Home » » INDAHNYA BERSYUKUR

INDAHNYA BERSYUKUR

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Desember 26, 2009 | 12/26/2009

bersyukur
AKU TAK SELALU MENDAPATKAN APA YANG KUSUKAI, OLEH KARENA ITU AKU SELALU MENYUKAI APAPUN YANG AKU DAPATKAN.

Kata-Kata diatas merupakan wujud syukur. Syukur merupakan kualitas hati yang terpenting. Dengan bersyukur kita akan senantiasa diliputi rasa damai, tentram dan bahagia. Sebaliknya, perasaan tak bersyukur akan senantiasa membebani kita. Kita akan selalu merasa kurang dan tak bahagia.

Ada dua hal yang sering membuat kita tak bersyukur.
Pertama : Kita Sering memfokuskan diri pada apa yang kita inginkan, bukan pada apa yang kita miliki. Katakanlah anda telah memiliki sebuah rumah, kendaraan, pekerjaan tetap, dan pasangan yang terbaik. Tapi anda masih merasa kurang. Pikiran anda dipenuhi berbagai target dan keinginan. Anda begitu terobsesi oleh rumah yang besar dan indah,mobil mewah, serta pekerjaan yang mendatangkan lebih banyak uang.

Kita ingin ini dan itu. Bila tak mendapatkannya kita terus memikirkannya. Tapi anehnya, walaupun sudah mendapatkannya, kita hanya menikmati kesenangan sesaat. Kita tetap tak puas, kita ingin yang lebih lagi. Jadi, betapapun banyaknya harta yang kita miliki, kita tak pernah menjadi "KAYA" dalam arti yang sesungguhnya.

Mari kita luruskan pengertian kita mengenai orang "kaya". Orang yang "kaya" bukanlah orang yang memiliki banyak hal, tetapi orang yang dapat menikmati apapun yang mereka miliki.

Tentunya boleh-boleh saja kita memiliki keinginan, tapi kita perlu menyadari bahwa inilah akar perasaan tak tenteram. Kita dapat mengubah perasaan ini dengan berfokus pada apa yang sudah kita miliki. Cobalah lihat keadaan di sekeliling Anda, pikirkan yang Anda miliki, dan syukurilah. Anda akan merasakan nikmatnya hidup.

Mari pusatkan perhatian kita pada sifat-sifat baik atasan, pasangan, dan orang-orang di sekitar kita. Mereka pasti akan menjadi lebih menyenangkan.

Seorang pengarang pernah mengatakan, "Menikahlah dengan orang yang Anda cintai, setelah itu cintailah orang yang Anda nikahi." Ini perwujudan rasa syukur.

Saya pernah membaca sebuah cerita tentang seorang kakek yang mengeluh karena tak dapat membeli sepatu, padahal sepatunya sudah lama rusak. Suatu sore ia melihat seseorang yang tak mempunyai kaki, tapi tetap ceria. Saat itu juga si kakek berhenti mengeluh dan mulai bersyukur.

Hal kedua yang sering membuat kita tak bersyukur adalah kecenderungan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Kita merasa orang lain lebih beruntung. Kemanapun kita pergi, selalu ada orang yang lebih pandai, lebih tampan, lebih cantik, lebih percaya diri, dan lebih kaya dari kita.

Rumput tetangga memang sering kelihatan lebih hijau dari rumput di pekarangan sendiri.........

Hidup akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kita miliki. Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi.

Mungkin kita pernah membaca sebuah kisah tentang seorang ibu yang sedang terapung di laut karena kapalnya karam, namun tetap berbahagia. Ketika ditanya kenapa demikian, ia menjawab, "Saya mempunyai dua anak laki-laki. Yang pertama sudah meninggal, yang kedua hidup ditanah seberang. Kalau berhasil selamat, saya sangat bahagia karena dapat berjumpa dengan anak kedua saya. Tetapi kalaupun mati tenggelam, saya juga akan berbahagia karena saya akan berjumpa dengan anak pertama saya di surga." Subhanallah...

Bersyukurlah !

Bersyukurlah bahwa kita belum siap memiliki segala sesuatu yang kita inginkan .....
Seandainya sudah, apalagi yang harus diinginkan ?

Bersyukurlah apabila kita tidak tahu sesuatu ...
Karena itu memberikan kita kesempatan untuk belajar ...

Bersyukurlah untuk masa-masa sulit ...
Di masa itulah kita bisa tumbuh ...

Bersyukurlah untuk segala keterbatasan kita ...
Karena itu memberimu kesempatan untuk berkembang dan memperbaiki diri...

Bersyukurlah untuk setiap tantangan baru ...
Karena itu akan membangun kekuatan dan karakter kita...

Bersyukurlah untuk kesalahan yang pernah kita buat ...
Karena itu akan memberikan pembelajaran yang berharga tuk menjadi lebih baik......

Bersyukurlah bila kita lelah,letih dan tak berdaya...
Karena pada dasarnya kita telah membuat suatu perbedaan dalam memanfaatkan waktu......

Mungkin mudah untuk kita bersyukur akan hal-hal yang baik...
Hidup yang berkelimpahan datang pada mereka yang juga bersyukur akan masa surut...

Rasa syukur dapat mengubah hal yang negatif menjadi positif .
Kehidupan yg bermakna adalah bagi mereka yg juga bersyukur atas kesulitan yg dihadapi

Temukan cara bersyukur akan masalah-masalah yang kita temui niscaya semua itu akan menjadi berkah bagi kita ...

Mari Sahabat...
Marilah kita semua lebih mendekat pada Allah
Agar tunduk saat yang lain Angkuh,
Agar teguh saat yang lain Runtuh,
Agar tegar saat yang lain terkapar.


Share this article :

48 comments:

  1. Bersyukur dalam kebahagiaan itu biasa tapi bersyukur dalam kesulitan adalah luar biasa...
    Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang bersyukur amin...

    Terimakasih atas pencerahannya seperti biasa.

    BalasHapus
  2. Yup betul sekali Bang Iwan, bersyukur adalah salah satu cara meraih kebahagiaan hidup,

    nice sharing, makasih atas pencerahan ini.

    BalasHapus
  3. Jangan lihat isi dompet orang lain. Syukuri isi dompet kita sendiri.

    Bersyukur membuat hati tentram dan bahagia. Semakin banyak bersyukur semakin bahagia.

    Salam Kreatif, salam sukses dan salam bahagia selalu.

    BalasHapus
  4. bersyukur membuat kita damai, betulll

    BalasHapus
  5. saya setuju ma ateh76 "smoga kita senantiasa termasuk org2 yg biasa bersyukur akn apa yg Tuhan berikan pD kita..."

    BalasHapus
  6. mari bro.Postingan yang mencerahkan hati.

    BalasHapus
  7. Semoga saya termasuk orang2 yang pandai bersyukur atas rahmat & karuniaNya...

    BalasHapus
  8. bahasa jawanya: "nrima ing pandum", bersyukur setiap saat, sepanjang waktu, setiap hari, sepanjang hati....

    BalasHapus
  9. Semoga kita semua menjadi orang yang selalu bersyukur.

    BalasHapus
  10. bersyukur akan menghasilkan kebahagiaan
    bener...

    BalasHapus
  11. Bersyukur membuat kita jauh lebih nyaman menerima keadaan

    BalasHapus
  12. bersyukur membuat hidup ku lebih berarti ...

    BalasHapus
  13. pencerahan yg luar biasa. ternyata kita sering lupa pada apa yang sudah kita punya

    BalasHapus
  14. bersyukur masih bisa bw kemari. nice post, pak

    BalasHapus
  15. astaghfirullahaladzim.. kadang saya suka bahkan sering gitu tak puas dengan apa yang telah dimiliki. Kadang Susah sekali bersikap tulus dan ikhlas dengan apa yang telah Allah berikan kepada kita .. seolah lupa akan ribuan bahkan jutaan nikmat lain yang telah diterima...semoga Allah SWT mengampuni kita.. amin ..makasih atas pencerahannya

    BalasHapus
  16. lanjutan posting kemaren nih bang,,, duuh jadi malu pisan ma diri sendiri...:(
    kurang bersyukur sama yg dimiliki...kepengen sesuatu yg belum tentu dibutuhkan...
    Tq lagi buat petromaknya bang :)

    BalasHapus
  17. alangkah banyaknya nikmat Allah meski dikumpulkan air laut sebagai tinta dan semua ranting di bummi sebagai pena tidak akan sanggup untuk menulis semua niikmat Nya

    BalasHapus
  18. terimakasih atas pencerahannya kanda

    BalasHapus
  19. Siiip. Bersyukur selalu melegakan dan membuat jiwa menjadi lapang. Nice post bang Iwan.

    BalasHapus
  20. hehehehe... memang susyha yah pak buat bersyukur... namanya manusia.. pasti banyak maunyah....

    BalasHapus
  21. Mudah2an saya termasuk salah satu orang yang bersyukur di dunia ini.

    BalasHapus
  22. Dengan membaca pencerahan Bang Iwan, ternyata saya termasuk orang yang kurang bersyukur! Semoga Allah memaafkannya dan memberi kesempatan kepada kita semua untuk mensyukuri segala yang telah dan akan kita nikmati! Amin!

    BalasHapus
  23. Sebuah kenikmatan tiada tara ketika kita bisa bersyukur dengan ikhlas.

    BalasHapus
  24. Subhanallah. Artikel pencerahan yang luar biasa. Mari bersyukur kepada-Nya atas segala yang telah Dia anugerahkan.

    BalasHapus
  25. Bersyukur dengan tulus harus membutuhkan kekhusukan pada diri kita.

    Biasanya kita bersukur jika mendapat hal-hal yang menggembirakan.
    Kadang lupa bersyukur jika sedang di landa kesusahan.

    Pendidikkan tentang bersyukur harus mulai di tanamkan dari usia dini.

    BalasHapus
  26. Bersyukur dimana saja dan kapan saja.
    Jika gak ada guru yang memberi tahu,
    Kita pasti gak akan tahu.

    Indahnya bersyukur sangat membantu bermanfaat bagi saya.

    Amin

    BalasHapus
  27. Betul.. kita harus bersyukur.. tapi namanya juga manusia.. huhuuhu ga pernah ada puasnya donk.. heehehe.. apalagi saya.. udah dapet ini mau itu..

    BalasHapus
  28. sori sob baru mampir....memang kita harus selalu bersyukur..walau top commentator error...hehehe..tapi hanya sekedar berita ni sob..kenapa top commentator error??

    http://www.hapiamesir.org/2009/12/memasang-widget-jumlah-post.html

    harus bersyukur akan apa yang terjadi...

    BalasHapus
  29. Saya akan senantiasa Camkan postingan ini..
    Makasih banyak Ayah...

    BalasHapus
  30. Aku belum sempat update Blog,... masih sibuk dengan kegiatan Ulangan dan Porseni.
    Maaf...

    BalasHapus
  31. ya kalo ga mau bersyukur ya jadinya kufur deh,,..

    nice post bro..

    BalasHapus
  32. Hidup akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kita miliki. Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi. setuju bro....

    BalasHapus
  33. alhamdulillah, aku selalu bersyukur dengan kekurangan dan kelebihan yang ada di diriku...sukron alhamdulillah

    BalasHapus
  34. JANGAN BERSYUKUR KARENA BAHAGIA,Tapi Berbahagialah karena kita bersyukur. Live for ove or love for live????

    BalasHapus
  35. bener bgt, sering membanding2kan kita dgn orang lain justru membuat kita tak bersyukur...

    nice posting bang...

    BalasHapus
  36. mensyukuri nikmatnya adalah salah satu kunci mendapat kebahagiaan,
    Nice posting...
    Terima kasih pencerahannya.
    Salam sukses!

    BalasHapus
  37. Terima kasih sekali Bang.., artikelnya mantap banget. Aku suka sekali membacanya dan semoga aku makin pandai mensyukuri nikmat.

    Ijin copy beberapa kalimat utk aku share dg teman-2 di FB ya..? Thanks...

    BalasHapus
  38. s7 pak.. alhamdulilla hirobbil alamin :'(

    BalasHapus
  39. salam sahabat Terima kasih pencerahannya.
    Salam sukses!

    BalasHapus
  40. tepat sekali kawan, kita memang harus senantiasa bersyukur atas nikmat yang sudah kita peroleh ...
    Salam

    BalasHapus
  41. bagus ko...
    memang uda seharusnya kita sebagai manusia lebih banyak bersyukur tentang apa yang telah kita miliki. toh apa yang kita punya sekarang adalah apa yang sebenernya kita butuhkan...
    bersyukur memang bukan hanya sebagai rasa terimakasi atas apa yang kita inginkan, tapi juga mengenai kebutuhan kita yang udah terpenuhi.

    alhamdulillah..
    bisa meninggalkan jejak disini.

    BalasHapus
  42. Yup! syukurilah apa adanya, karena hidup adalah anugerah [liry d'masiv banget] hehehe..
    tp itu mang kenyataan, ya ga? qt mang mesti bersyukur!

    BalasHapus
  43. Untuk kisah kedua: seorang ibu di di atas kapal laut, benar-benar sangat inspiratif. Cerita yg begitu menggugah. Kisah bagaimana seorang proaktif merespon apapun yg terjadipadad dirinya.
    Good post Mas...

    BalasHapus
  44. rasa syukur membuatku menjadi sadar akan nikmat yang telah di berikan oleh yang Maha Pencipta

    BalasHapus
  45. aq berusaha u/ sll ttp bersyukur dengan apapun yg aq alami

    BalasHapus
  46. kata orang bersabar itu susah,,
    tapi bagi saya bersyukurlah yang paling susah dalam kehidupan ini...
    Sudah waktunya kita sebagai manusia yang hidup dengan meminjam nafas Tuhan,,harus bersyukur dari menghargai diri sendiri
    So, nikmatilah hidupmu dengan bersyukur..
    Trims atas pencerahannya..

    BalasHapus
  47. dengan bersyukur, kita akan membahagiakan diri kita sendiri..

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger