Home » , , » Pendaftaran Bea Siswa Bidik Misi SNMPTN 2012

Pendaftaran Bea Siswa Bidik Misi SNMPTN 2012

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Februari 02, 2012 | 2/02/2012


Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah juga membuka kesempatan beasiswa Bidikmisi bagi calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012.

Berbeda dengan tahun lalu, proses pendaftaran beasiswa Bidik Misi tahun ini terintegrasi dengan pendaftaran SNMPTN. Pemerintah juga meningkatkan kuota penerima beasiswa Bidikmisi menjadi 30 ribu kursi yang tersebar di 61 PTN di Indonesia.

Situs resmi SNMPTN 2012, Selasa (31/1/2012) menyebutkan, jika ingin mendaftar untuk program Bidikmisi, maka harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id. Setelah data diverifikasi dan dinyatakan memenuhi persyaratan, maka akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN).

Kemudian, apabila peserta direkomendasikan oleh kepala sekolah untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan, maka PIN yang kamu dapatkan tadi digunakan sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran SNMPTN. Selanjutnya, peserta pun bisa mendaftar SNMPTN Jalur Undangan melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN tadi.

Tetapi, jika ternyata kamu tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui jalur ini, maka KAP dan PIN yang peserta miliki bisa digunakan lagi untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya pendaftaran.

Sebaliknya, dinyatakan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan ingin mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang dimiliki tidak berlaku lagi. Peserta juga harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah dimiliki.

Persyaratan Pendaftaran Program Bidikmisi

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2012;
  2. Lulusan tahun 2011 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut:
    1. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan;
    2. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp600.000,00 setiap bulannya; dan
    3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  5. Untuk peserta seleksi SNMPTN Ujian Tulis dan Seleksi Mandiri harus memiliki potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30% terbaik di sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2012 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan tahun 2011);
  6. Khusus SNMPTN jalur undangan hanya diperuntukkan bagi yang akan lulus tahun 2012 serta memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu masuk di dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MK), dengan rincian sebagai berikut:
    1. Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    2. Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    3. Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    4. Lainnya: 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5.
  7. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 6, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/OSIS);
  8. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan Lampiran 2;
  9. Pendaftar difasilitasi untuk memilih seleksi nasional dan/atau seleksi mandiri apabila mendaftar ke:
    1. Semua jenis seleksi nasional (SNMPTN Undangan dan/atau Ujian Tulis);
    2. Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN dengan 2 (dua) program studi pilihan

10. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi;

11. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

untuk mendaftar dilakukan secara online silahkan langsung ke situs sumber tulisan disini


Denaihati
Share this article :

35 comments:

  1. ayo semua berlomba daftar beasiswa supaya dapat pendidikan tinggi

    BalasHapus
  2. Bidik misi program yang bagus untuk negeri ini, namun harapannya objek nya benar2 tepat sasaran. jangan sampe salah.

    #mikir pendidikan juga gua yak, labil labil. hehehe :D

    BalasHapus
  3. ayooo,,,semanagat semuanaya,,,

    BalasHapus
  4. Sebuah program yang dapat merangsang dan menantang dalam berkarya di bidang pendidikan, semoga dapat juga mengahasilkan para lulusan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan mental baja dan selalu berpandangan luas.


    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  5. makasih infonya..ini yang saya cari

    BalasHapus
  6. pendidikan yang tinggi itulah yang di inginkan semua generasi bangsa ini, agar bangsa kita mempunya SDM yang berkualitas dan bisa membawa nama bangsa ke dunia international

    BalasHapus
  7. terimakasih infonya,,..
    sangat oke ponya gan, di tunggu post yang berguna lagi gan.

    BalasHapus
  8. pendaftarannya mantap juga ya sampai segitu mantap juga ya,,,

    BalasHapus
  9. terimakasih buat informasinya!!!kebetulan adik saya mau dilanjutkan keperguruan tinggi... salam kenal???

    BalasHapus
  10. Terimakasih atas infonya untuk berbagi.

    Sukses selalu
    Abed Saragih Blog

    BalasHapus
  11. siapa yang tidak ingin berpendidikan tinggi jaman sekarang. ngomong-ngomong kapan ya saya dapet beasiswa nie. sekarang harapan saya bisa lulus dengan nilai yang baik agar bisa bersekolah di sekolah favorit....
    jangan lupa visit back kakak

    BalasHapus
  12. wah lumayan besar juga pengeluaran kita untuk biaya pendidikan
    salam pramuka

    Pramuka Smanab

    BalasHapus
  13. saya kaget ada postingan tentang ini,,karena kebetulan sedang mencari,,jadi lulusan 2011 juga bisa? cuman lewat tertulis?? terus gimana kalo waktu tahun 2011 saya udah pernah daftar?? terus gak masuk,,apakah sekarng harus memulai dari awal lagi?? saya mohon balasannya,,ke email saya pak,,
    nas.piroh@yahoo.com
    terima kasih

    BalasHapus
  14. sekarang makin banyak beasiswa bagi yang kurang mampu agar dapat melanjutkan kuliah serta berbagai keperluan di dalamnya :) nice info gan

    BalasHapus
  15. informasinya sangat bermanfaat sekali...
    membantu menginformasikan kepada adik" yang mau nerusin ke perguruan tinggi negeri...

    BalasHapus
  16. wah mantap ni gan infonya. sayang ya dulu ane blon ada beasiswa ini, tapi untungya ane sekarang sudah lulus. semoga ni beasiswa tepat sasaran lah, tenkyu

    BalasHapus
  17. oke juga nie sangat bagus dan san gat menarik nie gan,,,

    BalasHapus
  18. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    BalasHapus
  19. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...

    BalasHapus
  20. semoga beasiswa kali ini benar2 tepat sasaran, soalnya biasanya, malah yang dapat orang berduit.

    BalasHapus
  21. Semoga dengan program bidik misi akan betul mengenai sasaran yang tepat sehingga pendidikan negeri ini akan semakin baik dan terus membaik

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  22. iya nih buruan daftar segera sebelum terlambat...

    BalasHapus
  23. jadilah warga yang pintar dan berguna buat bangsa..

    BalasHapus
  24. alhmdllh info yang sangat bermanfaat... trmakasih.

    BalasHapus
  25. makasih banyak nie info nya mas ,,,,
    dan salam kenal aja ,,,,,

    BalasHapus
  26. This is really innovative and a new idea, I like this concept and the way it is carried out in so light and cool manner. I concur with your conclusions and will eagerly look forward to your future  updates.Web Hosting Providers

    BalasHapus
  27. Siipp..info yg sngat menarik dang berguna...
    Makasih bnyak infonya...!!!

    BalasHapus
  28. nice post
    salam kenal ya..
    terima kasih :)

    BalasHapus
  29. nice post
    salam kenal ya..
    terima kasih :)

    BalasHapus
  30. iya kebanyakan yang dapet orang berada....saya lihat konkretnya dilapangan.

    BalasHapus
  31. artikel yang sangat bagus dan berkualitas gan,...makasih yach atas infonya..

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger