Home » , , » Earth Day Logo Google Hari Ini

Earth Day Logo Google Hari Ini

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, April 22, 2012 | 4/22/2012




Hari ini 22 April 2012 kembali Google tampil dengan logo sesuai dengan event yang dirayakannya, yaitu EARTH DAY atau Hari Bumi

Earth Day diperingati pada setiap tanggal 22 April secara Internasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator USA Gaylord Nelson tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan selatan.

Perjuangan Gaylord Nelson dimulai sekitar lebih dari 7 tahun sebelum Earth Day pertama. Pada awalnya Gaylord berharap pemikirannya tercapai melalui kunjungan yang dilakukan Presiden Kennedy ke-11 negara bagian pada September 1963, namun dengan beberapa alasan kunjungan tersebut tidak mampu membawa isu lingkungan ke dalam agenda nasional.

Upaya terus dilakukan Gaylord untuk merealisasikan idenya. Setelah tur Kennedy, Gaylord melakukan kampanyenya sendiri ke beberapa negara bagian. Di seluruh pelosok negara, bukti penurunan kualitas lingkungan terjadi di mana-mana. Semua orang menyadarinya, kecuali kalangan politik.



gaylord nelson Pictures, Images and Photos


Akhirnya pada musim panas 1969 Gaylord mengetahui bahwa aksi demonstrasi anti-perang Vietnam telah menyebar secara luas melalui perguruan tinggi di seluruh negeri. Dari sana ia mendapat ide untuk melakukan hal yang sama dalam kempanye lingkungannya. Ia memilih kalangan bawah dalam melakukan aksi protes terhadap kerusakan lingkungan.

Pada sebuah konferensi di Seattle September 1969, Gaylord mengumumkan akan mengadakan demonstrasi secara nasional pada musim semi 1970 atas nama lingkungan dan setiap orang diundang untuk berpartisipasi. Setelah itu, berbagai surat, telegram, dan telepon mengalir dari seluruh negeri. Warga Amerika akhirnya menemukan sebuah forum untuk mengungkapkan kepeduliannya atas penurunan kualitas tanah, sungai, danau, dan udara di lingkungan mereka.

Pada 30 November 1969 New York Times melaporkan terjadinya peningkatan aktivitas kepedulian terhadap lingkungan di seluruh negeri terutama di kampus-kampus dan suatu hari untuk peringatan permasalahan lingkungan tengah dirancang untuk untuk musim semi mendatang yang dikoordinasi oleh Senator Gaylord Nelson. Hal ini menjadi bukti keberhasilan perjuangan Gaylord Nelson dalam mengedepankan isu lingkungan sebagai agenda nasional.

Pada tanggal 22 April 1970, akhirnya sekitar 20 juta warga Amerika turun ke jalanan serta memenuhi sejumlah taman dan auditorium untuk mengkampanyekan kesehatan dan keberlangsungan lingkungan. Ribuan mahasiswa berkumpul menentang kerusakan lingkungan.

Dan pada hari itulah yang dijadikan sebagai Awal dari Perayaan Hari Bumi




Denaihati
Share this article :

9 comments:

  1. Mulai dari lingkungan kita, lakukan hal-hal kecil dulu, menghijaukan taman rumah, membuat pupuk dari sisa makanan kita...lestarikan lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat gan..
      satu lagi mungkin hari ini memang peringatannya, tapi kita perlu melaksanakannya tidak di hari ini saja.

      Hapus
    2. Bener tu..sayangnya kesadaran kita sangat sdikit..banyak yang tidak peduli karena mereka sllu hidup nyaman..

      Hapus
  2. nice info... pantes td pas googling logo om google bunga-bunga gitu...

    BalasHapus
  3. walau udah telat gak apa2 deh,,hehehe,,
    met hari bumi ya,,mg kita termasuk saya bisa semakin peduli dengan bumi tercinta..

    BalasHapus
  4. oh cantik banget logo google nya........

    BalasHapus
  5. kita harus benar2 menjaga lingkungan biar tidak terjadi global warming......

    BalasHapus
  6. kita tumbuhkan lagi tanaman yang tlah mati.......

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger