Home » , » TAUZIYAH : Diri Kita Tatkala Di Dalam Perut Ibunda

TAUZIYAH : Diri Kita Tatkala Di Dalam Perut Ibunda

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Juni 24, 2009 | 6/24/2009

Kali ini kita akan memundurkan waktu sejenak dan melihat apa yang terjadi pada diri kita tatkala kita berada di dalam rahim ibunda kita. Sungguh begitu Agungnya Sang Ilahi membentuk, menjaga dan memelihara diri kita. Kasih Sayang-Nya meliputi seluruh alam semesta. Sungguh Engkau-lah TUHAN kami Yang Maha Pengasih.

Foto-foto di bawah ini memperlihatkan proses apa saja yang terjadi pada sang janin hingga pada akhirnya ia menjadi seorang manusia. Prosesnya dijelaskan secara bertahap dimulai dari minggu ke 8. Mari kita mulai perjalanan ini.

“Dengan menyebut nama TUHAN Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”

“Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya.

Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”


Dimulai pada minggu ke 4-8:

Terjadi pembentukan awal embrio (manusia dini) yang sudah memiliki sistim vaskuler (peredaran darah). Jantung janin mulai berdetak, dan semua organ tubuh lainnya mulai terbentuk. Muncul tulang-tulang wajah, mata, jari kaki, dan tangan.Pada fase ini pun sudah terbentuk kantung ketuban yang terdiri dari dua selaput tipis. Selaput ini berisi air ketuban tempat bayi terapung di dalam rahim. Air ketuban akan menjaga bayi dari cedera akibat benturan dari luar selama masa kehamilan.

Pada minggu ke 8-12:

Organ-organ tubuh utama janin telah terbentuk. Bentuk kepalanya pun kini lebih besar dibandingkan dengan badannya, sehingga dapat menampung otak yang terus berkembang dengan pesat. Ia juga telah memiliki dagu, h id ung, dan kelopak mata yang jelas. Di dalam rahim, janin mulai dapat melakukan aktifitas seperti menendang dengan lembut.

Pada minggu ke 12-16:

Paru-parunya janin mulai berkembang dan detak jantungnya dapat didengar melalui alat ultrasonografi (USG). Wajahnya mulai dapat membentuk ekspresi tertentu, dan di matanya mulai tumbuh alis dan bulu mata. Kini ia dapat memutar kepalanya dan membuka mulut. Rambutnya mulai tumbuh kasar dan berwarna. Bahkan kakinya pun sudah tumbuh lebih panjang dari tangannya.

Pada minggu ke 16-20:

Hidung dan telinga tampak jelas, kulit merah, rambut mulai tumbuh, dan semua bagian sudah terbentuk lengkap. Pembuluh darah terlihat dengan jelas pada kulit janin yang tipis. Tubuhnya ditutupi rambut halus yang disebut lanugo. Si kecil kini mulai lebih teratur dan terkoordinasi. Ia bisa mengisap jempol dan bereaksi terhadap suara ibunya.

Pada minggu ke 20-24:

Pada saat ini, alat kelaminnya mulai terbentuk, cuping hidungnya terbuka, dan ia mulai melakukan gerakan pernapasan. Pusat-pusat tulangnya pun mulai mengeras. Selain itu, kini ia mulai memiliki waktu-waktu tertentu untuk tidur.

Berkat teknologi 3D Ecography, anda bisa melihat sang janin dengan jelas, bahkan ekspresi wajahnya

Pada minggu ke 24-28:

Di bawah kulit, lemak sudah mulai menumpuk. Di kulit kepala rambut mulai bertumbuhan, kelopak matanya membuka, dan otaknya mulai aktif. Ia dapat mendengar sekarang, baik suara dari dalam maupun dari luar (lingkungan). Ia dapat mengenali suara ibunya dan detak jantungnya bertambah cepat jika ibunya berbicara


Pada minggu ke 28-32:

Walaupun gerakannya sudah mulai terbatas karena beratnya yang semakin bertambah, namun matanya sudah mulai bisa berkedip akibat melihat cahaya melalui dinding perut ibunya. Kepalanya sudah mengarah ke bawah. Paru-parunya belum sempurna, namun jika saat ini ia terlahir ke dunia, si kecil kemungkinan besar telah dapat bertahan hidup. Si kecil kini sudah terbentuk dengan sempurna.

Pada minggu ke 36:

Sang bayi kerap berlatih bernafas, mengisap, dan menelan. Rambut-rambut halus di sekujur tubuhnya telah menghilang dan badannya menjadi lebih bulat. Bayi yang dikandung oleh sebagaian wanita yang hamil untuk pertama kalinya akan mengalami penurunan, yaitu turunnya kepala ke rongga panggul (bayi sudah “turun”).

Pada minggu ke 38:

Kepalanya telah berada pada rongga panggul, siap untuk dilahirkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa waktu persalinan sudah dekat. Kini, sang bayi seolah-olah “mempersiapkan diri” bagi kelahirannya ke dunia..

Pada minggu ke 40 [9 Bulan]:

Apa yang dulunya hanyalah sebuah sel, sekarang telah menjadi manusia. Dalam beberapa hari, plasenta akan mengambil alih dan memberi sinyal bahwa bayi telah siap untuk dilahirkan. Sang bayi masih t id ur dengan tenang di dalam rahim ibunya. Ia tidak mengetahui bahwa sesaat lagi ia akan meninggalkan “rumah”nya untuk melewati proses terbesar dalam kehidupannya yaitu KELAHIRAN! Walaupun proses ini menyakitkan bagi sang ibu dan sang bayi tetapi melalui hal inilah…

KEAJAIBAN KEHIDUPAN TERJADI!

Sumber : E-Mail seorang teman

Share this article :

49 comments:

  1. hoho pertamax!!!
    amazing memang proses pembentukan manusia :D

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  3. wuih...pentes nih jadi guru biologi... top dah tausiyahnya...jadu buat aku teringat dengan Sang Pencipta..

    BalasHapus
  4. memang Allah maha besar dan berkuasa.....
    semoga dulu aku tidak menyulitkan ibuku saat aku dikandungnya. terima kasih ibu.

    BalasHapus
  5. itlah alasan kenapa surga di telapak kaki ibu, coz selama 9 bulan seorang ibu mnjaga baik wlpn sbnrnya sakit

    BalasHapus
  6. Yup artikel mencerahankan. kasih ibu sepanjang jaman tak ada yang bisa mengalahkannya kecuali sang Pencipta.

    BalasHapus
  7. makanya jangan kurang ajar sama ibu ya...dan harus bersyukur sama yang Maha Esa karena terciptanya kita begitu ajaib.

    BalasHapus
  8. sungguh sebuah MAHA KARYA yang DAHSYAT dari sang PENCIPTA......

    semoga Aku bisa berbakti kepada Ortujku terutama ibuk yang sudah susah payah mengandung janin ini....

    makasih bang Muhasabahnya.....

    BalasHapus
  9. memang benar2 wajah tanpa dosa ya bang...jadi tau proses kejadian aku diciptkan spt apa neh

    BalasHapus
  10. Bang, top komentatornya udah nietha ganti..moga2 udah bener

    BalasHapus
  11. Subhanallah .... Maha besar ALLAH yang telah menciptakan manusia yang semula hanya berbentuk segumpal darah yang berasal dari sperma sebesar zarah.

    BalasHapus
  12. mentafakkuri penciptaan diri,
    memudahkan jalan tawaadlu' raga-hati,
    menuju ridlo Ilaahiy...
    Terimakasih, akhi,
    sharingmu sungguh berarti...

    BalasHapus
  13. Dialah yang telah berkehendak atas segala ciptaan-NYA. Maha Sempurna atas segala ciptaan-NYA.

    BalasHapus
  14. Subhanallah...hanya itu yg bisa saya ungkapkan ...info yg bagus kang!

    BalasHapus
  15. sedih! inget nyokap... capek2 mengandung sayah, sekarang anaknya badung dan suka bantah2... hiks...

    whatever... Thanks God, u give me mom...!!

    BalasHapus
  16. Begitu dahsyatnya Tuhan itu menciptakan makhluk hidup ya... Begitu sempurnanya...

    BalasHapus
  17. luar biasa yaaaa............

    jd pengen punya baby...

    BalasHapus
  18. postingan yang bagus mas,,,
    itu merupakan suatu bukti kekuasaan Tuhan,,,
    kita harus bersyukur......

    BalasHapus
  19. Sunguh besar Kuasa Tuhan atas kita semua umat manusia....

    BalasHapus
  20. maha Besar Alloh dengan segala kekuasaan-Nya...

    Ampuni diri ini yang berlumur dosa di dunia ini....

    BalasHapus
  21. aq membacanya secara detail tak terlewatkan... dan gak bisa berkata apa2..... hanya bisa memuji syukur kebesaran nama ALLAH....

    BalasHapus
  22. seram juga ya, tpi kok setelah lahir jadi lucu yak. hooo

    BalasHapus
  23. Maha Suci ALLAH... Subhanallah...

    BalasHapus
  24. salam sobat...bagus,,nich foto2nya juga jelas,,hebat sobat artikelnya..ngomong2 kok bisaan ada ide memposting janin dlm kandungan,,ingat saat lahirnya dulu ????

    BalasHapus
  25. Inilah bukti kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
    kita harus bersyukur dan menerima apapun keadaan kita..
    Thanks ya mas udah ngevote aku..

    BalasHapus
  26. salam dari malaysia..
    wah!entry yg menarik skali deh!

    BalasHapus
  27. wah kuasa allah semua diatur penuh dengan perhitungan dan selalu ada urutan masing2.. subhanallah. jadi inget ibu dan bagaimana susahnya ibu mengandung dan menjaga kita.

    BalasHapus
  28. subhanalloh...
    tidak ada masterpiece buatan manusia yg bisa mengalahkannya.. :D

    BalasHapus
  29. subhannallah Maha Suci Allah mas, bener-bener sebagai pembelajaran mas bahwa surga itu ditelapak kaki ibu, mohon dukungannya di :
    Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Rusli Zainal Sang Visioner

    BalasHapus
  30. huhuhu....begitu yah??pura2 gak tahu ding....
    good info

    BalasHapus
  31. I hate PERTAMAXX ...


    jd nangis klo baca gini kang ,,, xiizixzi

    BalasHapus
  32. wuahhh, kehidupan emang sistem yang sangat sempurna ...
    jadi merinding liatnya bang ...

    BalasHapus
  33. mantap nich information hehehe salam kenal ya bro :D

    BalasHapus
  34. Allah Maha Besar
    dari segumpal sperma
    berakhir menjadi daging busuk dalam tanah
    yang tersisa dan dibawa cuma amal ibadah

    BalasHapus
  35. subhanalloh....makasih bang artikelnya...

    BalasHapus
  36. Mulai dari proses terbentuknya...., manusia penuh dengan keajaiban sang ILLAHI....

    BalasHapus
  37. thats the mirecle..takjub KuasaNya..

    BalasHapus
  38. Huwaaaa...!!! Mau punya anaaakkkk...
    Oh iya, kalo mau punya anak musti nikah dulu ya?? Huwaaaa...! Mau nikaaahh :P

    BalasHapus
  39. Subhanallah... Allahhuakbar... inilah kebesaran ALLAH yang tiada tandingan nya,,, keep sharing pak...

    BalasHapus
  40. Subhanalloh...
    Seperti itu dulu aku ketika masih di perut ibu...

    BalasHapus
  41. Wah..lengkap banget artikelnya Bos

    BalasHapus
  42. wah udah lama sekali saaya bertapa neh...saatnya saya keluar mengunjungi sobat semua....apa kabar

    BalasHapus
  43. subhanallah,. terkadang kita sombong ya, padahal untuk menciptakan satu sel saja tidak bisa. hmm, berbicara tentang dunia Obgyn, jadi ingat waktu di bangku kuliah, ketika melakukan pertolongan persalinan untuk ibu yang mau melahirkan. nice posting bro

    BalasHapus
  44. Wooooow kereeeenxzzz.. :16
    Salam Chayaaaaank

    BalasHapus
  45. Artikelnya ok banget sob....
    terus berkarya ya...
    _________________________________________________________________________
    Mampir-mampir ya ke blogku... banyak tips yang mungkin kalian butuhkan mulai dari:

    1. Kesehatan
    2. Tip-trik Blog
    3. Komputer
    4. Sellular
    5. Internet
    6. Chat
    7. Antivirus
    8. Tips-tips Umum
    9. Game....
    Dan masih banyak lagi yang lainnya....Jadi saya tunggu kunjungan anda....

    BalasHapus
  46. itulah bukti kekuasaan allah . ia mengubah sel sperma jadi manusia

    BalasHapus
  47. sangat mengharukan artikelnya. jd miris nih

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

 
Support : METROTIK | METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger