Home » , , » Sudono Salim Tutup Usia

Sudono Salim Tutup Usia

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Juni 10, 2012 | 6/10/2012

Siapa yang tidak kenal Sudono Salim atau Liem Soei Liong , usahawan sukses kelas dunia. Ia mendirikan Grup Salim. Grup ini, antara lain melahirkan Indofood, Indomobil, Indocement, Indosiar, Bogasari, Bank Central Asia, dan lain-lain. Pria yang akrab disapa Om Liem ini juga pernah menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di Indonesia dan Asia. Bahkan, ia sempat masuk daftar "100 Orang Terkaya di Dunia".

Sudono Salim atau Liem Sioe Liong (Hanzi: 林紹良, pinyin: Lin Shaoliang) (lahir di Tiongkok, 10 September 1915; umur 96 tahun). Ia dikenal luas masyarakat dekat dengan mantan Presiden ke-2 Indonesia Soeharto.

Sepuluh tahun terakhir, Om Liem banyak menghabiskan waktunya menetap di negeri jiran, Singapura. Om Liem mulai hijrah ke Singapura setelah pecahnya kerusuhan Mei 1998.

Peristiwa tersebut menjadi catatan kelam Om Liem. Betapa tidak, rumahnya yang berada di Jl Gunung Sahari, Jakarta, ikut diobrak-abrik dan porak-poranda diamuk massa.

Sejak saat itu, bos Indofood ini trauma dan hengkang ke Singapura. Selama berada di Singapura, kendali bisnis sejumlah perusahaannya di Indonesia dipegang oleh anaknya yakni Anthony Salim dan menantunya Franciscus Welirang.

Om Liem punya bakat dan naluri bisnis yang luar biasa. Ia memiliki watak pekerja keras, pantang menyerah, dan tekun. Beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca sebuah koran ibukota yang memuat tentang kiat-kiat beliau untuk menjadi seorang pengusaha :

Jika ingin sukses, jangan berpangku tangan saja. Semasa muda, bekerjalah habis-habisan. Bersemangatlah dan efektif dalam menggunakan waktu. Jangan cuti lama-lama, jangan selalu jalan-jalan, dan jangan tidur cepat! Jangan pula mudah menyerah pada kesulitan.

Bagaimana kalau gagal dalam usaha? Jangan putus asa. Bangun lagi dengan kiat baru! Begitu seterusnya hingga Anda menemukan formula paling pas untuk sukses. Kalau Anda mudah putus asa, sebaiknya jadi pekerja saja, jangan jadi usahawan...!

Selain itu, jadilah pengusaha yang memiliki karakter yang baik. Orang yang sukses dengan cara curang, pasti akan segera gulung tikar karena orang-orang/publik menolaknya. Oleh karena itu, lebih baik untung lebih sedikit, namun diusahakan secara jujur dan ikhlas. Kita bisa tidur lebih nyenyak dan tidak punya beban.

"Memang benar, seorang pengusaha harus banyak akal," kata Om Liem. "Tapi, jangan curang. Jangan ambil milik orang lain."

Terakhir, Om Liem mengingatkan: rajinlah membantu fakir miskin. Tujuannya, agar jiwa kita terasah untuk selalu berbagi.


Hari ini Minggu (10/6/2012) sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Sudono Salim alias Liem Sioe Liong wafat dalam usia 96 tahun di Singapura.

Selamat Jalan Om Liem




Denaihati


Share this article :

18 comments:

  1. Inalillahi ro'jiun
    salam kenal ya sob...

    BalasHapus
  2. selamat jalan sudomo salim semoga Tuhan memberi tempat yang layak sesuai amal baktinya

    BalasHapus
  3. Turut berduka cita akan meninggalnya sudono salim ini.
    Terima kasih sahabat atas berbagi informasinya ini

    BalasHapus
  4. turut berduka atas meninggalnya seorang pengusaha terhebat...semoga amalnya diterima disisi_Nya.amin

    BalasHapus
  5. Turut berduka cita atas meninggalnya om liem, seorang pengusaha raksasa nasional yang akan selalu dikenang oleh pengusaha Indonesia sebagai barometer kesuksesan

    BalasHapus
  6. product indofood juga terkenal dimalaysia.
    takziah untuk keluarga beliau.

    BalasHapus
  7. innalilahi wainna ilahi rojiun,,smoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya

    BalasHapus
  8. terimakasih atas infonya
    turut berduka cita atas meninggalnya sudono salim,,

    BalasHapus
  9. innalillahi wainna ilaihi rojiun, sesungguhnya hanya kepada Allah tempat kita semua kembali

    BalasHapus
  10. Om liem katanya semua usaha sukses dimana - mana tetapi koq yang menggunakan katanya lom mengetahui artinya aja ya maksudnya lom da anak yang sukses nih hanya membaca besok lupa hanya sekilas tak pernah melakukan

    BalasHapus
  11. turut berduka cita atas wafatnya om.liem

    BalasHapus
  12. semoga keluarga yang d tinggalkan di beri ketabahan ....

    BalasHapus
  13. sosok yang luar biasa .. semoga beliau mendapat tempat yang terindah d sisinya ....

    BalasHapus
  14. yang perlu kita pelajari dari beliau motivasi nya merintis usaha nya dari nol sampai sebesar ini..

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger