Home » » KASIH SAYANG TANPA BATAS

KASIH SAYANG TANPA BATAS

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, Desember 22, 2009 | 12/22/2009

SAYANG IBU
The origin of the child is a mother and is a woman. One shows a man what love, sharing and caring its all about.

Asal mula seorang anak adalah seorang ibu yang juga merupakan seorang wanita, seseorang yang mengajarkan seorang anak manusia tentang makna kasih sayang, sosok manusia yang senantiasa membagi dan menjaga seluruh kasihnya.

Kalimat itu kuanggap penting karena kalimat singkat itu telah mengajarkanku betapa berartinya sosok seorang ibu.

Sebening kaca hatimu ibu Teduh sejuk menyimpan sejuta kasih Kau ajak aku dalam hidupmu Yang sarat akan perjuangan dan pengorbanan Kubersyukur terlahir kedunia ini melalui rahimmu Kau ajari aku berdoa tuk setiap keluh dan kesah Saat kuayun penaku ini, ku sedang mengulang ingatanku tepat sebulan sudah kepergianmu menghadap Sang khaliq.

Di saat seluruh negeri ini memperingati moment Hari Ibu,.... Izinkan aku untuk mengenang kembali masa2 yang indah saat belaian kasihmu masih menyertai.

Sedari kecil, aku terlalu dekat dengannya. Lumrah mungkin, karena seorang anak memang biasanya lebih dekat dengan ibunya. Sosok wanita yang senantiasa hadir di rumah, membimbing anak-anaknya.

John Bowlby--seorang ahli jiwa anak--menegaskan seorang anak akan efektif jika minimal ada satu orang yang ''berdiri di belakang mereka''. Maksudnya, selalu ada orang yang siap memberikan dukungan apapun kondisinya.

Cinta ibu adalah peneguhan tanpa syarat terhadap hidup dan kebutuhan seorang anak. Cinta ibu akan mengajarkan tentang makna pemeliharaan dan tanggung jawab yang tentunya sangat penting bagi kelanjutan hidup dan perkembangan anak.

Cinta ibu pulalah yang akan menanamkan rasa syukur pada Tuhan dalam diri setiap anak atas kehidupan yang diterimanya, atas jenis kelaminnya, dan atas kelahirannya di muka bumi. Rasa syukur setiap anak tersebut pada akhirnya akan membuat ia mencintai kehidupan dan bukan hanya berkeinginan untuk tetap hidup.

Ibu seringkali dilambangkan sebagai tanah atau alam, oleh karena itu muncul istilah, mother land atau mother nature. Hal ini terjadi karena ibu adalah sosok yang subur seperti halnya tanah dan alam yang menawarkan kelimpahan susu dan madu.

Susu merupakan simbol pemeliharaan dan peneguhan kasih ibu. Sedangkan madu melambangkan kecintaan dan kebahagiaan dalam kehidupan. Banyak ibu yang dapat memberikan susu pada anak-anaknya, namun hanya sedikit yang mampu memberikan madu.

Untuk dapat memberikan madu, seorang ibu tidak hanya harus menjadi ibu yang baik, namun harus menjadi sosok pribadi yang penuh kasih sayang. Yakni sosok perempuan yang lebih berbahagia dalam memberi dibandingkan menerima, serta sosok yang betul-betul kukuh berakar pada eksistensinya. Sehingga ia tidak lagi menginginkan apa-apa untuk dirinya sendiri.

Al-Quran juga telah mengingatkan keutamaan ibu dengan menggambarkan penderitaan yang dirasakannya dalam dua periode kehidupan (mengandung dan menyusui).

"Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku kamu kembali." (Luqman:14)

Cinta kasih ibu memang sulit untuk dicapai, karena cintanya yang bersifat sangat altruis dan tanpa syarat. Cinta dalam keadaan di mana satu pihak memerlukan segala bantuan dan pihak lainnya memberikan segalanya. Namun ketulusan dan kesabaran ibu dalam mencintai semua anak-anaknya telah membuat cintanya dikategorikan sebagai jenis cinta yang tertinggi dan sebagai suatu ikatan emosional yang paling luhur.

Tak akan pernah kulupakan 22 November 2009. Hari Ahad yang cerah ....seketika mendung mendesak awan. Tubuhnya telah terbalut kain putih. Menyisakan seraut wajah bergurat. Tatkala wajahnya dipalingkan menghadap kanan. Dan gundukan tanah merah basah menindihnya, menghalangi kami sedikit demi sedikit ... menjarakkan jazad yang kian jauh ...

Rabbi, Lapangkanlah kuburnya. Terangilah ia dengan cahaya-Mu yang tiada pernah pudar. Datangkanlah sosok mulia di hadapannya, sebagai wujud amal kebaikan beliau selama ini. Kutitipkan ia pada-Mu Ya Allah ... Rabbi, Rahmatilah hamba sebagai anak shaleh, agar mampu mendoakan kedua orang tua hamba. Sampaikan kepadanya, larik yang belum sempat kuverbalkan di hadapannya, bahwa Aku mencintainya.

~~~~ooo000ooo~~~~

Selamat hari Ibu untuk semua ibu seantero persada......


Share this article :

67 comments:

  1. Mengingat ibu adalah mengingat perjalanan panjang mencintai
    Aaaah ... ibu

    Selamat hari ibu

    BalasHapus
  2. Air mata rasanya tak henti dihari ini menitik,teringat tentang segalanya kau ibu.Aku sayang padamu Ibu.

    *Selamat hari Ibu.

    BalasHapus
  3. seLamat hari Ibu.. semoga almarhumah diberi tempat terbaik di sisi-Nya

    BalasHapus
  4. Ibumu, ibumu dan ibumu ....
    Itulah jawaban Rasulullah ketika seorang sahabat bertanya padanya tentang siapakah yang harus ia hormati .
    Lalu siapa lagi ya Rasulullah ?.
    Bapakmu ....

    nice sharing kang

    BalasHapus
  5. Tidak ada kata yg sanggup menggambarkan sosok ibu yg sebenarnya.. Duh,semoga Allah melimpahkan Ridho dan Barokahnya untuk para ibu..

    BalasHapus
  6. kalau aq ingat masa lalu.... nangis aq sob.... aq pernah nendang perut bunda q gara2 aq minta uang g d kasih, sampai sekarang masih teringat jelas di memory aq..... Maafkan Rizky bunda.....

    BalasHapus
  7. Sulit rasanya diungkapkan dengan kata2 bahwa betapa besarnya kasih sayang dan pengorbanan yang diberikan oleh ibu kepada anaknya.

    BalasHapus
  8. Yang paling menakutkan di dunia ini adalah perbuatan yang mendatangkan murka Allah, salah satunya adalah ‘Uququl
    Waalidain, durhaka kepada kedua orang tua.

    Rasulullah SWT bersabda (yang artinya):

    "Sesungguhnya Allah
    telah mengharamkan kepada kalian durhaka kepada ibu dan membunuh anak perempuan
    …" (HR. Al Bukhori dari Mughirah bin Syu’bah)

    Allah telah mengharamkan berbuat durhaka kepada orang tua. Artinya kalau dilakukan akan mendatangkan dosa dan murka dari Allah.
    Pada hadits diatas dikhususkan “ibu”, karena ibu lebih susah dan lelah dalam mengasuh anak daripada ayah. Tapi maksud hadits
    diatas adalah mencakup kedua orang tua, ibu dan ayah.

    Selamat Hari Ibu ...*Mudah2an Ibunda sehat2 aja dikampung halaman ..Amin*

    BalasHapus
  9. kalo baca cerita di atas ..
    aku jadi kangen ibu ku ....

    Ibu .. selamat hari Ibu ..
    I love you Mom

    BalasHapus
  10. My mom is the best mom i ever have...
    Happy Mother's Day heheheheh...

    BalasHapus
  11. Selamat hari ibu buat para ibu dan calon ibu.. kasih sayangmu tak hilang sepanjang hayat..
    Semoga Allah membalas semua pengorbananmu….. I love you Mother

    BalasHapus
  12. :( dhe merinding bacanya.
    begitu mengharukan..
    Smoga stiap perjuangannya membuat qt menjadi sosok yang terbaik.

    Untuk ibumu, kupanjatkan doa agar dijauhkan azab kubur, seperti kiranya diriku. yang slalu memanjatkan itu tuk almh. ibuku.

    Ibuku jg tak ada lg, tanpa jasad dan kuburan. Ibuku lenyap oleh gelombang, dan aq tak mengerti menemuinya, hanya lewat doa dalam setiap sujudku.

    BalasHapus
  13. "Cinta dalam keadaan di mana satu pihak memerlukan segala bantuan dan pihak lainnya memberikan segalanya." Setuju mas, memang seperti itulah cinta ibu. Tulus tanpa syarat.

    Btw, kok tumben ga nulis ttg logo Google kemarin (pagi ini masih terpasang?) Itu tentang apa ya mas?

    BalasHapus
  14. pas sebulan ya mas?

    "Ya Allah biarkan aku menjadi anak yang soleh yang berbakti pada ibu bapakku.."

    BalasHapus
  15. Amiin amiin amiin.

    Cinta dan kasih sayang bunda tiada ternilai dengan apapun jua.
    Selamat Hari Ibu untuk semua ibu dan calon ibudi seluruh dunia. :)

    BalasHapus
  16. Semoga Ibundanya tenang di sana, beruntung beliau memiliki anak yang sholeh, seperti bapak.

    BalasHapus
  17. selamat memperingati hari ibu bro, moga dihari yang bahagia ini ibu qta ikut menikmatinya

    BalasHapus
  18. kasih ibu tiada terhingga, dan kita tidak akan pernah bisa tuk membalasnya...

    selamat hari ibu

    BalasHapus
  19. Selamat Hari Ibu! Terima kasih dari kami anak-anakmu!

    Ditempat saya ada perayaan Hari Ibu!

    BalasHapus
  20. Belum puas nih kang ...

    Bundaku ,

    Dalam manis dan lezatnya kehidupan
    Cintamu ada dalam syukurku
    Dalam pahit dan getirnya hidup
    Kasihmu ada dalam Sabarku
    Dalam sulit dan berlikunya jalan
    Kompasmu ada dalam pikiranku
    Dalam gesekan dan benturan pergaulan
    Bijakmu ada dalam hatiku
    Tak kan ada cinta yang melebihi cintamu
    Tak kan ada kasih yang melebihi kasihmu
    Tak seperti sang mentari yang masih menyisakan malam
    Tak seperti sang udara yang masih mengosongkan ruang hampa
    Tak seperti samudra yang masih menghamparkan daratan
    Cintamu adalah sejati-jatinya cinta
    Kasihmu adalah sebenar-benarnya kasih
    Dalam darahku mengalir darahmu
    Dalam dagingku menempel dagingmu
    Dalam pikiranku menumpuk pintarmu
    Dalam hatiku menggunung bijakmu
    Dalam kasih ku ada kasihmu
    Tak satupun mampu memisahkan
    Tidak jarak
    Tidak waktu
    Tidak juga dimensi
    Harimu adalah hari-hariku
    Setiap hari adalah hari-harimu
    Bunda


    Selamat hari ibu

    BalasHapus
  21. 9 bulan dia mengandungku huhuhuhu
    tak dapat kubalas sampai detik ini

    BalasHapus
  22. Ibu....engkaulah yang mampu menerjemahkan arti cinta tanpa sepatah kata, engkaulah yang mencurahkan kasih tanpa ada pamrih, dan engkaulah yang memberikan kasih sayang tak berbilang. Selamat hari ibu..........

    BalasHapus
  23. selamat hari ibu, semoga ibu kita selalu sehat wal afiat

    BalasHapus
  24. SELAMAT HARI IBU 22 DESEMBER 2009...

    BalasHapus
  25. salam sobat
    itulah kasih sayang IBU,,tiada batas ,
    doanya selalu untuk anak2nya dengan tulus dan ikhlas.
    selamat hari ibu untuk ibu2 seantero jagad.

    BalasHapus
  26. Wanita hebat dan luar biasa itu telah damai disisiNYA mas...

    selamat hari ibu untuk semua ibu hebat di seluruh dunia.

    BalasHapus
  27. indah banget kata-katanya

    selamat hari ibu, ya

    BalasHapus
  28. Kasih ibu tak terhingga dan kekal sepanjang masa...

    SELAMAT HARI IBU...

    BalasHapus
  29. Ibu adalah segalanya untuk ku, karena aku hanya tinggal dengan ibu,,, selamat hari ibu dan selalu sayangi ibu kita... sukses selalu pak

    BalasHapus
  30. emmmmm.....hanya satu kata
    selamat hari ibu untuk emakku tercintaaaa.....


    makasih bang kunjungannya

    BalasHapus
  31. ya Allah
    lapangkanlah kubur
    jadikanlah kuburnya sebuah taman dari taman di syurga

    BalasHapus
  32. Selamat Hari Ibu...
    Berbahagialah saudaraku yang masih mempunyai seorang Ibu, sayangilah dia, cintailah dia, karena Ridhonya Allah tergantung dari Ridhonya seorang Ibu.....

    Yaa Allah Ampunilah dia, sayangilah dia, terima lah amal ibadahNya dan masukkanlah Dia ke dalam Jannatunnaim.... amiin...
    (jadi sedih niiih, ingat sama Ibunda ku n Ayahanda KU)

    "Dan kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam 2 tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kedua ibu bapakmu" (QS:Luqman:14)

    BalasHapus
  33. Ibu sangat berjasa untuk kita semua..nice artikel bang..selamat hari ibu..

    BalasHapus
  34. yuk sob makan kue bareng rizky, kalau mau d ambil yah

    BalasHapus
  35. Ibu selalu mengingatkan kita pada kebajikan
    apapun dan siapapun ibu, dia harus kita hormati sebagai wanita yang melahirkan dan memberi nafas

    BalasHapus
  36. selamat hari ibu...


    ibu.. ibu.. engkaulah ratu hatiku...

    BalasHapus
  37. selamat hari ibu untuk para ibu-ibu.. semoga ibu selalu dimuliakan oleh anak-anaknya.. dan mendapat tempat yang mulia pula..

    BalasHapus
  38. pak amriawan selamat hari ibu...

    gak bisa ngomong apa apa lagii ..
    semoga di beri kesehatan, bahagia dunia dan akhirat untuk kita semua...

    selamat hari ibu :)

    BalasHapus
  39. Ibu, kasih yang tak tergambarkan :)

    BalasHapus
  40. selamat hari ibuuuu.....buat semua ibu yang ada di dunia..

    ure the best mother..'''

    BalasHapus
  41. Mas, ada award buat mas.. tolong diambil ya..

    BalasHapus
  42. Selamat hari Ibu...salam buat bunda tercinta...

    BalasHapus
  43. Membicarakan Ibu..., selalu membuat hatiku mengharu biru.... Kuharap aku mampu menjadi Ibu yang akan selalu dibanggakan...

    BalasHapus
  44. Selamat hari ibu, mari kita menghargai, mencintai dan berbakti kpd ibu.
    Salam, maaf br brknjg kmbl.

    BalasHapus
  45. wow blognya canggih... linknya bisa meledak ledak kalau mouse di hover... weeekek...

    untung nggak ada link tulisan ibu. wekeke...

    BalasHapus
  46. Kalo membicarakan tentang Ibu, diriku inget waktu bandel dulu, Aih, Ibu maafkan aku.....
    Selamat Hari Ibu semuanya...

    BalasHapus
  47. Siapa orang yg paling pantas kita sayangi di dunia ini?

    Your mother. Who's next? Your mother. Who's next? Your mother, and then your father.

    BalasHapus
  48. :(( bikin tambah kangen sama umi

    BalasHapus
  49. menyentuh...udh sekian thn anaa berpisah dgn ibu, rindu...sgt...

    BalasHapus
  50. Tiada kata yang indah buat IBU selain Surga di Telapak Kaki Ibu.

    BalasHapus
  51. Selamat Hari IBU,
    Kasih Sayang tanpa Batas.
    Kasih Sayang Sepanjang Masa.

    Terima Kasih Ibu.

    BalasHapus
  52. iya..
    terimakasih pada ibuku yg telah melahirkanku.
    yg telah menyusui dan menjaga serta mendidikku..
    sampai matipun tak akan pernah cukup untuk membalas jasamu.

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger