Home » » MENJADI ORANG BAIK

MENJADI ORANG BAIK

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, September 18, 2009 | 9/18/2009

Jagalah hati jangan kau kotori
Jagalah hati lentera hidup ini
Jagalah hati jangan kau nodai
Jagalah hati cahaya illahi

Bila hati kian bersih, pikiran pun kian jernih
Semangat hidup kan gigih, prestasi mudah diraih
Namun bila hati busuk, pikiran jahat merasuk
Ahlak kian terpuruk, jadi mahluk terkutuk

Bila hati kian suci, tak ada yang tersakiti
Pribadi menawan hati, ciri mukmin sejati
Namun bila hati keruh, batin selalu gemuruh
Seakan dikejar musuh, dengan Allah kian jauh

Bila hati kian lapang, hidup sempit tetap senang
Walau kesulitan datang, dihadapi dengan tenang
Tapi bila hati sempit, segalanya makin rumit
Seakan hidup terhimpit, lahir batin terasa sakit
(Lagu Nasyid : Jagalah Hati )

Kalau kebaikan itu bersumber di hati, maka seharusnya hatilah yang perlu dijaga, dipelihara, dirawat agar baik dan tetap baik. Ini sangat penting, sebab Nabi Muhammad SAW mengingatkan, bahwa bila hati orang baik, maka baiklah dia seutuhnya, namun bila hatinya rusak maka rusaklah dia seutuhnya.

Kalau kita renungkan sabda Nabi tersebut, kita seharusnya menyadari bahwa yang paling menentukan pada diri setiap manusia adalah hatinya, bukan yang lainnya. Kalau begitu pula, yang menjadi prioritas untuk selalu dijaga, dipelihara dan dirawat adalah hati ini.

Akan tetapi, sayangnya kebanyakan dari kita lebih suka merawat tubuh ketimbang hati. Ada yang risau wajahnya berjerawat, tetapi tidak pernah risau bila hatinya angkuh, sirik dan dengki.

Ada yang berupaya mati-matian agar ketiaknya tidak berbau, tapi terus menerus mempertahankan kebusukan hatinya. Betapa naifnya manusia. Naudzubillahi Mindzaliq

Semoga kita tidak tergolong didalamnya, Amin......

Share this article :

22 comments:

  1. ApSelamat sore bang blognya jadi cepat mnegenai persoalan your link here belum bisa saya tangani tolong donk readmore juga mau dibuka baru dipasang ulang

    BalasHapus
  2. Setuju BANG, mari kita jaga hati kita, moga suci senantiasa....

    BalasHapus
  3. Biasanya kalo orang ntu hatinya baik tentu LIDAHnya pun baik ya BANG....mangkanya JAGALAH HATI....:)

    BalasHapus
  4. iya bang udah dihapus habis pusing kl dua td sy pasang read more malah salah postingannya semuanya dobel

    BalasHapus
  5. wah menjaga hati sbuah perbuatan yg sngat sulit dilakukan mas, tapi semoga saja berkah ramadhan kali ini bisa menjadi salah satu pendorong utk lebih menjaga hati.

    BalasHapus
  6. Betul sekali bro.Mudah-mudahan kita tidak termasuk orang-orang yang iri dan dengki hati amin.Selamat hari raya idul fitri,minal aidin wal faizin maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  7. waw.. pertama kali buka blog ini, saya kaget dengan templatenya.. kagetnya karena sama dgn pny saya.. cuma beda warna siihh...jadi seneng ni ada yg pake template ini.. moga makin bnyak yg pake...

    jd orang baik sangat perlu bagi mereka yg ingin merasakan keindahan hidup dan perdamaian

    BalasHapus
  8. waduh makasih atas wejangannya.. jadi introfeksi neh

    BalasHapus
  9. Mampir sebelum mudik nih...Doakan ya ,insyaallah kami akan berangkat mudik ke jawa tengah setelah sholat ied ..

    Keluarga besar bani hizboel mengucapkan Mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  10. mahon maaf lahir bathin bang iwan

    BalasHapus
  11. Amin..semoga kita termasuk yang dikumpulkan bersama orang2 saleh yang tentu berhati bersih, y bang...!
    *lg nunggu bedug subuh neh :)*

    BalasHapus
  12. Ya jagalah hati. Selamat menyambut kefirian hakekat yang kian dekat. Selamat menyambut Idul fitri 1430 H, maaf lahir dan bathin.

    BalasHapus
  13. Artike yang sangat menarik dan bermanfaat Bang Iwan :)

    BalasHapus
  14. Setuju dengan kalimat berikut:
    Kalau kebaikan itu bersumber di hati, maka seharusnya hatilah yang perlu dijaga, dipelihara, dirawat agar baik dan tetap baik.

    Hmmm... Sebuah kalimat sederhana namun memiliki arti yang sangat dalam...

    Makasih atas pencerahannya Bang :)

    Sukses Selalu buat Bang Iwan...

    BalasHapus
  15. Ya jagalah hati. Selamat menyambut Idul Fitri 1430 H, maaf lahir dan bathin.

    BalasHapus
  16. Mari kita jaga agar hati kita selalu tulus dalam perbuatan, percakapan dan pikiran!

    BalasHapus
  17. hemmm.... bener bgt nie bang,...

    dateng jerawat orang risau, wajahnya rusak apalagi, keteknya bau usaha cari ini itu,...

    tapi klo untuk masalah hati,... hati penuh dendam, iri, dengki, riya',... banyak yang gag peduli,....

    makasih sharingnya bang,... sip dah pokoknya!!!

    BalasHapus
  18. Lebih lebar sabarnya
    Lebih lebar syukurnya
    Lebih lebar salamnya
    Lebih lebar senyumnya
    Lebih lebar santunnya
    Lebih lebar silaturahminya
    Lebih lebar solidaritasnya
    Lebih lebar saling berbaginya

    Selamat menyambut hari raya “Aidul Fitri” 1430 hijriah, mohon maaf lahir bathin dan semoga hari mulia dapat memfitrahkan kita kembali bukan hanya untuk saat ini saja namun berlanjut sampai ajal menjemput jiwa.

    BalasHapus
  19. Duh bang, keteak dibawa2, wkwkwkwkwk....
    Susah jadi orang baik, ada aja tantangannya...
    Tapi pasti kita bisa kalo mw berusaha :)

    BalasHapus
  20. setuju mas .. semua itu tergantung dari hati ..
    maka itu isilah dan perkayalah hati dengan hal yang baik2 .. agar yang keluar (tindak nyata) pun baik ..
    tapi tetep .. jaga fisik juga perlu .. biar gak BK .. hehehe
    Iklan Baris

    BalasHapus
  21. pak, inet bener2 lemot nih. saya baru bisa baca postingan ini nih. kemarin2 gak nampak. saking lemotnya inet.

    BalasHapus
  22. Makasih udah diingatkan Bang... Semoga aja kita mampu selalu menjaga hati ya...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger