Home » , , » PISANG EPE KULINER KHAS MAKASSAR

PISANG EPE KULINER KHAS MAKASSAR

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, Desember 15, 2009 | 12/15/2009

Makassar yang merupakan salah satu kota di Sulawesi Selatan menyimpan kenikmatan kuliner yang unik. Jajanan khas ini sangat menarik untuk dinikmati bagi siapapun. Rasanya tak lengkap jika datang ke kota Makassar tidak menikmati Pisang Epe atau pisang press. Dimana pisang epe memiliki ciri khas diolah dengan dipress terlebih dahulu sebelum disajikan.

Tentu bagi orang Makassar tidaklah aneh menikmati cemilan dengan nama Pisang Epe ini. Dalam pengolahannya pisang epe yang sudah dibakar dan pres ini, disuguhkan dengan taburan kelapa dan disiram kinca gula merah dan duren. Hmmm... rasanya dijamin akan membuat lidah anda bergoyang karena nikmatnya.

Lezatnya pisang epe sudah terkenal ke berbagai pelosok tanah air. Bahkan orang dari luar daerah Makassar juga menyukai panganan ini. Apalagi bila dinikmati pada malam hari.Jadi bagi Anda yang suka camilan, tidak ada salahnya mencoba Pisang Epe, dijamin Anda akan ketagihan akan camilan enak dari Makassar ini.

Berikut resepnya :

Bahan:

* 1 sisir pisang kepok yang tua, dikupas

Bahan Saus:

* 250 gram gula merah, disisir tipis
* 100 ml air
* 5 mata durian matang, buang bijinya
* 1/4 sendok teh garam
* 1 lembar daun pandan

Cara membuatnya:
  • Bakar pisang diatas bara api sambil dibolak balik hingga harum dan matang.
  • Rebus gula merah, air daun pandan sampai mendidih. Tambahkan garam dan durian. Rebus sampai kental.
  • Susun pisang di atas piring, siram saus sebelum disajikan.

Videonya dapat dilihat disini.

Mungkin karena Bang Attayaya masih terhabituasi dengan Pisang Epe' waktu ke Makassar beberapa waktu yang lalu, sehingga dalam postingannya disini, Bang Atta menganugerahkan saya sebuah Award dengan Aroma Pisang Epe'..... yang menurut penuturannya "Award ini boleh di epe, terus dikasi gula merah cair, terus dikasi parutan kelapa agak muda. hmmmmmmmmmm.... yummyyy..... jiahahahahaha......"


Makasih banyak Bang... atas Awardnya. Saya dengan Dek Munir udah nikmatin sebagai pengusir rasa sepi.......

Award ini selanjutnya saya serahkan pada Anindya Rahadi, yang juga sebagai ucapan terima kasih telah menganugerahkan saya sebuah Award yang cantik, sama dengan si Pemberi .


Untuk selanjutnya kedua Award diatas saya persembahkan Buat Ira Rachmawati, semoga dapat mengobati kerinduannya akan kampung halaman Bumi Butta Karaeng.




Share this article :

48 comments:

  1. Wah,enak sepertinya.Thanks resepnya juga bro.
    Dan selamat awadnya.

    BalasHapus
  2. Wah,tumben kali ini mudah komen

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak resepinya sahabat ^_^

    BalasHapus
  4. Wah..sepertinya nikmat banget nih bang pisang epenya ...resepnya boleh diambil ya bang ,mau langsung dipraktekin ..mumpung musim durian hehe..

    Selamat bang atas awardnya...

    BalasHapus
  5. Saya pernah lihat di TV One waktu wawancara dengan JK di pantai losari, kayaknya enak yaa... apalagi kalau di pinggir pantai berduaan ditemani anak-anak
    seruuuu

    BalasHapus
  6. mau dong...kayaknya enak tuh pisang epe.

    BalasHapus
  7. Malupukka' usedding mitai resepta' daeng hehehe..(bhs. Bugis) g artinya: "Aku jadi lapar setelah baca postingannya abang hehehehe"

    BalasHapus
  8. kayaknya paling pas tuh kalo ditemani kopi nyam nyam uenak rek..

    BalasHapus
  9. cleguk! jadi ngiler.com neh bang! apa kudu ke Makassar untuk bisa menikmati pisang ini?

    BalasHapus
  10. siang-siang saya sudah ngiler.......

    BalasHapus
  11. makasih banyak bang atas pisang epe-nya
    memang nikmat sekali
    hmmmm.......... yummmyyy...

    terima kasih banyak telah memajang
    "Award rasa pisang epe"

    hehehehehe.......

    BalasHapus
  12. wuaaaaaaahhh liat photonya uennakk tenan...
    Tentu bagi orang Makassar tidaklah aneh menikmati cemilan... >>> sebenernya waktu pertama nyobain sih saya berasa aneh lho...wkwkwkwk... maklum makannya yaa wkt di pantai losari itu setelah kian puluh tahun dirantau...

    BalasHapus
  13. Kayaknya enak nih. Ntar kalo ke makasar aku cicipin. salam

    BalasHapus
  14. salam sobat
    wah enak tuh pisang epenya,,komplit dengan resepnya juga nich,,,
    selamat atas AWARDnya..
    semoga makin sukses Bang Setiawan.

    BalasHapus
  15. wew.. pisang. kelapa muda, duren, sumpah bikin ngileeeeer.... mau mau mau

    BalasHapus
  16. dri pandangan pertama terlihat kalau makanan ini pasti manisss

    BalasHapus
  17. Wahhh.. kok pisangnya dicampur duren?
    *mikir...

    BalasHapus
  18. wah jadi pengen ngrasain pisang epe....

    dan slamt sob award yang d dapatkan lagi moga tambah sukses

    BalasHapus
  19. Pasti enak, pingin merasakan ... copy resep ...biar isteri dan anak-anak yang buat ... makan rame-rame ...... eunak tenan! Aroma nya sudah terbayang!
    O ya selamat atas awardnya! Sukses!

    BalasHapus
  20. moga bisa masuk komentar ane hari ini.. bismillaahirrohmaanirrohiim..

    yummy nampaknya lezat sekali mas.. izin cata resepnya biar nanti minta buatin ibu di rumah.
    thanks 4 sharing

    BalasHapus
  21. enak mana sama pisang ijo bang.....?
    kangen jg sama makassar bang.. :)

    BalasHapus
  22. wakh bacanya jadi ngiler nih om.....hmmmm awardsnya banyak sekali dan keren kren.....JR dateng lagi untuk absen malam ini

    BalasHapus
  23. mau coba ah...

    selamat buat awardnya...

    BalasHapus
  24. wah saya belom pernah ke makassar.. kalo di resto2 jakarta ada yang jual ga?

    BalasHapus
  25. makasih oom.. aku bawa ke rumah deh awardnya ;)

    aku suka pisaaangg!!! apalagi dibakar.maumau..

    BalasHapus
  26. bang, makassar tuh doyan banget sama pisang ya. di tempat saya ada es pisang ijo tuh. sueger klo pas buka puasa :D

    simpen ah resepnya....

    BalasHapus
  27. jaDi pengen buat nich..,

    BalasHapus
  28. mau dunk Om dikirimin, ngga bisa ni klo musti bikin ndiri :D [males dotcom]

    selamat yah awardnya, banyak temen, karena berjiwa sosial tinggi, cielaaaaaaa bahasaku :D

    BalasHapus
  29. Makanan sedep!! ditambah award sedep!
    Ach jadi ngiler bang! hehehe
    Apa kabar bang? Kangen juga rasanya, sudah lama saya ga bisa ngasih koment. Ga tau kenapa, laptop pinjeman kali?!

    BalasHapus
  30. hmmmmm jadi inget ma pisang goreng keju nih....yummmy........

    BalasHapus
  31. selamat om....atas awardnya...suka wisata kuliner juga ya????

    BalasHapus
  32. Wah sayang aku ga senang duren mas, tapi kayaknya kalo ga pake duren enak juga tuh dinikmati pas dingin2... Selamat ya buat pisang epe-nya..eh..awardnya!

    BalasHapus
  33. Kang ....
    Resep pisang epenya aku copas ...
    Mau bikin surprise di rumah.

    BalasHapus
  34. wah enak bgt tuch keliatannya ... thx's kawan infonya ... jadi tmbh thu

    BalasHapus
  35. Pisang epe, hm...kelihatannya enak tuh. Mau dong, siapa ya yang mau kirimi saya, hehe.

    BalasHapus
  36. Huhuhu,... saya tidak suka pisang atau makanan apapun yang mengandung pisang... apalagi pepaya, wuakakakak....

    BalasHapus
  37. Wah!!! Enyaknya.. tp jangan pake durian bs ga?? daku ga suka durian.. ga suka banget . bs2 muntah :(

    BalasHapus
  38. Dari dulu saya pengen coba pisang epe tapi gag kesampaian. Untung si agan posting ini jadi bisa buat sendiri. Mudah2an aja enak.. :D

    BalasHapus
  39. sore begini enaknya makan pisang epe, ditemani teh panas dan sebatang rokok dji sam soe

    BalasHapus
  40. baca postingan ini benar2 membayangkan kenikmatan rasa Pisang Epe,,,
    asli belum pernah nyobain,,,
    di Bandung ada ga ya,,,
    tapi ada resepnya juga,,, kalo dicoba sepertinya mantap nih

    BalasHapus
  41. eh,, ada awardnya juga ya,,, selamat ya atas awardnya ,,,
    keren abisss

    BalasHapus
  42. annyamanna karaeng pisang epe'...
    tp nda kusukaki sy klo ada rasa durianna, yg rasa cokelat juga adami bang.

    BalasHapus
  43. Mantaps sekali bang...
    enak deh...kaya kolak pisang ya?
    eh bukan deng
    ya kayak pisang epe

    BalasHapus
  44. Semoga Sukses Segala Kinerjanya

    Terus Berkarya
    ----------------->
    Salam Sastra

    Kumpulan Puisi Acep Zamzam Noor, Artikel Budaya, Artikel Sastra, Artikel Sosial,

    Artikel Seni, Lukisan Acep Zamzam Noor dapat di update pada Blog

    http://acepzamzamnoor.blogspot.com

    Selamat Berapresiasi
    ----------------------------

    Salam musik Indonesia

    band ternama, directory pop, lirik pop, lagu pop, pop lyric, free pop lyric, lirik

    pop gratis, kumpulan lirik pop, lirik pop melayu, tembang pop lengkap ada di

    http://popindonesia.co.cc

    Selamat Bersenandung Ria
    ------------------------------

    Salam Dangdut

    goyang dangdut, directory dangdut, lirik dangdut, jago dangdut, dangdut lyric, free

    dangdut lyric, lirik dangdut koplo, direktori lirik dangdut, hot dangdut lengkap

    bisa dikunjungi di http://goyangdangdut.co.cc

    Salam Dangdut
    ---------------------

    Salam Karya

    Kumpulan puisi, Kumpulan Cerpen, Artikel Bebas, Gita Lirik, Otodidak Computer

    silakan kunjungi di http://kobongsastracipasung.blogspot.com

    Selamat Berapresiasi
    ------------------------

    Terima Kasih

    BalasHapus
  45. wuuiih.....
    jadi kepengen nyobain tuh...\aku juga suka ama yg namanya durian sama pisang...jadi pasti enak dimakan tuh....
    nyam nyam

    BalasHapus
  46. Salam Kuliner,

    Wah kak pisang epe kayaknya sangat menggairahkan untuk di cicipi.

    Pingin pingin pingin...

    BalasHapus
  47. Kuliner yang lain di tunggu deh kak.
    Jadi pingin main ke makassar...

    Sangat mantab infonya.

    BalasHapus
  48. Awardnya sangat keren...
    Semoga dengan award kita semakin bersemangat berjalan dunia maya.

    Kalau kuliner di daerahku hanya kecap cap udang.
    hik hik

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger