Home » , » STEREOTIPE LAKI-LAKI

STEREOTIPE LAKI-LAKI

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Desember 19, 2009 | 12/19/2009

laki-laki
Perdebatan hebat di kalangan masyarakat bertumpu pada perbedaan persepsi dari segi sosial, intelektual, atau emosi antara lelaki dan perempuan. Perbedaan-perbedaan ini amat susah dihitung disebabkan alasan-alasan sains dan politik. Beberapa tuntutan stereotipe lelaki yang terkadang dikemukakan untuk perbandingan dengan perempuan adalah seperti berikut:
  • Lebih bersikap agresif dibandingkan perempuan. Bagaimanapun, dalam hubungan antarpribadi, sebagian besar penyelidikan mendapati bahwa keagresifan antara lelaki dan perempuan sama saja. Bagaimanapun, lelaki cenderung lebih agresif di luar rumah dan sebaliknya.
  • Lebih bersikap kompetitif, tetapi juga lebih keras kepala dibandingkan perempuan.
  • Mempunyai keyakinan diri lebih besar (malah terkadang sombong juga) dan mempertunjukkan kemahiran kepemimpinan yang lebih baik dibandingkan perempuan.
  • Lebih dapat mengedepankan akal dan emosi.
  • Mempunyai kemahiran teknis lebih besar dan pengurusan dibandingkan perempuan.
  • Lebih cenderung pada pemikiran abstrak dibandingkan perempuan.
  • Lebih kasar dibandingkan perempuan.
  • Lebih gemar bercakap dan lebih cenderung mencela saat orang sedang bercakap dibandingkan perempuan.
  • Lebih cenderung membuat perbedaan antara homoseksual dan lesbian.
  • Lebih cenderung menyindir dan menggunakan metafora dalam pembicaraan.
Sebagian dari perbedaan-perbedaan ini telah didukung oleh penyelidikan ilmiah, tetapi ada juga yang tidak. Semua ini harus diterima dengan hati-hati karena terdapat kelainan yang amat besar di kalangan lelaki dan perempuan. Beberapa stereotipe di atas tidak dilihat dari segi yang sama dengan masa kini (yaitu, penggunaannya dalam aspek dan lingkungan penghidupan yang tertentu, seperti kerja luar rumah) hingga abad ke-20, bermula dengan industri.

Dari segi rupa dan perawakan, tidak banyak lelaki menggunakan kosmetik atau pakaian yang secara umum terkait kepada perempuan. (karena biasanya yang berbuat demikian dikenal sebagai bencong alias waria, dalam bahasa Bugis dikenal dengan nama Calabai, Kawe-kawe, Saladewi).

~~~~~oo000oo~~~~

Dengan tidak merendahkan saudara saya yang berjenis kelamin Cewek (perempuan). Berikut ini saya sertakan sebuah Intermezo perbandingan antara Laki-laki dan perempuan yang dikirimkan ke email saya beberapa waktu yang lalu.

Meja kerja laki-laki berantakan
Kata Orang (KO) : Dia memang pekerja keras
Meja kerja perempuan berantakan
KO : Cewek apa'an tuh? Ngrapiin meja aja nggak becus..

Laki-laki bekerja menikah
KO : Dia pasti akan bekerja lebih baik karena hidupnya bakalan lebih teratur
Perempuan bekerja menikah
KO : Deeuuuuuu...paling entar habis hamil juga keluar dia..

Laki-laki ngobrol saat jam kerja
KO : Kalau udah ngomongin bisnis, lupa lunch.
Perempuan ngobrol saat jam kerja
KO : Dasar tukang ngrumpi !!!

Laki-laki nggak ada di meja kerja
KO : Sedang tugas luar
Perempuan nggak ada di meja kerja
KO : Jangan2 ngluyur ke mall

Laki-laki keluar dapet pekerjaan baru
KO : Emang pintar cari prospek dia...
Perempuan keluar dapet pekerjaan baru
KO : Emang perempuan nggak bisa dipercaya

Foto keluarga di meja laki-laki
KO : Hem...bapak teladan and setia
Foto keluarga di meja perempuan
KO : Ah dia sich emang mentingin keluarga daripada kerjaan...

Laki-laki selingkuh
KO : Memang kodratnya...
Perempuan selingkuh
KO : Idiiiihhhh amit-amit..

Laki-laki bujang usia tiga lima
KO : Matang..
Perempuan bujang usia tiga lima
KO : Perawan Tua

Laki-laki banyak teman lawan jenis
KO : Pasti humoris, enak diajak ngomong, pantes diajak jalan..
Perempuan banyak teman lawan jenis
KO : Piala bergilir ...

Laki-laki dapat promosi jabatan
KO : Emang kalo' prestasi bagus rejeki nggak kemana
Perempuan dapat promosi jabatan
KO : Ssstt..Boss ada mau tuh.

Laki-laki kepala botak
KO : Lambang bonafide and matang.
Perempuan kepala botak
KO : ... baru kena tipes.

Sungguh enak menjadi seorang Laki-laki, dan betapa sulitnya menjadi seorang perempuan.

~~~~~oo000oo~~~~


Untuk kita renungkan bersama Wahai saudaraku sesama Laki-laki:

Manakala kerutan diwajah kita mulai muncul, hal itu sebagai bukti, bahwa kita sudah berusaha sekuat daya pikir kita untuk mencari dan menemukan cara agar keluarga kita senantiasa berada dalam suasana keluarga yang sakinah.

Dan manakala badan ini sudah mulai bungkuk, semoga saja merupakan pertanda bahwa kita sudah berusaha menjadi Laki-laki yang bertanggung jawab terhadap seluruh keluarga, senantiasa berusaha mencurahkan sekuat tenaga serta segenap perasaan, kekuatan, keuletan demi kelangsungan hidup seluruh keluarga kita.

Kita diberikan tanggungjawab penuh sebagai pemimpin keluarga, sebagai tiang penyangga, agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Dan hanya inilah kelebihan yang kita miliki, walaupun sebenarnya tanggung-jawab ini adalah amanah di dunia dan akhirat yang harus kita pertanggungjawabkan kelak.

Share this article :

49 comments:

  1. Tausiahnya mencerahkan Kang...
    Jadi ingat yang ini nih ...

    Lelaki Oh Lelaki

    Lelaki
    Legowo
    Letih lelah
    Layani
    Lelaku wanita

    Lelaki
    Lupa luluh
    Luka laranya
    Lantaran
    Lelaku wanita

    Lelaki
    Luka hati
    Luluh lantak
    Lantaran
    Lelaku wanita

    Lelaki
    Letih lelah
    Lari ke tepian hati
    Linglung hadapi
    Lelaku wanita

    Lelaki
    Ladang
    Lahan
    Lika liku
    Lelaku wanita

    Lelaki oh lelaki
    Lara sunggguh
    Lakonmu

    Bukankah mereka tercipta dari tulang rusukmu ?.
    Bukankah mereka adalah bundamu dan juga bunda dari anak-anakmu ?.

    BalasHapus
  2. Dan wanitalah yang menggenapkan peran lelaki dalam rumah tangga maupun dalam peran publik.
    'Hunna libaasullakum wa antum libaasullahunna'= Dia adalah pakain bagi suami dan suami adalah pakaian bagi istrinya. (QS. Al-Baqarah 188)

    Bang, selamat Tahun Baru 1431 H.
    Salam buat keluarga yaaa

    BalasHapus
  3. Pak Kabasaran kalo kasih komen selalu bersajak..
    TOP DEh
    begitulah susahnya jadi perempuan pak..
    tapi sesusah2nya saya jadi perempuan saya gak mau operasi kelamin jadi laki2
    he..he

    BalasHapus
  4. Hehehe. Dan sebagai perempuan, saya gak mau mikirin kesusahan menjadi perempuan, wong kadang saya lupa kalau saya perempuan ( becanda bang). Pada dasarnya, laki-laki atau perempuan memiliki kenikmatan dan kesulitan pada tempatnya masing-masing. Seri lah.

    BalasHapus
  5. pokoknya daku bersyukur jadi perempuan, walaupun pandangan orang gmn gitu, cuek aja.. auk ahh gelap. wekekeke

    BalasHapus
  6. Yang dirinya merasa lelaki ya ..hehe...tapi memang benar semua yang ditulis diatas begitulah lelaki dan beginilah perempuan...

    Tausiah yang mantav bang ...

    BalasHapus
  7. Selalu ada wanita hebat dibalik sukses sosok lelaki....
    semua indah dan saling melengkapi jika sesuai kodrat.

    makasih atas pencerahannya bang

    BalasHapus
  8. HA..HA...LAKI2 EMANG HARUS GITU ......
    DAN CEWK JUGA HARUS DI NGERTIIN AND BUTUH LAKI-LAKI.........

    BalasHapus
  9. mank ya laki2 sLaLu yg no.1...

    BalasHapus
  10. aiihh,, emg banyak hal yg bikin ga enak jadi perempuan... tapi aku bangga jadi perempuan... dibalik laki2 yg sukses ada perempuan di belakangnya :)

    BalasHapus
  11. pantesan laki2 lebih byk yg egois ketimbang perempuan. hehehe..udah dari sononya sih ya.

    BalasHapus
  12. hemmm....
    emang ada perbedaannya...

    lelaki => 1% perasaan, 99% logika
    perempuan=> 1% logika, 99% perasaan

    cew emang lebih dominan menggunakan perasaan!!!
    nice posting bang :)

    BalasHapus
  13. Subhanallah. Artikel yang benar-benar mantap, bang.

    BalasHapus
  14. Intermezo segar di akhir pekan, daeng.

    BalasHapus
  15. laki-laki adalah pemimpin

    ini ada tambahan :
    - laki-laki membayar agak mahal atas barang yang memang sangat diperlukan

    - perempuan membayar mahal atas barang yang tidak diperlukan (boros neh)

    BalasHapus
  16. Ke tanah abang beli mangga
    Harganya 7 juta
    Capcus banget postingannya
    Bikin kesengsem hati hamba
    (Pantun: mode LEBAY)

    Salam ‘Blog’!!
    Bagaimana kabar …..? Semoga sehat-sehat saja..
    Ngems2" wah disana kayaknya kaumnya kita enak banget ya......???? Hahahaha.....
    Selingkuh kok udah kodratnya, jangan gitu bang....... TEtap aja ngga boleh.... Hawawawawawawa.... Tapi menuruku, mau laki atau perempuan itu juga tergantung dari kepribadiannya,,, banyak kok teman saya yang pekerja keras tapi dia begitu necis, rapi..... ya perfeksionis gitu.... PA mungkin dia gitu ya????? hahahaha"

    -_-_-_-_-_-_-”Cosmorary” -_-_-_-_-_-_-
    -_-_-_-_-_-_-Cosmopolitan-_-_-_-_-_-_-
    -_-_-_-_-_-_-_-_-And -_-_-_-_-_-_-_-_-
    -_-_-_-_-_-_-_-Literary -_-_-_-_-_-_-_-
    Ttd: aviorclef - www.cosmorary.com
    “”Jaga badan selalu, setiap hari, biar tetap sehat, supaya tetap bisa bloging, writing, posting, walking, praying, eating, singing, and ngisssssing, ops…sory…””

    BalasHapus
  17. saya seneng jadi perempuan
    hihihi...

    BalasHapus
  18. salam sejahtera
    ketinggalan dua tulisan lagi
    jadi inti dari tulisan ini adalah bagaimana seorang laki-laki dalam bersikap.
    karena saya seorang laki-laki saya mendapat pencerahan dari tulisan ini thanks
    salam sejahtera

    BalasHapus
  19. untung saya perempuan... hehehhehe

    BalasHapus
  20. saya setuju bang..apalagi yang selingkuh itu kodrat..he..he..he..becanda bang..laki-laki memang pemimpin kaum wanita ..jadi kodradnya lebih dari wanita...salam persahabtan bang....

    BalasHapus
  21. "Lebih dapat mengedepankan akal dan emosi." Mas, apakah bukan lelaki lebih megedepankan akal sedang wanita lebih mengedepankan emosi?

    BalasHapus
  22. yach lelaki.......begitulah adanya...

    BalasHapus
  23. Lelaki perempuan sama saja; mempunyai kodratnya masing-masing

    BalasHapus
  24. lakui laki dan perempuan sama saja pak... keduanya diciptakan untuk saling melengkapi... tak bijak lah kiranya jika mencari siapa yanglebih baik... kare tanpa keduanya dunia tidak akan menjadi lebih baik... heheheheh

    BalasHapus
  25. Aku copy Bang, penuh makna dan humor juga!

    BalasHapus
  26. salam sejahtera
    salam kenal dari blogger pemula

    BalasHapus
  27. susah amat jadi wanita -__-" cape deeehhh

    BalasHapus
  28. cuma satu pesan hargailah wanitamu

    BalasHapus
  29. hahaha...
    tapi pria bakal paling sedih kalo ditinggal wanita.. kecuali dia calabai or homo xixi...

    BalasHapus
  30. hahaha, mas artikelnya keren2, lo buat saya mah wanita ma pria sama ja, yang bedain posisinya...
    weiiiitz, maksudnya pria itu di takdirkan menjadi kepala keluarga. haram hukumnya jika pria tidak bisa melindungi wanita/ keluarganya,
    heheheheh^_^.
    ga pengen seh bedain pria ma wanita. cuz sama sama manusia.

    oh ia mas, weblog saya www.mobipress8.tk itu mencoba untuk menampilakan link download gratis. Tapi saya lagi pengen banget punya blog yang khusus membahas soal desain,emang seh artikelnya baru satu aja, hehehehe tentang shortcut tersembunyi di photoshop CS. mampir ke blog saya yang baru saya buat hari ini ya mas,
    cahyo, sukses selalu

    BalasHapus
  31. wakh aku gag bisa ngoment apa apa nih, yang pasti laki-laki ya laki-laki gag mungkin berubah mas, waduh...nyambung gag yah

    BalasHapus
  32. Mas, mampir lagi. Ada award buat mas Setiawan. Ambil di Curhat Fanda ya...

    BalasHapus
  33. Ibuku adalah seorang wanita dan isteriku adalah seorang wanita, tanpa mereka aku tidak setegar ini! Mereka wanita-wanita hebat tanpa keluh kesah mengerjakan tanggungjawabnya dan yang bukan menjadi tanggung jawabnya!

    BalasHapus
  34. walopun susah jadi cewek/ ibu..tapi ya mau gimaan lagiii...lahirnya udah jadi cewekk..

    solusinya..nikmatin ajah semua..

    dan aku suka renungannya yg terakhir pak..mantaff banget..^_^

    BalasHapus
  35. Bang iwan.......ini blog baru saya bang....saya udah linkback n follow....trims....aditya.....

    BalasHapus
  36. mantaap.. salam kenal yah.. ^^

    BalasHapus
  37. lalki-laki emang beda,banyak kelebihannya

    BalasHapus
  38. Apapun itu, aku bangga menjadi perempuan kok Bang... Walau aku sadari kelemahan dan kelebihan seorang perempuan, tak membuatku menyesali takdirku hehehe

    BalasHapus
  39. Sduah lama tak baca tulisan-2 Bang Iwan, jadi kangen nih...
    Aku seneng sekali akhirnya bs mampir lagi kemari... setelah sekian lama terbelenggu dg kesibukanku sendiri...

    BalasHapus
  40. lelaki punya tipe yang masing masing berbeda.. namun artikel ini menggugah selera saya..

    haduh..selera apa ini ?? hahaha

    BalasHapus
  41. lelaki ditakdirkan menjadi imam dan pemimpin,sungguh luar biasa ! tapi wanita yang melahirkan para pemimpin...air susunya mengalirkan kasih sayang yg akan membentuk anak manusia.

    hihihi,sok tau ya mas...

    BalasHapus
  42. hihi... apapun, sayah tetap bersyukur jadi perempuan, bbuanyak keistimewaan di sisi-Nya. utamanya para Ibu..

    eniwei, lucu, bikin ketawa :D

    BalasHapus
  43. tulisan ini

    Meja kerja laki-laki berantakan
    Kata Orang (KO) : Dia memang pekerja keras
    Meja kerja perempuan berantakan
    KO : Cewek apa'an tuh? Ngrapiin meja aja nggak becus..

    Laki-laki bekerja menikah
    KO : Dia pasti akan bekerja lebih baik karena hidupnya bakalan lebih teratur
    Perempuan bekerja menikah
    KO : Deeuuuuuu...paling entar habis hamil juga keluar dia..

    Laki-laki ngobrol saat jam kerja
    KO : Kalau udah ngomongin bisnis, lupa lunch.
    Perempuan ngobrol saat jam kerja
    KO : Dasar tukang ngrumpi !!!

    Laki-laki nggak ada di meja kerja
    KO : Sedang tugas luar
    Perempuan nggak ada di meja kerja
    KO : Jangan2 ngluyur ke mall

    Laki-laki keluar dapet pekerjaan baru
    KO : Emang pintar cari prospek dia...
    Perempuan keluar dapet pekerjaan baru
    KO : Emang perempuan nggak bisa dipercaya

    Foto keluarga di meja laki-laki
    KO : Hem...bapak teladan and setia
    Foto keluarga di meja perempuan
    KO : Ah dia sich emang mentingin keluarga daripada kerjaan...

    Laki-laki selingkuh
    KO : Memang kodratnya...
    Perempuan selingkuh
    KO : Idiiiihhhh amit-amit..

    Laki-laki bujang usia tiga lima
    KO : Matang..
    Perempuan bujang usia tiga lima
    KO : Perawan Tua

    Laki-laki banyak teman lawan jenis
    KO : Pasti humoris, enak diajak ngomong, pantes diajak jalan..
    Perempuan banyak teman lawan jenis
    KO : Piala bergilir ...

    Laki-laki dapat promosi jabatan
    KO : Emang kalo' prestasi bagus rejeki nggak kemana
    Perempuan dapat promosi jabatan
    KO : Ssstt..Boss ada mau tuh.

    Laki-laki kepala botak
    KO : Lambang bonafide and matang.
    Perempuan kepala botak
    KO : ... baru kena tipes.

    aq pernah baca tapi d mana y lupa..... tetettt..... y d sini tempatnya..... wah mantab sob..... izin save buat baca2 d rumah

    BalasHapus
  44. No Comment deh kak...
    Kayaknya semua benar.
    Tidak ada salahnya lelaki lebih maju dari wanita.
    itu sudah kodrat.

    BalasHapus
  45. Tapi emansipasi wanita sudah merata di segala bidang.
    walau wanita tetap harus memenuhi kodratnya.

    BalasHapus
  46. Aduuuh bagaimana nih kak...
    aku mau ngejar komentar yang jauh ketinggalan.

    Bisa nggak ya?
    Katena aku wanita yang ingin jadi top komentar,
    he he

    BalasHapus
  47. gak akn selamany stereotipe ini akn menempel pada lelaki.. :)

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger