Home » , » 84 Tahun SUMPAH PEMUDA

84 Tahun SUMPAH PEMUDA

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Oktober 28, 2012 | 10/28/2012

82 tahun Sumpah Pemuda

  • Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  • Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  • Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Itulah teks Sumpah Pemuda, yang untuk pertama kalinya diikrarkan di Jakarta pada 28 Oktober 1928. Hari ini tepat 84 tahun yang lalu, hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dalam membangun landasan utama gerakan kebangkitan nasional. Sekaligus perekat yang mempersatukan anak bangsa dari berbagai suku dan agama.
 84 Tahun SUMPAH PEMUDA
Hingga 84 tahun kemudian setelah diikrarkan, ternyata semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 belum sepenuhnya merasuk ke dalam jiwa tiap insan Indonesia, termasuk pemuda. Betapa tidak?
Bila sudah merasuk, tentu tak perlu terjadi bentrokan antara mahasiswa dan polisi di kampus Universitas Pamulang Tangerang Selatan, yang membuat Kapolsek Pamulang jatuh tersungkur dan berbuntut pada penangkapan 9 mahasiswa. Para mahasiswa menolak kedatangan Wakapolri Komjen Nanan Sukarna ke kampus itu.

Bila sudah merasuk, tentu tidak perlu terjadi bentrokan antarmahasiswa di Universitas Negeri Makassar yang menewaskan seorang mahasiswa; tawuran antara pelajar SMA 6 dan SMA 70 Jakarta yang menewaskan Alawi Yusianto Putra; bentrok antara pengikut aliran Syiah dan Sunni di Madura yang menewaskan sejumlah pengikut Syiah; tak perlu komunitas Ahmadiyah dimusuhi di mana-mana; dan sederet kasus kekerasan lainnya.

Sejak dulu kala, Indonesia dihuni oleh penduduk dengan berbagai macam etnis, agama, dan golongan. Ketika para penjajah datang, mereka secara berkelompok melakukan perlawanan. Hasilnya, Indonesia tetap dijajah. Sampai kemudian timbul kesadaran untuk bersatu melalui pembentukan Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. 

Kesadaran untuk bersatu sebagai bangsa kemudian memuncak pada 28 Oktober 1928 ketika para pemuda dari berbagai pulau dan etnis, seperti Jong Celebes, Jong Java, Jong Soenda, Jong Sumatranen, Jong Betawi, dan sebagainya mengikrarkan Sumpah Pemuda: bertanah air satu, Tanah Air Indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia; dan berbahasa satu, Bahasa Indonesia. Para pemuda yang terdiri atas berbagai latar belakang itu melebur menjadi satu: Indonesia!

Semangat Sumpah Pemuda mencapai klimaksnya pada 17 Agustus 1945 ketika Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sejak itu, Indonesia yang terdiri atas berbagai etnis, agama, dan golongan menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu.

Kini, bagaimana setelah 67 tahun Indonesia merdeka dan 84 tahun Sumpah Pemuda diikrarkan? Ternyata kita belum sepenuhnya merdeka dari pertikaian internal antarsesama anak bangsa. Semangat Sumpah Pemuda belum sepenuhnya merasuk ke dalam jiwa setiap pemuda Indonesia. 

Akibatnya, kekerasan berlatar agama masih terjadi di mana-mana. Toleransi menjadi sesuatu yang sangat mahal. Tawuran antarpelajar dan antarmahasiswa masih merebak, dan bentrokan antara mahasiswa dan aparat keamanan makin membuat kita miris. Terasa tak ada lagi rasa persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa.

Di sisi lain, banyak pula pemuda terlibat kejahatan yang tergolong extraordinary crime (kejahatan luar biasa), yakni teror, narkotika, dan korupsi. Betapa banyak tersangka pelaku teror ternyata masih belia. Betapa banyak pemuda yang terjerat kasus narkotika, baik sebagai konsumen maupun pengedar. Betapa banyak pula pemuda yang terjerat korupsi, seperti M Nazaruddin, Angelina Sondakh, Gayus Tambunan, dan Dhana Widyatmika. 

Bila kita menjiwai semangat Sumpah Pemuda, yang bermanifestasi antara lain berupa rasa cinta kepada Tanah Air atau nasionalisme, atau dalam istilah penulis disebut Nusantaraisme, tentu kita tak akan sampai hati membuat teror, menyalahgunakan narkotika, dan melakukan korupsi.

Apakah para pemimpin bangsa ini yang sudah tergolong senior sudah menjiwai semangat Sumpah Pemuda? Jangan-jangan juga belum. Bisa jadi apa yang dilakukan para pemuda itu sekadar mencontoh perilaku para seniornya.

Dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita peringati. Marilah, peringatan Sumpah Pemuda itu kita jadikan momentum untuk kembali menanamkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa ke dalam sanubari tiap insan Indonesia, terutama para pemuda sebagai pilar kelima kehidupan berbangsa dan bernegara, setelah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dengan menjiwai semangat Sumpah Pemuda, kita berharap tidak akan ada lagi tawuran dan bentrokan antarsesama anak bangsa, kekerasan atas nama agama, teror, penyalahgunaan narkotika, dan korupsi.

Mari bersama bertekad dengan penuh komitmen dan konsisten untuk merealisasikan apa yang menjadi tujuan kita. Ingat, ACTION is POWER! Sebaik apa pun impian yang kita miliki, namun jika kita tidak pernah mengambil tindakan dengan komitmen dan konsisten, mustahil segala sesuatunya tidak akan pernah terwujud.

Mari dengan semangat Sumpah Pemuda, jadikan diri kita menjadi lebih optimal! Selamat Hari Sumpah Pemuda 2012, Maju Terus Indonesiaku !



Denaihati
Share this article :

27 comments:

  1. Selamat hai Sumpah Pemuda.

    Sukses selalu
    Salam Wisata,

    BalasHapus
  2. bangun pemuda pemudi Indonesia..

    BalasHapus
  3. Pemuda saatnya untuk maju bangun negaramu selamatkan dari segala kebobrokan

    BalasHapus
  4. Pemuda-pemuda saat ini seharusnya bisa meniru akan semangat-semangat para pemuda jaman dahulu dalam hal memperjuangkan kemerdekaan, berorganisasi yang benar dan memanfaatkan segala kemampuan yang baik dan positif untuk pembangunan bangsa Indonesia tercinta.
    Letak kemajuan bangsa ini kedepannya adalah di tangan-tangan pemuda sekarang ini

    BalasHapus
  5. Selamat hari Sumpah Pemuda
    Semoga generasi kita saat ini bisa memaknainya secara mendalam..

    BalasHapus
  6. di hari sumpah pemuda ini semgoga anak bangsa menjadi anak bangsa yang berguna dan penerus bangsa yang di banggakan dunia amin,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  7. good luck untuk pemuda-pemuda masa lalu, andaikan pemuda sekarang kayak pemuda masa lalu pasti indonesia tidak akan masalah, entah masalah ekonomi(korupsi).dan sebagainya

    BalasHapus
  8. info yang sangat menari dan bagus. artikel ini sangat bermanfaat sekali. terimakasih semoga blog ini semakin banyak visitornya. salam blogger!

    BalasHapus
  9. Semoga kita bisa menjadi pemuda-pemuda yang berguna bagi nusa dan bangsa...
    salam kenal ya..!
    salam hari sumpah pemuda semakin jaya.

    BalasHapus
  10. mudah-mudahan dengan adanya sumpah pemuda zaman dahulu dapat menjadi penyemangat kaum muda di era globalisasi ini ..

    BalasHapus
  11. sip.. mari bangkit pemuda-pemudi Indonesia..

    BalasHapus
  12. Anda begitu sangat ahli dalam membuat sebuah artikel, informasi ini sangat sangat saya butuhkan, kenapa? Karena informasi ini perlu saya ketahui untuk menambah ilmu yang belum saya ketahui. Terimakasih sebelumnya sobat….

    SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA

    BalasHapus
  13. mungkin akan terasa sulit pak,,apalgi dengan banyaknya pergeseran budaya seperti sekarng..jadinya sikap dan cerminan pemuda indonesia pun tidak seperti dulu...
    tapi apa salhnya juga kita memulai dari hal yang paling kecil...semangat sumpah pemuda....

    BalasHapus
  14. Bangkitkan kembali jiwa muda masa lalu, dengan cara terus berkarya untuk bangsa.

    SALAM PEMUDA INDONESIA..

    BalasHapus
  15. Anda begitu sangat ahli dalam membuat sebuah artikel, informasi ini sangat sangat saya butuhkan, kenapa? Karena informasi ini perlu saya ketahui untuk menambah ilmu yang belum saya ketahui. Terimakasih sebelumnya pak….

    BalasHapus
  16. di hari pemuda ini semogga bangsa kita lebih baik lagi untuk kedepan nya ,,,,,,,

    BalasHapus
  17. Hari Sumpah Pemuda harus senantiasa diperingati oleh setiap pemuda dan yang pernah muda. Dengan cara menumbuh kembangkan Gerakan Pemuda menunju Indonesia SATOE!

    Mohon banget jangan pade berantem lagi..
    Punten nyak teu aya deui saling pitnah..

    BalasHapus
  18. masih terlalu banyak yang belum memaknai hari sumpah pemuda dengan sebenarnya

    BalasHapus
  19. be the best you can be \m/ pemuda indonesia harus maju

    BalasHapus
  20. semoga 84 tahun ini mepuda indonesia semakin produktif,
    juga semakin menjauhi tawuran

    BalasHapus
  21. Pemuda harapan indonesia dimasa datang

    BalasHapus
  22. dirgahayu pemuda Indonesia ! smg menjadi lebih baik lagi kedepannya. selamat tahun baru ! :)

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger