Home » , , , , , » Déjà vu ; SEBUAH CATATAN

Déjà vu ; SEBUAH CATATAN

Written By FATAMORGANA on Senin, Mei 11, 2009 | 5/11/2009


Beberapa waktu yang lalu, saya kedatangan seorang tamu dari Jakarta. Seorang sahabat lama yang baru kali ini bertemu langsung dimana sebelumnya kami hanya akrab melalui sahabat pena sejak kami sama2 masih berstatus siswa SMP.
Kedatangannya ke Sulsel adalah untuk berwisata ke Tanah Toraja yang menurut penuturan temannya dalam waktu 2 atau 3 hari ini akan diadakan pesta adat kematian Rambu solo. Mereka berdua meminta saya untuk menjadi guide, dalam hati aku berpikir kebeneran nih,... aku juga belon pernah melihat langsung acara seperti itu.

Saya tidak akan menceritakan bagaimana perjalanan saya sampai tiba di Toraja, namun saya akan jelaskan tentang pesta adat Rambu Solo dan fenomena yang terjadi dalam diri saya ketika berada disana.

Bangga rasanya berada di tengah-tengah tamu yang mayoritas orang bule melihat tontonan budaya dan adat yang sedikit`aneh`……kenapa saya katakan `aneh` coba anda bayangkan acara pesta Rambu solo adalah acara kematian, dimana yang punya hajat harus merogoh kocek sampai milyaran rupiah , bukannya beban kalo tiap tahun keluarga ada yang mati?bisa bangkrut kan.!!

Bagi suku Toraja(sulawesi selatan,indonesia), Rambu Solo` adalah upacara untuk memakamkan leluhur atau orang tua tercinta. Tradisi leluhur ini sekaligus menjadi perekat kekerabatan masyarakat Toraja terhadap tanah kelahiran nenek moyang mereka.

Adapun, orang Toraja meyakini, seorang bangsawan akan mendapatkan tempat yang terhormat dalam strata sosial masyarakat. Mereka selalu menjunjung tinggi orang yang berstatus bangsawan untuk dihormati serta dicintai layaknya seorang raja. Pandangan semacam inilah yang acap ditemui di dalam masyarakat adat Toraja hingga sekarang.

Saya tidak akan menjelaskan tentang bagaimana prosesi Rambu solo itu sampai selesai, namun kalau sobat blogger ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan klik disini.

Yang saya akan bahas lebih jauh adalah fenomena yang terjadi dalam diri saya selama dua hari berada disana.

Pada waktu pemotongan kerbau yang berjumlah lebih 40 ekor saya merasakan bahwa sebelumnya saya pernah hadir ditempat ini dalam situasi yang persis sama yang saya rasakan saat itu. Namun perasaan ini saya simpan dan setelah tiba di penginapan saya ungkap kepada teman saya itu, yang memang berprofesi sebagai seorang psikolog (seperti Diajeng dari Dublin nih).

Ternyata saya mengalami suatu fenomena yang disebut Déjà vu. Saya pernah mendengar istilah itu,....... dan setelah tiba di rumah, saya langsung browsing istilah itu dan saya menemukan beberapa penjelasan, namun rasa tidak puas menuntun saya untuk pergi ke sebuah Toko Buku dan mencari Judul yang direkomendasikan oleh kedua sahabat saya.

Dalam buku "Otak Sejuta Gigabyte (Eric Jensen dan Karen Markowittz)" penjelasannya saya rangkum sebagai berikut :

Kata Déjà vu berasal dari bahasa Prancis yang artinya ’pernah melihat’. Kata ini pertama kali digunakan pada akhir abad kesembilan belas, dan dipakai untuk menggambarkan suatu fenomena yang paling membingungkan yang terkait dengan ingatan, yaitu perasaan bahwa seseorang pernah mengalami suatu situasi tertentu pada masa lalu, meskipun orang bersangkutan memiliki ingatan sadar tentang hal tersebut, Déjà vu biasanya terjadi secara spontan, tiba-tiba, dan tanpa ada tanda-tanda terlebih dahulu. Perasaan ini tidak bisa diramalkan, diantisipasi, atau didorong. Suatu ketika, Anda sedang berjalan-jalan di sebuah taman, dan tiba-tiba saja, Anda merasa bahwa anda pernah mengalami hal yang seperti ini sebelumnya. Anda akan bertanya-tanya, mungkinkah Anda sedang memasuki kembali sejumlah stimulus indriawi atau perasaan yang berasal dari mimpi yang terlupakan atau dari kehidupan masa lalu?

Déjà vu menyebabkan seseorang merasa bingung atau khawatir tentang kesehatan mental mereka. Namun, ini bukan sesuatu yang luar biasa, dan bukan juga berarti bahwa anda ’kehilangan akal sehat’. Perasaan mengenal yang tidak bisa dijelaskan disini, kenyataannya mungkin merupakan hasil dari suatu interaksi elektrokimia tertentu di dalam otak anda. Meskipun para ahli psikologi dan ahli ingatan masih belum dapat menyimpulkan sumber Déjà vu, namun para ahli berpendapat bahwa sensasi semacam itu mungkin diaktifkan dibagian penghubung otak yang disebut LOBUS TEMPORIAL.

Bertahun-tahun lamanya, fenomena Déjà vu telah menjadi bahan perdebatan para psikolog dan psikiater. Mereka juga mengamati bahwa sensasi tersebut kerap terjadi setelah seseorang mengalami cedera di bagian lobus temporalis, dan sering dialami oleh penderita epilepsi lobus temporalis. Para ilmuwan saraf kemudian menemukan bahwa sensasi semacam itu bisa dimunculkan pada subjek-subjek yang sehat dengan memberikan stimulus listrik di daerah lobus temporal.

Ada beberapa teori yang menjelaskan hal itu. Beberapa ahli psikologi percaya bahwa Déjà vu seperti ini merupakan akibat dari terpecahnya ingatan, atau kombinasi elemen dari situasi yang sedang berlangsung, yang karena satu alasan telah memicu munculnya suatu pengalaman masa lalu, yang tidak dapat dikenali oleh pikiran yang sadar. Sementara itu, ahli-ahli lain percaya bahwa Déjà vu merupakan suatu penyimpangan proses indriawi, yaitu ketika otak salah menafsirkan suatu kesan yang baru dan menganggapnya sebagai kesan lama yang teringat kembali. Déjà vu pernah dijelaskan sebagai kesadaran ganda, yaitu tiba-tiba kita merasa aneh dengan lingkungan sekitar kita yang membangkitkan sensasi spontan yang menyimpang dan membuat kita merasakannya seperti sebuah ingatan.

Meskipun para ahli belum bisa memastikan apa yang memicu terjadinya Déjà vu, namun kejadian ini memberikan gambaran betapa rumitnya sistem ingatan kita.

Lalu, bagaimana dengan Déjà vu yang saya alami dan juga mungkin pernah dialami oleh banyak orang yang notabene menganggap bahwa dirinya sehat, tanpa menerima stimulus listrik pada otak mereka? Apakah saya sekarang ini Reinkarnasi dari kehidupan sebelumnya?

Saya tunggu komentar dari Blogger sekalian, terutama tentunya Diajeng Dari Dublin
Share this article :

20 comments:

  1. aq juga pernah ngalaminnya loh.... deja vu yg membuat diriku ini bingung.... ya aq anggap mungkin ajah aq pernah mengalaminya dalam mimpi tanpa sengaja..... abisnya otakku ini terlalu oon untuk mencaritau..... :69

    BalasHapus
  2. kedua....
    wah, siapa tuh yang punya de javu??

    BalasHapus
  3. diajeng dr bandung :51
    hehe ngaku2 yah mas :53

    deja vu, aku seneng banget kl udah dapet deja vu gitu..
    jadi makin penasaran aja aku ma kaya gituan hehe

    BalasHapus
  4. Wah, sesama orang sulawesi to? Salam kenal ya pak! :55 Kebetulan saya orang toraja.

    BalasHapus
  5. datang ke sini walo cuma dapat jalur internet 5 menit dari hotel

    BalasHapus
  6. waduh, bisa mengeluarkan banyak uang ya bang. sampei milyaran ? wadoh ... :57

    BalasHapus
  7. betul banget bro..
    kalo lagi ngerasa dejavu gitu, kayaknya agak bingung2.. agak serem juga.. ^^'

    BalasHapus
  8. Kekayaan budaya bangsa kita memang ga perlu diragukan ya Pak Iwan.
    tentang De Javu, saya juga pernah mengalami, tapi biasanya ga terlalu dipikirkan
    Thanks sdh berkunjung ke tempat saya :55

    BalasHapus
  9. Aku malah bingung...apa gitu artinya de javu
    tapi gambarnya kok mirip karapan sapi ya??

    BalasHapus
  10. jadi pengin ke Toraja lagi... dulu sih sering diundang teman untuk ikut menghadiri Rambu Solo' tapi aku takut... jadi gak pernah ikut... Toraja memang indah banget... beruntung aku sudah pernah ke sana...

    BalasHapus
  11. de javu yah...mm,,aqu juga kdg sering juga mengalaminya,,kyknya kuq dah prnah dialami tpi dimna ya???apa hanya dalam mimpi kalee ya???

    BalasHapus
  12. Halo....
    Makin sering berkunjung ke sini nih..
    Informasinya keren punya..
    Trims ya infonya..

    Tukeran link dong...

    Torayasalatiga.blogspot.com

    BalasHapus
  13. iya nih,,kadang saya juga mengalami dejavu
    menurut referensi yang saya temui
    dejavu merupakan pikiran di alam bawah sadar kita
    tapi aku juga masih kurang tahu nih..

    BalasHapus
  14. :69 waktu kecil saya juga pernah ngalamin yang namanya djavu, tapi udah g terlalu inget, uda lupa lupa inget :61

    BalasHapus
  15. lah sebenernya pengen buat deja vu,, 1 hari sebelum pak iwan mengeluarkan poostingan ini tetapi dikarenakan tidak cukup pengetahuan jadinya molor dulu.. ehh. keduluan deh..

    BalasHapus
  16. baca ini seperti de ja vu juga
    kyak dulu pernah masuk kesini tapi tulisanya beda wakakakaka

    BalasHapus
  17. sayah kalo setiap kali makan, kok de javu laper lagi ya?! itu dejavu juga kah?

    BalasHapus
  18. Saya cukup sering de ja vu! Dan itu sangat merepotkan. Soalnya saya terdorong mengingat-ingat sesuatu yang bahkan saya lupa di mana pernah melihatnya. Tapi beneran deh, nggak ada kecelakaan apapun yang pernah menimpa lobus temporalis saya.

    BalasHapus
  19. dejavu.............................
    sulit banget...... dejavu... dilema besar...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger