Home » , , » PETUNJUK LENGKAP PENGISIAN PDSS SMA/MA 2016

PETUNJUK LENGKAP PENGISIAN PDSS SMA/MA 2016

Written By FATAMORGANA on Senin, Januari 18, 2016 | 1/18/2016




Dokumen ini berisi panduan pengisian PDSS oleh pihak sekolah, khususnya SMA atau MA. Berikut adalah tahapan pengisian PDSS:
1.    Login (jika sekolah sudah terdaftar di PDSS)
2.    Pengelolaan informasi sekolah (jika ada perubahan)
3.    Pendefinisian kurikulum
4.    Pendaftaran kelas
5.    Pengisian data siswa tiap kelas
6.    Pengisian nilai siswa

Setiap tahapan akan dijelaskan pada panduan ini. Selain alur normal seperti di atas, tersedia fitur khusus sebagai berikut:
1.    Pencatatan status khusus siswa, seperti cuti, pertukaran pelajar, atau pindahan dari sekolah lain, baik dari dalam maupun luar negeri
2.    Pengisian nilai tambahan untuk siswa dengan status khusus, seperti nilai dari sekolah asal siswa pindahan atau nilai siswa saat pertukaran pelajar
3.    Permintaan bantuan jika ada kesulitan mengisi data pada PDSS
4.    Pengelolaan password siswa

Tampilan awal PDSS adalah sebagai berikut:


Pilih tombol halaman untuk sekolah, akan muncul tampilan berikut:
Description: Tampilan pilih sekolah.png
Untuk dapat mengisi PDSS, sekolah terlebih dahulu harus memilih/mencari sekolahnya dari daftar sekolah, kemudian login seperti pada tampilan berikut:
Description: Login.png

Setelah berhasil login, pada layar akan muncul tampilan berikut:

Jika sekolah baru login untuk pertama kalinya, maka akan muncul pesan untuk membaca panduan PDSS 2016 seperti pada tampilan berikut:


Jika tombol Kembali ke halaman utama di-klik, maka akan muncul halaman konfirmasi akreditasi sekolah seperti berikut:


Periksa kembali informasi tentang akreditasi sekolah. Jika ada perubahan akreditasi, unggah kembali hasil scan sertifikat akreditasi dalam format PDF. Isikan tanggal kadaluarsa akreditasi. Pastikan seluruh informasi akreditas sekolah sudah benar. Klik ceklist pernyataan seperti di bawah ini, lalu tekan tombol simpan.
Jika lupa password, klik tombol Lupa Password? pada tampilan di atas. Pada layar akan muncul tampilan recovery password seperti berikut:

Description: FireShot Screen Capture #155 - 'Recovery Password - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_recovery.png

Jika memilih tab Mendapatkan password baru dengan mengirimkan email maka akan tampil form isian NPSN berikut:

Description: dd.JPG

Klik tombol Kirim untuk meminta password dikirim melalui email sekolah, setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut.


Jika memilih tab Mendapatkan password baru dengan mengunggah dokumen maka akan tampil form untuk mengisi NPSN dan mengunggah SK Pengangkatan Kepala Sekolah seperti berikut:
Description: asa.JPG
Pastikan bahwa dokumen yang diunggah adalah dokumen yang sama dengan dokumen yang pertama kali diunggah.

Setelah tombol Kirim di-klik, maka password baru akan tampil di layar seperti berikut:
Description: FireShot Screen Capture #158 - 'Recovery Password - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_recovery_document.png
Sekolah yang belum penah melakukan pengisian PDSS pada tahun-tahun sebelumnya ada dua kategori:
  • Sekolah sudah terdaftar di PDSS, tapi sekolah belum pernah mengisi form pendaftaran
  • Sekolah belum terdaftar di PDSS

Nama Sekolah Sudah Terdaftar

Jika sekolah sudah dapat dipilih dari daftar sekolah, tapi belum pernah mengisi form pendaftaran, maka akan muncul tampilan berikut ketika nama sekolah dipilih:

Klik tombol Lanjutkan untuk melakukan pendaftaran. Selanjutnya, sekolah harus:
1.  Mengisi form pendaftaran
2.  Mengisi form rekening bank sekolah
3.  Mengisi form akreditasi sekolah

Mengisi form pendaftaran

Klik tombol Selanjutnya untuk mengisi formulir pendaftaran. Kemudian, isi formulir pendaftaran. Sistem akan melakukan validasi NPSN sekolah.

Jika sudah selesai pilih tombol Simpan Pendaftaran Sekolah. Berikut adalah tampilan form pendaftarannya:
Description: formPendaftaranSkolah.png

Setelah berhasil melakukan pendaftaran sekolah, sekolah dapat melakukan login.

Mengisi form akreditasi sekolah

Selanjutnya, akan muncul form pengisian data akreditasi sekolah seperti di bawah ini:

Isi form di atas. Jika sekolah sudah terakreditasi, maka hasil scan sertifikat akreditasi harus diunggah. Tanggal kadaluarsa akreditasi juga harus diisi. Jika sudah lengkap, klik ceklis di depan pernyataan, lalu klik tombol Simpan. Selanjutnya, akan muncul tampilan berikut:
Description: setelahAkreditasi.png
Jika ingin mengubah data akreditasi, klik tombol Ubah Akreditasi

Nama Sekolah Belum Terdaftar


Jika nama sekolah belum muncul pada daftar sekolah, pilih tab Daftar Sekolah Baru seperti tampilan berikut:

Jika sekolah sudah punya NPSN, isikan NPSN sekolah pada halaman berikut:


Sistem PDSS akan memeriksa NPSN yang diisikan ke website PDSP. Jika NPSN sudah terdaftar, maka informasi sekolah akan muncul pada form berikut:

Lengkapi informasi sekolah pada form tersebut di atas dengan mengikuti panduan yang sama dengan pendaftaran sekolah baru untuk sekolah yang sudah terdaftar.

Jika NPSN tidak dikenal, atau jika sekolah bellum memiliki NPSN, maka sekolah harus mendaftar secara manual dengan mengirimkan surat kepada Panitia Nasional SNMPTN 2016 setelah memiliki NPSN. Pendaftaran sekolah dapat diproses setelah sekolah memiliki NPSN. Jika sekolah sudah memenuhi syarat untuk mendaftar, maka Panitia Nasional SNMPTN 2016 akan menambahkan sekolah ybs ke dalam daftar sekolah. Selanjutnya, sekolah dapat mendaftar melalui sistem PDSS (lihat panduan pendaftaran untuk sekolah yang sudah terdaftar di PDSS).

Berikut contoh tampilan jika NPSN belum terdaftar di PDSP:

Berikut adalah contoh tampilan jika NPSN yang diisikan salah:

Pengelolaan Informasi Sekolah


Informasi sekolah seperti password, data sekolah, informasi akreditasi, dan rekening sekolah dapat diubah sebagai berikut:

Untuk mengganti password, sekolah harus login terlebih dahulu. Setelah berhasil login, akan muncul tampilan awal berikut:
Pilih menu Ganti Password. Pada layar akan muncul tampilan berikut:

Description: gantiPasswordSekolah.png
Isi form tersebut, lalu klik tombol Ganti Password
Pilih menu Data Sekolah untuk melihat data sekolah. Pada layar akan muncul tampilan berikut: Description: gantiDataSekolah.png


Klik tombol Ubah Data Sekolah untuk mengubah data sekolah.

Ubahlah data yang perlu diubah seperti pada tampilan berikut, lalu klik tombol Simpan Pendaftaran Sekolah.
Description: UbahDataSekolah.png

Pilih menu Akreditasi untuk melihat data akreditasi sekolah sebagai berikut:
Description: setelahAkreditasi.png

Klik tombol Ubah Akreditasi untuk mengubah data akreditasi. Setelah mengubah data akreditasi, klik ceklis di depan pernyataan, lalu klik tombol Simpan. Berikut contoh tampilannya:


Pendefinisian Kurikulum


PDSS mendukung penggunaan dua kurikulum berbeda di sebuah sekolah. Sekolah dapat memberlakukan kurikulum 2006 (KTSP) maupun kurikulum 2013 (Kurtilas) bersama-sama. Akan tetapi, pada satu tingkat tertentu (X, XI, atau XII), hanya dapat berlaku sebuah kurikulum. Karena itu, sebelum mendefinisikan kurikulum untuk suatu tingkat, jenis kurikulum yang digunakan harus ditentukan terlebih dahulu.

Berikut jenis kurikulum yang didukung PDSS:
1.    Kurikulum 2006 (KTSP) berbasis jam dengan nilai skala 100
2.    Kurikulum 2013 (Kurtilas) berbasis jam dengan nilai skala 100
3.    Kurikulum 2013 (Kurtilas) berbasis jam dengan nilai skala 4 dan skala 100 (nilai skala 100 tetap harus diisikan)
4.    Kurikulum 2013 (Kurtilas) berbasis SKS dengan nilai skala 100
5.    Kurikulum 2013 (Kurtilas) berbasis SKS dengan nilai skala 4 dan skala 100 (nilai skala 100 tetap harus diisikan)

Mengaktifkan Kurikulum

Kurikulum untuk suatu tingkat (X, XI, XII) harus diaktifkan apabila pada tingkat tersebut belum ada jenis kelas atau kurikulum yang sudah dibuat. Dalam tingkat yang sama, hanya bisa berlaku satu jenis kurikulum. Jika ada perbedaan kurikulum antara semester 1 dan semester 2, pilihlah salah satu kurikulum. Untuk semester yang berbeda kurikulumnya, lakukan pemetaan. Dokumen pemetaan mata pelajaran ini harus disiapkan dan dijadikan dokumen tambahan apabila siswa diterima di PTN melalui jalur SNMPTN 2016. Berikut adalah tahapan untuk mengaktifkan kurikulum pada suatu tingkat:
Pada tampilan berikut, klik tombol Aktifkan pada tingkat yang ingin diaktifkan kurikulumnya.

Pilih jenis kurikulum yang akan diaktifkan untuk tingkat tersebut. Selanjutnya, klik tombol Aktifkan seperti pada tampilan laman berikut:

Description: Pilih kur aktif 1.png

Setelah mengaktifkan kurikulum, hasilnya dapat dilihat pada tampilan laman berikut:


Mendefinisikan Jenis Kelas

Sebelum membuat kurikulum untuk semester tertentu, perlu didefinisikan terlebih dahulu jenis kelasnya. Klik tombol Tambah Kurikulum (berwarna hijau) untuk mendefinisikan jenis kelas pada tingkat dan kurikulum yang telah diaktifkan sebelumnya.


Pilih Jenis Kelas dan Jurusan yang sesuai. Pilihan yang tersedia adalah:
1.    Kelas reguler
2.    Kelas akselerasi 6; dipilih jika nilai yang akan diisikan terdiri dari 5-6 semester
3.    Kelas akselerasi 4 ; dipilih jika nilai yang akan diisikan terdiri dari 4 semester

Selanjutnya, klik tombol Tambah seperti tampilan berikut:


Jika selesai akan muncul tampilan berikut (misalnya jurusan yang dipilih MIPA untuk Kurikulum 2013):

Kelas Akselerasi 6 Semester

Jika dipilih jenis kelas akselerasi, Tingkat X akan terdiri dari 3 semester, yaitu:
  • Semester 1 untuk kurikulum semester 1 Tingkat X
  • Semester 2 untuk kurikulum semester 2 Tingkat X
  • Semester 3 untuk kurikulum semester 1 Tingkat XI

Tingkat XI akan terdiri dari 2 atau 3 semester, yaitu:
  • Semester 1 untuk kurikulum semester 2 Tingkat XI
  • Semester 2 untuk kurikulum semester 1 Tingkat XII
  • Semester 3 untuk kurikulum semester 2 Tingkat XII
Tampilan daftar kurikulum menjadi seperti berikut (misalnya jurusan yang dipilih MIPA untuk Kur 2013):


Kelas Akselerasi 4 Semester

Jika dipilih jenis kelas akselerasi, Tingkat X akan terdiri dari 2 semester, yaitu:
  • Semester 1 untuk kurikulum semester 1 Tingkat X
  • Semester 2 untuk kurikulum semester 2 Tingkat X

Tingkat XI akan terdiri dari 2 semester, yaitu:
  • Semester 1 untuk kurikulum semester 1 Tingkat XI
  • Semester 2 untuk kurikulum semester 2 Tingkat XI

Tampilan daftar kurikulum menjadi seperti berikut (misalnya jurusan yang dipilih MIPA untuk Kur 2013) :

Membuat Kurikulum

Kurikulum harus dibuat untuk setiap semester dan setiap tingkat. Apabila jenis kelas dan jurusan telah dipilih, maka kurikulum untuk semester tertentu (1 atau 2) dapat dibuat. Klik Buat Kurikulum seperti pada tampilan berikut:


Pada layar akan tampil daftar mata pelajaran yang dapat dipilih pada semester tersebut.
Contoh tampilan untuk Kurikulum 2006 adalah sebagai berikut:


Secara default, seluruh mata pelajaran sudah ditambahkan (statusnya ON). Jika ada mata pelajaran yang tidak ingin ditambahkan pada semester tersebut, klik tombol ON agar statusnya menjadi OFF. KKM setiap mata pelajaran harus diisi. KKM diisi dalam skala 100. Alokasi jam setiap mata pelajaran dapat diubah jika diperlukan. Setelah selesai memilih mata pelajaran, mengisi KKM, dan mengubah alokasi jam, klik tombol Simpan Perubahan.

Contoh tampilan untuk Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:


Secara default, seluruh mata pelajaran wajib dan peminatan sudah ditambahkan (statusnya ON). Jika ada mata pelajaran yang tidak ingin ditambahkan pada semester tersebut, klik tombol ON agar menjadi OFF. Mata pelajaran lintas minat secara default akan ditutup (OFF). Klik tombol OFF untuk menambahkan mata pelajaran lintas minat pada kurikulum agar statusnya menjadi ON. KKM setiap mata pelajaran harus diisi. KKM diisi dalam skala 100. Alokasi jam/sks setiap mata pelajaran dapat diubah jika diperlukan. Setelah selesai memilih mata pelajaran, mengisi KKM, dan mengubah alokasi jam/sks, klik tombol Simpan Perubahan.

Sistem akan melakukan beberapa validasi sebagai berikut:
-       KKM yang diisikan harus berupa angka dalam skala 100 dengan nilai lebih besar atau sama dengan 10. Jika tidak sesuai, maka akan muncul pesan peringatan pada layar seperti tampilan berikut:

-       Alokasi jam/sks tiap mata pelajaran yang diisikan harus berupa bilangan bulat lebih besar atau sama dengan 1. Jika tidak sesuai, maka akan muncul pesan peringatan pada layar seperti tampilan berikut:

-       Total alokasi jam/sks per minggu untuk semester tersebut minimal sama dengan nilai tertentu sesuai aturan kurikulum, misalnya 42. Jika tidak, akan muncul pesan peringatan
Description: FireShot Screen Capture #190 - 'Daftar Mata Pelajaran Kurikulum 2013 - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_kurikulum-baru_625043.png

-       Jika KKM belum diisikan maka akan muncul pesan pemberitahuan seperti pada tampilan berikut. Jika ingin melanjutkan penyimpanan pilih dan klik Ya,Simpan. Jika tidak, pilih dan klik tombol Batal untuk kembali mengisikan KKM.
Description: FireShot Screen Capture #188 - 'Daftar Mata Pelajaran Kurikulum 2013 - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_kurikulum-baru_625043.png
Jika berhasil akan muncul pesan seperti berikut:
Description: FireShot Screen Capture #189 - 'Daftar Mata Pelajaran Kurikulum 2013 - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_kurikulum-baru_625043.png

Berikut adalah tampilan setelah pembuatan kurikulum selesai. Untuk melihat kurikulum, klik Lihat Kurikulum.




Pembuatan kurikulum bisa dilakukan dengan menyalin dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum yang dapat disalin adalah:
  • kurikulum pada tingkat yang sama, tahun yang sama, semester 1; disalin pada saat membuat kurikulum semester 1
  • kurikulum tingkat yang sama sama di tahun sebelumnya, dengan syarat kurikulum yang ingin disalin memiliki definisi kurikulum yang sama (tahun kurikulum, skala nilai dan jenis kelas yang sama)

Untuk melakukan penyalinan kurikulum, pilih kurikulum yang ingin disalin dropdown Salin dari. Kemudian, klik tombol Salin seperti pada tampilan berikut:

Jika proses penyalinan berhasil maka akan muncul pesan seperti pada tampilan berikut:


Jika diperlukan, silahkan lakukan pengubahan.

Pada tampilan berikut, klik tombol Ubah Kurikulum (berwarna biru) sesuai dengan tingkat dan kurikulum yang diaktifkan.

Pilih kembali jenis kurikulum yang ingin diaktifkan. Selanjutnya, klik tombol Ubah Kurikulum seperti pada tampilan berikut:


Jika untuk kurikulum yang ingin diubah sudah ada kelas yang menggunakannya, dan sudah ada siswa yang diisikan nilainya, maka data nilai siswa harus dihapus. Pada layar akan muncul konfirmasi penghapusan seperti pada tampilan berikut:


Jika proses pengubahan kurikulum berhasil, maka akan muncul pesan seperti pada tampilan berikut:


Menghapus Kurikulum

Kurikulum yang telah diaktifkan untuk tingkat tertentu dapat dihapus jika belum ada kelas yang menggunakan kurikulum tersebut. Jika sudah ada, kelas harus dihapus terlebih dahulu jika kurikulum akan dihapus.

Pada tampilan berikut, klik tombol Hapus (berwarna merah):


Pada layar akan tampil pesan konfirmasi penghapusan kurikulum. Klik tombol Hapus Kurikulum untuk menghapus kurikulum. Jika tombol Batal di-klik, maka halaman sebelumnya akan tampil kembali.


Jika kurikulum telah berhasil dihapus, maka akan muncul tampilan berikut:


Pendaftaran Kelas

Setelah mendefinisikan kurikulum pada suatu tingkat dan jenis kelas tertentu, dapat didaftarkan kelas-kelas pada tingkat dan jenis kelas tersebut.

Mendaftarkan Kelas Baru

Pilih menu Kelas yang ditampilkan di bagian atas, seperti pada tampilan berikut:


Kemudian, klik tombol Tambah Kelas, seperti pada tampilan berikut:

Untuk setiap kelas yang ingin didaftarkan, pilih jenis kelas, jurusan/peminatan, serta isikan nama kelas tersebut. Selanjutnya, klik tombol Simpan seperti tampilan berikut:
Jika kelas berhasil didaftarkan, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Mengubah Kelas

Nama sebuah kelas dapat diubah. Pada tampilan berikut, klik tombol Ubah Kelas (yang ditandai dengan kotak merah pada kolom menu):

Setelah nama kelas diubah, klik tombol Simpan seperti pada tampilan berikut:

Menghapus Kelas

Sebuah kelas dapat dihapus. Pada tampilan berikut, klik tombol Hapus Kelas (yang ditandai dengan kotak merah pada kolom menu) untuk menghapus kelas.


Pesan konfirmasi penghapusan kelas akan muncul pada layar. Pada tampilan berikut, klik tombol Ya, Hapus Kelas jika kelas akan dihapus, atau klik tombol Batal untuk kembali ke halaman sebelumnya.
Description: Kelas-HapusKonfirmasi.png
Jika pada kelas tersebut sudah ada siswa yang terdaftar, maka akan muncul pesan konfirmasi sebagai berikut:

Klik tombol Ya jika ingin menghapus kelas berikut seluruh siswa yang terdaftar pada kelas tersebut, atau klik tombol Batal untuk membatalkan penghapusan. Jika tombol Ya di-klik, pastikan bahwa memang kelas tersebut berikut seluruh siswanya akan dihapus.

Selanjutnya, akan muncul konfirmasi penghapusan kelas dan daftar siswa. Pada tampilan berikut, klik Ya, Hapus Kelasdan daftar Siswa jika kelas dan daftar siswa akan dihapus, atau klik Batal untuk kembali ke halaman daftar kelas.
Description: kelas-hapusss.png


Jika penghapusan berhasil dilakukan akan muncul tampilan berikut:
Description: Kelas-KonfirmasiHapus.png

Pengisian Data Siswa


Untuk kelas yang telah didaftarkan, data siswa pada kelas tersebut dapat diisikan. Ada dua cara mengisi data siswa:
1.    Mengisi data seorang siswa melalui form isian
2.    Mengisi data sejumlah siswa melalui file xls
3.    Mengisi data siswa dari data tingkat sebelumnya

Mengisi Data Seorang Siswa

Pada tampilan berikut ini, klik tombol Tambah Siswa. Form isian nama siswa dan NISN akan tampil. Klik tombol Simpan untuk menyimpan data siswa.


Hasil tambah siswa dapat dilihat pada tampilan berikut:

Mengisi Data Siswa per Kelas


Pada tampilan berikut, klik tombol Unggah Daftar Siswa

Klik tombol Unduh Template untuk mengunduh template file daftar siswa.

Isi file dengan daftar nama siswa untuk kelas tersebut. Selanjutnya, file siap diunggah. Klik tombol Browse.. untuk mengunggah file, lalu klik tombol Simpan Daftar Siswa

Description: Siswa-UnggahFormat.png

Contoh hasil unggah file daftar siswa dapat dilihat pada tampilan berikut:

Mengisi Data Siswa dari Data Siswa Tahun Sebelumnya

Pengambilan data siswa dari data siswa tahun sebelumnya dapat dilakukan untuk Tingkat X (untuk siswa yang tidak naik kelas), Tingkat XI atau Tingkat XII, yaitu jika data siswa sudah pernah diisikan pada tahun sebelumnya. Misalnya, siswa Tingkat X Tahun Ajaran 2013/14 yang naik ke Tingkat XI Tahun Ajaran 2014/15, atau siswa Tingkat XI Tahun Ajaran 2014/15 yang naik ke Tingkat XII pada Tahun Ajaran 2015/16.

Sebagai contoh, data siswa yang diisikan pada kelas XII-IPA-1 Tahun Ajaran 2015/16 diambil dari data siswa pada Tingkat XI Tahun Ajaran 2014/15. Pada tampilan berikut, klik tombol Pilih dari Kelas Sebelumnya (pada gambar diberi kotak merah):


Selanjutnya, pada tampilan tab Siswa Naik Kelas berikut ini, pilih siswa yang akan diisikan ke kelas XII-IPA-1 dengan memberikan tanda ceklis pada siswa. Jika sudah selesai, klik tombol Simpan.


Selain itu, data siswa dapat dipilih dari Tab Siswa Tidak Naik Kelas dengan memberikan tanda ceklis pada siswa yang ingin dipilih. Jika sudah selesai, klik tombol Simpan.

Mengubah Data Siswa

Untuk mengubah data seorang siswa, klik tombol Ubah pada baris nama siswa yang ingin diubah seperti pada tampilan berikut (pada gambar diberi kotak merah):
Description: Siswa-UbahSiswa.png
Ubah data siswa dengan mengisi Nama Siswa dan NISN, lalu klik tombol Simpan seperti pada tampilan berikut:

Description: Siswa-FormUbah.png

Menghapus Data Siswa

Pada tampilan daftar siswa berikut, klik tombol Hapus (pada gambar yang diberi kotak merah)
Description: Siswa-Hapus.png

Pada layar akan tampil pesan konfirmasi penghapusan data siswa. Jika yakin akan dihapus, klik tombol Hapus Siswa. Klik tombol Batal untuk membatalkan.
Description: Siswa-HapusKonfirasi.png
Jika penghapusan data berhasil, akan muncul tampilan berikut:
Description: Siswa-HasilHapus.png


Nilai siswa harus diisikan dengan lengkap sesuai dengan definisi kurikulum yang telah dibuat:
1.    Nilai dalam skala 4 dan 100 (Khusus Kurikulum 2013)
2.    Nilai dalam skala 100

Mengisi Nilai Seorang Siswa

Cara 1:
Pada tampilan laman daftar siswa, klik tombol Isi Nilai untuk semester 1 atau 2(pada gambar yang diberi kotak merah)
Description: Nilai-Pilih.png

Cara 2:
Pilih tab Nilai Siswa, lalu pilih salah satu nama siswa yang akan diisi nilainya
Description: Nilai-Pilih2.png

Nilai Skala 4 dan 100

Form isian nilai siswa untuk skala 4 dan 100 dapat dilihat pada tampilan berikut:


Isi nilai pada kolom Nilai Kognitif/PPK dengan nilai Skala 4 dan Skala 100. Sistem akan melakukan validasi terhadap nilai yang diisikan, yaitu Nilai Skala 4 diisikan dalam rentang 1-4 dan Nilai Skala 100 dimasukkan dalam rentang 11-100 dengan maksimum 2 angka dibelakang koma (,).

Sistem akan melakukan validasi pengisian nilai sebagai berikut:
-       Nilai Skala 100 dimasukkan dalam rentang 11-100. Jika tidak, maka akan muncul pesan kesalahan sebagai berikut:

-       Nilai Skala 4 dimasukkan dalam rentang 1-4.Jika tidak, maka akan muncul pesan kesalahan sebagai berikut:

Apabila pengisian nilai sudah selesai, klik tombol Simpan Nilai. Jika pengisian nilai berhasil dilakukan, akan muncul tampilan berikut:
Description: Nilai-Simpan.png


Jika nilai tidak atau belum diisikan, maka akan muncul pesan peringatan seperti berikut:
Description: s.png

Nilai Skala 100

Form isian nilai siswa untuk skala 100 dapat dilihat pada tampilan berikut:

Isi nilai pada kolom Nilai Kognitif/PPK dengan nilai Skala 100. Sistem akan melakukan validasi terhadap nilai yang diisikan, yaitu Nilai Skala 100 dimasukkan dalam rentang 11-100 dengan maksimum 2 angka dibelakang koma (,). Sistem akan melakukan validasi nilai seperti pada nilai skala 4 dan 100.

Nilai untuk Kurikulum Berbasis SKS

Form isian nilai siswa untuk kurikulum berbasis SKS dapat dilihat pada tampilan berikut:


Selain mengisikan nilai pada kolom Nilai Kognitif/PPK, perlu dipilih juga Semester dan Tahun pengambilan mata pelajaran oleh siswa tersebut. Jika sudah selesai mengisi nilai, klik tombol Simpan Nilai. Jika berhasil, akan muncul tampilan berikut:

Description: Nilai-Simpan.png

Selain validasi pengisian nilai, sistem juga akan melakukan validasi pengisian Semester dan Tahun Pengambilan sebagai berikut:


Muncul pesan kesalahan jika semester dan tahun pengambilan mata pelajaran belum terdefinisi untuk peminatan yang dipilih sebelumnya.

Mengisi Nilai Siswa per Kelas

Untuk mengisi nilai seluruh siswa pada suatu kelas sekaligus, pilih tab Nilai Siswa pada menu Kelas seperti pada tampilan berikut ini:


Klik tombol Unggah Nilai untuk mengunggah nilai siswa per kelas.

Kemudian Template file nilai untuk seluruh siswa pada kelas tersebut dapat diunduh terlebih dahulu. Klik tombol Unduh Template Nilai pada tampilan berikut untuk mengunduh template.


Isikan seluruh nilai siswa pada file tersebut, kemudian unggah file tersebut. Klik tombol Browse..untuk mengunggah file nilai.

Description: Nilai-UnggahSimpan.png

Jika file nilai siswa sudah diunggah, maka daftar nilai akan tampil pada layar berikut:


Jika seluruh nilai sudah benar, klik tombol Simpan Nilai untuk menyimpan nilai

Mengubah Nilai Siswa

Nilai yang belum diverifikasi oleh siswa masih bisa. Untuk mengubah nilai, pilih tab Nilai Siswa. Jika ingin mengubah nilai seluruh siswa klik tombol Ubah Nilai. Jika mengubah nilai salah satu siswa, klik nama siswa tersebut.

Description: Nilai-Ubah2.png
Jika nilai sudah diubah, klik tombol Simpan Nilai untuk menyimpan hasil perubahan nilai seperti pada tampilan berikut:


Jika mengubah nilai hanya untuk satu siswa memilih nama siswa, maka pada layar akan muncul tampilan berikut:


Jika nilai sudah diubah, klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan hasil perubahan.

Siswa bisa mempunyai perbaikan nilai karena melakukan remedial. Untuk mengisikan nilai siswa yang baru karena sudah melakukan perbaikan nilai (remedial), cari terlebih dahulu data siswanya pada menu Siswa dan Pilih Daftar Siswa Calon Lulusan seperti tampilan berikut:


Isikan NISN atau Nama Siswa kemudian klik tombol Cari Siswa seperti tampilan berikut:
Description: FireShot Screen Capture #262 - 'Hasil Pencarian - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_student_search_q=Cinta.png
Pilih link Nama Siswa (mis Cinta) maka akan muncul tampilan nilai siswa secara keseluruhan seperti tampilan berikut:


Jika siswa memiliki nilai yang tidak memenuhi KKM, maka akan muncul link icon
di sebelah nilainya seperti pada tampilan di atas.
Untuk mengubah nilai, klik link Remedial. Selanjutnya,akan muncul tampilan pengisian nilai remedial seperti tampilan berikut:


Jika jenis nilai yang diisikan adalah nilai skala 4 dan 100, isikan nilai dalam dua skala seperti tampilan berikut:


Klik tombol Simpan untuk menyimpan remedial, kemudian halaman akan kembali ke daftar nilai siswa tersebut dengan nilai remedial yang sudah diisikan seperti berikut:


Mengubah Nilai yang Sudah Diverifikasi oleh Siswa


Nilai yang sudah diverifikasi oleh siswa, tidak bisa diubah kembali.


Siswa-siswa yang mengalami alur tidak normal selama masa studinya, perlu dicatat dengan lengkap. Alur tidak normal yang mungkin terjadi:
1.    Siswa tidak naik kelas
2.    Siswa pindahan dari sekolah lain (dari dalam atau luar negeri)
3.    Siswa yang cuti karena alasan tertentu, seperti sakit
4.    Siswa yang mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri sehingga masa studinya lebih panjang

Sekolah harus mencatat setiap status siswa, dan siswa akan memverifikasi data status khusus ini. Jika siswa memiliki nilai tambahan dari sekolah asalnya (untuk siswa pindahan) atau dari sekolah tempat pertukaran pelajar, maka nilai tambahan ini harus diisikan juga.

Contoh kasus penambahan status khusus dan nilai tambahan untuk seorang siswa (dengan asumsi kurikulum, nilai dan kelas sudah dibuat terlebih dahulu) adalah sebagai berikut:
1.    Tahun Ajaran 2015/16 siswa ybs mempunyai data nilai tingkat 12 lengkap (telah diproses secara normal)
2.    Tahun Ajaran 2014/15 siswa ybs mempunyai data nilai tingkat 11 lengkap (telah diproses secara normal)
3.    Tahun Ajaran 2013/14 siswa ybs mengikuti pertukaran pelajar tanpa memiliki nilai untuk ditambahkan
4.    Tahun Ajaran 2012/13 siswa ybs mempunyai nilai di tingkat 10 akan tetapi kelasnya belum terdaftar di PDSS

Menambah Status Khusus

Untuk menambahkan status khusus, cari terlebih dahulu data siswanya pada menu Siswa dan Pilih Daftar Siswa Calon Lulusan seperti tampilan berikut: ??


Isikan NISN atau Nama Siswa kemudian klik tombol Cari Siswa. Hasilnya adalah seperti tampilan berikut:
Description: FireShot Screen Capture #262 - 'Hasil Pencarian - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_student_search_q=Cinta.png
Kemudian klik link Nama Siswa (mis Cinta) maka akan muncul tampilan berikut (sudah mempunyai nilai di Tingkat XI dan XII pada Tahun Ajaran 2014/15 dan 2015/16):

Untuk melakukan penambahan status khusus, yaitu ikut pertukaran pelajar pada Tahun Ajaran 2013/14, pilih tombol Status Siswa seperti tampilan berikut:


Pada layar akan muncul tampilan berikut:
Description: FireShot Screen Capture #209 - 'Status Siswa dan Nilai Tambahan_ Cinta (1122356789) - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_student_8547688_history_a.png

Pilih Tahun Ajaran (2013/14 sesuai deskripsi kasus), Semester (mis. 1), Status Siswa (Pertukaran Pelajar), Tingkat (mis. XI), lalu isi Nama kelas. Nama Sekolah dan NPSN sekolah bisa diisi atau tidak (optional). Kemudian klik tombol Lanjutkan, sehingga pada halaman daftar nilai siswa muncul tampilan berikut (setelah penambahan status siswa pada semester 1 dan 2):


Mengisikan Nilai Tambahan

Penambahan status khusus siswa dapat dilengkapi dengan nilai tambahan. Misalnya jika siswa ybs pindahan dari sekolah lain dengan membawa nilai atau ikut pertukaran pelajar dengan membawa nilai.

Untuk setiap nilai tambahan, perlu dicatat status khususnya. Untuk menambahkan status khusus, cari terlebih dahulu data siswanya pada menu Siswa dan Pilih Daftar Siswa Calon Lulusan seperti tampilan berikut:


Isikan NISN atau Nama Siswa kemudian klik tombol Cari Siswa. Hasilnya adalah seperti tampilan berikut:
Description: FireShot Screen Capture #262 - 'Hasil Pencarian - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_student_search_q=Cinta.png
Klik nama siswa yang ingin diberi nilai tambahan (misalnya Cinta). Pada layar akan muncul tampilan berikut (sesuai contoh sebelumnya, siswa dengan nama Cinta sudah memiliki nilai di Tkt XI dan XII pada Tahun Ajaran 2014/15 dan 2015/16, status pertukaran pelajar sudah dicatat di Tahun Ajaran 2013/14):


Untuk melakukan penambahan nilai siswa ybs di Tingkat X pada Tahun Ajaran 2012/13, pilih tombol Status Siswa seperti tampilan berikut:


Pada layar akan muncul tampilan berikut:
Description: FireShot Screen Capture #147 - 'Status Siswa dan Nilai Tambahan_ Cinta (1122356789) - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_student_8547688_history_a.png

Pilih Tahun Ajaran (mis. 2012/13), Semester (mis. 1), Status Siswa (Mengikuti pembelajaran di sekolah ini pada kelas yang tidak tercatat di PDSS), Tingkat (mis. X), lalu isi Nama kelas. Nama Sekolah dan NPSN sekolah bisa diisi atau tidak (optional). Kemudian klik tombol Selanjutnya(lakukan hal yang sama untuk semester 2), sehingga muncul tampilan berikut:


Klik tombol Buat Nilai Tambahan. Pada layar akan muncul tampilan form pembuatan nilai tambahan seperti berikut:

Description: FireShot Screen Capture #149 - 'Nilai Tambahan Siswa (Cinta - 1122356789) - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_student_8547688_history_251382_scor.png
Pilih kurikulum dan skala nilai kemudian klik tombol Selanjutnya. Pada layar akan muncul tampilan form pengisian nilai seperti berikut:


Isikan nilai siswa ybs pada mata pelajaran yang ada nilainya berikut KKM-nya. Jika ada perbedaan nama mata pelajaran, isi kolom Kesetaraan seperti pada tampilan di atas.

Klik tombol Simpan untuk menyimpan nilai tambahan (lakukan proses yang sama untuk semester 2), sehingga muncul tampilan seperti berikut:


Nilai pada Tahun Ajaran 2012/13 dengan status nilai tambahan di tingkat 10 yang tidak terdaftar di PDSS sudah berhasil diisikan (kotak merah). Nilai pada semester 2 dapat diisikan dengan cara yang sama.

Menghapus Nilai dan Status Siswa

Untuk menghapus nilai dan status siswa klik tombol Hapus Nilai dan Status Siswa. Jika hanya ingin menghapus nilai saja, klik tombol Hapus Nilai pada tampilan berikut:

Description: FireShot Screen Capture #152 - 'Data Siswa_ Cinta - 1122356789 - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_student_8547688.png


Konfirmasi yang muncul jika nilai tambahan akan dihapus seperti pada tampilan berikut (menghapus nilai saja):


atau tampilan berikut (menghapus nilai dan status khusus):


Apabila sudah yakin akan melakukan penghapusan, klik tombol Hapus. Klik tombol Batal untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Bantuan/Help Desk


PDSS menyediakan menu Bantuan untuk membantu pengguna apabila kesulitan mengakses dan mengisi data pada PDSS. Melalui menu bantuan ini, sekolah dapat:
1.    Membaca manual penggunaan sistem
2.    Melaporkan permasalahan yang dihadapi
3.    Mengajukan pertanyaan

Tampilan halaman bantuan dapat diakses melalui menu Bantuan yang dapat dilihat pada tampilan berikut :

Membaca Manual Penggunaan Sistem

Untuk membaca manual penggunaan sistem klik tombol warna biru Membaca manual penggunaan sistem. Pada layar akan muncul tampilan untuk menelusuri panduan pengisian PDSS oleh sekolah.

Melaporkan Permasalahan

Untuk melaporkan permasalahan klik tombol warna merah Melaporkan permasalahan. Pada layar akan muncul halaman seperti berikut:

Description: FireShot Screen Capture #165 - 'Daftar Permasalahan - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_ticket.pngDescription: FireShot Screen Capture #166 - 'Daftar Permasalahan - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_ticket_closed.png

Ada dua tab pada tampilan di atas, yaitu untuk melihat permasalahan yang Belum Selesai dan Sudah Selesai, untuk melihat permasalahannya klik pada Judul Permasalahan. Pilih tombol Laporkan permasalahan untuk melaporkan permasalahan yang dihadapi.

Pada layar akan muncul halaman yang berisi form untuk menulis permasalahan atau pertanyaan seperti pada tampilan berikut:

Description: FireShot Screen Capture #168 - 'Tulis Permasalahan - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_ticket_new.png

Jika form permasalahan atau pertanyaan telah selesai diisi sesuai format yang tersedia (judul wajib diisi). Klik tombol Kirim untuk mengirim dan kembali ke halaman sebelumnya.

Mengajukan Pertanyaan

Untuk melaporkan permasalahan klik tombol warna orange dengan tulisan Mengajukan Pertanyaan. Pada layar akan muncul tampilan seperti berikut:

Description: FireShot Screen Capture #170 - 'Tulis Permasalahan - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_ticket_new_t=question.png

Jika telah selesai melakukan pengisian pada form pengajuan pertanyaan, klik Kirim untuk mengirim dan kembali ke halaman sebelumnya.


Agar siswa dapat melakukan verifikasi nilai yang telah diisikan oleh sekolah, sistem PDSS membangkitkan password untuk siswa. Sekolah dapat:
1.    Mengunduh daftar password siswa untuk didistribusikan kepada seluruh siswa
2.    Membantu mengubah password siswa

Mengunduh Password Siswa

Untuk mengunduh password siswa, masuk ke kelas kemudian klik tab daftar siswa seperti tampilan berikut:

Klik tombol Unduh Password Siswa pada bagian bawah tampilan diatas untuk mendapatkan password seluruh siswa pada tampilan berikut:

Description: asasas.JPG
Berikut hasil unduh password seluruh siswa:
Description: asasasas.JPG

Mengubah Password Siswa

Untuk membantu mengubah password siswa, masuk ke kelas kemudian klik tab daftar siswa. Selanjutnya klik nama siswa seperti pada tampilan halaman berikut:
Description: FireShot Screen Capture #143 - 'Kelas X11 - PDSS [DEV]' - pdss_if_itb_ac_id_school_class_916486.png

Maka akan muncul tampilan daftar nilai seperti berikut:

Untuk mengubah password klik Ganti Password pada tampilan diatas, maka akan muncul konfirmasi seperti tampilan seperti berikut:
Description: sss.JPG

Jika password yakin untuk di ganti, klik Reset Password maka akan dilakukan proses unduh password baru dan hasilnya seperti tampilan berikut:
Description: ssss.JPG
Klik Batal untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Informasi lengkapnya silahkan unduh filenya
www.snmptn.ac.id/pdf/manual/PanduanPDSS2016-SMA-MA.pdf

Denaihati
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger