Home » , , » HARI AIDS SEDUNIA 2009

HARI AIDS SEDUNIA 2009

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, November 30, 2009 | 11/30/2009

HAS2009
Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS). Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.

Sejak dibentuknya hingga 2004, Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) memimpin kampanye Hari AIDS Sedunia, memilih tema-tema tahunan melalui konsultasi dengan organisasi-organisasi kesehatan global lainnya.

Sejak 2008, tema Hari AIDS Sedunia dipilih oleh Komite Pengarah Global Kampanye Hari AIDS Sedunia setelah melalui konsultasi yang luas dengan banyak pihak, organisasi dan lembaga-lembaga pemerintah yang terlibat dalam pencegahan dan perawatan korban HIV/AIDS. Untuk setiap Hari AIDS Sedunia dari 2005 hingga 2010, temanya adalah "Hentikan AIDS, Jaga Janjinya", dengan sebuah sub-tema tahunan.

Tema payung ini dirancang untuk mendorong para pemimpin politik untuk memegang komitmen mereka untuk menghasilkan akses sedunia kepada pencegahan, perawatan, pemeliharaan, dan dukungan terhadap penyakit dan para korban HIV/AIDS pada tahun 2010.

Tema ini tidaklah spesifik bagi Hari ADIS Sedunia, melainkan digunakan sepanjang tahun dalam upaya-upaya Kampanye AIDS Sedunia untuk menyoroti kesadaran HIV/AIDS dalam konteks peristiwa-peristiwa global lainnya termasuk Pertemuan Puncak G8.

Khusus tahun ini, Hari AIDS sedunia mengusung tema "Hentikan AIDS. Jaga Janjinya - Akses Universal dan Hak Asasi Manusia"

Di era teknologi informasi sekarang ini siapa sih yang tak tahu AIDS? Penyakit yang disebabkan oleh HIV (Human Immun Deficiencty Virus). Penyakit ini mampu merusak sistem kekebalan tubuh seseorang hingga berujung kepada kematian pada si penderita.

Kekhawatiran akan bahaya HIV/AIDS memang perlu mendapat perhatian serius. Menurut Data Departemen Kesehatan, hingga 2009, setidaknya 18 ribu penduduk Indonesia sudah terjangkiti penyakit menular itu. Jumlah penderita sebenarnya diperkirakan jauh lebih besar karena masih banyak penderita HIV/AIDS yang belum terdata.

Berdasarkan beberapa penelitian, penyakit ini cenderung menjangkiti remaja. Pasalnya, virus HIV ditularkan melalui 'media' yang acap kali bersinggungan dengan dunia remaja yakni free seks dan narkoba.

Pasti sahabat semua sudah tahu kalau usia remaja itu adalah usia yang labil. Masa-masa penuh gejolak, fase perubahan menuju tahap kedewasaan dan rasa ingin tahu begitu besar. Karenanya tak bisa ditampik jika di usia remaja ini timbul keinginan untuk selalu coba-coba. Apalagi yang namanya seks dan narkoba, ibarat ada sebuah 'kotak rahasia' yang menyimpan berbagai misteri di dalamnya.

Dalam memeringati hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2009 besok, apa yang perlu kita lakukan sebagai wujud peran serta kita dalam mewaspadai bahaya Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) ini? silahkan di share dalam kotak komentar di bawah..

Share this article :

45 comments:

  1. Penderita AIDS semakin meningkat sungguh memprihatinkan. Penderita AIDS ada yang berasal dari ibu rumah tangga yang tidak pernah berbuat asusila yang terinfeksi AIDS dari suaminya. Ternyata penderita AIDS kalau sudah parah; kulit menghitam beberapa bagian meletus serta jari-jemari menyusut. Kasihan sekali mereka.

    Di sekolah saya sering memberi wawasan ke siswa tentang bahayanya sexbebas. Sayang sekali saya belum punya waktu untuk melakukan pendampingan penderita AIDS. Sampai hari ini baru mampu mensupport teman-teman yang sudah terlebih dahulu melakukan pendampingan. Penderita butuh perhatian,semangat dan kasih sayang dari lingkungan supaya mampu bertahan hidup dan merasa bahagia.

    BalasHapus
  2. aids,,, saya jadi inget artis pujaan saya.. fredi merkuri...!!!!

    BalasHapus
  3. mudah mudahan penyakit ini bisa hilang dari muka bumi ini ya

    BalasHapus
  4. wah hari AIDS ya
    ayo kita harus jauhin free sex dan narkoba
    jaga jangan sampe AIDS merajalela

    BalasHapus
  5. Pantas tadi Pagi adex saya minta tolong buat carikan tutorial tantang AIDS...

    Slamta Hari AIDS... Semoga Obatnya dapat di temukan..

    I miss you came to my blogs

    BalasHapus
  6. HIV AIDS kini bagai bom waktu, apalagi free sex sudah seperti membudaya di kalangan remaja...

    BalasHapus
  7. Semoga Kita sadar akan bahayanya

    http://moelyadisikumbang.blogspot.com/2009/07/infeksi-menular-seksual-dan-hivaids.html

    numpang promo ya mas...he he

    BalasHapus
  8. selamat hari aid juga ya kang, semoga aid semikin berkurang dampaknya

    BalasHapus
  9. say no to drugs, sek bebas, pokoknya penyebab dan jalan penularan aid itu sendiri..
    mencegah sangat baik dari pada mengobati.

    ingat HIV aid belum ada obatnya..waspadalah..heheh

    BalasHapus
  10. Penekanan jumlah penderita HIV/AIDS yang kebanyakan di usia muda yang labil yang penuh dengan rasa ingin tahu salah satu-a perlu adanya pendekatan ke arah Agama khususnya IMAN, InsyaAlloh dengan iman dan pengetahuan agama yang kuat akan bisa mengurangi HIV/AIDS.
    AMIN...
    Oh ya.... Terima kasih juga dah jadi follower pertama di blog saya, yang saya mulai setelah membaca blog bapak, moga bisa diberi saran untuk selalu bisa mengembangkan blog saya, tq

    BalasHapus
  11. semoga dengan diperingatinya hari AIDS ini, banyak yang sadar akan bahayanya dan terhindar dari pergaulan bebas

    BalasHapus
  12. besok yak Hari Aids, ada acara apa yak di kampus.... kalau ada acara bersosialisasi aq mau ikut ach..... aq mau berkoar-koar untuk katakan TIDAK terhadap NARKOBA dan SEKS BEBAS!!!

    mari perangi SEKS bebas di dalam lingkungan para anak muda!!!!

    BalasHapus
  13. wah, besok nih berati
    ada acara apa ya di kampus untuk menyambut ini??
    sosialisasi bahaya aids mungkin
    hehehe

    BalasHapus
  14. Aids sebuah penyakit yg menakutkan tapi sesungguhnya tidak mematikan ,dan memberi kesmpatan pada penderita untuk lebih baik menjalani hidup .Segala penyakit pasti ada obatnya,Allah menurunkan penyakit pasti telah menyediakan obatnya,tergantung ikhtiarnya kita.

    BalasHapus
  15. aids itu artinya aku ingin disayang selalu. hi hi hi....met siang, pak.

    BalasHapus
  16. Menurut saya peran kita dengan menjaga diri jangan aneh-aneh hindarkan yang menjurus ke penyakit ini, kalau diri kita sudah beres beri pengetahuan masalah ini pada anak-anak sesuai usia mereka, baru terjun ke masyarakat dengan mengikuti kegiatan penyuluhan dan pencegahan aids!

    BalasHapus
  17. dizaman nabi-nabi gak ada tuh namanya AIDS...

    Heran ya???

    katanya AIDS tuh berasal dari monyet Afrika ya?

    kalau gak salah..

    BalasHapus
  18. save our self to save other people, bener ga sih klo gitu caranya ut menghinadri AIDS? :P

    BalasHapus
  19. betuL sekaLi d maSa remaja a/ masa ingin coba2...
    Karena pesan om saya "aja muamma_i joLo ko deppa mu pirasai"( jgn teLan duLu sebeLum km rasakan). Lakukanlah apa yg ingin kau lakukan, krna jgn sampe d masa tua nanti baru kau mau mencoba'y.
    Mungkin kata2 itu yg membuat saya berubah 180 derajat. Aku yg duLu rajin sHoLat bRubah jD pecandu . Sungguh maLang nasibKu tp akhir2 ini saya teLah mencoba sedikit demi sedikit untuk keluar dari dunia hitam ini, aLhamduLiLLah saya berhasiL wLw tak spnuhnya suKses.

    BalasHapus
  20. Dalam rangka meningkatkan kepedulian akan bahaya HIV/AIDS, Blogger Bekasi menyelenggarakan kegiatan Bekasi Peduli AIDS.

    BalasHapus
  21. iya oom... usia remaja emang labil, pengen nyobain semuanya... meskipun buruk, ngga mereka pertimbangkan.. ibarat kotak pandora yang pengin diintip isinya.. :)

    BalasHapus
  22. katanya penyakit AIDS sudah ada obatnya ya

    BalasHapus
  23. Besok ya, uhmmm..

    Semoga semua orang makin sadar ya..
    Untuk buruan NIKAH bukan kawin..
    hehe.

    :)

    BalasHapus
  24. Iya yah besok ternyata hari AIDS Sedunia.., udah pake pita hitam kayaknya besok mesti pake pita merah lagi deh.., he he he..,

    AIDS, jauhi penyakitnya bukan orangnya..,

    BalasHapus
  25. kalo hari aids gitu diperingati untuk apa? kenapa bukan hari anti aids ya?

    BalasHapus
  26. segar kembali dan maen ke sini lagi.....wah...ada lowongan jadi aktivis ga bang?pengen bgt ane .....

    BalasHapus
  27. Mari kita jaga diri dan lingkungan kita masing2 dari penyakit yang membahayakan ini ...

    BalasHapus
  28. Jauhi seks bebas, narkotika, dan perbuatan lainnya yang rawan terkena AIDS...

    BalasHapus
  29. aids adalah siksa dunia belum siksa akhirat nanti

    BalasHapus
  30. Besok di kantorku akan ada upacara dlm rangka memperingati Hari AIDS ini...

    BalasHapus
  31. semoga dengan peringatan hari AIDS semakin meningkatkan kesadaran kita akan bahaya dari penyakit AIDs ini..

    BalasHapus
  32. kok Hari Flu Babi gak ada yak? padahal sama-sama mematikan :P

    BalasHapus
  33. wah.. semoga anak bangsa semakin menjauh dari bahaya AIDS... ooo iya penderita AIDS bukan najis,.,,, jadi mari kita bantu dengan semangat bersama....

    BalasHapus
  34. Aids mendengarnya kita udh miris ya mas ??
    smg peringatan hari aids ini membawa kesadaran untuk kita, penderita aids bukan untuk dijauhi tapi pencetusnya kali y mas yg hrs dijauhi seperti seks bebas dan narkoba contohnya...

    apa kabar mas ??

    BalasHapus
  35. aduhh,..ketinggalan trus nih kmntr di mas setiawan....*_*

    BalasHapus
  36. penyakit aja kok diperingati ya,nudah-mudahan cepet hilang penyakit ini dari muka bumi

    BalasHapus
  37. selamat hari aids ,....
    sorry telat...

    BalasHapus
  38. Artikel mantap dan mencerahkan. Semoga penderita Aids bisa terselamatkan.

    BalasHapus
  39. Yg harus dipikirkan juga adalah bgmana kita semua sudah memperlakukan para penderita HIV. Apakah pemerintah sudah memberikan fasilitas yg memadai buat mereka? Lalu sepertinya diperlukan pembelajaran bg kita semua ttg bagaimana menghadapi ODHA dalam lingkungan hidup sehari-hari, agar mereka tetap diterima sbg anggota masyarakat.

    BalasHapus
  40. jaga bumi jauhi dari penyakit aids, namun jangan diskriminasi penderita aids!!
    kesehatan dan masa depan bumi perlu dijaga dengan baik... no drug dan jarum suntik, no hubungan intim yang di luar jalur..
    selamat hari aids sedunia...

    BalasHapus
  41. Well, aids is really seriously problem in our social life! it's probably getting close with us. =(
    Minta tolong klo ada info-info kegiatan sosial atau seminar-seminar tentang masalah HIV-AIDS di publish ke blog-blog..
    thanks for seti@wan and all bloggers!

    BalasHapus
  42. ihh ngeri aha denger tentang aids.. temen saya juga kemarin ini ada yg kena. kasian betul nasibnya..

    BalasHapus
  43. mendiknas menghimbau agar sekolah upacara pada hari Aids Sedunia juga untuk mengajarkan bahaya aids di sekolah

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger