Home » , , » Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Juli 07, 2013 | 7/07/2013



 

Tak terasa terkenang kembali, bagaimana tetes air mata dengan perasaan haru ketika kita berpisah dengan bulan Ramadan di tahun kemarin. Kini, ia kembali datang ke hadapan kita. Ia membawa bongkahan kemuliaan di tengah ringkihnya dunia yang seolah sudah sesak dengan praktik hidup yang kotor penuh kepalsuan.

Ramadhan setiap tahun, hawa sejuknya seakan selalu menyusup ke kalbu yang khuzu. Menggapai iman insan yang berniat mencuci dekilnya nurani dan berniat menjinakkan jiwa jalang yang terkadang meronta tiada tara.

Andailah segenap bulan adalah Ramadhan, maka akan putihlah segenap hitam yang membuat kusam cakrawala. maka akan bersihlah segenap dekil yang menempel di bumi yang renta. Dan kembali suci segenap najis yang menodai nilai fitri.

Namun....ah, sayang,.... Ramadhan hanya sebulan!, Mukmin bahagia menjemput,... sebaliknya sang munafik jengkel berpekik bersama setan-setan yang mahir mengukir semu indahnya keingkaran.

Kita tidak bisa membayangkan seandainya bulan-bulan yang mewangun tahun dan mewangun abad tidak punya Ramadhan sama sekali. Waktu akan mengalir secara datar dan hampa, tak ada filter waktu yang menyaring sarwa kelalaian manusia, tak ada balance waktu yang mengimbangi bulan-bulan datar yang penuh relativitas hidup, penuh tradisi yang berbasa-basi, penuh tipuan dan kelicikan.

Kita tidak bisa membayangkan andai mental manusia yang semakin dekil dari bulan ke bulan, dari tahun ke tahun, dari abad ke abad, tak dicuci bersih oleh banyu asihnya Ramadhan mulia.

Banyu asih Ramadhan akan mencuci segenap perangkat kesyukuran insan bumi.Palu tempaan pun akan tercuci suci, yang akan menempa akhlak dan watak, yang pada akhirnya akan menjelma ketahanan jiwa dan mental serta daya juang kebenaran akan semakin kokoh tak terlunglaikan oleh kekenyangan materi.

Marhaban ya Ramadhan,... aku rindu kedatanganmu, Sang jiwa sadar merindukan surga yang sebenarnya, surga yang memelodikan kasih abadi.

Ya Allah, beri lagi kami kesempatan memasuki kesucian bulan Ramadan. Kami ingin mulia bersama kemuliaannya. Kami tidak ingin terseret lebih jauh dalam hiruk pikuk rayuan dan hipnotis fatamorgana indahnya dunia. Amin Ya Allah. Marhaban Ya Ramadhan. Wallahu A'lam Bisshawwabe.

Denaihati
Share this article :

7 comments:

  1. Selamat menyambut bulan ramadhan dan selamat menunaikan ibadah berpuasa pada bang iwan juga. tinggal 1 atau 2 hari lagi.

    BalasHapus
  2. Semoga kita bisa menjalankan Puasa dengan lebih khusuk, Amin.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah kita semua masih di pertemukan dengan ramadhan pak..

    BalasHapus
  4. mohon maaf lahir bathin
    semoga kita semua diberkahi ALLAH SWT

    BalasHapus
  5. Minal aidzin wal faidzin..
    Smga di blan yg brkah ini, amal kebaikan kita semakin brtmbah

    BalasHapus
  6. akhirnya Bulan Ramadhan tiba juga... Marhabban Yaa Ramadhan...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger