Home » , , , » EARTH DAY 2011 | Google Doodles

EARTH DAY 2011 | Google Doodles

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, April 22, 2011 | 4/22/2011



Hari ini 22 April 2011 kembali Google tampil dengan logo sesuai dengan event yang dirayakannya, yaitu EARTH DAY atau Hari Bumi

Earth Day diperingati pada setiap tanggal 22 April secara Internasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator USA Gaylord Nelson tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan selatan.

Perjuangan Gaylord Nelson dimulai sekitar lebih dari 7 tahun sebelum Earth Day pertama. Pada awalnya Gaylord berharap pemikirannya tercapai melalui kunjungan yang dilakukan Presiden Kennedy ke-11 negara bagian pada September 1963, namun dengan beberapa alasan kunjungan tersebut tidak mampu membawa isu lingkungan ke dalam agenda nasional.

Upaya terus dilakukan Gaylord untuk merealisasikan idenya. Setelah tur Kennedy, Gaylord melakukan kampanyenya sendiri ke beberapa negara bagian. Di seluruh pelosok negara, bukti penurunan kualitas lingkungan terjadi di mana-mana. Semua orang menyadarinya, kecuali kalangan politik.

gaylord nelson Pictures, Images and Photos

Akhirnya pada musim panas 1969 Gaylord mengetahui bahwa aksi demonstrasi anti-perang Vietnam telah menyebar secara luas melalui perguruan tinggi di seluruh negeri. Dari sana ia mendapat ide untuk melakukan hal yang sama dalam kempanye lingkungannya. Ia memilih kalangan bawah dalam melakukan aksi protes terhadap kerusakan lingkungan.

Pada sebuah konferensi di Seattle September 1969, Gaylord mengumumkan akan mengadakan demonstrasi secara nasional pada musim semi 1970 atas nama lingkungan dan setiap orang diundang untuk berpartisipasi. Setelah itu, berbagai surat, telegram, dan telepon mengalir dari seluruh negeri. Warga Amerika akhirnya menemukan sebuah forum untuk mengungkapkan kepeduliannya atas penurunan kualitas tanah, sungai, danau, dan udara di lingkungan mereka.

Pada 30 November 1969 New York Times melaporkan terjadinya peningkatan aktivitas kepedulian terhadap lingkungan di seluruh negeri terutama di kampus-kampus dan suatu hari untuk peringatan permasalahan lingkungan tengah dirancang untuk untuk musim semi mendatang yang dikoordinasi oleh Senator Gaylord Nelson. Hal ini menjadi bukti keberhasilan perjuangan Gaylord Nelson dalam mengedepankan isu lingkungan sebagai agenda nasional.

Pada tanggal 22 April 1970, akhirnya sekitar 20 juta warga Amerika turun ke jalanan serta memenuhi sejumlah taman dan auditorium untuk mengkampanyekan kesehatan dan keberlangsungan lingkungan. Ribuan mahasiswa berkumpul menentang kerusakan lingkungan.

Dan pada hari itulah yang dijadikan sebagai Awal dari Perayaan Hari Bumi



DAPATKAN iPad 2 GRATIS DARIPhotobucket
Share this article :

7 comments:

  1. hari bumi sedunia,,,,bumi harus lebih dijaga dan dilestarikan lagi,,,untuk menciptakan kehidupan yang baik

    BalasHapus
  2. keep blogging ,,moga jadi ilmu yang berguna,,,,

    BalasHapus
  3. moga smua manusia bisa sadar akan keindahan bumi ini dan bisa lebih menjaganya ,,,

    BalasHapus
  4. wah baru tahu saya bang.. heheh

    BalasHapus
  5. semoga dunia ini semakin cerah dan iondah : _)

    BalasHapus
  6. Saya juga barusan posting dg tema yg sama ttg hari bumi selamat hari bumi (earth day 2011)

    Dengan peringatan hari bumi (earth day) ini semoga akan menambah kesadaran bahwa semuanya adalah milik Allah dan sudah seharusnya digunakan untuk kepentingan yang sudah digariskan Allah. Manusia sebagai pemegang mandat (khalīfah Allāh fī al-ardh) diperintahkan untuk menggunakan amanat pengelolaan bumi dan isinya dalam kerangka ketaatan kepada Allah SWT. Bumi merupakan ajang bagi manusia untuk berlomba mengukir prestasi hidup (musābaqah fī al-khairāt) untuk kemaslahatan ummat, untuk kepentingan setelah hidup yaitu kehidupan akhirat. Etika yang terpenting dari cara kita menjaga sumber daya alam bumi dan isinya adalah dengan cara menjaga alam agar terhindar dari kerusakan baik kerusakan material maupun spiritual.

    BalasHapus
  7. Salam Takzim
    Demikian berat yang harus dipikul planet ini sampai sampai air laut banyak yang tumpah ke darat, padahal tuh air ada dibumi juga ya.
    ayoo selamatkan bumi untuk mengurangi 10 watt lampu perhari
    dan gunakan bbm yang ramah lingkungan
    salutttt atas usahanya mengakat eart hour bang
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger