Home » » KONTROVERSI 'LAGU TERANG BULAN'

KONTROVERSI 'LAGU TERANG BULAN'

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, September 01, 2009 | 9/01/2009

Polemik saling klaim antara Malaysia dan Indonesia terus berlanjut. Setelah Malaysia mengklaim Tari Pendet asli milik Bali. Kini, giliran Indonesia yang balik mengklaim lagu kebangsaan Malaysia berjudul Negaraku adalah contekan dari lagu Terang Bulan milik Indonesia.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menegaskan departemennya segera menyelidiki asal muasal lagu Terang Bulan yang memiliki kemiripan dengan lagu kebangsaan Malaysia itu.

"Kita akan mengecek sejarah lagu itu di Arsip Nasional," kata Jero Wacik kepada okezone di sela buka bersama di kediaman Ginandjar Kartasasmita, Komplek Menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu 30 Agustus kemarin.(Sumber Okezone.com)

Pencipta lagu Terang Bulan yang konon dijiplak sebagai lagu kebangsaan Malaysia masih belum jelas. Namun Aden Bachri, anak dari Syamsul Bachri, mengklaim lagu tersebut ciptaan ayahnya.

"Itu memang ciptaan ayah saya sudah direkam tahun 1957," kata Aden saat berbincang dengan detikcom, Senin (31/8/2009).

Menurut pengamat musik senior Remy Silado, lagu berjudul 'Terang Bulan' itu memang sangat populer di Indonesia. Namun lagu yang disebut Remy sebagai lagu rakyat zaman dulu itu bukanlah diciptakan oleh orang Indonesia.

"Lagu ini sudah ada di awal abad 19, penciptanya orang Prancis bernama Pierre-Jean de Béranger," kata Remy saat berbincang dengan detikcom, Senin (31/8/2009).

Namun sayang, Remy enggan memberitahu apa judul lagu ciptaan Béranger itu. Remy hanya menceritakan, lagu ciptaan musisi Prancis yang hidup pada 1780-1857 itu kemudian disadur oleh orang Indonesia dengan judul 'Terang Bulan'. Namun Remy mengaku tidak mengetahui siapa penyadur lagu tersebut.

"Yang menyadur tidak jelas siapa, tapi yang jelas lagu itu sudah ada tahun 1815," kata Remy.

Untuk penjelasan tentang Lagu Terang Bulan, silahkan KLIK DISINI dan DISINI.

Simak pula video berikut :




Jadi Siapakah sebenarnya yang menyadur????????

Share this article :

43 comments:

  1. setau saya lagu terang bulan itu juga nyontek dari Paris(kalo g salah)

    BalasHapus
  2. kebaikan dan keburukan akan terungkap juga pada akhirnya, hidup Indonesiaku!

    BalasHapus
  3. hehehe... masih seputar klaom mengklaim nih.... yang penting kita nggak mengklaim budaya malaysia aja hohoho... apanya yang mau di klaim???? negara miskin budaya gitu hkhkhkhk... Astaghfirulloh...

    BalasHapus
  4. Mari introspeksi sebagai bangsa yang berbudaya dan lebih bijaksana jika tidak mengedepankan ego semata.

    ______________________________
    Salam ukhuwah BERSAMA DAKWAH

    BalasHapus
  5. Yep, semoga masalah ini segera tuntas dengan baik. Selamat menjalankan puasa ke-11 bang.

    BalasHapus
  6. ya intinya siapapun lagu itu yang buat, malingsial ga bisa bikin lagu kebangsaan sendiri.. how poor they are, ga kayak kita dong..punya Wr. Supratman...

    BalasHapus
  7. waduh ngapain jugag masang bendera malaysia ngotor2i blog anda saja......kalo saya g sudi

    BalasHapus
  8. ehmmm.. jd bingung juga sih,, tp siapa pun yg nyiptain lagu terang bulan,, yg penting itu artinya malingsia emg ga kreatip!! semuanya plagiat!!

    BalasHapus
  9. Itu adalah gunung es dari kelemahan kita diberbagai sektor, intelijen, kebudayaan, militer dan pendidikan
    Tidak adanya pemimpin yang negarawan
    Pemimpin adalah cermin rakyatnya

    BalasHapus
  10. waduh, piye toh. kita mesti mendata semua milik kita nih. terus bikin hak paten deh.

    BalasHapus
  11. hmm...kisah malaysia dengan Indonesia mirip dengan kisah Yahudi sama Arab heheh.saling mengeklaim dan menuduh.

    BalasHapus
  12. Ribut juga ya.....Oh ya, jangan lupa kunjung balik ya...Pujangga Lemot Eps.2 Sdh Terbit, Bacxa n komen...OKKKKK

    BalasHapus
  13. turut prihatin dengan klaim, mengklaim. Semoga tidak memalukan slah satu pihak. anehnya, kenapa gak dari dulu di klaim yah? semoga bukan emosi sesaat.

    BalasHapus
  14. Siapa yang menyadur..? wah..bisa pusing kepala mikirnya, tapi di bulan ramadhan yang penuh rahmat ini semoga temen2 diberi kesabaran menghadapi sikap tetangga kita itu...

    BalasHapus
  15. jadi siapa yang menang???


    *udah pusing nih bang,tiap kali keributan malay vs indo*

    BalasHapus
  16. semua haris jelas dulua sal usulnya sebelum maju perang, soalnya kaluk kliru malu khan...

    BalasHapus
  17. Aku Cinta Indonesia1 September 2009 16.26

    iya, kemarin saya juga nonton tuh di tv.

    tp ada yg lbh menyakitkan lagi buat bangsa Indonesia, lagu negara kita Indonesia Raya di plesetkan dgn sangat kotor syair2nya....
    Pelecehan yg sangat menyakitkan buat saya pribadi...
    hhhhh.....

    coba intip disini http://sayabenciindon.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Memang kita blm tahu siapa dan dr mana lagu tsb berasal...
    tp, sekalai lagi negara yg ngaku serumpun itu sdh sngt menyakitkan bangsa ini...

    Kemarin di Metro tv, juga mengulas ttg plesetan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sungguh terlalu!

    BalasHapus
  19. nice template, and perfect news

    BalasHapus
  20. Kok jadi makin ruwet sih? Tapi...ngaku deh..aku kok ga pernah tau lagu Terang Bulan itu ya? Tahunya kue terang bulan sih...hehehe...

    BalasHapus
  21. semoga masalah ini cepet selesai tanpa adanya pertikaian bahkan pertumpahan darah ,semoga saja...
    selamat menjalankan ibadah puasa bang..

    BalasHapus
  22. Wew.. Tmbah rame aja nh kya na..

    BalasHapus
  23. Hahaha, gitu deh bro...
    Nggak hanya budaya yang dijiplak, tapi lagu kebangsaannya pun dijiplak juga nadanya, hahaha...
    Negara plagiat emang :D

    BalasHapus
  24. jadi kepengen martabak terang bulan :(

    BalasHapus
  25. baru tau ternyata yang buat malah orang perancis yah?!!?

    BalasHapus
  26. pokoknya yang salah itu semuanya...

    pemerintah yang lamban... pencuri yang pasang muka lebar2.. sama saja...

    bang, gimana cara pasang blogcatalog itu? yang ada angkanya, saya nyerah nyarinya, hehe

    BalasHapus
  27. Kemarin kalau gak salah Kris Biantoro bilang lagu Terang Bulan bukan milik orang Indonesia maupun Malaysia. Itu lagu sudah terkenal sejak lama, tapi tak diketahui siapa penciptanya..
    Apapun yg terjadi, tak seharusnya Malaysia menjelek-jelekkan negara lain, dan mengaku-ngaku budaya bangsa lain sebagai miliknya.
    Apakah Malaysia lupa kata orang bijak : jika tak ingin disakiti, maka jangan menyakiti.. ?

    BalasHapus
  28. Hidup Indonesia.. maju tak gentar membela yang benar....

    BalasHapus
  29. bukankah sudah direlakan sama bung karno to...?

    BalasHapus
  30. Kekasih Sejati yang setia selalu.. DIA rela menunggu walau kita selalu menykiti hatiNYA.. dengan salah dan DOSA.. subhanalllllaaaaah.. DIA MENUNGGUMU.. TANGANNYA SELALU TERULUR MENANTIKAN KITA SEMUA.. YANG MAU KEMBALI KEPADANYA
    SALAM SAYANG

    BalasHapus
  31. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fulllllllllllllllllllllllll…….

    BalasHapus
  32. Saya punya ide untuk mengakhiri konflik berkepanjangan antara Indonesia VS Malaysia, yaitu dengan menggabung kedua negara menjadi negara baru (mis:Malindo). Dengan penggabungan ini akan berdiri sebuah negara yg lebih kuat, lebih maju & akan sangat disegani didunia. Doa sy, mudah-mudahan bisa terlaksana. Amin!

    BalasHapus
  33. Nach Bung Setiawan...you mancing gue jadi ikutan sengit nich, dari kemarin2 gue tahan2 sekarang ga tahan lagi...Orang yang suka main serobot punya tetangga, bener2 ga bener...kurang berakhlaq, kemarin aku chat sama teman dari negeri tetangga n aku bilang kalau kita harus menempuh "wajib bela negara" dia harus berhadapan sama gue...sapu bersih!!! INDONESIA....JAYA BANGSAKU

    BalasHapus
  34. Semoga cepet bisa terselesaikan masalah ini, jangan sampai berlarut larut bikin suasana Ramadhan kita tidak tenang.

    BalasHapus
  35. kirain martabak terang bulan wakakaka
    http://soewoeng.com/2008/12/martabak-terang-bulan/

    BalasHapus
  36. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  37. Kekasih Sejati yang setia selalu.. DIA rela menunggu walau kita selalu menykiti hatiNYA.. dengan salah dan DOSA.. subhanalllllaaaaah.. DIA MENUNGGUMU.. TANGANNYA SELALU TERULUR MENANTIKAN KITA SEMUA.. YANG MAU KEMBALI KEPADANYA
    SALAM SAYANG

    BalasHapus
  38. Salam silaturahmi ...
    Kalau menurut saya sih selain memang harus ada tata kramanya dalam bertetangga, sebaiknya kitapun sebagai tetangga yang dirugikan mulai berbenah diri untuk mendata dan menjaga budaya bangsa sendiri, agar tak ada lagi yang berani main ambil hak orang lain.

    BalasHapus
  39. Ciaaaaaatttttttttttt.....

    Terang bulan terang dikali
    Buaya ngambang Hujan Gerimis

    Emang tampan yang satu ini
    Siapa lagi kalau bukan Bang Kumis.

    ( Ini sebenarnya Syair aslinya )

    Tau tuh masalah lagu yang bener yang mana.
    Bisa Kejawab nanti di Akherat,
    Tapi memang Malysia Kurang ajar.
    Segala apa diakuin,
    Gak bisa nyiptain sendiri,
    Bendera juga NJIPLAK Amerika.

    Tau Gak ???
    GEMPA kemarin di Klaim KENTUTNYA BANG MAHATIR.
    ( kentutnya aja Gitu, Gimana kalau sampai keluar isinya??? )

    BalasHapus
  40. Tetangga kok selalu saja tidak rukun

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger