Home » » HARI CUCI TANGAN DENGAN SABUN SEDUNIA

HARI CUCI TANGAN DENGAN SABUN SEDUNIA

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Oktober 15, 2009 | 10/15/2009

Hari ini tanggal 15 Oktober adalah Hari Cuci Tangan dengan Sabun Sedunia! yang sudah ditetapkan oleh PBB . Misi ini untuk mengajak seluruh orang di dunia, khususnya anak-anak untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun setelah beraktifitas. Kebiasaan mudah ini merupakan salah satu cara paling efektif mencegah terjangkitnya penyakit mematikan.

Unicef juga mengatakan mencuci tangan bisa mengurangi penyakit diare sampai lebih dari 40%, dan untuk infeksi pernapasan mencapai 30%. Diare dan penyakit infeksi pernapasan merupakan penyebab utama kematian anak-anak di India. Nah, Indonesia pun juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan mencuci tangan yang diadakan serempak untuk pertama kalinya. Dengan adanya Hari Cuci Tangan Sedunia ini, kita pun juga harus tambah rajin mencuci tangan sesering mungkin " Lebih baik mencegah, dari pada mengobati, setuju?

Pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB. Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia diharapkan akan memperbaiki praktek-praktek kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya

Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia adalah upaya memobilisasi jutaan orang diseluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Inisyatif ini dikumandangkan oleh PPWH, Kemitraan Swasta dan Publik untuk Cuci Tangan (Public Private Partnership for Handwshing) dan didukung oleh PBB

Salah satu tujuan dari kampanye ini adalah penurunan angka kematian untuk anak-anak dimana lebih dari 5.000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya diseluruh dunia sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan.

Penderitaan dan biaya-biaya yang harus ditanggung karena sakit dapat dikurangin dengan melakukan perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun, yang menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen.

Disamping itu kampanye juga dimaksudkan sebagai upaya peningkatan pembangunan fasilitas sanitasi disekolah. Menurut Unicef kurangnya akses untuk air bersih mengakibatkan penurunan tingkat kehadiran anak perempuan disekolah saat mereka memasuki masa puber, karena tidak adanya fasilitas sanitasi yang memadai.

Akses air bersih dan sanitasi ditenggarai merupakan dasar penting untuk kehidupan anak-anak diseluruh dunia dilihat dari segi kesehatan, kelangsungan hidup, dan rasa penghargaan terhadap diri mereka. Penyediaan air bersih dan perilaku sanitasi yang baik disekolah juga menjadi salah satu cara untuk mencapai Tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals).

Yuk cuci tangan dulu,.... jangan lupa pake sabun...
Share this article :

21 comments:

  1. Mencuci tangan memang bagian dari "kewajiban" kita sebagai manusia. Terlebih bagi mereka yang suka "garuk-garuk" pas waktu tidur. Hehee...

    Salam akrab, sobat...

    BalasHapus
  2. Aku udah cuci tangan kok bang sebelum makan hehehe.
    penting sekali menjaga kesehatan dan awali denganmencuci tangan sesudah beraktifitas.

    nice share seperti biasa bang *_*

    BalasHapus
  3. Ya menjaga kebersihan itu penting ya bang. Hari Cuci tangan Se Dunia ini, semoga menjadi kampanye yang mantap dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat seluruh penjuru dunia.

    BalasHapus
  4. setujuuuuuuuuuuuuuuu ada hari ini

    saya cuci tangan dulu aaah

    pakai sabun tentunya

    BalasHapus
  5. Aku datang, udah cuci tangan pake sabun wangi... Thanks udah datang, koment-nya udah aku hilangin verifikasi katanya. Waktu bikin blog lupa gak setting buat komentarnya...

    BalasHapus
  6. selamat mencuci tangan pake sabun bang iwaaaannn

    BalasHapus
  7. kalo hari makan bareng kucing sedunia kapan ya bang???

    btw awardna baru aku pasang bang :p mahapkeun kalo lama yah...

    BalasHapus
  8. laporrr,aku sudah mencuci tangan hari ini pake sabun antiseptik yg wangi hehehe

    BalasHapus
  9. tiap hari juga cuci tangan pake sabun bang, dulu pake abu gosok wkwkkwkw

    BalasHapus
  10. saya termasuk org yg rajin cuci tangan nih, pak. he hee he...

    BalasHapus
  11. ayo cuci tangan......
    jgn lupa cuci tangan....

    BalasHapus
  12. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  13. wadoooooooooooooooh.. ada hari sabun segala yaak

    BalasHapus
  14. memangnya cuci tangan kalau enda pake sabun pake apa yaaaa.. hehehehe

    BalasHapus
  15. kalau mau makan cuci tangan dulu biar ngga kena penyakit

    BalasHapus
  16. Kebetulan tadi itu kakak saya dari Unicef turut serta juga mas dalam kegiatan ini... :D
    Tapi sayang yah, yang banyak cuma anak2...
    Coba anak kuliahan juga diajarkan seperti itu, xixiixix...

    BalasHapus
  17. ayo cuci tangan biar kuman2 apalagi kutu2 hilang ..... :D

    BalasHapus
  18. Lho..., bukannya tiap hari kita sudah cuci tangan pakai sabun..? Kenapa harus "dibuatkan" hari khusus utk cuci tangan pakai sabun ya ?

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger