BUKAN TESTIMONI SUSNO

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, Februari 23, 2010 | 2/23/2010

susno duaji
Susno Duadji sosok fenomenal yang melejit dalam beberapa kasus seperti kasus Bank Century, Kasus Cecak Buaya yang berujung pada kasus kriminalisasi KPK, hingga pencopotan jabatannya sebagai Kabareskrim Polri. Kini Susno hanyalah seorang perwira tinggi Polri, non job dan nyaris terlupakan. Misalnya, saat Mabes Polri mengadakan Rapim 8 Februari lalu, Susno tidak lagi diundang. “Itu kan rapat pimpinan bukan rapat pengangguran. Saya kan seorang pengangguran,” ujarnya miris.

Meski dosanya terlihat banyak, tapi tampaknya bukan hal mudah untuk menggoyang jabatan Susno. Sampai kemudian Tim 8 merekomendasikan pada Polri agar menon aktifkan Susno. Dan Susno pun dicopot dari jabatannya pada akhir November 2009. Tanggal 7 januari lalu, Susno kembali membuat tindakan yang mengejutkan. Dia hadir di persidangan Antasari dan bertindak sebagai saksi dan hadir dengan pakaian dinas Polri.

Tindakan Susno dianggap sebuah perlawanan? Benarkah begitu? Bagaimana ia menjawab berbagai tuduhan? Bagaimana keterlibatannya dalam kasus Rekayasa Kriminalisasi KPK? Mengapa ia berani mengurai soal tim pencari motiv dalam kasus Antasari? Apa dosa-dosa Susno sebagai polisi? Mengapa Susno seakan tak punya rasa takut? Kartu trup apa yang ia miliki sesungguhnya?

Waktu menangis di Senayan, Komisaris Jenderal Polisi Susno Duadji cuma tak bisa menahan geram atas nasib yang menimpa. Tapi "kartu truf" masih dia pegang, maka dia begitu perkasa ketika tampil di forum lain. Adnan Buyung Nasution pun, bertanya-tanya, dan belakangan dia tahu yang sebenarnya. Adnan pun menulis, "Susno harus bicara! Tanpa itu akan berlaku pepatah:

Setengah kebenaran lebih jahat daripada kejahatan itu sendiri!"

Sekarang saatnya masyarakat Indonesia terperangah oleh apa sesungguhnya terjadi, dan mencopot topeng setan dari wajah Susno. Untuk kemudian mengenakannya kepada pihak-pihak lain? Siapa saja? ....

Semua pertanyaan diatas akan terjawab dalam buku “BUKAN TESTIMONI SUSNO”, yang akan launching besok Rabu (24/2). Buku tulisan Izharry Agusjaya Moenzhir itu akan mengungkap segala cerita sebenarnya dibalik tudingan negatif kepada mantan Kapolda Jawa Barat tersebut.

Dalam buku itu, Susno akan mengungkap tentang dirinya yang sebenarnya tidak terkait sama sekali dengan proses hukum penyelidikan Bibit S Rianto dan Chandra M Hamzah. Dia juga akan menjawab segala pertanyaan tentang istilah cicak versus buaya. "Itu kan wartawan nanya kalau terkait alat sadap yang Polri dan KPK punya diperbandingkan seperti apa?" katanya.

Susno akan menceritakan alasan dibalik keteguhannya tidak mau mundur dari jabatannya sebagai Kabareskrim dan perasaan hatinya kala dia menangis untuk kali pertama di hidupnya dalam rapat dnegar pendapat dengan Komisi III DPR dalam kasus Bibit-Chandra dan Century. "Bahkan ibu saya meninggal pun saya tidak menangis," katanya.

Terkait Century, Susno akan mengungkapkan dirinya yang sempat akan memeriksa Boediono namun urung karena yang bersangkutan sedang mengikuti pertarungan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2009-2014 serta klarifikasinya terkait tudingan dia membantu upaya pencairan dana Budi Sampoerna di bank Century karena dijanjikan imbalan 10 milliar.

Izharry Agusjaya Moenzhir dalam buku itu juga akan menuliskan tentang pertemuan Susno dengan Anggoro di Singapura atas perintah Kapolri dan Anggodo Widjojo di ruang kerjanya di Bareskrim. "Anggodo bahkan saya hidangkan kopi saat itu. Dan dia di rekaman itu bukan bilang saya terlibat kasus Bibit Chandra, tapi bilang saya orang baik karena sudah merespon dia dengan baik. Saya tersanjung dan bahkan saya belum sempat mengucapkan terimakasih sama dia (Anggodo)," kata Susno.

Tak cukup sampai disana, Susno juga akan berbicara tentang kehadirannya sebagai saksi berseragam polisi lengkap dalam persidangan Antasari. Penangkapan Robert Tantular, yang dibantahnya hanya berdasar perintah Jusuf Kalla juga akan menghiasi buku itu. "Kapolri bertanya sama saya apakah cukup alasan kuat untuk menangkap dia (Robert), saya bilang sudah cukup," ujar Susno.

Kisah keluarga besar di balik segala badai yang menerpa Susno dalam jabatannya sebagai Kabareskrim serta ceritanya dengan Adnan Buyung Nasution, orang pertama yang mendesaknya mundur namun akhirnya mendukung langkah Susno mengungkap kebenaran, dikatakan Susno akan semakin menghiasi warna buku.

Lalu adakah kisah tentang siapa pihak yang sebenarnya bertanggungjawab dalam pemanggilan pers terkait rekaman kriminalisasi KPK, sebab Persda Network memperoleh informasi itu dilakukan oleh seorang petinggi Polri angkatan 1978? "Insya Allah. Soalnya bukan saya yang menulis. Tapi semua yang tertulis disana mendekati semua apa yang saya tuturkan," tandasnya.

Bagi teman2 yang punya Link downloadnya, silahkan di share dikotak komentar dibawah.

Terima kasih dan salam Taksim.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Share this article :

71 comments:

  1. PERTAMAX

    wah buku yang wajib di baca nich

    BalasHapus
  2. mmantapp sekali kapan ya ada yang punya link downloadnya

    BalasHapus
  3. kanda coba berkunjung kesini :http://empatmimpi.blogspot.com/2010/02/20-tahun-adobe-photoshop.html

    BalasHapus
  4. wah sepertinya buku yang bagus..
    coba minta ke mbah google ahh, hehe^^
    Thanks for Info..

    salam blogger :D

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum...
    Bapak apa khabar? :) lama sekali saya tak berkunjung ke sini :)

    Wah, saya aja baru tahu, kalau nggak baca tulisan Bapak. Jadi, maaf, gak bisa share linknya :)

    BalasHapus
  6. dulu di hujat sosok seorang susno, sekarang dia pegang kunci strategis

    BalasHapus
  7. wao semakin menarik untuk diikuti kisah selanjutnya, bakalan ramai!

    BalasHapus
  8. Selamat pagi, jaga kesehatan dan selamat beraktifitas!

    BalasHapus
  9. wah aku agak ga demen sama politik.
    ga kuat memahaminya.
    lagian salah" mengambil kesimpulan aku bisa masuk penjara lagi >_<

    BalasHapus
  10. bukunya bisa gratis kok di www.kickandy.com....hehehe

    BalasHapus
  11. Kayaknya bagus nich bukunya...

    BalasHapus
  12. Jangan lupa bang setelah baca di sharing

    BalasHapus
  13. pas wawancara dengan kick andy katanya pak susno mo nerbitin buku,,jadi ini to bukunya?

    makasih infonya,,

    BalasHapus
  14. *speechless ah.,,
    Masa ortu meninggal tidak sedih, malah dicopot dari pekerjaan sedih.. punya hatikah orang seperti itu??

    BalasHapus
  15. kalau bicara politik, berarti bicra sesuatu yg gak jelas.
    kemarin dipuji2, hari ini sudah masuk black list.
    yang penting sekarang, bagimana niat baik dan lurus utk menyejahterakan rakyat, apakah masih ada?
    salam.

    BalasHapus
  16. kalo ternyata Susno gak bersalah, wah ini bener-bener jadi berita bagus sepanjang masa reformasi ini... berarti menandakan adanya konspirasi yg hebat di negeri ini...
    Jangan-jangan ini adalah kasus puncak gunung es dalam hal jatuh-menjatuhkan kalangan petinggi negara.. ih ngeri deh..

    BalasHapus
  17. pengen baca nih bukunya, tapi kyaknya harus ke bandung nih,, soalnya di grut ska telat datang, klo ada buku yang baru.. :(

    BalasHapus
  18. Pengangguran berpangkat komjen, maknyoos!

    BalasHapus
  19. aduh, bingung deh. atas jadi bawah, bawah jadi atas.

    BalasHapus
  20. Sekarang zamannya orang lempar pendapat pakai buku ya :) Bagus juga, agar budaya membaca makin meningkat di negeri ini.
    Btw, buku yg patut dicari!!

    BalasHapus
  21. harusnya Kapolri malu dengan gaya institusi ditubuh polri...

    BalasHapus
  22. wah, pdhal baru aja mau minta link downloadnya. Ternyata mas Iwan jg ga punya toh... Ntar kalo ada yg punya ya!

    BalasHapus
  23. kalau menurut saya sih, susno itu cuma sakit hati, seandainya saja jabatan Kabareskrim masih dipegangnya, mungkin tidak akan seperti ini...

    BalasHapus
  24. *emot mikir*
    waduhh..g ngerti deh sama politik...

    membingungkan...

    BalasHapus
  25. Benar tidaknya isi buku ini, yang pasti ini langkah paling pas dalam pendidikan politik di Indonesia. Setiap tokoh yang menjadi topik harusnya juga dapat membuat langkah serupa mendokumentasikan informasi yang dimilik (walaupun terhitung subyektif dan privat).
    Tapi untuk hal ini kami apreasitif.

    BalasHapus
  26. mmmm....penjahat yg sebnernya gak jahat mungkin...
    boleh juga nanti bisa kubaca pak :)

    BalasHapus
  27. wow, inikah yang namanya from zero to hero???? susno duaji bisa dibilang news maker terpopuler, bayangkan empat berita besar selalu membawa nama beliau ini, salut,

    BalasHapus
  28. aku no komen deh...

    cuma mau menyapa saja...

    BalasHapus
  29. sama seperti yang diungkapkan penulis buku ini, akupun ingin tidak membenci orang yang tidak kukenal, mudah-mudahan buku ini nantinya bisa memberikan jawaban atas segala ketidak mengertianku tentang sosok Susno

    BalasHapus
  30. Berkunjung sore Bang .... Seharian ada acara tadi ....

    Itulah politik .... kebenaran terkadang bisa diotak atik ... ntar bukunya bisa2 kaya gurita cikeas langsung langka di pasaran ....

    BalasHapus
  31. mantab ni...
    AKu termasuk seorang yang kagum dengan Susno Duadji...

    BalasHapus
  32. Terlepas bagaimana nantinya isi buku itu, sepertinya membudayakan membaca bagus juga. Jadi, memang ijinkan beliau 'bicara'..
    Nice share Pak..

    BalasHapus
  33. wah, penuh kontroversi neh tokoh ini... thanks reviewnya Bang...

    BalasHapus
  34. Seneng neh kalo ada apa2 terus terbukukan...
    siip reviewnya bang...

    BalasHapus
  35. nda bisa di download bukunya pak?

    BalasHapus
  36. mmmmmmh ga punya linknya bang...

    kok aku ya serem ya nulis-nulis ginian bang...hehe bangsa kita masih 'sperti ini' sih ya.. jadi aku lebih suka nonton drama asia aja aha aha...:p

    BalasHapus
  37. mengorek2 comment...
    tiada yang memiliki link downloadnya....

    BalasHapus
  38. Sungguh, saya jadi tertarik mencari buku ini nanti bang. Review yang mantap, apalagi sosok Susno memang meninggalkan tanda tanya besar dibalik semua hal yang menimpanya.

    BalasHapus
  39. tiba2 saja opini orang terhadap susno berbalik arah...
    hmm...
    siapa yag benar ya?

    BalasHapus
  40. saya liat wawancaranya dia pas di kick andy tuh..
    boleh juga kalo ada link downloadnya dibagi2 ya.. hehe ^^

    BalasHapus
  41. kalau bicara soal politik, pemerintah dan sejenisnya Rizky "No Coment" dah.... penasaran juga pengen baca bukunya moga aja ada ebook gratisnya kaya ebook membongkar gurita cikes

    Jadilah Top Komentar dan Dapatkan Pulsa Gratis 50 ribu Setiap Bulannya

    BalasHapus
  42. Kalau gak salah saya kemaren nonton kickandi di metro tv dan mereka membahas tentang Bapak Susno..

    Coba cari di sini kang, kabarnya ada buku gratis Pak Susno tersebut :kickandi.com

    BalasHapus
  43. Pak kabareskrim nih ahaha, bang makasih atas bantuanya yah....saya udah lelah dengan sensasi pak susno....kebenaran atau bukan hal yang di sampaikanya itu saya hanya ingin melihat dan mendengar deh...met malem bang setyawan!!!

    BalasHapus
  44. mantap kayak bukunya sobat

    BalasHapus
  45. Kayaknya bukunya bakal diserbu banyak orang tuh Bang...
    Makasih infonya ya..?

    BTW, aku sekarang pindah alamat kesini : http://renijudhanto.blogspot.com

    BalasHapus
  46. wachc tuch kyaknya entar bukunya laris sob... thx's yach infonya...

    ma'af sob aq bru BW

    BalasHapus
  47. terlalu banyak pengelesan..entah mana yang fakta n real...capek liat panggung politik negara kita ini..memuakkan..ampe dibuat buku pulak...

    BalasHapus
  48. Pusing bang kalo mengamati politik negeri ini, yang penting saya sebagai "wong cilik" bisa mencari nafkah dengan aman dan anak-anak "kenyang" semua, maaf baru sempat mampir lagi...

    BalasHapus
  49. jadi penasaran ama isi bukunya, masyarakat kan ingin tahu kenyataan yang sebenarnya

    BalasHapus
  50. SEMOGA SUSNO DUAJI MAMPU MEMBERI PENCERAHAN PADA BANGSA INDONESIA.CERAH TANPA KORUPSI LAGI.

    BalasHapus
  51. Setengah kebenaran lebih jahat daripada kejahatan itu sendiri!" keren tag tuh...

    BalasHapus
  52. sering denger beritanya,tp gak ngerti kasusnya.wkwkkwk

    makasih bos,infonya..

    BalasHapus
  53. okle deh,makasih infonya bos..

    numpang baca2 nich..

    BalasHapus
  54. Wah,kicruh benar di sana ya.saya juga lagi cari linksnya bro.

    BalasHapus
  55. Assalamu'alaikum, sepertinya sebuah buku yang bagus dan perlu dibaca. (Dewi Yana)

    BalasHapus
  56. wah kayaknya rumit ya, inyong ngga ngerti soal politik

    BalasHapus
  57. wah buku yang patut ditunggu nih, mudah2an ada free downloadnya..
    salam kenal mas, blognya saya follow ya, klo berkenan follow balik...

    BalasHapus
  58. kalau melihat pribadi susno, kyaknya beliau memang hanya jadi korban. Alangkah baiknya kalau beliau berani berkata yang sebenarnya. "Katakanlah kebenaran itu walaupun pahit".

    BalasHapus
  59. wahyu pamungkas26 Februari 2010 15.20

    Pak susno waktu jadi Kapolda Jabar berkata pada jajarannaya " Kalau mau kaya jangan jadi polisi, jadilah pengusaha"

    BalasHapus
  60. Dewie Sharoe : Asyik jg baca bloq disisni http://nusantaranews.wordpress.com/2010/01/27/inilah-testimoni-susno-duadji/

    BalasHapus
  61. saya sudah baca buku itu dan jadi amat khawatir indonesia ini akan jadi apa kalau di halaman 100, 101, 102 buku itu disebutkan sesuatu yang membuat institusi polri bisa-bisa jadi mandul. saya berharap apa yang ditulis itu tidak benar.

    BalasHapus
  62. maju terus susno...namun sy bingung mau mihak ke susno apa tidak, krena kejahatan di tingkat elite termasuk ke white crime, susah utk di lacak...btw link downloadnya mana ya :D
    thx artikelnya papk, rangkuman yg hebat sekali :)

    BalasHapus
  63. yah..kok ribut melulu, kapan selesainya?
    kasihan masyarakat yang perlu pengayom dan pelindung??

    BalasHapus
  64. alhamdllilah......

    BalasHapus
  65. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    BalasHapus
  66. Informasi yang cukup baik dan menawan,terima kasih sudah berbagi informasi ini semoga dengan informasi ini dunia luar semakin banyak mengetahui susno,betul kang.

    BalasHapus
  67. ya mudah-mudahan bisa mendapat hasil yang baik

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger