Home » , , » IKAN LELE DAPAT MENDETEKSI GEMPA ?

IKAN LELE DAPAT MENDETEKSI GEMPA ?

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, Januari 25, 2010 | 1/25/2010

gempa
Saya pernah membaca sebuat artikel tentang mitos yang ada di Jepang tentang ikan lele yang ternyata dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi terjadinya gempa bumi.

Pada zaman dahulu orang Jepang percaya dengan mitos bahwa dibawah tanah terdapat sebuah ikan lele raksasa, yang apabila ia bergerak maka akan menimbulkan guncangan (gempa bumi), bahkan ada beberapa sastra Jepang yang menyebutkan demikian, bahkan sampai saat ini masih ada yang percaya dengan mitos tersebut.

Orang-orang Jepang dapat mengetahui bahwa gempa akan terjadi bila ikan lele menunjukkan perilaku yang aneh. Ikan lele cenderung untuk hidup di perairan bagian bawah, tetapi bila akan terjadi gempa mereka menunjukkan perilaku yang berbeda, diantaranya mereka naik ke permukaan air, keluar dari habitat mereka, dan mereka menggelepar-gelepar.

Makanya tidak aneh bila akan terjadi gempa ikan lele mudah sekali ditangkap, apabila biasanya sulit sekali untuk mendapatkannya maka akan menjadi mudah untuk menangkapnya dan hasil tangkapanpun banyak.

Menurut analisis ilmiah, ikan lele hidupnya cenderung dibawah atau menempel dengan substrat lumpur, jadi dia sangat peka sekali dengan getaran-getaran ringan yang terjadi dibawah tanah, sehingga sebelum terjadi gempa ia sudah dapat merasakan lebih dahulu, makanya dia berperilaku aneh dan berusaha untuk menjauhi substratnya. Wah, jadi untung dong ya para penangkap ikan lele sebelum gempa terjadi, tapi kalau setelah itu benar-benar terjadi gempa gimana…sama saja bohong dong, tuh ikan lele mau dikemanakan?

Mungkin ga yah suatu saat nanti ikan lele menjadi alat pendeteksi gempa utama???

Tapi berita di bawah ini yang saya kutip dari okezone.com moga saja tidak menjadi pertanda mitos diatas.

Seorang nenek buta berusia 56 tahun berhasil menangkap ikan lele sepanjang 2,5 meter.

Saat berlibur ke Barcelona, Sheila Penfold menghabiskan waktunya untuk memancing ikan di sungai Ebro. Dia ditemaninya suaminya Alan dan anaknya Arthur. Perempuan itu langsung memulai aksinya di pinggiran sungai.

Setelah menunggu 30 menit, kesabaran Penfold akhirnya terbalaskan. Dirinya sukses menangkap sebuah ikan lele raksasa sepanjang 2,5 meter dan berat 97 Kilogram. Saat berusaha menangkap, perempuan tua itu bahkan hampir tercebur ke dalam sungai. Untungnya, sang suami yang terus setia mendampinginya berhasil membantu menarik ikan itu.

“Lelah memang, tapi setelah itu lega rasanya berhasil menangkap sebuah ikan besar,” ungkap Sheila.


http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2010/01/19/article-1244379-07EB7D9E000005DC-389_634x483.jpg

http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2010/01/19/article-1244379-07EB7FD6000005DC-778_634x430.jpg


Bukan hanya suami Penfold yang membantu menarik ikan itu, anaknya Arthur serta dua teman yang menyertai juga turut membantu. Total lima orang menarik ikan raksasa tersebut. Demikian diberitakan The Telegraph, Rabu (20/1/2010).

Saat menceritakan kejadian menakjubkan tersebut, Penfold mengaku dirinya baru menyadari besarnya ukuran ikan itu saat melihat dari dekat. Dia memang memiliki penglihatan yang kurang, namun menurut pihak medis, kondisi mata perempuan ini dinyatakan buta.

Atas raihannya ini, Penfold menciptakan rekor sebagai wanita Inggris pertama yang menangkap ikan air tawar terbesar di dunia. Penfold juga memecahkan rekor serupa untuk hitungan Spanyol. Sementara suami Penfold, Arthur juga berhasil menangkap ikan besar saat itu. Ikan yang berhasil ditangkap memang lebih kecil dibandingkan tangkapan Penfold, yakni hanya 79 Kilogram.

Meskipun tidak berhasil menyaingi perolehan istrinya, Arthur mengaku tidak cemburu dengan hasil itu. kedua pasangan tersebut justru pulang dengan senyum kepuasaan yang tampak pada wajah mereka.

Apakah hal ini merupakan pertanda bahwa akan terjadi gempa bumi? Wallahu alam bissawab..! Hanya Sang Maha Kreator Allah SWT yang tahu segalanya.



Share this article :

71 comments:

  1. pertamax... hmmm.. ikan lele itu hebat ya, tapi kokq gede banget ikannya?

    BalasHapus
  2. ada software pendeteksi gempa... silahkan cek

    http://www.ziddu.com/download/8317349/Detektor2.rar.html

    http://www.ziddu.com/download/8317348/Detektor.rar.html

    BalasHapus
  3. wahhhhhhhh hebat yah thu lele, kalo ama aku, lelenya tak goreng :D

    BalasHapus
  4. hufff...selalu saja sulit dapetin posisi pertama di sini

    BalasHapus
  5. wah hebat nih ikan lele mampu mendeteksi gempa, hewan canggih ciptaan Allah

    BalasHapus
  6. gempa ...jangan lagi ya Allah..sudah begitu banyak umatmu di dunia ini menerima segala azabmu...mungkin karena kami manusia yang bodoh dan tidak tau berterima kasih...

    Semoga pertanda ikan lele ini hanya cerita zaman dulu saja

    BalasHapus
  7. usianya berapa tuh ikan lele.... segede itu

    BalasHapus
  8. info menarik mas .. baru tau nih kalo lele bisa seperti itu, btw kok lele nya gede amat dikasih vitamin apa sama tuan nya tuh ...

    BalasHapus
  9. wahh ikan lelenyagede banget,apa gak merasa ngeri tuh yg megang?.klo memang lele bisa mendeteksi gempa...tentu itu kabar yg bagus :)

    BalasHapus
  10. Wow ikan lelenya gede banget...
    Perlu diteliti lebih lanjut. Tapi sy setuju dg kalimat terakhirnya "Hanya Sang Maha Kreator Allah SWT yang tahu segalanya".

    BalasHapus
  11. Ternyata ikan lele selalu membuat kejutan dalam kehidupan ya sob.
    Kok bisa gede kayak gitu ya??? jadi ngeri neh

    BalasHapus
  12. ikan lele sebegitu besar, gimana tempat penggorengannya ya

    BalasHapus
  13. Subhanallah, hewan memang lebih peka terhadap perilaku alam, di Muncar juga pernah ada lele sepanjang 1 1/4 meter sepasang.

    BalasHapus
  14. Salam bang iwan. Berkunjung lagi ke tempat sahabat. Semoga tetap terjalin silaturahminya ya??

    BalasHapus
  15. Gede banget ikannya... sampe-sampe ngeri ngeliatnya, terutama bagian ekornya, kalo di gambar seperti kulit anjing laut ya???

    BalasHapus
  16. saya juga diberi tau nenek saya kalau ikan lele memang bisa mendeteksi gempa...

    tapi ada hal lain juga yang diberi taukan nenek ke saya, satu hal yg cukup mampu membuat saya berhenti makan ikan yang dulu pernah jadi lauk favorit saya ini... hihiiii...

    BalasHapus
  17. hmmmm..ikan lele segede gitu, dibikin pecel, pake sambel terasi sama nasi uduk, berapa duit ya? cukup kali ya buat kasih makan 5 RT

    BalasHapus
  18. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  19. waaaaaaaaaaah kang gede banget tuh kalau di bikin pecel lele satu rt cukup yaaaaaaaa

    BalasHapus
  20. Ikan lele sebesar manusia....kaya siluman aja yo?oh ya bang saya kasih link back untuk posting saya terbaru tuh......lama ga bewe.....pa kabar bang.....

    BalasHapus
  21. itulah kemuliaan dari ciptaan Tuhan bang....

    BalasHapus
  22. busset bang...
    gede bner tu ikan..
    klo di buat pempek ..
    bisa satu kampung yang makan :D

    BalasHapus
  23. Moga saja tidak Bang....

    BalasHapus
  24. wah info yang menarik sekali, itu ikan lele kok gede amat ya?kalau di goreng mungkin satu desa bisa makan bersama...
    semoga gempa bisa di tanggulangi...

    BalasHapus
  25. sampai sekarang gempa belum bisa diprediksi dengan tepat kapan terjadinya, itulah tanda kekuasaan Allah SWT.

    btw, lelenya besar banget ya..

    oya, di sini ada langganan via email ngga ya untuk update tulisan terbaru dari bang Iwan? aku ngga bisa blogwalking tiap hari niy.. jadi kalau sudah ada, aku tolong diberitahu ya.. thanks.

    BalasHapus
  26. baru tau, ada hubungan antar lele dan gempa bumi,

    wewwww gede banget tuh lelenya yah

    BalasHapus
  27. saya ngga suka makan lele.. waduh bencana lagi.. bumi emang udah kelewat tua ya om

    BalasHapus
  28. Artikel mantap bang. Sebetulnya banyak tanda-tanda akan datangnya sebuah bencana alam, dengan mengamati prilaku hewan-hewan.

    BalasHapus
  29. kalo bgitu untuk didaerah2 rawan gempa tiap rumah musti pelihara lele, duh tapi kalo lelenya sebesar di gambar jadi takuttttt

    BalasHapus
  30. Subhanallah... hebat juga yaa ikan lele, saya kira cuma bisanya matil aja pake kumisnya... (he he he maaf looo Bang Seti@wan). Memang Allah SWT benar2 adil setiap mahluk ciptaannya pasti ada kekurangan n kelebihannya masing2.

    BalasHapus
  31. wah! lelenya gede banget. hebat yah si lele, bukan hanya enyak dimakan ajah, deteksi gempa pun bs :D

    BalasHapus
  32. Maha Suci Allah ternyata ada ya ikan lele sebesar itu, maaf kanda barubisa mampir sibuk banget nih belum berakhir kesibukannya koneksi tersedia waktu lagi yang nggak ada

    BalasHapus
  33. gila,, besar banget.. langsung buak restoran pcel lele.. hehee

    BalasHapus
  34. Kalo dipikir2, ciptaan Tuhan itu memang sangat canggih. Semua teknologi ciptaan manusia masih kalah dgnNya...

    BalasHapus
  35. Lelenya sangat besar mungkin terbesar yang pernah ditangkap. btw mungkin perlu penelitian secara mendalam.

    BalasHapus
  36. bolhe juga tu idenya pak, atapi nggak semua orang punya tambak lell soalny-nya.. he:) nice blog. blognya keren,, salm kenal mari kunjung ke blog saya dan tinggalkan pesan

    BalasHapus
  37. wow ikan lelenya besar banget??
    itu sih namanya lele paus ya bang..
    he..he

    BalasHapus
  38. Walaw.. tuh lele gede banget.. coba kalau lele itu ada di lamongan atau madura ya... pasti dibuat pecel lele.. haha..

    BalasHapus
  39. Info yang sangat menarik sobat... pas didepan rumahku ada pecel lele lamongan tuh.. ntar diobrolin deh sama si mas itu.. hehe.

    BalasHapus
  40. Kalau dari analisis alamiahnya bisa jadi lele dapat mendeteksi gempa...

    Wah..ikan lelenya besar banget tuh pak, baru tahu saya kalau ada ikan air tawar yang sebesar itu...

    BalasHapus
  41. Assalamu'alaikum, ikan lelenya besar sekali,a saya baru melihat ikan lele sebesar itu (Dewi Yana, http://jalandakwahbersama.wordpress.com) saya coba meninggalkan komentar sbg jalandakwahbersama.wordpress.com, tapi tidak bisa (padahal biasanya tidak spt itu)

    BalasHapus
  42. rumahku di Lampung banyak ikan lelenya nih...tapi gak pernah merhatiin yang begituan...wahahahaha...kalo gempa tetep aja kaget...huehuehuehue...
    btw kufollow ya mas?makasih

    BalasHapus
  43. bused ikan lelenya gede bgt, makannya apaan yak sampe gede dan pinter gitu, bsa mendeteksi gempa *tar klo punya anak kasih makan yg sama aj dg makanan lele itu :P

    BalasHapus
  44. wah keren juga tuh kalo ikan lelet jadi alat pendeteksi gempa, jadi nggak perlu lagi deh beli-beli alat yang mahalnya naujibile...

    BalasHapus
  45. itu bagaimana cara nangkapnya ya?
    lele raksasa

    BalasHapus
  46. hewan memang sangat peka dgn bencana alam.... itu salah satu karunia untuk mereka dari Allah

    BalasHapus
  47. hampir semua hewan dapat merasakan perubahan gejala alam termasuk akan terjadinya gempa. Ketika gempa Aceh lalu, gajah-gajah di Thailand telah merasakan gelisah yang sangat.

    tuh ikan gedhe amat, tali pancingnya seberapa besar sehingga bisa menahan beban sebesar itu? mata kailnya sebesar apa ya?

    BalasHapus
  48. subhanallah ikan lele segede gitu bisa buat pecel lele buat orang se RT...

    kalo lele jd pendeteksi gempa..bakalan didemo para penjual pecel elel diseluruh indonesia nih...

    BalasHapus
  49. Koq saya baru tau ya Bang... kalo ikan lele itu dapat mendeteksi gempa, hebat ya ikan lelenya.

    BalasHapus
  50. Kalau ikan sebesar itu dimasak bisa buat rame-rame satu RT yaa...

    BalasHapus
  51. wedew lelenya.. (0.0) kok ga di patel ya itu ibunya kekekek..

    BalasHapus
  52. Wah.., ikan lelenya besar sekali... Heran, kok kuat ya mereka menariknya ke darat...?

    BalasHapus
  53. Aku gak akan berani kalau disuruh memangku ikan sebesar itu.... :)

    BalasHapus
  54. Widiihh tempo hari sy dikirimin email gambar2 ikan raksasa, trmasuk lele si nenek haha,,,bayangin kalo dibakar dagingnya buat pesta brapa hari tuh bang?
    Kalo ttg gempa sih, walahualam dan memang perilaku hewan diluar kebiasaan biasa dikaitkan dg kejadian alam,smg kita bs mengambil hikmahnya..:)

    BalasHapus
  55. wah itu gak salah, lelenya gede amat.. ^^'

    BalasHapus
  56. Wow, ikannya bisa buat dimakan sekampung tuh...

    BalasHapus
  57. Semua tanda yang ada di bumi ini adalah Kuasa Sang Pencipta...Kita manusia harus segera membuka mata atas semua kejadian2 dan fenomena yang terjadi di sekitar kita...

    BalasHapus
  58. wah gede banget ikan lelenya
    klo mancing di indonesia cuma dapet segede lengan tangan doank

    BalasHapus
  59. aduh serem ama lele, ga suka banget deh ama ikan satu ini

    BalasHapus
  60. wuiiiiiiiiiiiih ada ya ikan lele segedhe itu??
    dimakan seminggu gak bakalan habis tuh....
    subhanallah, Allah maha pencipta

    BalasHapus
  61. Mudah2an itu bukan pertanda Gempa kan terjadi....

    BalasHapus
  62. saya cuma lagi mbayangin nih, karna aku paling suka pecel lele kalo lelenya segitu penggorengan nya dan cobek nya seberapa gedenya ya hi hi hi

    BalasHapus
  63. walah,,, enaknya,,,
    hihihi,,, buat traktir tmen2q d hr ultah,,,
    satu untuk satu kelas,,,
    hihi,,, numpang blogwalking,link balik ya pak,,

    BalasHapus
  64. itu lelenya umur berapa tahun kok bisa segede itu??

    BalasHapus
  65. from google...
    nyampe juga kesini sob...
    good artikel...

    http://nagapasha.blogspot.com

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger