Home » , , » Hasil Pertandingan Leg 1 Final AFF Suzuki Cup 2010 | Indonesia Vs Malaysia

Hasil Pertandingan Leg 1 Final AFF Suzuki Cup 2010 | Indonesia Vs Malaysia

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Desember 26, 2010 | 12/26/2010


Apapun alasannya terkadang memang kalau kita kalah, maka kambing hitam jadilah sasaran empuk. Kita sudah saksikan bersama bagaimana Harimau Malaya bisa membantai Pasukan Garuda 3 - 0 di Bukit Jalil National Stadium Malaysia. Sebuah kekalahan pahit yang tidak pernah kita duga sebelumnya, karena selama ini kita terlena dinina bobokan oleh euforia kemenangan.

Sikap suporter Malaysia yang tidak fair dengan mengincar wajah para pemain timnas Indonesia dengan lesatan sinar laser ternyata menjadi kenyataan. Sebelumnya, tindakan tak sportif yang dapat menguntungkan timnas Malaysia tersebut ditengarai sebagai salah satu penyebab kalahnya Vietnam dalam laga semifinal melawan Malaysia.

Para pengguna Twitter di Indonesia menyebut hal tersebut sebagai kecurangan. Bahkan, saking banyaknya yang menulis tweet, kata "curang" masuk ke trending topics dunia. Hashtag #malaysiacheatlaser pun masuk trending topics dunia dalam seketika.

Suporter Malaysia memang tak sportif. Sejak babak awal, laser berwarna hijau terus diarahkan ke muka kiper Markus Harison untuk mengganggu pandangan. Saat sepak pojok untuk Malaysia dilakukan pada menit kesembilan, Markus langsung memprotes dan wasit sempat menunda sepak pojok sementara waktu.

Insiden tersebut kembali terjadi pada babak kedua. Saat Malaysia mendapat tendangan bebas ke gawang Indonesia pada awal babak kedua, wasit sampai menghentikan pertandingan pada menit ke-54 setelah diprotes pelatih timnas Indonesia. Pemain Indonesia pun sempat walkout.

Akibat insiden sinar laser, Indonesia kehilangan konsentrasi dan momentum untuk meraih kemenangan di babak kedua. Alhasil, Firman Utina dan kawan-kawan dibantai 0-3 oleh tuan rumah Malaysia pada leg pertama final Piala AFF 2010, Minggu (26/12/2010).

Sebelum adanya insiden laser, Indonesia bermain penuh disiplin. "Tim Merah Putih" bahkan mampu mencetak gol lebih dulu lewat sontekan Cristian Gonzales saat babak kedua baru berjalan dua menit. Sayang, gol tersebut dianulir wasit karena Gonzales berada dalam posisi offside.

Semua momentum menyerang itu seakan sirna setelah suporter Malaysia menembak mata Markus Horison dengan laser. Pertandingan pun terpaksa ditunda selama beberapa menit dan "Garuda" kehilangan momentum menyerangnya.

Malaysia memanfaatkan ini dengan memutar arus pertandingan. Serangan demi serangan terus dibangun sampai akhirnya tiga gol bersarang di gawang Markus. Gol-gol bagi Malaysia dimulai dari aksi Mohd Safee Bin Mohd Sali di menit ke 60 memanfaatkan umpan matang Norshahrul Idlan Bin Talahaoleh.

Selang delapan menit kemudian, Mohamad Ashari Bin Samsudin memperbesar keunggulan Harimau Malaya melalui sebuah tendangan geledek. Adapun gol ketiga datang dari sundulan Mohd Safee Bin Mohd Sali yang tak terkawal di kotak penalti.

Dengan kekalahan ini Tim Merah Putih diwajibkan menang dengan selisih empat gol saat leg kedua berjalan, Rabu (29/12/2010), guna memutarbalikkan keadaan dan memenangkan trofi Piala AFF 2010.


LAPTOP GRATIS
Share this article :

31 comments:

  1. Wah, kalau Indonesia harus menang dg selisih 4 gol... rasanya berat sekali.
    Semoga saja penonton Indonesia besok di GBK bisa menunjukkan bagaimana seharusnya sikap suporter yg baik dlm membela dan mendukung tim kebanggaannya.

    BalasHapus
  2. Itulah mental pemain Indonesia dari dulu hingga skrg...jika terlalu dipuja ototnya sdh gak mau bekerja lagi,...!

    BalasHapus
  3. Euforia yg berlebihan itu kini berbuah kekecewaan.. semoga saja Tim Garuda masih punya semangat utk berlaga dg baik di GBK...

    BalasHapus
  4. Penonton Malaysia Pengecut.. Tidak Jantan.. Ga PUNYA BURUNG.!!!

    BalasHapus
  5. sungguh menyedihkan, kekalahan itu harus terjadi. supporter tim malaysia memang ndak punya etika.

    BalasHapus
  6. jangan jadikan alasan,,ketika Malaysia melawan indonesia di stadium Bung Karno,,supporter Indonesia juga tidak punya etika dengan mempermain-mainkan Malaysia

    BalasHapus
  7. kemenangan malaysia hanya kamuflase ,bukan kemenangan murni dan tidak pantas untuk mnjadi juara pial AFF

    BalasHapus
  8. inilah pemain sudah merasa paling hebat makanya jadi sedikit meremehkan dimana penetrasi dan determonasi para pemain tapi apapun hal laser itu memang membuat konsentrasi para pemain hilang , hati juga mendongkol jadi permainan hanya setengah tengah

    BalasHapus
  9. Memang kalah itu tidak mengenakkan, tetapi kalaulah kalah itu di curangi, ya siapapun manusianya pastilah marah. semua ini kita ambil hikmahnya, janganlah pecinta sepak bola atau pengurus olah raga di negara ini terpancing dengan ulahnya malaysia, sehingga kita ikut meniru malaysia melakukan kecurangan juga pada tgl. 29 Des. 2010 nanti. tunjukkan bahwa kita lebih ber martabat dari malaysia.

    BalasHapus
  10. byarpun gareda kalah,,,tp aq ttap mendukungmu,,,,,
    krna aq sporter sejati

    BalasHapus
  11. Yang harus dibenahi dari bangsa ini adalah sikap mentalnya. Semangat dan tekhnik yang baik, tanpa di dukung sikap mental yang mudah drop merupakan kelemahan yang sepele yang dapat mengakibatkan persoalan menjadi besar.

    Tetap semangat Timnas. Kami yakin kita pasti bisa ! Ami...n !

    Salam

    "Ejawantah's Blog"

    BalasHapus
  12. indonesia kalah karena ulah POLITISI DAN MEDIA MASSA. Selengkapnya baca..
    kamsia pak amri..
    ditunggu kunjunganya dan komentarnya atas kekalahan timnas indonesia..

    BalasHapus
  13. it's oke broo..
    mALAYsial itu mungkin sekarang lagi berbahagia atas kecurangan mereka.. tapi gimana pun juga, kemenangan atas kecurangan pasti balasannya bakal paiiiit banget..

    dan bagaimana pun juga, Tim Garuda juga harus memperbaiki performanya yang emang sedikit merosot gara-gara sanjungan rakyat Indonesia...

    semangat Garudaku..!! kau kan selalu di dadaku...!!

    BalasHapus
  14. Nnt di GBK, 4-0 untuk Indonesia..!! Indonesia Menang..!!

    Amiiin.

    Kalo ada kapten Tsubasa, pasti dia bilang, "Pertandingan Baru di mulai, Maju..!!!"

    Indonesia BISA..!!!

    BalasHapus
  15. Sikap suputer malaysia memang patut di sesalkan, kalau nanti malaysia jadi juara nantinya, itu adalah hal yang memalukan, karena kemenangan mereka di dapat dari sebuah kecurangan, tapi yang menjadi catatan khusus bagi Tim garuda , mental mereka sangatlah jauh dari mental para juara, mudah panik dan dan kurang tenang. Inilah yang harus menjadi pembelajaran untuk pembentukan Tim garuda kedepan , Tim Garuda adalah tim yang sangat kuat tapi mentalah yang melemahkan. Semoga timnas Indonesia bisa membalas malaysia di GBK dengan scor 5 - 0 dan timnas Indonesia bisa menjadi juara sejati. aminnnnnnnnn....

    BalasHapus
  16. kalah menang udah biasa, yang terpenting adlah sportivitas,bgaimana qta menunjukkan kpd sodara serumpun qta bhwa qta adlh bangsa yg bermartabat, dn menghargai sportivitas, BRAVO INDONESIA

    BalasHapus
  17. klo nonton pertandingan semalam, gw terasa soprt jantung. menegangkan dan bikin kesal. apalagi dgn ulan sporter yg gak fair. tp klo boleh jujur, malaysia memang bermain baik dan pemain Indonesia begitu mudah terpancing emosi dan kehilangan konsentrasi apalagi setelah Insiden sinar laser itu.
    Tapi inilah sepakbola. Apapun bisa terjadi. So, Berdoa saja, Indonesia bisa belajar dari kekalahan dan meningkatkan performanya utk pertandingan selanjutnya.
    Come on, Indonesia. Kita bisa!!
    ^_^

    BalasHapus
  18. sediiiih rasanya timnas kalah telak 3-0........tp apapun hasilnya gue tetep dukung timnas....smg da keajaiban di leg ke 2.......

    BalasHapus
  19. tak apa bang kita klaha duluan
    nanti di leg ke 2 indonesia pasti menang telak 6-1

    BalasHapus
  20. Payah indonesia cuma jago kandang doang...

    BalasHapus
  21. dari mulai latihan disebar bubuk gatel.....
    markus sampe bentol bentol.... ( Kutipan dari ketua PSSI )
    make laser pas maen..
    padahal udah dibicirain pas melawan vietnam....
    tapi tetap mendukung kecurangan.....
    apakah pantas dijadikan pemenag sejati tanpa menjujnjung sportivitas.....
    SEMANGAT terus INDONESIA
    FORZA INDONESIANA

    BalasHapus
  22. masih belum selesai....masih ada leg ke-2....
    maju terus Timnas Indonesia...maju terus Garudaku...Semangat.....

    Para pendukungmu siap mengobarkan api semangat di Gelora Bungkarno nanti......SEMANGAAAAAAAAAAAAAATTT....

    BalasHapus
  23. kalo udah begini, bukan membalas, tapi kita malah harus nunjukin sportifitas. nama negara yang dipertaruhkan. moga aja nanti penonton di gbk bia ga melakukan hal memalukan.

    BalasHapus
  24. sbuah pljran ptg bwt TIMNAS, agar tetap berpijak di atas bumi. semua kmnangan slma ini dah g da artix lg. skrang satnya ut mlai dr awal lg. smangat Indonesiaku..!!

    BalasHapus
  25. ayo garuda!!!!!!


    http://dokterkulitbandung.com/

    BalasHapus
  26. semoga suporter indonesia selalu menjadi suporter yang beradab..jngan termakan suasana...hal hal yg baik semoga menciptakan alur yang baik juga..moga2 5-1 terulang lagi hehhe

    BalasHapus
  27. Saya rasa gak bijak kl menyalahkan faktor luar.
    Sebaiknya seluruh anggota timnas dan pssi mengkoreksi diri dan berusaha untuk memperbaikinya dari pada hanya menyalahkan hal2 lainnya.

    Mudah2an indonesia menjadi juara untuk tahun ini
    amien............

    BalasHapus
  28. ga ada yang ga mungkin kan?? se engganya kita semua harus berdo'a dan berusaha jika ingin menang !!! mo kalah ataupun menang itu kita serahkan dengan yang di atas,,yang penting kita yakin Indonesia sudah memperlihatkan penampilan yang terbaik nyaaa walaupun pertandingan kemarin harus di warnai dengan KECURANGAN MALAYSIA !!!! Menang dengan sportifitas tentu nya lebih membanggakan ,,, daripada menag dengan TINDAKAN BODOH DAN MEMALUKAN YANG MALAYSIA LAKUKAN SAAT FINAL LEG PERTAMA DI BUKIT JALIL ...
    Semangat Indonesiaaa!!!
    menang atau kalah???MERAH PUTIH DAN GARUDA TETAP DI DADAKU ,,,, :)

    BalasHapus
  29. Indonesia Tetap Juara Sejati Piala AFF 2010

    http://indonesia-aff2010.blogspot.com/
    meniti perjalanan Indonesia menjadi juara sejati Piala AFF 2010. Lihat, telusuri semangatnya dan jadikan inspirasi untuk timnas Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger