Home » , , » Alessandro Volta Ultah ke-270 di Logo Google Hari Ini

Alessandro Volta Ultah ke-270 di Logo Google Hari Ini

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Februari 18, 2015 | 2/18/2015













Alessandro Volta : Tokoh yang mendapat apresiasi dari Google Hari ini, Yang bertajuk Ulang Tahun ke-270 Alessandro Volta.

Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta (lahir di Como, Tanah Milik Duke Milan, (kini Italia), 18 Februari 1745 – meninggal di Como, Lombardi-Venetia, (kini Italia), 5 Maret 1827 pada umur 82 tahun) adalah seorang fisikawan Italia. Ia terutama dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800.
Ketika Anda masuk ke halaman utama pencarian Google, terlihat ada elektrisitas yang mengalir dalam baterai volta temuan sang ilmuwan, yang kemudian membuat logo Google menyala. Di samping itu pada kedua sisi terdapat rumus seng (Zn —-> Zn2+ + 2e−) dan asam sulfat (2H+ + 2e−–> H2).
Sepanjang hidupnya hingga meninggal pada 5 Maret 1827, Volta yang seorang fisikawan terkenal asal Italia memberikan sumbangsih besar terhadap kehidupan manusia. Pada 1777, Volta mempelajari kapasitansi listrik dan mengembangkan makna tentang potensial listrik (V) dan muatan (Q). Atas jasanya, hingga kini nama Volta diabadikan sebaagi satuan beda potensial listrik, volt.
Penemuannya terhadap baterai dimulai pada tahun 1791 ketika Volta meneliti ulang penemuan Luigi Galvani tentang listrik hewan, fenomena yang timbul ketika dua logam berbeda dihubungkan secara resi pada kaki katak. Dari percobaan ini, Volta mengungkap hika kaki katak bisa menjadi konduktor dan detektor listrik secara bersamaan.
Volta kemudian melakukan penelitian lanjutan hingga akhirnya menggagas tumpukan volta, baterai listrik pertama. Baterai tersebut terdiri dari dua elektroda yang terbuat dari seng dan tembaga. Penemuan besar Volta tersebut terus menjadi inspirasi hingga penemuan-penemuan berikutnya di era yang lebih modern.
Ia melanjutkan pekerjaan Luigi Galvani dan membuktikan bahwa teori Galvani yaitu efek kejutan kaki kodok adalah salah. Secara fakta, efek ini muncul akibat 2 logam tak sejenis dari pisau bedah Galvani. Berdasarkan pendapat ini, Volta berhasil menciptakan Baterai Volta (Voltac Pile). Atas jasanya, satuan beda potensial listrik dinamakan Volt.
Denaihati
Share this article :

2 comments:

  1. masih terus update google doodle ini ya bang

    BalasHapus
  2. Insya Allah Dinda, disela rutinitas yang kian membludak.

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger