Home » , , » 'Rumah Kentang ' Menghidupkan Hantu Urban Legend

'Rumah Kentang ' Menghidupkan Hantu Urban Legend

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Agustus 12, 2012 | 8/12/2012


“Hawa angkernya masih terasa. Enggak tahu kenapa kadang-kadang saya suka merinding sendiri.”

Kisah-kisah seram yang menjadi fenomena kerap dijadikan inspirasi atau bahan untuk pembuatan film. Bahkan para kreator film begitu berani untuk mengikutsertakan 'tokoh' seram yang menjadi bahan pembicaraan dalam kisah-kisah urban legend tersebut. Sebut saja kisah suster ngesot yang sukses beberapa waktu lalu.

Kini, rumah produksi Hitmaker menggandeng pengacara Jose Purnomo untuk menggarap film bertema horor yang berjudul
Rumah Kentang. Artis cantik Shandy Aulia didaulat sebagai bintang utama film yang tersebut.



Menariknya, film
Rumah Kentang mengambil lokasi syuting di tempat yang disebut-sebut sebagai asal muasal beredarnya kisah rumah kentang yang fenonemal tersebut, sehingga tidak mengherankan jika Shandy Aulia, merasakan aura mistis saat menjalani syuting.

“Hawa angkernya masih terasa. Enggak tahu kenapa kadang-kadang saya suka merinding sendiri,” ujar Shandy Aulia ditemui sejumlah wartawan beberapa waktu lalu.

Shandy Menjelaskan bahwa banyak keanehan yang muncul saat syuting film
Rumah Kentang.

"Lampu penerangan yang ada di dapur sering mati. Padahal ketika masih sore, kejadian-kejadian ganjil tersebut tidak pernah terjadi. Apa mungkin karena waktu syutingnya pas hari Jumat ya," ujar Shandy penasaran.

Rumah Kentang sepertinya memang masih banyak menyimpan misteri. Meski nampak bersih di siang hari, namun jika malam menjelang suasananya berubah. Kadang muncul aroma kentang rebus atau terdengar suara tangis anak kecil. Menurut warga sekitar, konon di rumah tersebut pernah ada kejadian yang memilukan. Seorang anak kecil terjatuh dalam kuali yang sedang digunakan untuk merebus kentang. Anehnya anak tersebut hingga kini tidak pernah diketahui keberadaannya.

Entah karena alasan itu, masyarakat sekitar hingga kini memilih menghindari rumah angker tersebut. Atau barangkali, rasa penasaran itu pula yang membuat sang sutradara, Jose Poernomo tertantang membesut film horor yang diangkat dari kisah nyata ini.

Film Rumah Kentang dibintangi Shandy Aulia, Tasya Kamila, Chintami Atmanagara, Sonia Wibisono, Gilang Dirgahari, Ki Kusumo, Rina Nose, Iszur Muchtar dan Daus Separo. Penggarapannya dimulai sejak akhir Juli dan bakal tayang di bioskop pada 4 Oktober 2012.

Menurut Jose Purnomo (sutradara), film RUMAH KENTANG bisa menjadi film horor yang benar-benar menyeramkan. "Kita ingin kembali ke film horor yang berkualitas menyeramkan. Dulu bikin film jelangkung bisa bagus, setelah horor banyak, jatuhnya kayak komedi seksi. Jadi kita kembalikan ke atmosfer horor," katanya.


Sinopsis Film Rumah Kentang

Farah terpaksa kembali dari Melbourne ke Jakarta. Ia terpaksa cuti kuliah dan pulang. Adiknya bernama Rika yang masih SMU sendirian di Jakarta kerena ibunya meninggal dan ternyata selama ini mereka sudah mulai kehabisan biaya. Sampai di Jakarta, Farah menemui dua hal yang membuatnya harus berpikir untuk tidak melanjutkan kuliahnya lagi: menjaga Rika dan keuangan keluarga mereka yang sudah mendekati angka nol.

Farah sendiri tidak pernah benar-benar tahu masalah keluarganya. Semenjak ia lulus SMP, Farah melanjutkan SMA dan kuliah di Melbourne. Ibu ternyata sudah menjual rumah mereka untuk kehidupan mereka dan biaya pendidikan Farah di Melbourne. Mereka terus tinggal di rumah kontrakan yang cukup besar namun sekarang akhirnya menyulitkan karena biaya sewa yang tidak murah.

Farah panik. Ini semua terlalu tiba-tiba untuknya. Tapi di surat wasiat ibunya ada berita. Mereka masih memiliki rumah pertama ibu mereka. Rumah yang ibunya pikir adalah investasi yang bagus kerena berada di daerah yang mewah. Tapi sampai sekarang, berulang kali rumah itu coba dijual namun tak pernah laku. Kerena beritanya adalah bahwa itu rumah kentang...rumah yang penghuninya hantu anak kecil. Kerena tidak ada pilihan lain, Farah dan Rika terpaksa pindah. Tak mungkin meneruskan rumah kontrakan yang sekarang.

Dengan sisa-sisa uang yang ada, Farah menata ulang rumah itu seadanya. Ia merawat Rika, adik yang tak benar-benar dekat dengannya. Rika, anak yang sudah kehilangan kedua orang tuanya menjadi pendiam. Farah merasa sendirian.

Namun ia tak benar-benar sendirian. Farah merasa ada yang mengawasinya. Bayangan yang muncul di ujung matanya, jejak-jejak kecil dan basah yang kerap muncul di dapur, suara anak kecil menangis yang kadang terdengar dan aroma kentang rebus yang kerap tercium setiap kali bayangan atau suara itu muncul. Farah mulai terganggu. Rika ketakutan.

Apa yang akan terjadi kepada Farah dan Rika di rumah itu?



Share this article :

7 comments:

  1. saya kira rumah tempatnya juragan kentang nda tahunya film to

    BalasHapus
  2. sayang saya tak begitu minat film horor

    BalasHapus
  3. Filem bergenre seram dari Indonesia.. Saya suka.. Hehehe =)

    BalasHapus
  4. Kurang suka saya film horor sob. Suka takut sendiri :D

    BalasHapus
  5. ya semoga aja gak berbau gitu-gituan. tapi dilihat-lihat kayak film insidious CMIIW

    - Yufex

    come with smile - blogwalking :-)

    BalasHapus
  6. film horor buatan indonesia.. i like it ! :D .. ngga sabar buat menunggu .. pasti menarik
    karena pembuatan ny pun benar" ada di tempat kejadian ny langsung

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger