Home » , » PORTAL WAJAH BARU YAHOO

PORTAL WAJAH BARU YAHOO

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, September 30, 2009 | 9/30/2009

Raksasa internet Yahoo resmi meluncurkan wajah baru portal mereka pada tanggal 23 September kemarin. Didukung biaya iklan sebesar US$ 100 juta, perusahaan itu berharap wajah baru bisa meningkatkan trafik dan pendapatan.

Pada portal baru itu, para pengguna Yahoo bisa menyatukan layanan web pihak ketiga, seperti Facebook dan Hotmail.

Perubahan wajah Yahoo adalah gebrakan pertama dari sang bos baru: Carol Bartz. Para analis awalnya meragukan langkah Bartz. Kata mereka, para pengguna internet sekarang kerap mengacuhkan portal, dan lebih senang langsung mengunjungi situs yang mereka inginkan lewat mesin pencari.

Membantah pendapat itu, Wakil Presiden Senior Yahoo untuk Eropa Rich Riley mengatakan sebagian besar pelanggan Yahoo masih mengunjungi portal lebih dulu sebelum mereka berselancar ke tempat lain. Portal wajah baru itu, kata Riley, justru membuat Yahoo menjadi tempat paling menarik bagi pengiklan.

“Iklan di laman depan sangat efektif,” kata Riley seperti dikutip dari laman BBC, 22 September 2009. Ongkos beriklan secara global di portal itu, Riley melanjutkan, bisa mencapai jutaan dolar sehari. Yahoo juga yakin, keterbukaan mereka pada pesaing justru menguntungkan.

Wajah baru itu menghadirkan aplikasi “customisable”. Para pengguna bisa mengintip situs favorit mereka dari Yahoo, entah itu situs jejaring sosial seperti Facebook, layanan web mail dari pesaing, dan aneka situs favorit lainnya.

Strategi ini diharapkan bisa membuat para pengguna lebih lengket dengan Yahoo. Mereka bisa menjadikannya sebagai “pusat dunia” dalam mengarungi internet. Itu sebabnya, Yahoo memakai “tagline” iklan baru: “Its Y!ou”, dengan tetap menampilkan tanda seru yang selama ini menjadi khas mereka.

Ada hal lain dibalik tanda seru itu ; kalau anda klik maka akan terdengar suara teriakan "yaaahoooo...o..o..o..", silahkan coba. (bukan klik tanda seru gambar yang ada di bawah, tapi.......tanda seru yang ada di yahoo.com )


“Laman baru Yahoo adalah cara efektif bagi mendapatkan satu perspektif hidup anda di internet,” kata Riley. Dia mengutip satu survei bahwa 60 persen pengguna Yahoo di Inggris menginginkan “one-stop shop” untuk mengatur dunia mereka di jalur maya.

Di Amerika Serikat dan Inggris, mayoritas pengguna Yahoo telah mencoba portal baru itu. Tetapi secara resmi, tampilan baru diluncurkan secara global pada 23 September 2009. “Kami berharap trafik lebih banyak, jumlah pengguna unik meningkat, “visit” bertambah, dan para pengguna lebih terlibat”, kata Riley.

Portal baru ini juga menggaet sejumlah link non-Yahoo sebelumnya, yang potensial mengambil trafik dari portal Yahoo sendiri. Misalnya jaringan situs berita, ramalan cuaca, keuangan, email, dan sebagainya. Di Inggris contohnya, situs Yahoo menampilkan headline berita dari koran the Telegraph, Guardian dan Daily Mail.

Sejak versi beta situs Yahoo diluncurkan di Inggris, kata Riley, Yahoo telah menjadi sumber trafik terbesar kedua bagi situs koran harian di sana. Yahoo mendapatkan jatah pembagian pendapatan iklan trafik ini dari partner mereka.

Untuk meluncurkan wajah barunya ini secara global, Yahoo menyiapkan dana US$ 100 juta. Meski begitu mereka akan fokus ke 10 pasar utama: Amerika Serikat, India, Prancis, Brazil, Korea Selatan, Taiwan, Indonesia, Hong Kong dan Kanada.

Selama tiga bulan sampai Juni lalu, Yahoo membukukan keuntungan US$ 141 juta dari pendapatan sekitar US$1,57 miliar. Perubahan arah Yahoo ini dimotori oleh CEO baru mereka Carol Bartz. Dia menggantikan Jerry Yang sejak Januari lalu.

Sumber : Vivanews.com

Share this article :

32 comments:

  1. pertamaXX................
    ga yahoo aja yg berubah sobt...
    aku jg dah merubah tampilan nih......
    hehehhehe,,,,,,,,

    BalasHapus
  2. komentar ku kemana??? kok ga muncul??
    coba lagi ah...
    "ga yahoo aja yg brubah sobt.. aku jg dah merubah tampilan nih... heheehheh"

    BalasHapus
  3. Lama ngga blogging...ternyata banyak yang baru di rumah sahabat...
    makin kereeen..

    BalasHapus
  4. Info mantap seperti biasa bang..

    Terimakasih sharenya ...

    BalasHapus
  5. Lama baru berkunjung lagi. Bukan cuma Yahoo, tapi blog Pak Guru juga berubah. Hanya blog saya yang begitu-begitu saja dari tahun ke tahun

    BalasHapus
  6. busyeeettt buat iklan ajah 100 juta USD???? mu pingsan aku...

    BalasHapus
  7. wah tapi apa gak makin berat ya si YAHOOOO.....ini????

    eh tapi memang lebih praktis ya jika hanya lewat satu tampilan layar situs kita bisa mengontrol seluruh aktivitas kita di dunia maya, semoga nanti termasuk blog dan yg lainnya........

    BalasHapus
  8. wew .. banyak amat biaya yg dikeluarkannya

    BalasHapus
  9. wew.. saya belom liat wajah barunya nih..
    tkp dulu ah he..he..

    BalasHapus
  10. wah...cantik deh tante yahoo....

    BalasHapus
  11. Mantab nich infonya, terima kasih mas

    BalasHapus
  12. Yahoo memang mangkin yahuud ya. Betapa cepatnya dunia berlari.

    BalasHapus
  13. weithhhssss masak??? ahh ke TKP dund

    BalasHapus
  14. waaa....coba ah...
    nge-klik tanda serunya...hehehe
    langsung ke tkp, nih bang...

    thnks infonyah :)

    BalasHapus
  15. selalu terdepan nih bikin info

    BalasHapus
  16. aku dah jarang nengok yahoo bang.. paling cuma YM aja itu jg lgsung onlen hehe.. kalo gitu aku mo tengok wajah barunya ah...:)

    BalasHapus
  17. kemajuan teknologi memang hebat,susah aku ngikutinya

    BalasHapus
  18. Bukan Yahoo aja yang berubah, tuch Bang Iwan juga habis operasi plastik, avatarnya kek anak usia SMA ;)) *Piss*
    Oh iya blom sungkeman nich, mohon maaf lahir batin ya bang...

    BalasHapus
  19. Yahooo coba kubalas teriakanya

    BalasHapus
  20. wuih... infonya keren nih bang...

    BalasHapus
  21. Saya malah baru tw mas...
    Jarang main di Yahoo sih, hehhehehe...
    Udah biasa main di Google atw gak di Gmail untuk email'x... :D

    BalasHapus
  22. Om Yaho memang semakin keren aja tuh, daeng.

    BalasHapus
  23. Selamat pagi dulu. Nanti balik lagi.

    BalasHapus
  24. mohon maaf lahir dan batin yah mas'e, maaf baru bisa berkunjung kembali kemari hehehe telat..telat..^_^
    setelah yahoo ganti wajah trus si mas ikutan ganti wajah juga gak yah:p

    BalasHapus
  25. Iya tuhhhh....
    yahooo ganti wajah ....
    jadi bingung deh ......
    kan harus adaptasi dulu ...
    tapi tambah keren ....
    hehehehe

    BalasHapus
  26. Inovasi memang sangat penting... apalagi di tengah kompetisi yang sangat ketat seperti sekarang

    BalasHapus
  27. Mas, paragraf terakhir itu tertulis 10 pasar utama tp kok cuma 9 ya? Mungkin yang kurang itu China ya?? Dan ternyata Indonesia masuk pasar utama ya? Memang enaknya di Yahoo selalu ada berita2 ter-gress dunia

    BalasHapus
  28. wah makasih neh bang, buwel juga sempet heran waktu buka di hape....ternyata PORTAL YAHOO emang di ganti ya...

    BalasHapus
  29. Wah, aku lama juga ya gak akses ke yahoo...? hehehe... Akhir-2 ini lebih sering akses gmail...

    BalasHapus
  30. kaget dong kalo terdengar kata yahoo....

    BalasHapus
  31. jarang buka yahoo bang
    jadi kurang memperhatikan

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger