Home » » MY JOURNEY

MY JOURNEY

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, Februari 15, 2010 | 2/15/2010


Ditengah kesibukan mempersiapkan administrasi siswa peserta ujian nasional, tentunya sebagai tugas pokok saya tidak lupa untuk tetap masuk mengajar.

Sungguh sebuah kenikmatan tersendiri bagi saya bila memasuki ruangan kelas, dimana terkadang saya tidak merasa seperti seorang guru, melainkan lebih seperti seorang teman perjalanan. Dan saya selalu berupaya agar setiap perjalanan yang saya lakukan akan menyenangkan dan menggembirakan.

Mengajar seperti halnya sebuah instrument yang berpadu untuk membentuk sebuah simfoni,dimana saya dan peserta didik harus senada dan seirama untuk membentuk sebuah alunan musik yang indah untuk dinikmati.

Semua anak berbakat, tergantung dari para pendidik untuk membuka pintu bakat tersebut. Tidaklah cukup hanya dengan menjadi pemberi pengetahuan dengan mengisinya seperti mengisi sebuah ember dengan air, tetapi lebih dari itu … kita harus senantiasa menyalakan api antusiasme. Siswa bukanlah bejana yang harus diisi, melainkan sebuah lilin yang harus dinyalakan. Sebuah tugas berat tentunya.

Demikian secuil catatan saya disela kesibukan,…………. Saya harus melanjutkan perjalanan saya sambil memainkan simfoni yang indah….. Mari bersama untuk menikmatinya.

Share this article :

58 comments:

  1. Pertamax kah??
    Betul pak, tiap anak punya cara belajar efektif yang berbeda. Sayangnya ga semua guru punya pola fikir seperti bapak lho.
    Tetap semangat pak, demi kemajuan bangsa ini!

    BalasHapus
  2. Selamat memainkan simfoni indah, pak. Semangat dan sukses menyertai perjalanan. Nice post.

    BalasHapus
  3. Siiip. Love your journey sobat. Iya saya juga baru nyadar bang, Link postingan terbaru saya ternyata tidak terupdate di blog teman-teman. Sama yang seperti bang Iwan bilang kemaren.

    BalasHapus
  4. "Semua anak berbakat, tergantung dari para pendidik untuk membuka pintu bakat tersebut".

    wahh bang, jika semua guru berpikir seperti abang, pastilah generasi mendatang akan menjadi orang-orang berbakat di segala bidang. ^^

    BalasHapus
  5. indah nian dibaca.. bakat dan kemampuan anak tidak akan berkembang dg sendirinya tanpa adanya seorang pengajar yang membimbing dan memberi semangat.. Semoga selalu sehat semua pengajar di seluruh negeriku.. nice post :)

    BalasHapus
  6. perjalanan yang indah dan sangat berpahala...luar biasa bang...

    BalasHapus
  7. benar Bang, peran kita (orangtua dan guru) adalah selalu berusaha menabuh genderang dalam irama yang mereka (anak-anak) pahami, agar simfoni yang tercipta mengalun harmonis. Mantap!

    BalasHapus
  8. Semangat pak...
    senang bisa mengenal bapak sang pengajar..
    Membagi ilmu kepada murid memang butuh keihklasan pak..
    SEMANGAT!
    ^__^

    BalasHapus
  9. Andai semua pendidik berpikiran sama dg Bang Iwan ya..? Pasti anak didik akan menikmati proses KBM di kelas.

    BalasHapus
  10. mengajar dan terus belajar, itulah hebatnya guru, dan saya rasa itu ada pada bang Iwan.

    BalasHapus
  11. Wah, selamat bertugas pak. Semoga murid-muridnya bisa lulus UN dengan selamat sentosah (loh kok?) hahahah...

    BalasHapus
  12. selamat berjuang bapak Guru ! hehehe

    BalasHapus
  13. mari pak.. kita selesaikan masalah UAN ini...

    saya juga pernah mengalami UAN pak, jadi tahulah masalahnya apa.. :)

    BalasHapus
  14. setuju dgn bang Iwan... pada dasarnya semua anak berbakat... tpi toh trgantung jg bgmn guru mengajar,,, jg trgantung dgn lingkungannya jg....


    sungguh mulia pekrejaan abang hehehe... :)

    BalasHapus
  15. Beruntunglah anak-anak yg punya guru yg peduli anak didiknya kayak mas Iwan. Semangat terus ya!!

    BalasHapus
  16. suka duka mengajar memang kalau direnungkan kembali saya sering tertawa atau menangis sendiri, langsung mereview bang

    BalasHapus
  17. memang mengasikkan mengajar sayang aku kerja kantoran

    BalasHapus
  18. betul tul^^

    Good luck deh pak guru, semoga anak didiknya cerdas semua berkat bimbingan pak guru

    BalasHapus
  19. salam sejahtera
    kata-kata yang rumit
    tulisan yang hebat
    semoga kegiatannya jadi berguna dan mendapatkan pahala dari Tuhan YME
    amiinn

    BalasHapus
  20. Love your journey sobat.
    "Semua anak berbakat, tergantung dari para pendidik untuk membuka pintu bakat tersebut".
    Semanagt 45 kita jaga bang iwan??
    sukses terus bang

    BalasHapus
  21. Assalamu'alikum, kalau saja semua guru, mengajarnya seperti Bapak, mungkin tidak ada siswa yang stress dan kesulitan dalam menagkap pelajaran. (Dewi Yana)

    BalasHapus
  22. Di saat bapk menyalakn lilin itu, maka sinarnya akan terus menerangi keikhlasan bapak!
    Akan kujaga sinar itu hngga aku mbri yg trbaik u/ smua!
    Terima Kasih Pak!!

    BalasHapus
  23. sekarang pasti udah pulang ngajar kan pak? hihihi...

    maab pak baru mampir.. koneksinya lagi oks :)

    BalasHapus
  24. hmmm seandainya semua guru seperti bang Iwan dan Bang Munir, sebagai orang tua aku tidak kuatir lagi!

    BalasHapus
  25. semoga tetap semangat mengajarnya pak,,
    salam,

    BalasHapus
  26. semoga ujian nasional berjalan sukses mas..
    katanya jadwal ujian nasionalnya diajukan ya

    BalasHapus
  27. kata katanya itu loh keren banget..pahlawan tanpa tanda jasa..

    BalasHapus
  28. tetaplah melanjutkan perjalanan sambil memainkan simfoni yang indah
    pahala besar telah menanti

    BalasHapus
  29. Semoga UN-nya sukses.
    Menjadi guru merupakan pekerjaan yg 'Insya ALlah' sangat mulya.

    BalasHapus
  30. Weee...benar mas...
    Semua tergantung dari pendidik, bagaimana cara beliau memberikan pendidikannya...
    Owh..ya mas, linknya udah di add...
    Maaf mas, saya kira udah di link back kemarin...
    Nama link mas Fatamorgana :)

    BalasHapus
  31. Sobat amriawan adalah seorang master kreatif yang selalu membanggakan. Salam sukses selalu untuk anda, sobat yang penuh inspirasi.

    BalasHapus
  32. Guru sejati ni...blogger sejati pula...tetap setia koment di blog2 yang baru di kenal, terutama di blog saya....

    Jiwasejati yang tanpa pamrih...sallluuutttzzz

    BalasHapus
  33. tapi kalau muridnya banyak susah juga ya menggali potensi masing-masing anak

    BalasHapus
  34. org soppengki y? saya juga asli sana, tapi tinggal di barru.

    mertua saya org takalla, mama saya asli panincong^^

    kufollow blogta nah^^

    BalasHapus
  35. assalamualaikum..
    sulit jika siswa ga mau seirama dengan pola permainan mengajar kita, memotivasi siswa ikut dalam pola kita juga suatu yang susah apalagi jika materi yang dibawa dipandang sesuatu sukar dipelajari, btw sip mas. selamat berkarya.
    salam

    BalasHapus
  36. ANALOGI lilinnya bagus om .. saya udah gampar laptop gratisnya.. gampar balik yaa

    BalasHapus
  37. SALUT PAK!
    ANDA ADALAH SEORANG GURU SEJATI!

    BalasHapus
  38. siap, kita nikmati pelajarand agar hasilnya memuaskand.. :)

    BalasHapus
  39. Mudah-mudahan...apa yang ada dipikiran pak Iwan juga ada di benak para pendidik lainnya termasuk ayah dan adik saya...

    Salam hangat & sukses selalu...

    BalasHapus
  40. Masyaallah...moga bisa membagi waktu pak guru.Dan selamat bertugas.

    BalasHapus
  41. saya pak guru,putri dayana...!!!
    hahahaha :))

    mampir perdana piet disini... ^__^
    salam kenal, salam ukhuwah

    BalasHapus
  42. daya listrik boleh nggak yah

    BalasHapus
  43. guru memang pahlawan tanpa tanda jasa..sungguh mulia hatimu Bang!
    kami berdoa semoga ilmu yang kau tanamkan, dan api yang kau nyalakan akan menjadi amal yang tak terhenti...amin.

    BalasHapus
  44. Salam takzim kembali kanda, ternyata ada blogger pinrang WP ber PR 4 tetangga rumah lagi silahkan berkunjung ramah sekali, link saya dipasang duluan loh sama dia, cuma make moderasi dia silahkan berkunjung http://adhymantovani.wordpress.com/

    BalasHapus
  45. perjalanan panjang pahlawan pembentuk insan cendekia

    BalasHapus
  46. semoga segala pengabdian dibalas olehnya dengan amal jariyah yang tiada putus

    BalasHapus
  47. artikelnya baguss..sebagus blognya...

    makanja' la'de'i blogna tawwe...salam kenal..saya blogger makassar..

    BalasHapus
  48. Andaikan semua seperti sahabat-ku ini, kita boleh berharap banyak akan lahir generasi2 penerus dengan potensi yang sudah tergali. Salam

    BalasHapus
  49. sip mas.. yg penting tetep semangat he..he..

    BalasHapus
  50. wah.., mengajar ya.., sungguh pekerjaan yang mulia..
    ayo terus memajukan pendidikan bangsa mas...

    BalasHapus
  51. membayangkan kalau saja guru saya dulu seperti Bang Iwan, pasti nikmat banget rasanya di sekolah.
    salam.

    BalasHapus
  52. Hidup memang adalah perjalanan Pak
    Beruntung bapak bekerja di jenis pekerjaan yang Bapak sukai =)

    Salam
    RentCo

    BalasHapus
  53. trus smangat aja pak...!!! biar siswanya juga semangat belajar....

    BalasHapus
  54. dengan menjadi seperti teman bagi murid2. maka pelajaran atau didikan kita akan lebih diterima.

    semoga bisa menjadi contoh bagi guru2 yang lain sob..

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger