓█

    BalasHapus
  33. Selamat menyambut Hari Raya Aidilfitri Maaf Zahir dan Batin. May God Bless u. Amin

    BalasHapus
  34. Taqobalallahu minna wa minkum taqobal yaa kariim..

    BalasHapus
  35. Semoga Ramadhan mampu di jadikan Madrasah untuk kita semua, Insya Allah...

    BalasHapus
  36. Taqaballahu minna wa minkum, syiamana wa syiamakum, minal aidin wal faidzin... selamat hari idul fitri 1430 H... mohon maaf lahir dan bathin yup teman blogger

    BalasHapus
  37. Maaf lahir batin, Bang. Maaf sekali ya, saya baru ol lagi. Ini juga masih mudik di Bandung.

    BalasHapus
  38. yah, semoga kita makin dekat dengan sang pencipta. dan tak harus menunggu ramadhan lagi, setiap saat, mudah2an kita selalu di dekatkan pada jalanNYA amien...

    BalasHapus
  39. Selamat Idul Fitri
    Maafkan atas segala salah dan khilafku selama ini Bang...

    BalasHapus
  40. woow untaian kata yang indah sobat.. ijin copas ya...

    Setiap habis Ramadhan , Rindu hamba tak pernah menghilang
    Mohon tambah umur setahun lagi , Berilah hamba kesempatan

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger