Home » , , , » BOCORAN KUNCI UJIAN NASIONAL 2010

BOCORAN KUNCI UJIAN NASIONAL 2010

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, Maret 15, 2010 | 3/15/2010


Integritas bangsa kita, kembali akan diuji dengan perhelatan akbar Ujian nasional yang menyisakan waktu beberapa jam lagi. Terkadang kejujuran dan kerja keras yang seharusnya menjadi landasan utama di bidang pendidikan menjadi kabur maknanya. Karena tujuan utama dari siswa, guru, sekolah bahkan Dinas Pendidikan adalah nilai UN dan kelulusan.

Ujian Nasional yang akan dilaksanakan saat ini adalah buah pemikiran pejabat-pejabat pendidikan yang bekerja keras memajukan pendidikan nasional. Konsep utamanya tentu saja menaikkan kualitas pendidikan dengan tolak ukur ujian berstandar nasional. Reformasi di bidang pendidikan dilakukan sejak 1998 seiring dengan semangat reformasi saat itu.

Apa yang terjadi di lapangan berkaitan dengan Ujian Nasional ini? Siswa memikirkan cara untuk memperoleh nilai sebaik-baiknya dengan segala daya. Membuat jaringan antar kelas sudah bukan rahasia umum lagi. Dengan bangga para siswa menceritakan taktik mereka dalam menghadapi Ujian Nasional. Taktik yang melupakan usaha dan kejujuran. Taktik yang membuat hati bangsa ini semakin bengkok, tidak jelas tujuannya.

Beberapa siswa yang bertekad untuk jujur datang pada Saya sambil menangis. Beberapa orang rekan Guru lain menyatakan hal yang hampir senada, yang bermuara pada kekhawatiran. Terkadang dalam pelaksanaan ujian nasional, Guru yang seharusnya menjadi orang yang mengajarkan kejujuran, kerja keras dan hal-hal yang baik justru menjadi orang terdepan dalam menghalalkan segala cara. Dan masih banyak mengerikan lainnya yang tidak bisa kita terima dengan hati nurani.

Sudah seharusnya bangsa ini menangis.

Kunci Ujian Nasional 2010 adalah DUIT : Do’a, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakkal.


~~~~ooOOoo~~~~


“Doa Untuk UN 2010: Bocoran Soal dan Kunci”

Tuhan, kami tahu betapa berat putra-putri kami
Harus menyelesaikan sekolah tiga tahun
Hanya dengan UN 5 hari saja
Apakah ini adil?
Atau sebuah kedzaliman?
Kuatkanlah putra-putri kami
Bimbinglah putra-putri kami
Menyelesaikan ujian sesuai petunjukMu
Tuhan, Engkau membocorkan
Rahasia dan kunci menuju surga
Melalui wahyu dan utusanMu
Salahkah bila putra-putri kami
Mengharap bocoran UN dari Mu?
Kami tahu, bocoran itu bisa saja curang
Kami tidak mengharap bocoran curang
Kami berharap sepenuh hati bocoran cerdik
Bocoran yang mendidik
Lindungilah kami dari kecurangan
Bimbinglah kami dalam kecerdikan
Lancarkan dan luluskan putra-putri terbaik kami
dalam menyelesaikan UN 2010
Amin.. Amin... Amin


Share this article :

83 comments:

  1. Bener banget bang... "Doa, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakkal"

    BalasHapus
  2. Semoga Tuhan memudahkan UAN 2010.!
    Pak, mohon doanya.!
    Kekuatan doa., sangatlah luar biasa! Apalg low dah dbarengi dgn usaha kami!

    BalasHapus
  3. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!

    Perlu datangkan tukang genteng kali, Pak....

    Ini komentar asli dari Alamendah, bukan kek orang yang ngaku-ngaku sebagai alamendah dan menuliskan fitnah dan provokasi sebagaimana baru saya posting

    BalasHapus
  4. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!

    Komen saya ngilang, Pak. Nih cobain pakai akun google

    Ini komentar asli dari Alamendah, bukan kek orang yang ngaku-ngaku sebagai alamendah dan menuliskan fitnah dan provokasi sebagaimana baru saya posting

    BalasHapus
  5. harusnya tiap kenaikan kelas ujiannya bener2... jadi ngga perlu UAN... rasanya kurang adil..

    BalasHapus
  6. wua...
    minggu depan ujian.....

    BalasHapus
  7. Jangan rusak generasi muda indonesia dengan cara yang menyimpang, jika bibit negri ini sudah dapat ajaran yang tidak baik, bagaimana jadinya nanti kalau dia jadi pemimpin.Salam sukses bang setiawan, berangus saja dengan kritikan orang-orang yang membocorkan soal dan mengajar curang tersebut.

    BalasHapus
  8. -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
    *******Salam ‘Blog’!!*******
    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ULasan yang keren mas.
    Great banget.
    saya kasih lima jari. Kalau seandainya jempol saya ada 5.
    GREAT banget dah pokoknya...
    inisial D.U.I.T nya keren uyyyy......

    Doakan saya juga ya pak, bentar lagi saya will fight ujian nas...
    Semoga sukses...amin!!!!!!

    -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

    BalasHapus
  9. dilema seorang guru....!!! terkadang sbuah aturan benar-benar membuat bangsa ini menjadi bangsa yang tertekan!!! Huh....entahlah
    Selamat memperispkan hari UN Bang....

    BalasHapus
  10. Seharusnya guru daerah juga diajak bicara untuk menentukan lulus atu tidaknya seorang anak didik. Tidak hantam rata nilai kelulusan yang memberikan celah untuk "oknum" yang menjual bocoran
    Ah....bocoran dari Tuhan yang memang ditunggu-tunggu
    Sukses buat bapak guru.............

    BalasHapus
  11. Semoga UN berjalan dengan lancar dan berhasil dengan baik! Amin! Anak saya juga ikut ujian!

    BalasHapus
  12. sebuah ujian besar antara kejujuran dan prestise

    BalasHapus
  13. udah lancar kanda servernya

    BalasHapus
  14. sayah bisa merasakan apa yg dirasakan sama guru2 di tanah air, yg masih memilih untuk bertahan di jalan yg semestinya. Dulu Ayah saya juga mengalami tekanan demikian setiap menjelang kelulusan. tapi sepertinya tekanan itu jauh lebih berat sekarang ya pak, mengingat standar kelulusan yg semakin berat.

    Semoga doanya dikabulkan :)

    BalasHapus
  15. Siswa, Guru, dan orangtua semuanya cemas dengan ketidakadilan ini, maksud baik tapi efek sampingnya ketidak-jujuran dimana-mana, justru terjadi dilingkungan pendidikan!

    BalasHapus
  16. judulnya sungguh2 menggoda dan sangat menembak sekali.. huahauhuah.. ternyata kunci jawabannya adalah doa yah...

    doa dan usaha dunkkk hehehe

    BalasHapus
  17. Hanya satu tujuan, semoga lulus semuanya! Amin!

    BalasHapus
  18. wao .... nuansa pena hilang di top comment!

    BalasHapus
  19. Amin ya rabbal'alamin.. selamat berjuang.. adik2ku..

    BalasHapus
  20. Judul yang membawa hoki, saat ini banyak yang mencari bocoran UN dengan keyword ini! Sukses!

    BalasHapus
  21. Huhuhuhu... momok UAN memang sering menjadi ritual tahunan. Para guru awalnya menakut-nakuti para siswa dengan sulitnya UAN, lalu ujung-ujungnya ngajarin para siswa untuk bekerjan sama (saling nyontek)
    Siswa yang tidak siap lalu bunuh diri dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  22. Dilema UAN,. Di satu sisi semakin meningkatkan semangat para siswa untuk belajar, tapi di sisi lain semakin memassifkan kecurangan.

    BalasHapus
  23. dalam UN semua harus siap baik murid atau guru

    BalasHapus
  24. waktu ujian ini ada juga tuh temenku yg nawarin kunci jawaban. hiahahahah~

    BalasHapus
  25. Setuju Bang Iwan, doa yg paling utama !!

    BalasHapus
  26. mengharap sesuatu yang tidak pasti itu ngga ada gunanya, yang pasti hasil ujian itu adalah nasib, kalau nasibnya baik ya lulus, kalau ngga' ya ngga'. he he

    BalasHapus
  27. duwit yang mantab Bang... :-)

    BalasHapus
  28. moga yang ngikutin UN seluruh indonesia lulus semuanya... Al Fatihah...

    BalasHapus
  29. nicepost..bg... cerdas.. nembak keyword sambil memberi pencerahan... Salam Kompak dari Wannabe Blogger Bertuah, Pekanbaru Riau ...

    BalasHapus
  30. Amin. Kunci yang mantap, DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakkal). Asal jangan U(usaha)nya itu cari kunci jawaban lagi ya bang.

    BalasHapus
  31. artikelnya menarik Bang Iwan, dunia pendidikan haruslah steril dari tindakan2 yang curang karena dari sanalah kelak akan lahir pemimpin2 bangsa.

    BalasHapus
  32. kemarin yang pi itu yang mengakses 600 an visitor yang ini pasti lebih banyak karena keywordnya hebat banget

    BalasHapus
  33. Salam Takzim
    Terkesan sekali bang dengan puisinya pada kalimat 3 tahun hancur dengan 5 hari, integritas bangsa kembali dipertaruhkan menjelang beberapa jam, sibuk mencari kunci untuk mengunci otak
    BTW Insya Allah saya bisa ketemu bang Iwan nih di Makassar tanggal 4 April di Benteng Foot Roterdam bang, ngarep.com hehehe
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  34. andai yg baca adalah siswa kls x11 sekarang pasti ketawa ketiwi bang,.. tu klo bacanya cuma judul ja..
    tapi klo bacanya sampai slesai mungkin sebagian akan sadar,hanya dengan belajar dan berdo'a pasti semua sukses.
    good posting

    BalasHapus
  35. Semoga sukses buat yg mau ujian jadi generasi penerus bangsa yang berguna

    BalasHapus
  36. Amiennn,...... puisi bagus mas,semoga ujian nasional 2010 berjalan sukses dan smua bisa lulus ya. sediih kalo denger ada adik2 yg gak lulus setelah menempuh sekolah selama 3 thn *_*

    BalasHapus
  37. iya mas..
    banyak belajar dan berdoa
    sukses buat adik-adik yang akan menghadapi UNAS

    BalasHapus
  38. Kupikir bocoran yang beneran,ternyata bukan.Untunglah..

    BalasHapus
  39. semoga diberi kekuatan dan anak2 terus bisa jujur menghadapi un

    BalasHapus
  40. salam blogger
    saya baru membangun sebuah blog dan masih butuh dukungan juga persahabatan dengan tidak mengurangi rasa hormat berkenankah sobat mengunjungi blog saya

    BalasHapus
  41. jadi inget Adhek, semoga dia bisa lulus dengan nilai lebih baik, aminnn aku sayang adhek :), dan aku ikut berdoa untuk adhekku, dan semua murid yang akan melaksanakan ujian :), semoga lancar !!

    BalasHapus
  42. semoga yag sebentar lagi ujan di beri kemudahan dan kelancaran dalam menghadapinya, amin

    BalasHapus
  43. yah...berpendapat hasilnya dari diri sendiri...

    BalasHapus
  44. yang nyari bocoran soal ujian nasional ada disini lengkap

    BalasHapus
  45. Setuju Bang, saya masih miris mendengar istilah dari orang-orang yang mengatakan tentang UN besuk ini yaitu "PRESTASI atau KEJUJURAN".

    BalasHapus
  46. Kejujuran nomor wahid, apalah artinya lulus tapi nda jujur. Lebih baik hampir nda lulus tapi jujur. Hampir nda lulus?? berarti lulus dong :)

    BalasHapus
  47. wach ni---nie..gak bleh tuch
    nice info umz...

    view-talk.blogspot.com

    BalasHapus
  48. hal yang biasa dan menjadi sebuah kebiasaan kalau menjelang ujian..orang2 yang tidak bertanggung jawab, dengan semena mena menyalahgunakan sebuah kepercayaan..demi keuntungan pribadi semata..
    tapi para pelajar juga harus waspada karena tidak semua kunci itu benar,bisa aja dibohongi..malah rugi kan jadinya..uang melayang, harapan terputus..
    percaya dengan kemampuan diri sendiri itu adalah kunci sebenarnya untuk menghadapi segala ujian..

    BalasHapus
  49. Berkunjung Bang ... maaf dari Minggu sore offline baru online lagi tadi sore.

    Wah mantab nih Bang saya sempat terkecoh dg judulnya tapi setelah baca isinya berisi nasehat yg sangat bermanfaat untuk kemajuan dunia pendidikan dan masa depan generasi penerus bangsa ini. bahwa untuk mendapatkan hasil yg bagus harus melalui kerja keras proses belajar mengajar yg jujur, integritas, keikhlasan dll.

    BalasHapus
  50. bener bang doa serta tawakal itu penting

    BalasHapus
  51. Semoga siswa-siswa yang jujur itu bisa mendapatkan prestasi yang terbaik...

    Akhirnya kalo banyak yang nantinya tidak jujur menandakan bahwa pemerintah yang tidak jujur berhasil menghasilkan penerus-penerus terbaik mereka...

    BalasHapus
  52. Sebuah refleksi atar realita di lapangan
    Sungguh menggugah

    Dan resep DUIT manteb juga tuh

    BalasHapus
  53. thanks mas.... we dah lewat ... he he...

    BalasHapus
  54. jujur itu kunci success walaupun tanpaknya ,hancur

    BalasHapus
  55. semoga semua murid2 yg sedang mengikuti UAN, sukses dan berhasil lulus semuanya,amin.
    salam

    BalasHapus
  56. bener...yang terpenting kita usaha dengan jujur..
    percya diri juga insyaallah bisa meningkatkan
    kemudahan dalam mengerjakaan..

    BalasHapus
  57. Anak saya tahun kemarin juga nggak lulus UNAS, padahal saya melihatnya tidak macam2
    tapi saya yakin lulus kejujuran

    BalasHapus
  58. UN is very killing me,,,
    6 Mata pelajaran,,,Huft!
    yea! tapii yang jelas Do’a, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakkal memang kunci bocoran UN yang harus dicoba!((:

    BalasHapus
  59. Astagfirullah...
    apagunanya mereka belajar..menjadi yg katanya' orang berpendidikan'
    kalo yg dilakukan tak berpendidikan..
    apa yg sudah ditanamkan pada otak mereka?

    BalasHapus
  60. wah ngeri juga tuh kalo gitu. giman negara mo kayak jepang kalo pendidikan aja dimanipulasi seperti itu

    mampir ke blog kami

    BalasHapus
  61. szzzt... kesini gan.. hihi :B :B

    http://www.ziddu.com/download/9020154/KunciJawabanUN2010BIndoA.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020155/KunciJawabanUN2010BIngA.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020156/KunciJawabanUN2010BIngB.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020157/KunciJawabanUN2010MatematikaIPAA.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020159/KunciJawabanUN2010MatematikaIPAB.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020160/KunciJawabanUN2010BIndoB.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020158/KunciJawabanUN2010KimiaA.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020161/KunciJawabanUN2010KimiaB.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020268/KunciJawabanUN2010FisikaA.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020269/KunciJawabanUN2010FisikaB.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020271/KunciJawabanUN2010BiologiA.pdf.html

    http://www.ziddu.com/download/9020270/KunciJawabanUN2010BiologiB.pdf.html

    BalasHapus
  62. kunci jawaban menarik mas, saya salut dengan tembakan keywordnya.....

    tapi buat anak sekolahan, doa dan usaha dalam hal ini belajar yg baik dan review pelajarn yg lalu merupakan kunci utama

    BalasHapus
  63. nice post for student... good luck master

    BalasHapus
  64. ujian yang baik jika pesertanya sadar akan ilmu dan pengetahuan,,,,krn subtansinya bukan hanya untuk ujian, melainkan jangka panjang..

    BalasHapus
  65. sebenernya oknum dibalik bocornya soal itu siapa sih?
    gag keren banget bisa lulus dengan bocoran.
    ckckckckckck

    BalasHapus
  66. Mudah-mudahan UAN bisa berjalan dengan lancar dan jujur....

    BalasHapus
  67. UAN,,, berat bgt rasanya,,, hanya dengan beberapa hari,,, 3 tahun dipertaruhkan,, semoga anak2 bangsa bisa melaksanakan UN dengan lancAr,, lu2s dengan nilai ,memuaskan,,
    amInnn!

    BalasHapus
  68. Dilematis memang, Pak. Sy selalu menegaskan pd siswa sy agar senantiasa menjunjung tinggi kejujuran dan jangan mudah percaya terhadap isu bocoran kunci jwbn.
    Semoga kedepan pendidikan di negeri kita akan semakin baik.

    BalasHapus
  69. Ini dia
    ketika nilai angka yang dikejar
    maka nilai yang sesungguhnya dicampakkan

    sedih ya Pak

    BalasHapus
  70. pesimis dengan kondisi pendidikan di Indonesia.. entah sistem atau para pelaku pendidikan disini yang tidak beres..

    BalasHapus
  71. Owalah Bocoran Kunci Ujian Nasional 2010. Harus rajin belajar dan berdoa itu aja kayaknya bang. sukses selalu

    BalasHapus
  72. do'a tersebut bocoran soal yang paling ampuh dan paling aman ya pak..
    semoga adik2 yang sedang UN bisa sukses..
    amiin...

    BalasHapus
  73. Amin Allhumma amin, demi anak bangsa, doa kita sangat diharapkan.

    Oh ya bang, maaf baru mampir, agak sulit masuk blognya, kenapa ya ?

    * Ada tag dari saya, bila berkenan silakan diambil, terimakasih.

    BalasHapus
  74. sepakat bang, Kunci Ujian Nasional 2010 adalah DUIT : Do’a, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakkal.

    BalasHapus
  75. wah..ngucapin selamat berjuang bagi para peserta UNAS...

    BalasHapus
  76. Pak Setiawan, numpang kenal. Saya Turut Abdullah Guru SMAN 1 Simo, Boyolali Jateng. Wah, pilihan topik anda benar-benar pas untuk saat seperti ini. Saya ingin link blog Bapak.

    BalasHapus
  77. Wah kirain ban aja yang ada bocornya

    BalasHapus
  78. Bocoran yang akurat tuh ...:)
    semoga semua yang ikut ujian lulus...

    salam kenal :)

    BalasHapus
  79. kelihatannya dampaknya banyak banget ya Bang dari pelaksanaan Unas ini... Nada mring sering terdengar. Kenapa justru tidak dikembalikan kepada sekolah aja. Negara ngurus sekolah saja bukan ngurus ujiannya :)
    Terima kasih atas artikelnya Bang.
    Salam :)

    BalasHapus
  80. Salam, ya menurut saya memang tetap perlu kejujuran untuk mempertahankan integritas bangsa ini. Nice article. Kejujuran harus selalu dibiasakan dimanapun dan kapanpun menurut saya.

    Oh iya kunjungan balik yah, kunjungi juga blog saya yang lain di http://hihia.co.cc, ada tips n trik serta review seputar dunia IT.

    Salam :D

    BalasHapus
  81. Dalam uang semua element harus siap, baik guru maupun murid.

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger