Home » , , » Eugène Viollet-le-Duc. Arsitek Gotik Prancis di Logo Google Hari Ini

Eugène Viollet-le-Duc. Arsitek Gotik Prancis di Logo Google Hari Ini

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, Januari 27, 2014 | 1/27/2014


Eugène Viollet-le-Duc adalah tokoh yang mendapat apresiasi oleh Google Hari ini untuk memperingati 200 tahun kelahirannya 

Eugène Viollet-le-Duc, seorang arsitek dan pemikir ulung asal Prancis. Lahir di kota Paris, beliau adalah arsitek pelopor kebangkitan arsitektur Gotik. Bernama lengkap Eugène Viollet Emmanuel-le-Duc,  lahir pada tanggal 27 Januari 1814, beliau terkenal karena karya seninya yang bersifat “restorasi” bangunan abad pertengahan.

Karya-karyanya sebagian besar bersifat restoratif terhadap desain bangunan independen yang telah berdiri. Sangat bertentangan dengan tren arsitektur Beaux-Arts yang berlaku waktu itu. Oleh karenanya, beliau sering dicemooh oleh orang-orang pada jamannya.

Ia juga merupakan arsitek yang disewa untuk merancang struktur internal dari Patung Liberty, namun meninggal sebelum proyek tersebut selesai.

Beberapa bangunan restorasinya, seperti Château de Pierrefonds yang menjadi logo Google hari ini, menjadi sangat kontroversial karena tidak dimaksudkan untuk membuat situasi yang akurat dengan menciptakan sebuah “bangunan sempurna” gaya abad pertengahan.

Château de Pierrefonds


Namun ia mengamati dari sisi lain melalui kamus raisonné yaitu: “bukan untuk mempertahankan, memperbaiki atau membangun ulang, tetapi untuk membangun kembali dalam keadaan lengkap yang mungkin tidak pernah ada pada saat tersebut”.

Ide dan makna kata “restorasi” yang diterapkan pada arsitektur Viollet-le-Duc dianggap sebagai bagian dari sebuah inovasi modern. Praktek konservasi modern menganggap restorasi Viollet-le-Duc terlalu bebas, pribadi dan terlalu interpretatif. Faktanya, beberapa dari monumen yang mendapat sentuhan restorasinya mungkin akan lenyap apabila bukan karena beliau.

Di akhir hayatnya, Viollet-le-Duc pindah ke daerah Lausanne, negara Swiss, dimana ia me-rekonstruksi sebuah villa yang telah dihancurkan. Beliau meninggal di tempat tersebut pada tanggal 17 September 1879, di usia 65 tahun.
Denaihati
Share this article :

11 comments:

  1. pertamaxx....wah seorang arsitek yang harus kita hargai jasa-jasnya :) google memang OK :) visit+comment back yah Kang :
    http://anaktimor-17.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas semua infonya, salam sukses..
    http://goo.gl/j7LG9C

    BalasHapus
  3. Apa kabar hari ini?? Semoga hari ini semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat.. amiin.. Dan mudah-mudahan agan yang punya blog ini juga diberi kesehatan supaya bisa terus ngposting dan memberikan informasi untuk pengunjungnya... Terimakasih dan salam semangat !! :)

    BalasHapus
  4. Selamat pagi..
    Hari senin yang cerah yah, alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya bisa kembali berkomentar setelah satu hari libur dan meninggalkan pekerjaan sebagai komentator yang baik... hihihi
    bukan komentar namanya kalo tidak ada kata basa basi terlebih dahulu, hahaha
    o ya terimakasih untuk agan yang udah ngasih infromasi sebagus ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan semua pembaca khususnya saya sendiri.. biasanya sih saya males banget baca artikel artikel yang panjang gak ada ujungnya, tapi saya liat artikel agan ini mulai dari judul saja sudah menarik jadi mau gak mau deh saya harus baca artikel ini,dan ternyata gak percuma saya baca artikel ini sampai habis isinya menarik dan bahasa yang digunakan juga mudah di cerna.
    Sekali lagi makasih ya, Sukses selalu buat agan dan saya ;)

    BalasHapus
  5. Selamat pagi,,
    terimakasih untuk infromasi yang anda berikan ini semoga dengan adanya infromasi ini bisa membantu semua pembaca dan menambah wawawan maupun ilmu pengetahuian. meskipun sedikit setidaknya ini ilmu.
    Saya tunggu postingan-postingan sekanjutnya.
    Thanks :)

    BalasHapus
  6. Terimakasih apa yang telah disampaikannya, semoga bermanfaat bagi kami dan terus posting yah gan supaya kami bisa terus melihat postingan agan yang terbaru.. Semoga sukses !!

    BalasHapus
  7. Terimakasih apa yang telah disampaikannya, semoga bermanfaat bagi kami dan terus posting yah gan supaya kami bisa terus melihat postingan agan yang terbaru.. Semoga sukses !!

    BalasHapus
  8. informasi yang sangat menarik gan, terima kasih

    BalasHapus
  9. Selamat pagi
    terimakasih untuk infrormasi yang anda berikan ini, smeoga dengan adanya infromasi yang anda berikan bisa menjadi sarana para pembaca menemukan ilmu pengetahuan lain yang tidak kalah pentingnya untuk proses pembelajaran hidup. Semoga anda selalu dalam limpahan tuhan YME, dan setiap artikel yang anda buat bisa bermanfaat.

    Terimakasih,sukses selalu untuk anda

    BalasHapus
  10. seorang arsitek ya,,,luar biasa google ini,,jadi kita sambil belajar

    BalasHapus
  11. Terimakasih atas informasi yang telah disampaikan, semoga apa yang dilakukan selalu menjadi berkah. Semangat pasti bisa !!

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger