Home » , » FATWA HARAM THE MASTER ?

FATWA HARAM THE MASTER ?

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Juni 07, 2009 | 6/07/2009



Acara The Master yang ditayangkan oleh stasion TV RCTI kembali disebut-sebut haram, setelah beberapa saat yang lalu, Facebook salah satu situs jejaring sosial juga sempat disebut-sebut akan diharamkan.

Puluhan pondok pesanteren Jawa Timur melayangkan fatwa haram acara The Master tersebut, dan keputusan pengharaman The Master dibuat dalam Bahtsul Masail Wustho yang digelar di Ponpes Abu Dzalim, Kendal, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro.
Menurut para peserta pertemuan, kehadiran juara pertama Joe Sandy dan juara putaran kedua Limbad, dalam pertunjukan yang mendebarkan adalah jauh dari jangkauan akal sehat.

Lalu bagaimana reaksi kedua master diatas ;

"Ya nggak apa-apa itu kan pendapat orang, silahkan aja. Kita kan di TV itu hanya memberikan hiburan, ya, memang penampilan Limbad dalam setiap aksinya sedikit berbeda. Tapi pada dasarnya kita hanya ingin menghibur penonton," kata Susi, istri Limbad, pada KapanLagi.com, Jumat (5/6).

Lalu, apakah hal itu akan mempengaruhi karir Limbad yang kini mulai berkecimpung di panggung hiburan? yang terakhir muncul SEBAGAI JAGOAN dalam sinetron TARZAN CILIK

Sebagai bagian dari The Master, Joe mengaku terkejut ketika mendengar kabar pengharaman itu, meskipun, "Enggak apa-apa. Itu kan opini orang," ujarnya.

Diterangkannya, sejak awal pihak stasiun televisi tersebut sudah menekankan bahwa keterampilan yang dipertontonkan dalam acara itu murni berupa keterampilan tanpa didukung kekuatan jin atau ilmu sihir. "Kan tag line-nya jelas, tanpa mantera atau embel-embel lain," tandasnya. "Tapi, ya, setiap orang punya pendapat masing-masing," sambungnya.

Sebagai Master of Number, secara pribadi Joe menanggapi fatwa tersebut sebagai tantangan untuk membuktikan bahwa kemampuan sulapnya murni berdasarkan matematika. "Ini tantangan bagi saya. Kalau orang bilang A, saya akan membuktikan bahwa saya bukan A," tegasnya.

"Jadi, kalau saya harus dihantam beton keras, itu tidak cocok dengan karakter saya. Saya lebih ke kajian ilmiah seperti menghitung cepat," tuturnya. "Masa sih pria berkacamata dengan pakaian rapi punya karakter seperti itu," sambung lelaki yang mengenakan kacamata dan berbusana rapi ini.

Kemampuannya menghitung cepat dikemasnya menjadi hiburan. "Memang banyak orang yang bisa berhitung cepat, tetapi kan tidak semuanya bisa tampil di bawah tekanan dengan menyajikan suatu entertainment," ujarnya.

Sementara itu, mengenai Master of Fakir, Limbad, Joe menekankan bahwa kemampuan sahabat sekaligus rivalnya dalam The Master itu tak lebih dari menahan segala rasa sakit akibat hantaman dan tusukan.

Tekannya pula, bisa dibuktikan bahwa The Master bersifat ilmiah. "Saya bisa buktikan dengan ilmiah. Fakir itu ilmu keterampilan dari Timur Tengah, seperti yang dimiliki Limbad. Tidak ada orang yang kebal, tetapi yang ada itu hanya tahan (rasa sakit) dan itu pun hasil latihan," paparnya. "Sakit, nyeri, sih pasti. Hanya saja, dia (Limbad) tahan, karena sudah terlatih," imbuhnya.

Atas pertanyaan adakah dari rekan-rekannya dalam The Master mengaku memiliki ilmu sihir atau ilmu kebal, pria murah senyum tersebut menjawab bahwa tak ada satupun yang demikian.

"Setahu saya, enggak, karena saya bisa merasakan dari cara mereka mengobrol atau dari tatapan mata mereka," katanya. "Ini sama halnya kalau kita masuk ke rumah yang bagus, tapi hawa rumahnya suka tidak enak. Ya, seperti magnet yang berbeda kutub saja kan," sambungnya.

Joe mengaku pula bahwa atraksinya dalam The Master telah memotivasi beberapa penggemarnya yang mengalami kesulitan dalam matematika. "Ada pesan SMS dari penggemar saya, dia kesulitan dengan matematika.

Tapi, kini, dia termotivasi dan nilai matematikanya tak pernah kurang dari delapan," ceritanya. "Saya terharu dan bangga, karena apa yang saya lakukan bisa membawa motivasi positif buat penonton The Master," pungkasnya.

oh yah,... tentang laporan pandangan mata semalem, yang mengusung tema :

THE MASTER SEASON 3

"Duel The Best of Six"

Saya hanya akan melaporkan 2 magician yang terpaksa harus mengakhiri penampilannya karena hasil polling SMS pemirsa yang rendah, yaitu :

DUET DINO BORIS - DIBOR (Wierdo Magician)

Rupanya Dino dan Boris telah menyimpan sesuatu yang serius di tahap awal ini. Jangan terkecoh oleh penampilan mereka yang terlihat urakan, koneksi kekuatan pikiran mereka diklaim lebih besar daripada Duo Robin dari Season II.

Dino dan Boris yang menampilkan permainan dengan water tank seperti yg pernah dimainkan Denny Darko. Dino yang mukanya mirip Indra Bekti berada dalam watertank dan Boris yang meminta bantuan salah seorang penonton berusaha mencari kartu yang terhambur di lantai yang sebelumnya sudah ditandatangani oleh penonton yang terpilih tadi, setelah beberapa saat kemudian ternyata kartu itu sudah berada ditangan Dino yang terkunci didalam Watertank.

ketika dikomentari oleh para Yuri Dino yang wataknya lebih cenderung ke Pelawak masih gemetaran kedinginan yang oleh Master Dedy dikatakan lebih lucu dari penampilan di watertank tadi.

RICARDO (The Soldier of Mentalism)

Mengusung kekuatan mental dan atletik bak seorang tentara, Ricardo memberikan warna baru di Season 3 ini. Dengan kemampuan mentalist dipadu skill tentara bayaran, Anda bisa membayangkan seorang serdadu elit dengan kekuatan pikiran dan konsentrasi yang luar biasa.

Pada permainan semalem Ricardo menggunakan motorcross menyebrangi rintangan panjang dan nyala api untuk masuk ke dalam salah satu dari 3 kotak. Kabar buruknya 2 kotak itu telah diisi jebakan berupa tombak besi yang sudah dipasang oleh tiga orang penonton. hasilnya tentu saja kita sudah ketahui bersama. Ricardo berhasil melompati rintangan dan masuk dalam kotak yang tidak berisi tombak besi.

Sayang keduanya harus tersisih dengan hasil poling yang rendah. Dalam salah satu Selingan kembali ditampilkan The Master of Tradisional Magician Sutarno yang menggoreng telor menggunakan kompor bolong diatas kepalanya.

kembali ke lap...top.... marko.. top...

Menanggapi Fatwa Haram The Master, Pudji Promo sebagai Communication Officer RCTI mengaku belum ada menerima keberatan yang disampaikan secara resmi dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia).
"Kita belum tahu detail berita itu. Yang pasti belum ada penyampaian keberatan atas fatwa itu kepada kami. Seharusnya kan fatwa itu disampaikan kepada kami dulu atau melayangkan surat keberatan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Bukan tiba-tiba ke media. Kalau begini kita belum bisa tentukan langkah, KPI saja tidak menegur atas tayangan THE MASTER. Padahal kan yang berwenang memang KPI," jelasnya, seperti yang dikutip dari kapanlagi.com.

Saat disinggung apakah isu ini akan menganggu jadwal tayang THE MASTER, Pudji menjawab, "Enggaklah, kita patuhi KPI. Sekarang KPI beri izin, ya kami jalan. Kalau memang KPI berkeberatan, ya kita evaluasi."

Bagaimana dengan Anda penggemar The Master?


Share this article :

38 comments:

  1. The Master ? pernah nonton sekilas. Ada fatwa haram untuk tayangan ini, wah baru tau. Saya wait nand see dulu ah. Memang KPI itu seharusnya aktif memantau program2 di tv. Terimakasih infonya.

    BalasHapus
  2. Wah, bapak nih pengamat acara televisi yah? hmmm kalau saya ke sini, serasa berada di Indonesia. Selalu up date berita terkini. Pak, mohon ambil award di rumah saya. Recycle award dari temen-temen semua.

    BalasHapus
  3. hahahaha....aku baca ini bikin perutku ketawa ajah. wes semua kena fatwa.hahaha...
    pasti deh bsk2 blog kena fatwa,hahaha...gmn yah klo itu trjadi???
    btw om emoticonnya keren bgt. dpt dr mana? bagi2 donk :28

    BalasHapus
  4. bingung sama yg mau aku tonton jadinya...
    pendapat haram bikin ngeri... serius...

    salam kenal, mas....

    BalasHapus
  5. hemmmm....selalu ada yang baru...
    great info

    BalasHapus
  6. nggak ada kerjaan aja yang bilang the master haram.... lihatlah suatu hal dari sisi yang berbeda, anggaplah the master sebagai salah satu hiburan :) :16

    BalasHapus
  7. kenapa semua yang asik-asik itu yang diharamkan?:43
    kenapa semua yang enak-enak itu yang dilarang?:43
    Lah..ahah..ahaaa...haaa..." (rhoma irama)
    XIixiixx..XIxiiixx....
    *numpang nyanyi ya mas buat menghibur para pengunjung nie :D* :42

    BalasHapus
  8. waaaah kalo the master aku pernah nonton sesekali, cuman ya itu agak2 nggak ngeh aja.ngeri.
    tentang fatwa haramnya, kita tunggu ajah perkembangan selanjutnya ah...hehehheeh

    BalasHapus
  9. Kalo the master aku suka dengan Joe Sandy. Tapi juga gak ngikutin terus sih. Selain Joe aku gak pernah nonton.
    Kalau The Master haram.., terus yg nonton dosa dong ?

    BalasHapus
  10. ada lagi nih ternyata "calon yang bakalan di haramkan", gimana kelanjutannya yah...

    BalasHapus
  11. ya ampuuuun....haram juga?
    :19

    ah ada-ada aja
    more sensation

    BalasHapus
  12. :40 kemarin FB sekarang the master
    besok apa lagi ya...:41
    jangan-jangan ngeblog juga di haramkan kan banyak anggota blogger yang dalam tulisannya suka nyentil

    BalasHapus
  13. jujur saja saya juga suka nonton the master,

    dunia ini semakin kreatif ya:)

    BalasHapus
  14. dinda nge-fans tuh ma limbad

    BalasHapus
  15. Saya bukan penggemar acara tersebut. Tp soal hukumnya, saya sepakat sama Buwel tersayang, just wait and see... :45

    Cuma yang jelas, keputusan di atas bukan FATWA dalm pengertian term fiqh. Jadi bagi yang ga sependapat silahkan dikonter dengan argumen ilmiyah yang sama kuat atau yang lebih kuat, dgn begitu iklim ilmiyah tetap terpelihara dan terjaga sekaligus tidak melewatkan substansinya; bukan dengan "pokoknya ga setuju", ok?

    Btw, postingannya keren Bro, cukup mencerahkan... Sip :16

    BalasHapus
  16. waduh.. limbad latihannya kayak gimana ya.. bisa nahan sakit gitu.. :S

    BalasHapus
  17. hihi.. ane sih gak hobi banget nonton the master.
    tayangnya malem banget sih. hhoho..

    BalasHapus
  18. hahaha,, ntar lagi apa dibilang haram ya.. :D

    BalasHapus
  19. Fatwa kok dipake tuk nyari sensasi.... :41

    BalasHapus
  20. Terima kasih, hanya penghargaan sederhana ini dapat Lela berikan atas segala kebaikan Pak Guru..

    BalasHapus
  21. waduh Om setuiawan ni kayanya emng bener bener penyuka THE MASTER yah,,aku tadi juga baca di koran,,katanya mbah lImbad mau tampil di depan kiai,
    weleh weleh,
    klo semua haram gini ,
    repot juga yah !

    BalasHapus
  22. The Master ?
    Masa iya mau di haramkan ?

    BalasHapus
  23. heheh.. pengen jd master jg ya sob..

    BalasHapus
  24. hmmmmmm..saya jarang nonton acara the master. makanya ngga tahu gimana? tapi pernah nonto sekali pas khusus acara tunggalnya si joe.. sepertinya ngga ada unsur magic sama sekali..

    BalasHapus
  25. Hidup memang penuh dengan pro dan kontra... tinggal bagaimana kita menyikapinya, yang pro hendaknya tidak terlalu fanatis... dan yang kontra hendaknya jangan terlalu offensif... yang wajar-wajar ajalah.... kita bebas mengemukakan pendapat kok, asal jangan maksa-maksa orang untuk ikut pendapat kita ... inggih mboten mbah guru?

    BalasHapus
  26. wah saya suka nntn the master, wah2 jangan ditutup acaranya tuh. bagaimana kita bisa menyikapi dari 2 sisi yang berbeda. saya yakin dari sisi buruknya banyak juga sisi baik palagi pesan2 dari akhir penampilan acra the master banyak tuh pesan2 yang bermakna kalo kita bisa menyikapi. ya gak mas amri?

    BalasHapus
  27. Knpa hrs selalu diharamkan sih, emg ga ada kerjaan lain ya??? :40

    BalasHapus
  28. kayaknya lagi musim ngeluarin fatwa nih om..
    hati2 loh, jangan2 cuma krn pgn tenar atau di dengar..org yg kurang perhatian kan gtu..gak tau deh ntr lagi benda apa yg di fatwa haramkan lagi.jgn2 make komputerpun di haramkan..

    berlakukanlah hukum Tuhan, jangan membuat hukum manusia mengatasnamakan Tuhan, ya gak om?

    BalasHapus
  29. Memang Belajar dan mempraktekkan Reiki dalam hidup ini harus menyandarkan semuanya kepada Sang Khalik Pemilik Alam Semesta termasuk di dalamnya yaitu Energi Alam Semesta sebagai salah satu ciptaan-Nya.
    Dengan khusuk penuh konsentrasi kita berkomunikasi kepada Allah Yang Maha Esa dan Tunggal melalui zikir, wirid tatkala kita sedang sholat. Artinya kita menjalin hubungan khusus kepada Pencipta kita yang siapa pun tidak boleh mengganggu saat hubungan ini sedang berlangsung, baik melalui sholat berjamaah ataupun sholat sendiri.
    Nah dalam Reiki kita diajarkan untuk pasrah kepada Penyelenggara Ilahi atas Energi Reiki agar bekerja sesuai dengan kehendak-Nya, artinya kita pasrah total seutuhnya. Biarkanlah Allah yang berkarya dalam penyaluran energi ini. Kita hanya sebagai penyalur semata dan wadah dimana energi ini dititipkan ke diri kita.Sebaiknya antara Praktisi Reiki dan Pasien berdoa lebih dulu sesuai dengan Iman dan Kepercayaannya. Setelah sesi penyaluran energi Reiki pun kita juga berdoa lagi sebagai ujud syukur atas karunia-Nya ini.
    Belajar pasrah bisa ditempuh dengan jalan Muasabah (meditasi), merenung sedalam-dalamnya akan siapa diri kita seutuhnya dan kenapa kita diciptakan kedunia ini.
    Hanya dengan pasrah saja energi Reiki akan mengalir deras melalui telapak tangan kita. Berbeda kalau kita konsentrasi saat Mereiki maka energi yang keluar adalah energi yang kita punya (tenaga dalam) yang kapasitasnya terbatas dan akan habis dan perlu kita chas kembali setiap saat. Akibatnya kita menjadi kelelahan dan akhirnya sakit.Memang perlu latihan intensif untuk belajar pasrah.

    BalasHapus
  30. Wah, pengharaman itu lagi-lagi akan jadi promo gratis. Makasih, Pak Guru, Lela cuma dapat berikan penghargaan sederhana begini..

    BalasHapus
  31. sayangnya aq gak suka sama THE MASTER setelah liat limbad, coalnya udah kayak debus gituh :37:

    BalasHapus
  32. Fatwa Haram,... hemmmmmmm... :14
    Klo menurutku tegantung dari niatnya saja... klo di salah gunakan ya... semua orang bisa menilai, kan manusia punya hati serta pikiran....

    BalasHapus
  33. yah klo menurut saya..acara tersebut cukup menghibur setelah seharian lelah berktifitas

    BalasHapus
  34. Aku rasa gegabah kalo ngeluarin fatwa haram sebelum dipelajari dulu cara2 yg dipake. Menurutku sulap dan ilusionisme itu adalah ilmu kecepatan dan logika. Tak ada yg magis ttgnya. Wah...untung Harry Potter sdh tamat, bisa2 dibilang haram jg krn bercerita ttg penyihir!!

    BalasHapus
  35. wah,,postingan bagus nih,,,
    bru tau nih klo the master tu haram,,,
    tapi lama2 bsa bner jg sih fatwa haram itu..
    coz bwt iman ssorang makin lemah,,
    mank balik ke indivdunya masing2 jg sih......

    BalasHapus
  36. Dukung sapa nie??..
    Q dukung FABIAN......
    Lam kenal y!!!
    TuKeR Link maw g mas??
    Tx

    BalasHapus
  37. "Bagaimana dengan Anda penggemar The Master?"

    penggemar??!...ih, acara yg membosankan gitu...

    waktu nonton (kebetulan lagi pencet RCTI), La nanya ke Bunda: "Sihir tu haram kan bu?" langsung dijawab dgn mantap: "iya!"

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger