Home » » MUHAZABAH MALAM TAHUN BARU

MUHAZABAH MALAM TAHUN BARU

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Desember 18, 2009 | 12/18/2009

fajar 1431 H
Pergantian tahun Hijriyah saat postingan ini saya tulis menyisakan beberapa detik lagi dan tahun baru Masehi tinggal beberapa hari lagi.

Bagi kebanyakan orang, mereka merayakan malam pergantian tahun dengan berlibur ke suatu tempat, nonton pagelaran musik, nonton tv, bakar2 jagung sambil ngobrol, pergi ke tepi laut lalu ngelamun sambil memandang laut, begadang semalam suntuk, pesta kembang api, tiup terompet pada detik-detik memasuki tahun baru, wayang semalam suntuk bahkan tidak ketinggalan.

Belakangan ini nampaknya sudah mulai menjadi trend di beberapa tempat, merayakan tahun baru dengan mengadakan dzikir berjama’ah.

Aku teringat lagi dengan nasihat Almarhum Bapak saya. Beliau pernah berpesan , jika tahun baru akan tiba, hendaknya kita banyak bermuhasabah, melakukan evaluasi terhadap amal perbuatan yg kita lakukan. Rasululloh SAW sendiri sudah menyatakan bahwa manusia terbagi atas 3 golongan :
  • Golongan beruntung, jika hari ini lebih baik dari hari kemarin. Kaitannya dg artikel ini, amal perbuatannya hari ini lebih banyak daripada hari kemarin (serta maksiatnya lebih sedikit dibandingkan dg hari kemarin).
  • Golongan merugi, jika hari ini sama dengan hari kemarin. Dengan demikian, amal perbuatannya hari ini sama dengan hari kemarin.
  • Golongan celaka, jika hari ini lebih buruk daripada hari kemarin. Ini berarti, amal perbuatannya hari ini lebih sedikit dibandingkan hari kemarin.
So, akhirnya aku lebih memilih untuk bermuhasabah saja dalam menyongsong tahun baru, tidak perlu neko-neko, beramal tanpa tuntunan (contoh) dari Rasululloh SAW, apalagi menghambur-hamburkan harta untuk foya-foya….

Ya Allah ya Tuhan kami
Berikan kekuatan lahir bathin bagi kami
Agar mudah bagi kami dalam melalui segala rintangan, tantangan, cobaan dan hambatan dalam hidup ini
Jangan Engkau berikan cobaan yg berat kepada kami
Yang tak sanggup kami pikul sebagaimana cobaan kepada pendahulu kami
Berikan kenikmatan, kemuliaan dan rejeki yg berlimpah kepada kami
Seperti yang telah Engkau berikan kepada pendahulu kami
Ampuni dosa kami, keluarga kami, para sahabat kami dan seluruh umat-Mu ini
Agar ringan langkah kami menapaki kehidupan ini
Ya Allah ya Tuhan kami
Jadikanlah anak cucu kami dan keturunan kami
Menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa, keluarga dan agama
Bekali mereka dengan rasa cinta kasih yang ikhlas
Hilangkan mereka dari sifat iri dan dengki
Tanamkanlah rasa cinta terhadap sesama kepada mereka
Sebagaimana kami mencintai mereka

Ya Tuhan Kami
Ridhoilah jalan kami
Tunjukkan yang benar itu benar
Tunjukkan yang salah itu salah
Kabulkanlah doa kami
Agar negeri ini bangkit dari keterpurukan
Agar negeri ini menjadi negeri yang di hormati
Karena kebersamaan dan persatuannya
karena keanekaragamannya
Karena kasih dan sayang antar sesamanya
Karena ke Bhineka Tunggal Ika-annya
Bukan menjadi negeri yang di cela
Karena perpecahannya dan perbedaannya
Karena korupsi dimana mana
Karena bencana tak jua reda

Ya Allah kami disini bersujud memohon Kepada-Mu
Kabulkanlah doa kami yang hina dihadapan-Mu
Yang berharap setitik kasih-Mu
Yang hanya bisa berharap dan meminta keridhoan-Mu
Amien Amin Amin Ya Rabbal Alamin.

Share this article :

58 comments:

  1. mengamankan rumah kakak yang pertamaxx

    BalasHapus
  2. Puisi yang indah dan bagus diaca oleh orang yang tersesat didalam kezaliman

    BalasHapus
  3. met tahun baRu 1431H...
    hanya biSa mengamankan yg ke-3 nich....,

    BalasHapus
  4. Semoga Islam tetap menjadi terdepan. Amiin. Selamat Tahun Baru Islam 1430 Hijriah.

    Puisi indah dan bernuansa religius, idiomatik dan majas yang pas. Sungguh indah kebersamaan dalam ukhuwah.

    BalasHapus
  5. maaf nih bang kayaknya sdalah ketik ya, seharusnya 1431 hehehe

    BalasHapus
  6. met tahun baru hijriah.... semoga selalu dilimpahi kesehatan.. amin./..

    BalasHapus
  7. Amiiin... 3x
    Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk kita semua.

    BalasHapus
  8. selamat hari raya

    BalasHapus
  9. tepat jam 12 mlm posting ini di terbitkan,smoga di tahun baru ini kita smua mendapat rahmatNYA,amin

    BalasHapus
  10. Amin. Tulisan indah bang. Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1431 H. Semoga hari esok yang sukses dan barokah menjadi milik kita semua.

    BalasHapus
  11. Wah2.. Baca tulisannya jadi takut....

    Coz aku merakyakan tahun baru dgn bakar, n liat kembang api....

    BalasHapus
  12. Amin....
    Semoga di tahun ini dan yang akan datang semakin baik, semakin berkah, semakin indah... dan kebatilan dimusnahkan olehNYA.
    Semoga semakin mempererat persahabatan.

    BalasHapus
  13. Amin.. semoga kita tetap mendapatkan berkah dan hidayahNya , semoga juga tahun ini akan lebih baik dari tahun kemarin.. selamat tahun baru Islam 1431 H

    BalasHapus
  14. selamat tahun baru Hijriah pak guru

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Selamat tahun baru Hijriyah juga Pak Harto....huuf tpi byk ya kaum muda sekarng yg gak tau tahun baru islam....

    BalasHapus
  18. Selamat tahun baru ya.... semoga tahun yang baru ini iman kita semakin kuat.. amin amin amin...

    BalasHapus
  19. datang lagi baca puisi bagus

    BalasHapus
  20. Met tahun Baru Hijriah ya.... semoga hari esok menjadi lebih baik...

    BalasHapus
  21. met tahun baru juga ya kang
    heheheh
    taun baru sekaligus long holiday
    enaknya buat jalan jalan sama nonto sang pemimpi nih hehehe

    BalasHapus
  22. selamat tahun baru Hijriah juga bang...

    libur panjang neehh,, pengen rasanya sekali-kali jalan2... udah jarang banget ngerasain liburan soalnya...

    BalasHapus
  23. selamat tahun baru ya kawan..

    BalasHapus
  24. nice post

    selamat tahun baru ya... semoga esok kita menjadi umat yang lebih baik. Amiin...

    BalasHapus
  25. amin...
    semoga hari esok membuat kita semua jadi lebih baik dari sebelumnya ...nice post bang...

    BalasHapus
  26. like this so much..

    jika kita mengetahui berapa banyak dosa yang akan kita bawa ke akhirat kelak, niscaya kita akan lebih banyak menangis dan sedikit tertawa..

    BalasHapus
  27. met tahun baru hijriyah 1 muharam 1431H, semoga tetap dalam golongan orang-orang yang bersyukur dan tidak merugi

    BalasHapus
  28. amin... untuk semua doamu bro...
    dan semoga kita semua termasuk ke dalam golongan beruntung.. amin..

    BalasHapus
  29. met tahun baru hijriyah 1 muharam 1431H bang kumis...

    BalasHapus
  30. iya oom, mari sama-sama muhasabah.. berkaca pada hari-hari lalu. awardnya sudah saya pasang..


    selamat tahun baru hijriah..

    tahun baru apapun, 1muharram atau tahun baru masehi(iya bener kan) tetep sama di rumahnya.. hehe

    BalasHapus
  31. amien amien ya robal alamin

    BalasHapus
  32. Amin. Amin ...semoga tahun depan kita semua menjadi lebih baik dari tahun kemarin.

    BalasHapus
  33. betul sangat betul, jalan ditempuh jangan sampai merugikan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Kita berharap menjadi contoh bagi anak dan keluarga dengan memilih metode merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1431 H dengan cara yang baik dan benar untuk memperoleh kebenaran yang lebih baik....Wassalam

    BalasHapus
  34. mohon maaf lahir batin, selamat tahun baru islam

    BalasHapus
  35. Semoga keselamatan dan kesehatan selalu di berikan pada kita semua.
    Selamat tahun baru 1431 h, semoga kita semua dijauhkan dari malapetaka dan mara bahaya oleh Allah Swt.
    Kak Amri...tuker link yuk?

    BalasHapus
  36. selamat tahun baru hijriah pak iwan...
    semoga harapan dan cita-cita bisa terwujud di tahun ini, amin

    BalasHapus
  37. Selamat tahun baru 1431 H, keep blogging...

    BalasHapus
  38. Mampir lagi bang....blog walking hehe

    BalasHapus
  39. Selamat tahun bru 1 muharam sob semoga di thun yg bru ini akan menjadi lbih baik...


    Ada Award buatmu sob klau berkenan mhon diambil

    BalasHapus
  40. Bener mas, lebih baik waktu yg ada kita gunakan utk hal-hal yg lebih baik daripada berhura-hura. Selamat tahun baru Hijriyah ya...

    BalasHapus
  41. Selamat Tahun baru 1431H. semoga kita termasuk dalam golongan yg beruntung

    BalasHapus
  42. beautiful.
    blog spongebob http://oke-sexoke.blogspot.com/

    BalasHapus
  43. ngelongi doso,jare 2012 kiamat,heheh..

    BalasHapus
  44. Selamat Tahun baru 1 Muharram 1431 H...moga tahun depan lebik baik dari pada tahun yang telah kita lewati...Amieen...

    BalasHapus
  45. amiin.. semoga Tahun baru menjadi tahun yang lebih baik buat kita umat muslim ya bang..

    BalasHapus
  46. semoga lebih baek dari tahun sebalumnya

    BalasHapus
  47. Met Tahun Baru Hijriah yah mas..
    Moon Maaf lahir bathin tuk kesalahan2 yang lalu.
    moga qt jadi muslim yang lebih baek dr taon lalu.

    BalasHapus
  48. Sama pak, saya tiap tahun baru juga ngga pernah neko2 alias dirumah aja ( habis ngga punya ongkos buat jalan2 sih..he..he ). Selamat tahun baru Hijriah, semoga kita dapat membawa hati kita hijrah ke arah yang lebih baik lagi...

    BalasHapus
  49. Selamat tahun baru Hijriah...
    semoga kita menjadi umat yang lebih baik... Amin.

    BalasHapus
  50. Tulisannya mantap bener bang...
    Suka aku membacanya...

    BalasHapus
  51. Selamat buat kita semua tahun baru tahun 1431 hijriah.

    BalasHapus
  52. Salam Ukhuwah...
    Semoga di tahun baru 1431 hijriah,
    kita di beri kesehatan...
    kemudahan rejeki...
    panjang umur...
    dan lancar blogwalkingnya.
    Amin

    BalasHapus
  53. amin ya allah ya robal allamin..

    BalasHapus
  54. rasanya cepet bgt udah ganti tahun lagi ya gan,sip gan artikel yang menarik.salam kenal

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger