Home » , , » Klasemen Akhir Grup A Euro 2012

Klasemen Akhir Grup A Euro 2012

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Juni 17, 2012 | 6/17/2012

Republik Ceko merebut tiket ke perempat final sekaligus menyingkirkan tuan rumah Polandia setelah meraih kemenangan 1-0 dalam pertemuan antara kedua tim di Grup A di Stadion Miejski, Minggu dini hari WIB.

Kemenangan ini juga memastikan Ceko keluar sebagai juara grup dengan enam poin dari tiga pertandingan. Tempat kedua diduduki Yunani yang juga merebut satu tiket perempat final lainnya di Grup A setelah pada saat yang sama mengalahkan Rusia 1-0 di Stadion Nasional Warsawa.

Rusia finis di posisi ketiga dengan empat poin setelah kalah head-to-head dari Yunani sementara Polandia menjadi juru kunci dengan hanya mengantongi dua poin.

Kedua tim sama-sama harus menang demi memastikan tempat di perempat final, tapi Ceko tetap bisa lolos dengan hasil imbang dengan catatan Rusia tak kalah dari Yunani dalam laga lainnya di Grup A.

Karenanya, tim asuhan Michal Bilek itu tampak bermain dengan hati-hati tanpa banyak melakukan tekanan ke daerah Polandia meski mereka lebih banyak menguasai bola.

Di pihak lain, Polandia juga sesekali mengancam pertahanan Ceko terutama lewat aksi striker Robert Lewandowski. Hingga akhir babak pertama tak ada gol yang tercipta.

Di babak kedua, Ceko bermain lebih agresif karena kemungkinan mereka telah mendengar hasil dalam laga di Warsawa di mana Yunani unggul 1-0 atas Rusia di babak pertama. Artinya, mereka bakal tersingkir jika Gal meraih kemenangan.

Upaya ini akhirnya membuahkan gol yang dicetak Petr Jiracek di menit ke-72 berkat kerja apik dari Milan Baros.

Sementara itu, Yunani kembali membuat keajaiban meski tak sedahsyat delapan tahun silam saat mereka menjuarai Piala Eropa 2004. Tim asuhan Fernando Santos ini berhasil merebut tiket ke perempat final dengan mengalahkan tim favorit Rusia 1-0 dalam pertandingan terakhir Grup A di Stadion Nasional Warsawa, Minggu dini hari WIB.

Hasil ini membawa Yunani finis di posisi kedua Grup A dengan empat poin, dua poin di bawah Republik Ceko yang keluar sebagai juara grup.

Yunani berhak lolos ke perempat final karena mereka unggul head-to-head dengan Rusia yang juga mengantongi empat poin.

Hasil ini sangat mengejutkan mengingat Yunani tak terlalu diunggulkan dalam pertandingan ini setelah mereka hanya bermain imbang 1-1 dengan Polandia dalam laga pertama dan kalah 1-2 dari Ceko dalam laga kedua.

Di pihak lain, Rusia tampak sangat meyakinkan setelah mereka menghajar Ceko 4-1 dalam laga pertama sebelum ditahan imbang 1-1 oleh Polandia dalam laga kedua.

Rusia juga menunjukkan dominasi mereka di lapangan sejak menit pertama, tapi tak satu pun gol yang berhasil mereka buat terlepas dari sejumlah peluang yang mereka ciptakan.

Di pihak lain, Yunani yang lebih banyak menunggu berhasil memanfatkan peluang yang jarang mereka dapatkan ketika tendangan kapten tim Giorgios Karagounis di menit terakhir babak pertama menaklukkan kiper Vyacheslav Malafeev.

Di babak kedua, Yunani kembali membuat masalah termasuk saat Karagounis dijatuhkan Sergeo Ignashevich di dalam kotak penalti. Tapi, Rusia beruntung karena wasit justru mengganjar Karagounis dengan kartu kuning karena dianggap diving.

Yunani bahkan sempat nyaris menambah keunggulan saat tembakan Giorgos Tzavellas menghantam mistar.


Berikut Klasemen Akhir Grup A Euro 2012

Share this article :

14 comments:

  1. Tidak disangka Yunani bisa lolos ke babak 8 besar

    BalasHapus
  2. ATURAN FIFA DAN UEFA SELALU BERUBAH, KALAU DILIHAT SELISIH GOAL PASTILAH RUSIA YANG MASUK PEREMPAT FINAL, KACIAN RUSIA.

    BalasHapus
  3. Maksudnya head to head tu gmana c, pdhal rusia golnya +2 knapa gak lolos, ga fair tuh dah susah golin banyak malah gak lolos

    BalasHapus
    Balasan
    1. aturan UEFA diaplikasikan untuk Rusia dan Yunani. Secara otomatis hasil akhir pertandingan pamungkas Grup A antara keduanya (head-to-head) berlaku. Yunani lolos ke perempat final dan Rusia harus angkat kaki dari Euro 2012 karena kalah dipertandingan terakhir 1-0

      Hapus
  4. uefa saraf, apa arti +2 sama 0? please jelasin donk!!
    sama juga nyisihin orang pinter, n lolosin orang bego. apa duit yunani lebih gede?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yunani meski Selisih gol Rusia lebih baik namun regulasi untuk Piala Eropa adalah hitungan Head to Head dimana Yunani mengalahkan Rusia .
      Rusia jadi korban pertama aturan tersebut.

      Hapus
  5. Apa mau dikata Rep. Ceko dan Yunani lah yang harus melaju ke 8 besar...

    BalasHapus
  6. wah berarti untuk group B Belanda sudah tidak mungkin lolos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanda masih ada kemungkinan untuk lolos dengan skenario sebagai berikut :
      Belanda (poin 0, selisih gol -2) lolos jika: Mengalahkan Portugal minimal dua gol dan Jerman mengalahkan Denmark

      Hapus
    2. waduh bingung. katanya head to head? seandainya nih yah kemaren belanda menang 5-0, denmark kalah 5-0 dr jerman, artinya denmark belanda dan portugal poin 3. nah klo liat head to headnya belanda kan kalah ama denmark, jadi tetep aja beland posisi 3 yang menang head to head ama portugal posisi 4.. bukan begitu ? maaf klo salah :)

      Hapus
  7. ceko mungkin akan menjadi team anderdog yang akan menyulitkan team-team unggulan.

    BalasHapus
  8. sungguh kejutan yang tak terkira rusia bisa tumbang di tangan yunanai.

    BalasHapus
  9. mari kit aisro mi"raj dari ketidak benaran menjadi benar!!

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger