Home » , , » 83 Tahun SUMPAH PEMUDA

83 Tahun SUMPAH PEMUDA

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Oktober 28, 2011 | 10/28/2011

82 tahun Sumpah Pemuda

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Itulah teks Sumpah Pemuda, yang untuk pertama kalinya diikrarkan di Jakarta pada 28 Oktober 1928. Hari ini tepat 83 tahun yang lalu, hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dalam membangun landasan utama gerakan kebangkitan nasional. Sekaligus perekat yang mempersatukan anak bangsa dari berbagai suku dan agama.

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Sumpah Pemuda 1928 adalah ikrar bersatunya berbagai komponen bangsa yang diwakili kaum muda untuk merajut cita-cita Indonesia merdeka. Melalui pemikiran yang panjang, kaum muda menyadari pentingnya keterikatan sesama warga bangsa untuk mengenyahkan imperialisme dan kolonialisme dari tanah persada. Kesadaran membangun kekuatan bangsa dengan eratnya persatuan dan kesatuan merupakan tuntutan mutlak agar negeri ini menapak ke arah kemajuan.

Berdiri sebagai seorang pemuda merupakan anugrah yang tak boleh disia-siakan. Lahir dari rahim pertiwi dan ditakdirkan untuk dapat terus-menerus menghembuskan nafas perubahan.

Pemuda tak kan kaku terbatas usia karena setiap waktu adalah kesempatan, kesempatan untuk berbuat dengan segala kemauan dan kemampuan. Dan kembali menggugah semangat sumpah pemuda maka pemuda harus lebih memaksimalkan peran sehingga slogan-slogan yang mengagungkan posisi pemuda bukan hanya sederet kata yang bohong dan kosong.

Disadari atau tidak, pemuda-pemuda tempo dulu yang merumuskan Sumpah Pemuda adalah sosok-sosok yang tertempa melalui kematangan pendidikan. Mereka adalah intelektual muda yang tercerahkan lewat panjang berlikunya proses pendidikan yang mereka tempuh. Dari simpul inilah tersirat pesan penting agar pendidikan anak bangsa jangan diabaikan. Pendidikan terhadap anak bangsa memang perlu dipikirkan sebagaimana juga pentingnya memikirkan eksistensi republik ini.

Sekali lagi, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Jangan cuma sekedar memperingati Hari Sumpah Pemuda secara seremonial belaka, namun kita perlu mengambil pelajaran penting dari Sumpah Pemuda untuk Indonesia ke depan. Kita patut berlomba menorehkan prestasi dalam berkarya dan meningkatkan kualitas kehidupan kita agar kita lebih maju dan terhormat di mata negara lain.

Semoga saja dengan Peringatan sumpah pemuda kali ini akan menjadi momentum oleh segenap kaum muda untuk kembali memperbaharui komitmen terhadap idealisme dan cita-cita perjuangan reformasi. Sumpah pemuda bukan sekedar deklarasi komitmen untuk bertanah air, berbangsa dan berbahasa Indonesia.

Sumpah pemuda adalah sebuah semangat bahwa kepentingan nasional dan kepentingan bangsa harus diletakkan di atas kepenting pribadi, golongan dan kelompok. Revitalisasi semangat kaum muda untuk bersatu dalam menegakkan sendi-sendi kebenaran yang nyaris terkoyak.

Mari bersama bertekad dengan penuh komitmen dan konsisten untuk merealisasikan apa yang menjadi tujuan kita. Ingat, ACTION is POWER! Sebaik apa pun impian yang kita miliki, namun jika kita tidak pernah mengambil tindakan dengan komitmen dan konsisten, mustahil segala sesuatunya tidak akan pernah terwujud.

Mari dengan semangat Sumpah Pemuda, jadikan diri kita menjadi lebih optimal! Selamat Hari Sumpah Pemuda 2011, Maju Terus Indonesiaku !



Denaihati
Share this article :

18 comments:

  1. salut deh... :) hapal sama sumpah pemuda ...

    BalasHapus
  2. Semua pasti hafal, tapi belum tentu memahami dan melaksanakan. MERDEKA!!!

    BalasHapus
  3. semangat terus untuk berkarya dan raihlah cita-citamu wahai pemuda...

    BalasHapus
  4. cuma ingin ngekuti postingan agan .
    salam kenal
    www.hajarabis.com

    BalasHapus
  5. Sharing yang bagus. Terima kasih

    BalasHapus
  6. Terima kasih. Informasi sobat seakan membawa kita ke tempoe doeloe...salam kenal

    BalasHapus
  7. Yang penting dalam setiap jiwa masyarakat kita masih tetap setia akan isi dari sumpah para seniaor terdahulunya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  8. Selamat HAri Sumpah Pemuda..Bang

    BalasHapus
  9. Saya bangga dengan blog ini selalu mengingatkan kan hari bersejarah Terimakasih Salam sukses

    BalasHapus
  10. Mantap,,lbh mantap lg klo d hafal dan melaksanakannya,,,Sukses Slalu Friend...Jln2 ke blogku yagh
    http://mediafire-software4u.blogspot.com
    http://mediafire-bestmovies.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Nice info . . .
    Semangat Sumpah Pemuda untuk melakukan yang maksimal dalam bidang pendidikan indonesia . . .

    BalasHapus
  12. Kerja Part time 1-2 jam perhari, gaji puluhan juta rupiah. Hanya ada di bisnis ODAP terbukti membayar dan bukan penipuan. http://www.penasaran.net/?ref=wwdq34

    BalasHapus
  13. salam persahabatan. teman teman boleh kunjungi blog saya juga ya. dan situs pertemanan global www.derbynadia.com salam persahabatan

    BalasHapus
  14. apakah pemuda sam pemudi yang sekarang masih ingat atau hafal sam ikrar sumpah pemuda??

    BalasHapus
  15. sekarang banyak remaja yang tidak hapal dengan teks sumpah pemuda,,mereka lebih banyak menghapal lirik lagu di banding dengan teks sumpah pemuda,padahal makna dari teks sumpah pemuda banyak yg bisa di ambil,kaya rasa nasionalisme,kalo kita adalah bangsa indonesia,

    saya bangga jadi bagian dari negara Indonesia
    Merdeka,,

    BalasHapus
  16. buat para pemuda inget tuh isi sumpah pemuda !! hehehe..

    BalasHapus
  17. semangat pemuda pemudi indonesia , makasih shering nya !!
    jangan lupa mampir kawan ..

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger