Home » , , , » THE DOCTOR FISH

THE DOCTOR FISH

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, November 29, 2009 | 11/29/2009

Ketika pulang dari Makassar mendampingi Siswa dalam Tugas Penelitian minggu lalu, rombongan menyempatkan diri mampir ke salah satu obyek wisata di kabupaten Pangkep, yaitu Pemandian Alam Leangkassi. Dan di lokasi itu juga terdapat Situs Purbakala Gua Leang-Leang.

Saya tidak akan menguraikan panjang lebar tentang pemandian alam itu, namun ada hal baru yang selama ini cuman pernah saya lihat di TV, yaitu di salah satu sudut lokasi pemandian alam tersebut, terdapat sebuah kolam yang banyak di jejali pengunjung. Mereka duduk dengan santainya di pinggiran kolam sambil mencelupkan kaki ke dalam kolam.

Setelah saya mendekat, barulah saya tahu ternyata para pengunjung yang duduk dipinggir kolam itu sementara menjalani terapi Ikan Garra Rufa, yang penduduk setempat menyebutnya 'pai-pai'.

Karena merasa penasaran, sayapun mencoba mencelupkan kaki dan seketika gerombolan Ikan kecil berukuran 3-4 cm langsung menyerbu kaki saya yang memang rada banyak korengnya...


Andai ikan itu bisa ngomong,... pastilah mereka berisik banget, berebutan mengigit kulit kaki saya yang kaya akan jaringan sel kulit mati. Awalnya sih rasanya geli, tapi kemudian malah keenakan sampai lupa waktu.... Sepertinya ikan-ikan ini kelaperan. Kulit-kulit mati di kaki saya disikat abis! Apa ikannya ga kenyang-kenyang ya?

Dari penjelasan Pak Arif (Pengelola Kolam tersebut), saya banyak mendapat penjelasan ikan penghuni kolam tersebut. Yang menurutnya, ikan Garra Ruffa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan kandungan zat antarin yang dimiliki, ikan yang dikenal sebagai 'Dokter Ikan Turki' itu mampu mengangkat sel kulit mati tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Dalam sejarahnya, habitat ikan sebesar jari kelingking orang dewasa itu ada di Turki sejak tahun 1800. Ikan ini hidup di air yang bersuhu 36-37 derajat celcius.

Ikan ini ternyata punya banyak nama lho, yaitu nibble fish, kangal fish, little dermatologists dan doctorfishen. Wuihh.. banyak ya?

Kalo klasifikasi ilmiahnya, ikan ini mempunyai data sebagai berikut:

Kingdom: Animalia
Phylum: Cordhata
Class: Aptinocterygii
Order: Cypriniformes
Family: Cyprinidae
Genus: Garra
Species: G. rufa

Kemampuan penyembuhan penyakit kulit yang dilakukan oleh Ikan Garra Rufa ini, konon diawali dari kisah seorang pengembala ternak yang kakinya terluka. lalu pengembala itu merendam kakinya ke dalam kolam kecil yang di dalamnya terdapat Ikan Garra Rufa. Sesaat ikan itu langsung mengerumuni kakinya yang luka dan perlahan beberapa saat kemudian lukanya pun sembuh.

Berawal dari sanalah, kini ikan-ikan Garra Rufa dikenal mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit.



Share this article :

52 comments:

  1. Betul kang ...
    Awal nyoba rasanya amat geli sekali..
    Tapi lama-lama enak juga .

    Mantap to

    BalasHapus
  2. lho ada juga di makassar ya?
    kupikir ikan ini impor
    dah coba
    enak...

    BalasHapus
  3. Wah2....

    Skrng banyak juga usaha jasa pengobatan melalui ikan ini....

    jadi pengen coba, katanya geli2 gitu......

    BalasHapus
  4. tentang ikan Garra Rufa sebagai dolter kulit saya lum pernah merasakannya, tapi pernah liat di televisi, ikan ini memang digunakan untuk terapi kulit yupz, di beberapa spa juga ada...
    subhanallah, ciptaan ilahi memang tiada yang sia-sia, ikan aja bisa jadi dokter ^_^
    nice posting...

    BalasHapus
  5. wah di jalan kaliurang ada tuh spa ikan, tapi belum coba sih, hehehehe

    BalasHapus
  6. Subhanallah, Ada penyakit pasti ada obatnya, ikanpun jadi dokter!

    BalasHapus
  7. ooow... itu ikan yang buat terapi itu yaah...??? apa gak geli yah itu dikerubutin ikan ikan kecil.. hihihihihihi

    BalasHapus
  8. jaman sekarang hewan juga udah pakai gelar ya....doctor lagi hebat,,,hebat.nice posting.makasih

    BalasHapus
  9. jaman sekarang hewan juga udah pakai gelar ya....doctor lagi hebat,,,hebat.nice posting.makasih

    BalasHapus
  10. nibble fish?wah pengen ajak kluarga kstu deh bang,oh tyt bang setyawan d makasar y?bang,td mlm ane dpt musibah kcil di blog,mohon dukunganya,trims

    BalasHapus
  11. mohon y bang,saia btuh bgt dukungan...

    BalasHapus
  12. Ikan yang hebat....

    geli ya? sepertinya menarik

    aku jadi pengen coba

    maaf, baru bisa ngeblog lagi

    terimakasih

    BalasHapus
  13. wakh ikan juga bisa menjadi suatu alat penyembuhan ya om, hebaddd

    BalasHapus
  14. bagus sekali, jadi ada alternatif penyembuhan. trims sobat

    BalasHapus
  15. saya pernah denger nih cara pengobatan spt ini. pengen coba juga. tapi sakit gak, pak?

    BalasHapus
  16. saya pernah liat nih di cibubur juction. Pengen nyobain sekali-kali

    BalasHapus
  17. saya emang pernah liat tayangannya di tipi. kebayang klo yg dikolam itu ikan piranha :))

    BalasHapus
  18. gara rufa kalo di indonesia dikenal sebagai ikan cethulll. ^ngarang^

    BalasHapus
  19. kunjungan perdana om...,
    saya dari Pinrang.

    BalasHapus
  20. sudah lama beredar di layar tv tentang pengobatan pake ikan, terapi gitu deh..lucu juga..

    BalasHapus
  21. wah pasti menarik tuh gimana ya kalau ikannya diganti lintah pasti deh nggak enak tapi sakit

    BalasHapus
  22. ngomong-ngomong di Pangkep yah wah penasaran jadi pingin coba

    BalasHapus
  23. Pernah dengan n Nonton juga di TV nh ikan.. Di Ancol ga salah ada juga...

    Gimna rasa sesudah di lakukkan trapi ikannya kang?

    BalasHapus
  24. Bisa dicoba dirumah, pake ikan teri apakah bisa ya???

    Kalau gak bisa, enaknya digoreng dah..

    salam kenal mas, ngijin ngelink diblog ane.

    BalasHapus
  25. Hebat banget ikannya,
    tapi harus ke makasar dulu ya untuk cari ikannya?

    Kok serasa jauh gitu.... :)

    BalasHapus
  26. saya belum pernah coba deng..
    hmmm...buat jadwal kesana juga dah??

    karcisnya berapaan deng???

    BalasHapus
  27. saya jadi ingin jalan2 ke kaliurang saja.

    ikannya hebat banget kang, tapi ke makasar dulu baru saya bisa memegangnya.

    BalasHapus
  28. wahhhh itu kaki Om Kumis bukan, xixiixxi... aku jadi pengen ikutan njebur ni hohohoho

    BalasHapus
  29. ternyata ada dokter ikan,luar biasa Tuhan menciptakan isi alam ini

    BalasHapus
  30. qiqiqiqi..... jadi pengin nyobain... pasti saya langsung kegelian....

    BalasHapus
  31. bang iwan.... ada award tuh buat abang, kalo ndak keberatan tolong di ambil ya....

    BalasHapus
  32. hehehe, jadi pengen nyoba juga ah. geli gak ya?

    BalasHapus
  33. belum pernah coba sih..tapi yang sering saya dengar, kok hanya bagian kaki saja ya. bagian tubuh yang lain bisa ngga pak ?

    BalasHapus
  34. belom pernah coba ini terapi ikan
    tapi penasaran banget
    abis biasanya saya refleksi

    andaikata ikannya bisa mijitin kaki saya
    saya mau deh ikut terapi ikan Xp

    BalasHapus
  35. SUBHANALLAH.... itu yang bisa diucapkan, bukan hanya dokter yang bisa mengobati, hewanpun tidak kalah canggihnya.

    BalasHapus
  36. iya bang, selama ini sy belum pernah nyoba. Apa bisa juga menyembuhkan kaki yang sikuyuang,xixixi?

    BalasHapus
  37. Kirain ikannya ada hubungannya dgn Valentino Rossi, The Doctor! hehehe... Di mal2 juga banyak terapi ikan itu, tp selama ini belum nyoba. Thanks atas tambahan pengetahuannya

    BalasHapus
  38. wah ternyata ikan ini bisa memberihkan kaki ya terimakasih infonya sahabat

    BalasHapus
  39. waaa....jadi pgn spa kaki ni pak...^_^

    BalasHapus
  40. waaa....jadi pgn spa kaki ni pak...^_^

    BalasHapus
  41. waaa....jadi pgn spa kaki ni pak...^_^

    BalasHapus
  42. waaa....jadi pgn spa kaki ni pak...^_^

    BalasHapus
  43. walah... ina kog malah baru tahu...
    tahu dri sini pula, makasih bang...

    BalasHapus
  44. tidakkah geli dikerubungi ikan ikan begitu?? membayangkannya saja uda terasa geli,aplagi klo di pinggang wkkwkwk

    BalasHapus
  45. Ia mas, apa gak geli tuh..??
    Wadow, kalo saya nggak deh, pasti udah geli duluan...
    Gak tahan yang namanya geli :D

    BalasHapus
  46. Merawatannya bagaimana? Bisa dipelihara di kolam rumah?

    saya baru dengar. Belum pernah nyoba. Terima kasih ilmunya.

    BalasHapus
  47. ikan jd dokter ? haha kpn kuliahnya

    BalasHapus
  48. jika tertarik untuk memiliki ikan garra rufa ini anda dapat menghubungi 087885000601 atau 08129585716 dan dapatkanlah harga terbaik untuk ikan garra rufa ini =)

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger