Home » , » KORBAN HERCULES C-130 ALPHA 1325

KORBAN HERCULES C-130 ALPHA 1325

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Mei 23, 2009 | 5/23/2009


KOMPAS.com — Korban tewas akibat jatuhnya pesawat angkut jenis C-130 Hercules Alpha 1325 mencapai 92 orang dari total 110 orang yang ikut di pesawat naas itu. Sementara 15 orang yang selamat terdiri dari 10 orang luka ringan dan 5 orang luka berat dan 3 orang masih belum dievakuasi. Demikian Kepala Pusat Penerangan dan Kepustakaan (Kapentak) Lanud Iswahyudi Mayor Sutrisno, Rabu (20/5).

Salah seorang korbannya adalah Kapten SUS Nur Mansyuri yang upacara pemakamannya pada hari Kamis Malam 20 Mei 2009 sempat saya hadiri.

Kapten Nur Mansyuri semula berniat menjenguk orangtuanya yang sedang sakit di Makassar. Namun ajal keburu menjemputnya. Hercules yang ditumpanginya jatuh. Dia termasuk salah satu korban tewas.

Korban tewas akibat jatuhnya pesawat di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan tercatat 97 orang dan 15 orang selamat.

Nur Mansyuri merupakan adik kandung Kepala Penerangan Lanud Hananuddin, Makassar, Mayor Mulyadi. Keluarga Nur yang mendapat kabar langsung bertangisan.

Hingga Rabu 20 Mei 2009 siang, suasana duka mewarnai rumah kediaman Mayor Mulyadi. Keluarga korban yang datang tak kuasa menahan tangis saat bertemu dengan sanak saudara yang menunggu di kediaman rumah dinas TNI-AU Blok B No 1 Makassar.

Kedua orangtuanya, yakni Marsuki dan Nurhaeda sempat jatuh pingsan begitu mengetahui anaknya dipastikan sudah meninggal dunia. Nur Mansyuri selama ini bertugas di Dispen Mabes TNI AU. Ia awalnya bermaksud ke Makassar untuk menjenguk orang tuanya yang tengah sakit. Setelah itu, dia akan melanjutkan perjalanan ke Biak.

Hal ini diungkapkan oleh suaminya, Kompol Mahsar Torada. Sehari sebelumnya mereka sudah komunikasi dan berjanji akan bertemu di Makassar bersama kedua anaknya. "Kami sempat kontakan, tapi tidak ada firasat apa-apa. Saya baru tahu dia naik pesawat Hercules," kata Torada.

Menurut Torada, dia dan istrinya memang tinggal di lain kota. Dia bertugas sebagai Wakapolresta Bone Bolango di Gorontalo dan istrinya di Jakarta. Sebulan sekali mereka bertemu dan hari ini berjanji berkumpul di Makassar untuk menengok keluarga di Soppeng.

Informasi yang diterima keluarga, menurut Mayor Mulyadi, kondisi jenazah Kapten Nur Mansyuri tidak dalam keadaan luka ataupun terbakar. Tetapi utuh lengkap dengan pakaian dinasnya. Nur Mansyuri adalah anak bungsu dari empat bersaudara pasangan Marzuki dan Nurhaedah. Ia meninggalkan dua anak Muhammad Otoman Memet yang masih duduk di kelas IV SD dan Nurul Khotimah yang masih duduk di kelas I SD.

Sebagai tambahan berikut
coba simak beberapa kecelakaan pesawat di tahun 2009 (yang baru masuk bulan ke -5 ini), sumber http://ekojuli.wordpress.com
  1. 16 Januari , Pesawat Merpati Nusantara Airlines pecah ban di bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.
  2. 29 Januari, Helikopter Super Puma terguling di lapangan Terbang Pondok Cabe, Kabupaten Tangerang , Banten
  3. 23 Februari, Pesawat Lion Air MD 90 mendarat darurat tanpa roda depan di Bandara Hang Nadim, Batam
  4. 7 Maret, Helikopter latih jenis Hughes C300 HL 4098 Pusdik Penerbang Angkatan Darat, jatuh di tengah tambak kelurahan Tugurejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah
  5. 9 Maret, Pesawat Lion Air MD 90 tergelincir dan terjerembab keluar dari landasan pacu selatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat mendarat
  6. 23 Maret, Pesawat Sriwijaya Air Boeing 737-200, mengalami gangguan mesin sebelah kiri dan mendarat darurat di Bandara Hang Nadim, Batam
  7. 6 April, Pesawat Fokker-227 TS, hilang kendali dan jatuh menimpa hangar D Aircraft Services PT Dirgantara Indonesia
  8. 9 April, Pesawat PT Aviastar Mandiri , jatuh di pegunungan tengah Wamena, Kabupaten Jayawijaya,
  9. 17 April, Pesawat Mimika Air jenis Pilatus PK-LTJ, jatuh di Gunung Gergaji , Kabupaten Puncak Jaya,Papua.dan terakhir
  10. 20 Mei, Hercules C-130 A-1325 milik TNI AU jatuh di Magetan Jawa Timur. korban lebih dari 100 al. seorang perwira tinggi TNI AU. termasuk korban penduduk yang rumahnya ketimpa pesawat.

Maut tidak dapat di undur atau dimajukan, namun dibalik semua itu kita tetap harus menerapkan prinsip kehati-hatian dan kewaspadaan.

Semoga bangsa ini dan kita semua dapat belajar dari semua kesalahan yang pernah terjadi.


Share this article :

37 comments:

  1. Yah ini pembelajaran yang berharga bagi bangsa kita. Musibah tentu tidak bisa dihindari bila ia sdh dtg, tp banyak tindak preventif ygt bs kita lakukan. Saatnya pembenahan di seluruh maskapai penerbangan itu, sanksi perlu diperketat bila tjd pelanggaran.

    BalasHapus
  2. Y Mas turut berduka cita ne!

    BalasHapus
  3. semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan & kekuatan... amin

    BalasHapus
  4. yah, kita hanya bisa berdoa dan berharap semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini di masa yg akan datang..

    salam knal mas.. :)

    BalasHapus
  5. pelajaran berharga yang tak pernah membuat bangsa ini jera,tak pernah berkaca dari pengalaman dan kenyataan yang ada,masyarakat kita lebih suka hal-hal yang menyenangkan sesaat saja,dari pada hal-hal penting untuk jangka panjang,contoh kita senang buang uang trilyunan rupiah untuk PEMILU,yang sangat merugikan masyarakat sendiri,dari pada untuk pertahananketika pemerintah mengajukan anggaran pertahanan masyarakat langsung mencibir,beranggapan buat apa pertahanan toh tak ada perang,kalau kita punya pemikiran seperti itu maka,negara dan bangsa akan jadi negara pecundang selamanya,salam.

    BalasHapus
  6. Dan saat ini serta selanjutnya janganlah kita berdebat siapa yang benar dan siapa yang salah,mari kita bertekur diri dan introspeksi agar bagaimana memperbaiki keadaan supaya lebih baik lagi,benahi yang kurang perbaiki kesalahan,bila nanti pemerintah merencanakan pembaruan semua armada maka kita harus dukung,karna itu semua demi untuk kepentingan negara dan bangsa kita indonesia kedepan,utamanya lagi agar bangsa kit tak di remehkan bangsa lain,kita inginkan itu kan,salam

    BalasHapus
  7. Turut berduka yang aedalamnya, semoga semua diberikan ketabahan, salam kenal.

    BalasHapus
  8. saya menyampaikan rasa turut berbelasungakawa yang sedalam-dalamnya,kepada keluarga yang di tinggalkan agar di berikan ketabahan serta kesabaran,semua sudah takdir yang maha kuasa,ihklaskan semua,dan memoho yang terbaik bagi para korban agar di terima di sisi-NYA,amin,amin,amin.salam

    BalasHapus
  9. frizzy beserta keluarga blognya menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas bencana kecelakaan pesawat yang dialami oleh anak bangsa Indonesia.
    Semoga Allah SWT memberi tempat yang baik bagi para korban dan memberi kekuatan lahir-batih bagi keluarga yang ditinggalkan, amin.

    Cheers, frizzy.

    BalasHapus
  10. Ombung turut berduka cita atas kejadian ni, smg yg menjadi korban di terima di sisi-Nya, dan kluarga yg ditinggalkan tabah :59

    BalasHapus
  11. doain aja mas smoga mreka di terima di sisinya n bagi keluarga korban, smoga tabah...

    BalasHapus
  12. PR buat bangsa ini udah sejak lama diberikan. Adakah yg benar2 sudah dikerjakan dengan baik ?

    BalasHapus
  13. Berbagai meusibah yang melanda merupakan ujian bagi kita agar dapat menjadi bangsa yang lebih baik, Jangan sampai musibah ini terulang kembali, jadikan sebagai pelajaran yang berharga..

    Salam kenal. U comment I follow>_<

    BalasHapus
  14. knp pemerintah g bs bljar dar kesalhan..

    semoga arwah korban diterima d sisi YMK dan kel yg ditinggal dbri kesabaran, amin.

    BalasHapus
  15. Turut Berduka cita,:31,salam kenal

    BalasHapus
  16. saya cuma bisa turut berduka cita sobat

    BalasHapus
  17. Dengan adanya beberapa kecelakaan serupa yang terjadi sebelumnya, seharusnya dapat diambil pelajaran bagi pihak2 yang bersangkutan yang lainnya. Meski tentang hal yang kecil sekalipun, mereka tidak boleh menganggap remeh.

    Usia pesawat yang sudah "udzur", seharusnya dijadikan pertimbangan yang serius untuk diambil tindakan terbaik.

    Apakah pemerintah kekurangan dana untuk biaya perawatan dan pengadaan sarana transportasi yang layak guna???

    Untuk langkah selanjutnya, seharusnya pihak2 yang terkait berkenan mengeluarkan biaya lebih demi keselamatan penumpang, awak dan yang terlibat lainnya.

    Saya kira dengan sedikit pengeluaran lebih, hal itu tiada apa2nya jika dibandingkan dengan keselamatan nyawa. Apalagi yang telah menjadi korban adalah putera2 terbaik bangsa Indonesia.

    Yah, itulah kita, manusia. Yang tiada bisa merubah keadaan yang telah terjadi. Namun insya allah kita bisa mencegah kejadian yang serupa dimasa yang akan datang jikalau kita mampu belajar dan bertindak untuk mewujudkan itu semua dan selebihnya serahkan pada Allah Ta'ala.

    Terima kasih, insya allah postingan antum bermanfaat bagi sahabat2 blogger yang lain dan bagi pihak2 yang berkait.

    Syukron, salam kenal:)

    BalasHapus
  18. turut berduka cita semoga2 keluarga yg ditinggalkan
    tabah dan ikhlas..

    BalasHapus
  19. SEmoga musibah seperti ini tidak terus terulang deh.

    BalasHapus
  20. hmm.. tanpa luka atau terbakar ya.. mungkin dia meninggalnya karena tabrakannya saking kerasnya.. jadi shock berat.. moga keluarga diberi ketabahan.. :)

    BalasHapus
  21. Turut berduka atas kejadian yang merenggut Putra-Putri bangsa....

    BalasHapus
  22. semoga Allah memberikan tempat di sisinya kelak
    amin ya robbal alamin

    BalasHapus
  23. turut berduka cita kepada semua keluarga korban, semoga diberi kesabaran dan ketabahan..

    BalasHapus
  24. aku turut berduka buat mereka para korban ya bang..

    BalasHapus
  25. turut berduka cita bagi korban jatuhnya pesawat Hercules di Magetan, semoga arwah mereka diterima di sisi Tuhan YME, dan bagi keluarga korban semoga dikuatkan dalam menerima cobaan ini.
    juga semoga musibah ini tidak terulang dan terulang lagi, amin.

    BalasHapus
  26. selamat malam neh aku datang bawa satu point

    BalasHapus
  27. turut berduka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan pada iklas :)

    BalasHapus
  28. Inna li-Llah...
    Semoga diampuni semua dosa mereka dan semoga musibah ini menjadi bagian dari ampunan Allah untuk mereka...
    Al-Fatihah!

    BalasHapus
  29. up to date neh berita di sini. baca ah... berita baru yg comment banyak mas amri. ;)

    BalasHapus
  30. selama membaca tulisan ini aku merinding ngebayangin gimana perasaan keluarga korban menerima berita duka ini

    untuk para korban pesawat hercules semoga arwah di terima di sisi Alloh dn di tempatkan di tempat yang terbaik.Amin

    BalasHapus
  31. Aku sedih banget waktu melihat bagaimana keluarga-2 yang shock menerima kabar duka tersebut.
    Semoga saja kejadian spt ini tak terjadi lagi.

    BalasHapus
  32. innalillahi wainnailaihi rajiun
    semoga seluruh amal dan ibadahnya diterima Allah SWT
    dan seluruh duka ini menjadi pelajaran berharga bagi pemegang tampuk kepemimpinan

    BalasHapus
  33. Semua datang dari Allah dan semua akan kembali pada_Nya. Semoga keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan dan semoga korban yg meninggal dunia, diampuni semua dosa dan diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT, Amin

    BalasHapus
  34. Met siang bang iwan, lama gak berkunjung nih ket4 abang, Alhamdulillah kami / zidan sehat dan baik saja, lg nambah pinter nih om, banyak tingkahnya deh...ampun..ampun!! tapi lucu dan menggelitik lah...begitulah masa kanak2 ..menyenangkan ya ??!

    BalasHapus
  35. Dalam tahun ini di lingkungan kantor tempat aku dinas sudah ada 2 kepala keluarga yang mengalami musibah mendalam.
    1. Keluarga Bapak Oscar Anwar kehilangan 1 isteri dan keempat anaknya dalam musibah jebolnya tanggul Situ Gintung. Isteri almarhum sampai saat ini jenasahnya belum diketemukan sedangkan keempat jenasah anak-anaknya sudah dimakamkan.
    2. Keluarga Ibu Desi Indriani yang sedang berduka karena ditinggal pergi suami dalam musibah jatuhnya pesawat Hercules di Magetan Jawa Timur Rabu kemaren.
    Kita doakan semoga arwah almarhum/almarhumah mendapatkan tempat yang layak sesuai dengan amal kebajikan yang telah diperbuat semasa hayatnya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dalam menerima cobaan/ujian ini.

    BalasHapus
  36. Saya turut prihatin...ada celoteh sinis dari teman..."ngga usah tertembak di medan tempur, toh Pesawat TNI akan jatuh sendiri satu persatu"...benar juga ya?

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger