Home » » EFEKTIFITAS ZEBRA CROSS

EFEKTIFITAS ZEBRA CROSS

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Oktober 03, 2009 | 10/03/2009

Zebra cross adalah tempat penyeberangan di jalan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yang akan menyeberang jalan, dinyatakan dengan marka jalan berbentuk garis membujur berwarna putih dan hitam yang tebal garisnya 300 mm dan dengan celah yang sama dan panjang sekurang-kurangnya 2500 mm, menjelang zebra cross masih ditambah lagi dengan larangan parkir agar pejalan kaki yang akan menyeberang dapat terlihat oleh pengemudi kendaraan di jalan. Pejalan kaki yang berjalan diatas zebra cross mendapatkan perioritas terlebih dahulu.

Disebut sebagai zebra cross karena menggunakan warna hitam dan putih seperti warna pada hewan zebra dari kelompok hewan kuda yang hidup di Afrika.

Terkadang saya kesel bila harus nyeberang di zebra cross. Meskipun sebenarnya itu satu-satunya jalan yang aman untuk pejalan kaki bila tidak terdapat jembatan penyeberangan.

Masalahnya adalah selama berkali-kali melewati zebra cross jalan-jalan yang saya biasa lalui hanya ada satu atau dua orang yang melewati zebra cross ini. hal ini menandakan masih kurangnya kesadaran para pengguna jalan dalam mematuhi aturan.

Mungkin hal itu juga disebabkan oleh para pengguna kendaraan terutama sepeda motor yang menyetop kendaraannya tepat diatas Zebra cross, sehingga ruang pejalan kaki untuk menyeberang tidak ada.

Ada juga fenomena yang lain,... dikalangan para remaja putri, Zebra cross malah dijadikan sebagai catwalk... simak gambar dibawah, (Gambar ini saya lupa comot dari mana) :
Di luar negeri, berbagai macam cara yang dilakukan untuk menarik minat para pejalan kaki untuk menggunakan Zebra cross sesuai fungsinya,dengan membuat Zebra cross yang unik seperti beberapa gambar di bawah ini yang saya ambil dari Kaskus.

Gimana dengan pengalaman anda dalam menggunakan Zebra cross??

Share this article :

32 comments:



  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMAAAAAAXXXZZ dulu. Boleh kan?!

    (maaf) ijin COPAS KOMENG yaaaaaaaaaak

    BalasHapus
  2. hehehehe LINK kang IWAN pake nama FATAMORGANA di tempat saya.. hehehehe.. juga dari dulu

    BalasHapus
  3. HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRR..
    Menyapa sahabatku chayank..
    MAAF..
    boleh saya juga ikut tukar link..
    http://kangboed.com
    link Kang Iwan saya ADDS duluan yaaaak

    salam sayang

    BalasHapus
  4. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  5. wuah... andaikata cat zevra cross disini dibuat keren gitu, pastinya saya juga suka melihatnya...

    BalasHapus
  6. unik2 banget ya gambarnya...

    ga punya pengalaman deh kayaknya bang..soalnya ya di jkt udh pake jembatan penyebrangan yg tinggi itu, muter2 lagi...

    BalasHapus
  7. Hehehehehe, ZEBRA CROSS nya keren2 dan inspiratif banget bang....

    BalasHapus
  8. wah, kalo daku kalo ngomongin ZEBRA CROSS kok jadi inget JUVENTUS ya......

    BalasHapus
  9. bang iwan komeng saya udah macuk belom ya

    BalasHapus
  10. Hehe, kalau ada cewe menganggap zebra cross sbg catwalk, masih bagus bang. Mayan kan, zebra crsoss jd rame, hehe. Nice posting.

    BalasHapus
  11. Barangkali salah nama kang soalnya Zebra bukan binatang aseli sini kali .
    Bagaimana kalau kita usulin supaya diganti dengan batik cross aja dan bentuknya dikasih warna warni seperti batik..
    wakakakakakaka.

    BalasHapus
  12. kadang q juga masih sering nyrobot klo pas sepi walau lampu merah masih menyala,... hihihi

    BalasHapus
  13. Hmmm, kadang ada zebra cross tapi kitanya yang suka malas untuk lewat disitu, bener kata si mas...
    Mungkin cara tsb bs ampuh kalo dicoba jg di Indonesia yah :)

    BalasHapus
  14. Wah..saya baru nyadar mas, ternyata udah komen 43 komentar, xixxixixi...
    Kaget, masuk 25 besar top komentator disini, wkwkwkw...

    BalasHapus
  15. wah, keren tuh zebra crossnya. tapi kalo ada tapak kaki namanya ganti dong, jadi foot cross. he he he...

    BalasHapus
  16. wah keren2 juga tuh gambar zebra crossnya, kira2 bisa gak yach di Indonesia??
    kalo masalah itu sich mas, emang dah susah, harus dimulai disiplin dari diri sendiri, apalagi kota besar kayak Jakarta, zebra cross sudah mulai dilupakan, atau jangan2 banyak orang jakarta yang gak tau tentang zebra cross :D

    Regards,
    Ghustie Samosir

    www.hanyainfo.blogspot.com



    Ada bisnis menarik nih. Program bisnis investasi BCA dengan modal cuma Rp. 10.000,-
    Bisa dapetin 3 x lipat atau lebih (lumayan buat beli cendol :D)
    Gabung ya di www.investasibca.com

    BalasHapus
  17. Sering nerabas Pak hehehe... Tuh keren2 gambarnya, apalagi yang gambar kaki. Latar fotonya bagus :)

    Mo jalan2 ke postingan lama dulu yah Pak :) maaf, selalu telat dateng.

    BalasHapus
  18. zebra cross dibuat tapi banyak yang melanggar,sehingga sring tidak efektif

    BalasHapus
  19. eit,kayaknya aku berhasil nih kirim komen.pak iwan iyong kalau kirim komen ditempat pak iwan kok serinr gagal (internet explorer cannot display the webpage),apa sebabnya ya pak?

    BalasHapus
  20. Saya sih selama ini menggunakan Zebra Cross ya biasa aja mas...
    maksudnya engga pernah melanggar lah..
    tapi unik deh gambarnya

    BalasHapus
  21. In Spain, The Zebra cross is more interesting than another countries. In some places like in Spain, particulary tourist places such Mallorca, they use the Zebra Cross without demanding the traffic light.

    Pedestrian should not be worried about the traffic light rules as the drivers will stop autmatically as soon as they see pedestrian walk cross the road. The most impressing is even animal such a dog has used to it with the zebra cross, they seem know where they have to walk up and cross the road. Unfortunetely, I didn't get a chance to take the photo when I saw a dog using the zebra cross with no its owner beside it.

    BalasHapus
  22. hihihi... lucu-lucu gambarnya...
    Tapi bener Mas Iwan..di negeri kita masih kurang kesadaran pemakai jalan tentang kegunaan Zebra cross ini..

    BalasHapus
  23. wuidddiiiiiiihhh keren keren amir tu Sir jebrakrosnya :) maaf baru bisa mampir, baru bisa onlen :( saiia minta maaf iia klu saiia punya banyak salah selama ini :(

    BalasHapus
  24. walah, kalau di daerahku ada ngga ada zebra cross sama saja mas... orang -orang lebih suka nyebrang dimana aja..., yang penting praktis... wekekekekek....

    BalasHapus
  25. Menurut saya.! di Indonesia ini gak akan berlaku peraturan maupun aturan apa pun.. soalnya yg buat peraturan pun seperti itu..
    Konon lagi masalah ZEBRA Cross, yg resikonya cuma kena serempet kendaraan dikit.. ato kalo kurang hati2 resiko meninggal dunia tapi gak Masuk neraka.. Wong ada di Negara kita ini Orang2 yg melanggar peraturan Ampe Merugikan Negara, Mencuri Uang Rakyat, di kasi tanggung jawab malah menyengsarakan Rakyat.. tapi mereka tenang2 aja dan di lindungi lagi Kayak MARGASATWA yg mau PUNAH..

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum :)
    iya bener banget kebanyakan orang-orang kita menganggap zebra cross sebagai formalitas aja, salut juga buat orang-orang di luar negeri yang bikin zebra cross semenarik mungkin :P

    BalasHapus
  27. wah keren sob klo yg jalan seorang model hehehe

    BalasHapus
  28. Memang mantab nih kak infonya...

    BalasHapus
  29. wah, kalau zebra cross-nya menarik begitu gw seneng deh. gw juga pengguna zebra cross, karena setiap nyebrang ke sekolah ada zebra cross yang sekitar 50 meternya ada tulisan 'zona selamat sekolah'.

    mari kita tegakkan tertib lalu lintas.

    BalasHapus
  30. Baru tau kalo ada motif lain dari zebra cross...
    keren ya.......

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger