Home » , , » FENOMENA FACEBOOK

FENOMENA FACEBOOK

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Desember 16, 2009 | 12/16/2009

DANA HANNA
Siapa yang tidak mengenal Facebook? Hampir semua orang di dunia mengenal layanan jejaring sosial ini. Facebook benar-benar memiliki kekuatan yang luar biasa, bahkan memiliki power yang mengelora se-heboh Google Adsense.

Lebih hebat lagi, Facebook mampu melebihi Friendster yang sekedar sharing foto dan jaringan sosial. Facebook pun lebih hebat dari Yahoo Messenger yang sekedar Chatting, email dan komunitas. Bahkan Facebook lebih hebat dari Wordpress atau Blogspot yang hanya sekedar blog.

Facebook mampu menyedot perhatian segala kalangan masyarakat awam, yang notabene tidak mengenal internet, menjadi mengenal internet, menjadi hobby berinternet, bahkan kecanduan berinternet.

Seorang pengantin pria asal Maryland, Amerika Serikat telah membuat heboh dunia maya dengan videonya yang beredar, yang memperlihatkannya tengah menginterupsi pernikahannya hanya untuk memperbaharui status di Facebook ..

Pria yang bernama Dana Hanna itu bekerja untuk sebuah website binatang peliharaan. Dia juga menyempatkan diri untuk mengunduh video singkat dari upacara pernikahnnya di internet.

Video itu memperlihatkan dirinya merogoh kantong untuk mengambil telepon genggam di hadapan pendeta yang tengah menikahkannya, sesaat sebelum sang pendeta meresmikannya sebagai suami istri. Video itu berhasil ditonton sebanyak 1,271,262 kali. Sampai saat postingan ini saya tulis. Video Youtube-nya anda bisa lihat DISINI

"Oh Dana sedang memperbarui status hubungannya di Facebook," ujar pendeta kemudian diiringi oleh gelak tawa pengunjung.

Setelah Dana selesai mengirimkan pesan di twitter, kemudian ia melanjutkan upacara pernikahannya.

"Seperti yang saya akan katakan, Sekarang saya resmikan sebagai suami istri. Sekarang sudah resmi di Facebook. Juga resmi di buku saya. Dana, kamu dapat mencium istrimu," ujar sang pendeta.

Dana dalam jaringan sosialnya menyebut profesinya sebagai chief architect di Next Day Pets,

menggambarkan reaksinya pada upacara pernikahan itu pada akun Youtube satu hari setelah perayaan.

"Saya mengejutkan tidak hanya para tamu tapi juga Tracy, istri saya, degan mengeluarkan telepon genggam dan memasukkan status di Facebook dan Twitter di altar saat pernikahan," ujarnya.

Meskipun telah banyak yang mengirimkan lamaran pernikahan melalui situs mikro blogging, Twitter, namun menginterupsi upacara pernikahan hanya untuk memperbarui status di Facebook dan mengirim pesan pada Twitter, Dana merupakan yang pertama.

"Saya memegang teleponnya di kantong saya, jadi ketika dia memintanya, saya dapat memberikannya. Tidak ada yang tahu kecuali pendeta dan saya sendir," ujar Dana.

Kejadian itu telah membuat Dana populer di jagad online. Berikut pesan yang dikirim Dana pada akun Twitternya. "Standing at the altar with @TracyPage where just a second ago, she became my wife! Gotta go, time to kiss my bride. #weddingday 1:48 PM Nov 21st from Twittelator."

Dan banyak lagi kejadian2 lain sehubungan dengan semakin maraknya Jejaring sosial ini..... Silahkan di sharing di kotak komentar.....

Berikut ini tanggapan seorang teman tentang Facebook yang baru saya dapat melalui e-mail :

Dalam diri saya pribadi melihat bahwa , hegemoni ‘kesenangan semu’ dan dibungkus dengan ‘persahabatan maya’ ditampilkan dengan mudahnya celoteh dan status dalam facebook yang terkadang melindas semua tata krama tentang Malu, tentang menjaga Kehormatan Diri dan keluarga.

Arogansi kesenangan semakin menjadi-jadi dengan tanpa merasa bersalah mengungkit kembali aib-aib masa lalu melalui foto-foto yang tidak bermartabat yang semestinya dibuang saja atau disimpan rapat.

Maka jagalah kehormatan diri, jangan tampakkan lagi aib-aib masa lalu, mudah-mudahan Allah menjaga aib-aib kita. Maka jagalah kehormatan diri kita, simpan rapat keluh kesah kita, simpan rapat aib-aib diri, jangan bebaskan ‘kesenangan’, ‘gurauan’ membuat Iffah kita luntur tak berbekas.

Bagaimana pendapat anda tentang hal ini???

Share this article :

58 comments:

  1. Mengamankan yang KEDUA hihihi..

    BalasHapus
  2. ckckckckc...segitu harusnya update status?!
    saya sih males dah, itu FB saya aja udah berapa minggu nggak ada status XD

    BalasHapus
  3. Facebok memang lagi booming. Sebenarnya sangat positif bagi orang yg awam terhadap internet sebab mampu menyedot animo mereka untuk mengenal internet. Ekses negatifnya tentu saja juga banyak. Kamuflase dalam berbagai bentuk justru terbukti paling banyak terjadi di facebook. Tapi
    sebanyak apapun penguna facebook, bagi saya blog tetap nomor wahid.

    BalasHapus
  4. Bagi blogger, ternyata facebook juga bernulai positif untuk memmpromosikan situs blog kita.

    BalasHapus
  5. Ha ha ha ha ha ..... kalau saya nikah eee salah kalau anak saya nikah...biar ngetop .... aku sarankan ikuti cara dia di facebook juga ....! Ada-ada saja!

    BalasHapus
  6. Bagi saya facebook dibandingkan dengan blog, kok lebih suka blog!

    BalasHapus
  7. busettt dah..... sampe segininya..

    mo romantis apa mamer ya..

    eniwei, ambil positifnya, pernikahan emang perlu disiarkan kan ya... lebih murah lagi biayanya hahaha

    BalasHapus
  8. intinya hati hati pake FB ya bos?

    BalasHapus
  9. facebook..memang bikin heboh...tapi bagi aku sih...buat ngegame aja.....

    BalasHapus
  10. salam sejahtera
    kisahnya lucu dan menarik
    very good posting
    saya tunggu tulisan berikutnya
    salam sejahtera

    BalasHapus
  11. semua ada plus minus, tergantung siapa yang menjalankan

    nice share bang....
    informatif dan edukatif

    BalasHapus
  12. keren nih artikelnya.... informatif bgt.... aq juga punya pacebook cuma jarang tak lihat masih seneng ama ngeblog

    BalasHapus
  13. FB sekarang ganti fungsi ya?

    BalasHapus
  14. Facebook buat aku sebetulnya lebih untuk, pertama, menyebarluaskan pemikiranku (atau dalam hal ini spy posting blogku bs dibaca oleh mereka yg non blogger). Yg kedua, untuk bertemu dgn teman2 lama dan mengenal teman2 baru. Ketiga, utk promosi bisnis internet marketing (sebagai social media tool). Itu saja.

    Kalo menginterupsi pemberkatan pernikahan yg sangat sakral (seperti Dana di video itu) hanya utk memperbarui status di sosial media, itu sangat tak masuk akal, dan bagiku bukannya lucu, tp itu justru menghina Tuhan, lembaga agama yg mengesahkan pernikahan, dan lembaga pernikahan itu sendiri.

    Terus terang kalo aku jadi istrinya, aku akan menyesal sudah menikahi pria yg lebih mengutamakan situs pertemanan daripada pernikahannya sendiri.

    Akhirnya...ga heran mas, di bumi ini makin banyak perceraian. Itu karena banyak org tidak melihat perkawinan sebagai sesuatu yg sakral. Cuma alat mengikat wanita/pria pujaannya saja. [loh...kok jadi ngomongin perkawinan ya??]

    BalasHapus
  15. aneh aneh saja cara orang sekarang meraih popularitas.. hehehehehe

    BalasHapus
  16. facebook ?

    sekarang aku tidak punya facebook mas ^_*

    BalasHapus
  17. sepertinya bloging lebih menyenangkan,aku bisa mengeluarkan apa yg ada dipikiranku.

    BalasHapus
  18. Setuju Pak..Banyak yg sekarang sering 'kebablasan' di Facebook. Hal yg harusnya positif malah mendatangkan mudhorot..

    BalasHapus
  19. Mulai susah lagi ni Bang blognya dibuka, dari kemarin pengin komen tp ndak bisa milih profil cuma icon panah turun aja ndak ada pilihan profilnya, mau komen sebagai apa.


    hmmmm... buat saya tetap, blog yg paling saya utamakan, facebook hanya sekedar ampiran.

    BalasHapus
  20. Yah, namanya juga FACEBOOK. Penggunanya sudah mencapai 300 juta diseluruh dunia...

    BalasHapus
  21. klau aq jg pnya FB sob nmun jrank bgt aq bka cz msih sneng ngeblog dri pd FB n ngeblog lbih bnyak tantanganya... Info yg sgt bermanfaat buat aq sob... lanjutkan

    BalasHapus
  22. saya termasuk orang yang tercengan dengan fenomenalnya facebook, gak jauh2 teman-teman alias tetangga di kampung banyak yang keranjingan facebook,,, bahkan eksistensi pun seolah diukur dengan punya tidaknya akun difacebook,,,
    namun ada pelajaran berharga di balik fenomena ini ...

    BalasHapus
  23. facebook buat sayah untuk menyimpan quotes2 saya yg pendek2, ato lirik lagu, ato quotes orang yg inspiring, ato hal2 lucu lainnya :D

    kadang merasa juga siy, kalo mo posting itu kadang jadi telat ato jadi lama banget gegara sibuk monitoring pesbuk, hehe..

    ..oia, juga buat menelusuri teman lama, heheu... yahh pakenya yg proporsional sajalah..

    BalasHapus
  24. edede facebook mantap mentong. biar anak SD adaji Facebooknya :)

    BalasHapus
  25. ya amppun ganti status pas ijab kabul kek apa ituu?? bisa2 dipenthungi penghulunya ya...
    bisa-bisa ga jadi saaaahhhh... hehehe

    bang iwan tak bagi ewot ya... :p
    tengkyu..tengkyu..

    BalasHapus
  26. Video ini memang keterlaluan.. beritanya udah santer di Aussie dari beberapa minggu lalu.. tapi, saya udah ga suka facebookan lagi, Mas.. Blogging aja.. lebih ber-ekspresi gituuu..

    Lah, Mas boleh ambil semua awardnya.. kok!
    (kan sudah saya persilahkan.. :)

    BalasHapus
  27. duLu jg Facebook bwat saya maLas bLogwaLking...

    BalasHapus
  28. Walah, aneh-ane aja orang ini. Masa iya upacara sesakral pernikahan pake diselingi update status. Kecuali jika ia menganggap ucapara tersebut tidak sakral, maka itu lain hal. ^_^

    BalasHapus
  29. hauahuahauh cerita yang menarik pak iwann!! gile juga populer dengan cara kayak gitu.. nanti saya ikutan ah... prita dah populer,, dana dah populer,, masa saya belum.................

    kalau tanggapan terhadap email temannya pak Iwan,, yaaaa,,, tenang saja Facebook itu kan media berekspresi, lautan informasi tidak ada yang punya, kalau tidak suka tidak usah lihat informasinya.

    Saya pernah posting status aneh di facebook yang membuat salah satu anggota keluarga menjadi agak marah,, ini terjadi sebelum facebook mengeluarkan aplikasi tentang status privacy, tapi sekarang kan bisa diset friend only, everyone, atau costumize. Jadi saya tidak perlu khawatir. Dan tidak perlu khawatir pula akan aib saya diketahui oleh orang lain.. :)

    Rupanya Zuckerberg telah berpikir soal ini juga pak Iwan.. :)

    BalasHapus
  30. ya ampuuun..ampe sebegitunya yaaa..

    candu facebook tuh namanya..

    cik cik cik cik

    BalasHapus
  31. banyak juga manfaat yang kita dapat dari facebook. cuma bisa juga mendatangkan kemudharatan jika tidak dikendalikan dengan baik. :)

    BalasHapus
  32. wah itu sih facebook kill everything segitu pentingnya ya update status

    BalasHapus
  33. hahaa, lebay bgt pengantin cowonya. curiga malem pertama jg d interupsi buat ngupdate status dulu.. :D

    BalasHapus
  34. sama, saya juga lebih suka blogging mas... sudah agak lama sih males fban. fren request selalu banyak dan menumpuk, tapi saya jarang mengaprove kecuali temen2 sekolah, kuliah, temen ngeblog, atau temen yag mutual friendnya dengan saya banyak..

    BalasHapus
  35. Sbnarnya sama FB hanya skdar punya (Maklum orang IT qn harus Update trus tntang ginian,hhe) dan kbnyakan FB saya, saya gunakan buat Promosi blog saya ktimbang buat hal2 yang di lakukkan sprti yg di atas tadi...

    BalasHapus
  36. Bagi saya FB seperlunya, sebutuhnya saja, hehe.

    BalasHapus
  37. waduh, niat banget tuh ya. saya sih gak segitu rajinnya update status.

    BalasHapus
  38. Kalo menurut saya, itu semua dari diri kita masing2 aja mas...
    Bagaimana cara kita dalam memposisikan diri kita sebaik mungkin di dalam situs pertemanan tersebut :)

    BalasHapus
  39. itulah dunia social nerworking bang.....sarat akan kesenangan maupun kemaksiatan...tapi havefun ajalah kita ambil yang positif dan buang negatifnya bener ga?hehe...bang....bang setyawan guru?betulkah?mohon saran atas apa yang baru saja saya tulis tentang guru ya bang.....

    BalasHapus
  40. Iya bang...media pertemanan seperti fb dan twitter udah memasyarakat, sehingga ada sebagian org yang salah kaprah memanfaatkannya utk hal2 yg bersifat rahasia pribadi jd konsumsi publik..

    BalasHapus
  41. selamat malem ya bang...saya tunggu loh....

    BalasHapus
  42. iyong punya facebook tapi jarang tak tengok,cuma pengin tahu aja cara buatnya

    BalasHapus
  43. Sampai segitunya hsnya untuk facebook. ketenaran yang semu :)

    BalasHapus
  44. Facebook memang oke asal tepat menggunakannya..

    BalasHapus
  45. apapun kesenanangannya asal tak melanggar norma2 dan masi bs dikendalikan.. yah kendalikanlah, FB kan ga terlalu penting, FB sekadarnya aja^^, masi banyak hal lain yang lebih penting^^

    BalasHapus
  46. Ada-ada aja si mr Dana itu, jangan2 malam pertama cuma dihabiskan buat update status fb nih...he..he

    BalasHapus
  47. y cuma sebagai selingan aja kebetulan net nya lg baik y berkunjung ke fb liat kabar berita para sahabat,trus buar promosi blog ku.tp masih bisa kontrol

    BalasHapus
  48. Wah, hebat banget ya mas..
    bahkan disaat mengucapkan ikrar pernikahan pun masih sempat update status
    ga masalah sih, sepanjang dia nyaman. dan pasangannya juga nyaman..

    BalasHapus
  49. Facebook, alias fasbuk alias fb memang lagi...?? apa ya.. Pokoknya number one bagi kebanyakan orang.
    Setiap orang yang baru kenal dg dunia internet pasti mereka langsung ingin membuat fb, memang pengaruh fb luar biasa..
    Terimakasih infonya mas..

    BalasHapus
  50. klo udah kecanduan ama fesbuk semua hal bisa lupa.. dijamin.. jadi sebatas selingan aja.

    BalasHapus
  51. Komentar yang ke 55.

    Walaupun jauh tertinggal aku berusaha mengejar...

    Gak apa-apa kan kak...

    BalasHapus
  52. Salam ukhuwah,

    Fenomena Facebook memang sangat luar biasa.
    Ada yang berdampak positif dan ada yang berdampak negatif.

    Nice info.

    BalasHapus
  53. Namun jika di levelkan ke perselingkuhan dan cari sensasi saja kayaknya aku sangat tidak senang dengan facebook.

    Jika untuk saling menukar info positifm facebook jaringan dunia maya yang perlu dapat acungan jempol.

    Salam sukses selalu.

    BalasHapus
  54. kok ada yah orang yg model begitu.. weleh2..

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger