Pada portal baru itu, para pengguna Yahoo bisa menyatukan layanan web pihak ketiga, seperti Facebook dan Hotmail.
Perubahan wajah Yahoo adalah gebrakan pertama dari sang bos baru: Carol Bartz. Para analis awalnya meragukan langkah Bartz. Kata mereka, para pengguna internet sekarang kerap mengacuhkan portal, dan lebih senang langsung mengunjungi situs yang mereka inginkan lewat mesin pencari.
Membantah pendapat itu, Wakil Presiden Senior Yahoo untuk Eropa Rich Riley mengatakan sebagian besar pelanggan Yahoo masih mengunjungi portal lebih dulu sebelum mereka berselancar ke tempat lain. Portal wajah baru itu, kata Riley, justru membuat Yahoo menjadi tempat paling menarik bagi pengiklan.
“Iklan di laman depan sangat efektif,” kata Riley seperti dikutip dari laman BBC, 22 September 2009. Ongkos beriklan secara global di portal itu, Riley melanjutkan, bisa mencapai jutaan dolar sehari. Yahoo juga yakin, keterbukaan mereka pada pesaing justru menguntungkan.
Wajah baru itu menghadirkan aplikasi “customisable”. Para pengguna bisa mengintip situs favorit mereka dari Yahoo, entah itu situs jejaring sosial seperti Facebook, layanan web mail dari pesaing, dan aneka situs favorit lainnya.
Strategi ini diharapkan bisa membuat para pengguna lebih lengket dengan Yahoo. Mereka bisa menjadikannya sebagai “pusat dunia” dalam mengarungi internet. Itu sebabnya, Yahoo memakai “tagline” iklan baru: “Its Y!ou”, dengan tetap menampilkan tanda seru yang selama ini menjadi khas mereka.
Ada hal lain dibalik tanda seru itu ; kalau anda klik maka akan terdengar suara teriakan "yaaahoooo...o..o..o..", silahkan coba. (bukan klik tanda seru gambar yang ada di bawah, tapi.......tanda seru yang ada di yahoo.com )
“Laman baru Yahoo adalah cara efektif bagi mendapatkan satu perspektif hidup anda di internet,” kata Riley. Dia mengutip satu survei bahwa 60 persen pengguna Yahoo di Inggris menginginkan “one-stop shop” untuk mengatur dunia mereka di jalur maya.
Di Amerika Serikat dan Inggris, mayoritas pengguna Yahoo telah mencoba portal baru itu. Tetapi secara resmi, tampilan baru diluncurkan secara global pada 23 September 2009. “Kami berharap trafik lebih banyak, jumlah pengguna unik meningkat, “visit” bertambah, dan para pengguna lebih terlibat”, kata Riley.
Portal baru ini juga menggaet sejumlah link non-Yahoo sebelumnya, yang potensial mengambil trafik dari portal Yahoo sendiri. Misalnya jaringan situs berita, ramalan cuaca, keuangan, email, dan sebagainya. Di Inggris contohnya, situs Yahoo menampilkan headline berita dari koran the Telegraph, Guardian dan Daily Mail.
Sejak versi beta situs Yahoo diluncurkan di Inggris, kata Riley, Yahoo telah menjadi sumber trafik terbesar kedua bagi situs koran harian di sana. Yahoo mendapatkan jatah pembagian pendapatan iklan trafik ini dari partner mereka.
Untuk meluncurkan wajah barunya ini secara global, Yahoo menyiapkan dana US$ 100 juta. Meski begitu mereka akan fokus ke 10 pasar utama: Amerika Serikat, India, Prancis, Brazil, Korea Selatan, Taiwan, Indonesia, Hong Kong dan Kanada.
Selama tiga bulan sampai Juni lalu, Yahoo membukukan keuntungan US$ 141 juta dari pendapatan sekitar US$1,57 miliar. Perubahan arah Yahoo ini dimotori oleh CEO baru mereka Carol Bartz. Dia menggantikan Jerry Yang sejak Januari lalu.
Sumber : Vivanews.com
pertamaXX................
BalasHapusga yahoo aja yg berubah sobt...
aku jg dah merubah tampilan nih......
hehehhehe,,,,,,,,
komentar ku kemana??? kok ga muncul??
BalasHapuscoba lagi ah...
"ga yahoo aja yg brubah sobt.. aku jg dah merubah tampilan nih... heheehheh"
Lama ngga blogging...ternyata banyak yang baru di rumah sahabat...
BalasHapusmakin kereeen..
Info mantap seperti biasa bang..
BalasHapusTerimakasih sharenya ...
Lama baru berkunjung lagi. Bukan cuma Yahoo, tapi blog Pak Guru juga berubah. Hanya blog saya yang begitu-begitu saja dari tahun ke tahun
BalasHapusbusyeeettt buat iklan ajah 100 juta USD???? mu pingsan aku...
BalasHapuswah tapi apa gak makin berat ya si YAHOOOO.....ini????
BalasHapuseh tapi memang lebih praktis ya jika hanya lewat satu tampilan layar situs kita bisa mengontrol seluruh aktivitas kita di dunia maya, semoga nanti termasuk blog dan yg lainnya........
wew .. banyak amat biaya yg dikeluarkannya
BalasHapuswew.. saya belom liat wajah barunya nih..
BalasHapustkp dulu ah he..he..
wah...cantik deh tante yahoo....
BalasHapusMantab nich infonya, terima kasih mas
BalasHapusYahoo memang mangkin yahuud ya. Betapa cepatnya dunia berlari.
BalasHapusweithhhssss masak??? ahh ke TKP dund
BalasHapuswaaa....coba ah...
BalasHapusnge-klik tanda serunya...hehehe
langsung ke tkp, nih bang...
thnks infonyah :)
selalu terdepan nih bikin info
BalasHapusaku dah jarang nengok yahoo bang.. paling cuma YM aja itu jg lgsung onlen hehe.. kalo gitu aku mo tengok wajah barunya ah...:)
BalasHapuskemajuan teknologi memang hebat,susah aku ngikutinya
BalasHapusBukan Yahoo aja yang berubah, tuch Bang Iwan juga habis operasi plastik, avatarnya kek anak usia SMA ;)) *Piss*
BalasHapusOh iya blom sungkeman nich, mohon maaf lahir batin ya bang...
Yahooo coba kubalas teriakanya
BalasHapuswuih... infonya keren nih bang...
BalasHapusSaya malah baru tw mas...
BalasHapusJarang main di Yahoo sih, hehhehehe...
Udah biasa main di Google atw gak di Gmail untuk email'x... :D
Om Yaho memang semakin keren aja tuh, daeng.
BalasHapusSelamat pagi dulu. Nanti balik lagi.
BalasHapusmohon maaf lahir dan batin yah mas'e, maaf baru bisa berkunjung kembali kemari hehehe telat..telat..^_^
BalasHapussetelah yahoo ganti wajah trus si mas ikutan ganti wajah juga gak yah:p
Iya tuhhhh....
BalasHapusyahooo ganti wajah ....
jadi bingung deh ......
kan harus adaptasi dulu ...
tapi tambah keren ....
hehehehe
Selamat pagi sob :)
BalasHapusInovasi memang sangat penting... apalagi di tengah kompetisi yang sangat ketat seperti sekarang
BalasHapusMas, paragraf terakhir itu tertulis 10 pasar utama tp kok cuma 9 ya? Mungkin yang kurang itu China ya?? Dan ternyata Indonesia masuk pasar utama ya? Memang enaknya di Yahoo selalu ada berita2 ter-gress dunia
BalasHapuswah makasih neh bang, buwel juga sempet heran waktu buka di hape....ternyata PORTAL YAHOO emang di ganti ya...
BalasHapusWah, aku lama juga ya gak akses ke yahoo...? hehehe... Akhir-2 ini lebih sering akses gmail...
BalasHapuskaget dong kalo terdengar kata yahoo....
BalasHapusjarang buka yahoo bang
BalasHapusjadi kurang memperhatikan