Home » , , , » MISTERI RINJANI PROMOSI WISATA LOMBOK

MISTERI RINJANI PROMOSI WISATA LOMBOK

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Maret 19, 2010 | 3/19/2010


Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Rinjani memiliki panaroma yang terbilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus. Beruntung akhir Juli ini, angin masih cukup lemah dan cuaca cukup cerah, sehingga pendakian ke puncak bisa dilakukan kapan saja.

Gunung Rinjani hanya merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang terdapat di Pulau Lombok.

Salah satu upaya untuk mempromosikan wisata di Pulau Lombok ini, maka pada hari Rabu kemarin (17/03/2010) diadakan hajatan dan pemotongan tumpeng sebagai awal dimulainya pengambilan gambar sebuah Film Kolosal MISTERI RINJANI.

Tidak tangung-tanggung Dua bupati di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Bupati Lombok Barat H Zaini Arony dan Bupati Lombok Tengah H. Lalu Wiratmadja turut membintangi film kolosal MISTERI RINJANI yang diangkat dari legenda Dewi Anjani.

Produser film kolosal MISTERI RINJANI, I Made Diata kepada wartawan pada acara pemotongan tumpeng sebagai tanda dimulainya syuting perdana di Giri Menang, Lombok Barat, Rabu (17/03/2010), mengatakan dalam film kolosal pertama yang dibuat di Lombok itu Zaini Arony berperan sebagai Raja Argapura, sedangkan Lalu Wiratmadja menjadi Raja Mekkah.

Film besutan sutradara Steven dan Teddy Lau itu juga dibintangi sejumlah bintang sinetron ternama, antara lain Tessa Kaunang yang berperan sebagai permaisuri Raja Argapura (Zaini Arony) dan Gilbert Marciano berperan sebagai Raden Repatmaja (putra mahkota Kerajaan Mekkah (Lalu Wiratmadja).

Sedangkan Dewi Anjani (putri Raja Argapura) diperankan oleh Baiq Ririn Fitriana dan raja jin diperankan oleh I Wayan Gredeg, keduanya merupakan artis lokal.

Syuting perdana film kolosal MISTERI RINJANI khususnya untuk pengambilan gambar Raja Argapura (Zaini Arony) dilaksanakan Rabu (17/3) di `bencingah` Kabupaten Lombok Barat yang disulap menjadi Istana Kerajaan Argapura.

Menurut Diata pembuatan film kolosal MISTERI RINJANI sebagian besar mengambil lokasi syuting di Kabupaten Lombok Barat, antara lain di Gunung Pengsong, gua lembah Sempaga, bendungan Sedau, Gunung Jae di Kecamatan Narmada, Taman Naramada, hutan wisata Suranadi, kawasan wisata Senggigi dan taman Mayura.

Selain itu syuting juga dilakukan di Sade (kampung tradisional Sasak) dan pantai Kuta di Lombok Tengah.

Sutradara Teddy Lau mengatakan film kolosan MISTERI RINJANI diangkat dari legenda Ratu Jin Dewi Anjani yang dikenal sebagai sosok pembasmi kebatilan dan kejahatan di Gumi Sasak.
"Karena kelembutannya, putri Raja Argapura Dewi Anjani diangkat menjadi raja oleh mahluk gaib," katanya.

Film kolosal yang diperkirakan menelan dana sekitar Rp1,4 miliar ini akan memakan waktu syuting selama sebulan.

Diata mengatakan film ini didukung oleh sedikit-dikitnya 128 pemeran pembantu dan figuran yang seluruhnya merupakan masyarakat lokal.

Semoga saja Film seperti ini dapat sukses meraup penonton sehingga nantinya akan bermunculan film2 kolosal lain yang juga dapat mempromosikan ribuan obyek wisata yang tersebar di negeri Zamrud Khatulistiwa ini.

Share this article :

74 comments:

  1. Woow.. kapan ni bg.. kita Mendaki bareng Gunung Rinjani??? gmn klu kita para Blogger buat acara 17an di Puncak Rinjani???
    Mohon dukungannya dalam rangka seorang nubie belajar ikutan kontes Seo --> NegeriAds.com Solusi Berpromosi. Salam Bertuah

    BalasHapus
  2. Wahhh... jadi pengen ke lombok nich...

    BalasHapus
  3. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Gunung Rinjani adalah salah satu gunung terunik di Indonesia. Seperti biasa, yang unik2 biasanya lekat dengan aroma mistik.
    Moga film ini mampu semakin mengangkat pamor Gunung Rinjani dan memacu para produser untuk membuat film2 sejenis ketimbang film2 yang bikin 'gerah'

    BalasHapus
  4. pasti indah panoramanya , kapan ya aku bisa mendaki gunung

    BalasHapus
  5. Info yg menarik seperti biasa bang.

    * Maaf baru mampir lagi, pagi2 bw mumpung inet lancar bang.

    BalasHapus
  6. Subhanallah! Pemandangan yang indah!

    BalasHapus
  7. Misteri Rinjani dibuat film kolosal, bakal menarik kita bisa melihat budaya setempat secara utuh!

    BalasHapus
  8. Idenya cemerlang, dengan lihat film ini orang bakal tertarik akan keindahan gunung rinjani dan tentunya akan berkunjung!

    BalasHapus
  9. promosi yang kreatif.. hehe..

    BalasHapus
  10. pemandangan disana memang indah ya pa jadi inigin berkujung terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  11. pertama makasi dulu bang atas kunjungannya kemarin di blog saya: http://separonyolong.blogspot.com/2010/03/kangen-adik-dan-kampung.html.
    sering kangen kampung juga ya bang? hehe

    hm..untuk artikel kali ini. Senang ada yang buat film beda. Gag cuma pilm horor nakal.bosen

    BalasHapus
  12. wah, rinjaniku....ku tunggu filmmu...

    BalasHapus
  13. sumpah.....dulu sampai detik ini masih ada keinginan buat ke Rinjani! hiks...sayanngya belum keturutan Pinggggiinnnnnnnnnnnnnnn

    BalasHapus
  14. Wah kalau sampai bupatinya ikut jadi pemain pasti yg nonton mbludak tuh... n pasti ada surat himbauan pada setiap kepala desa utk ngerahkan warganya.. siip strategi pemasaran yg patut diacungi jempol..

    BalasHapus
  15. Kayaknya ceritanya seru nih .. jadi pingin nonton hehe..

    BalasHapus
  16. Nunggu filmnya ah, sambil ngarep moga ada yang ngajakin nonton kalo dah release :-)

    BalasHapus
  17. Film kolosal seperti ini yang aku suka bang.. hehe semacam Saur sepuh lah..

    BalasHapus
  18. Pemeran utamanya kok gak diebutin bang Iwan.. sopo tuh.. hehe

    BalasHapus
  19. semoga film ini membawa warna baru bagi dunia perfilman indonesia.

    BalasHapus
  20. Kisah2 ini akan membawa khasanah baru di dunia film indonesia

    BalasHapus
  21. lombok memang tempat yang menarik ya

    BalasHapus
  22. nah satu lagi obyek wisata yang patut dijadikan unggulan. hebat juga rinjani!
    trims infonya pak :)

    BalasHapus
  23. Salam Takzim
    Kapan ya bisa kesana, adakah komunitas sepeda onthel disana bang agar ada tujuan lain untuk kesana
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  24. bang iwan...
    saya minta royalti, karena daerah saya diekspose.. :D

    hhahahahahahah!!
    makasih lo bang... saya sendiri gak tau kalo ada pilem yang kaya ginian..
    ini pilm layar lebar?


    saya bakal tunggu bang! infonya juga ya.. :)

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum, Subhanallah, indah sekali pemandangannya, jadi pingin kesana, pantaslah difilimkan, karena pesonanya yg luar biasa (Dewi Yana)

    BalasHapus
  26. great. kita butuh film2 kolosal yg semakin meningkatkan kepercayaan diri bangsa.

    ulasan yg informatif pak :)

    salam kenal

    BalasHapus
  27. wah...tapi jauh juga ya..

    msih asri banget ga disana?

    BalasHapus
  28. Subhanallah, benar2 indah dan sempurna ciptaanNYa.
    kapan ya bisa ikut menikmati indahnya gunung rinjani di lombok ?
    salam

    BalasHapus
  29. susah juga pertamax di sini yah.. huhu huhu

    misteri rinjani.. gile sampe bupati ikut main.. bener2 ga tanggung2..

    ehehehe kalo beberapa tahun silam ada film misteri gunung merapi masih inget ga pak iwan? hehehe

    BalasHapus
  30. oh iya pak iwan mampir ke harian aprillins yah.. hehehe

    BalasHapus
  31. Ooo..rinjani itu nama sebuah gunung di lombok ya?saya punya teman dari lombok namanya rinjani.Tapi nggak nyangka kalau nama sebuah gunung.Thanks for sharing...

    BalasHapus
  32. Suatu saat saya akan kesana!

    BalasHapus
  33. Sangat lengkap hatur nuhun

    BalasHapus
  34. Salam hangat Bang
    semoga sehat selalu

    BalasHapus
  35. di Lombok memang sekarang banyk tempat wisata baru...seperti Gili trawangan, dll

    BalasHapus
  36. Wah..kalau lihat fotonya memang kelihatannya indah sekali pemandangan gunung Rinjani itu, untuk filmnya patut diacungi jempol keterlibatan pemdanya dalam hal promosi wisata...

    BalasHapus
  37. jadi pengen jalan jalan kesanaaaaaa
    kapan yaaaah hu hu hu

    nice post!

    BalasHapus
  38. waa bagus dunk untuk orang2 yg gabisa naek gunung kek saya, cukup menikmati keindahannya dari film aja :D

    BalasHapus
  39. film kolosal.. pandi suka.. sarana untuk mengenang sejarah kehebatan para pendahulu negri yang membasmi kebatilan dan menegakan kebenaran..

    BalasHapus
  40. Film seperti ini bisa mendompleng suatu daerah...

    Nice Post...

    BalasHapus
  41. -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

    *******Salam ‘Blog’!!*******
    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    Mba Setyawan.
    Wah, jadi ingin melabuhkan mata menikmati indahnya Rinjuani.
    Semoga filmnya sukses dan bisa menarik hati para penontonnya,,dan mampu memikat hati semua ya.
    BTW, mas Setyawan pernah ke Gn.Rinjani kah???
    Punya foto2nya??Upload oh kapan2 ok..
    Hehehhehehe..
    BTW, sutradara filmya tuh saudaranya aktor china ya???Andy lau??
    Hehehhehehheheh
    Pissssss
    ^___^


    -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

    BalasHapus
  42. tempatnya kaya di atas awan indah bgt

    BalasHapus
  43. OH iya perjalanan Dewi Anjani seperti apa y? Belum dibahas trus hubungannya dengan Gunung Rinjani, apa seperti legenda tangkuban perahu gitu ya? filmnya sendiri mulai kapan tayang di bioskop, udah g sabar nonton?

    BalasHapus
  44. boleh juga tuh bikin film kolosal.karna jarang indonesia bikin film kolosal,mantap dah
    ta dukung biar tambah lagi film kolosal lainnya

    BalasHapus
  45. malam pak. kami berkunjung lagi

    BalasHapus
  46. Wah bagusnya pemandangan dari atas... Dulu waktu ke Lombok kebanyakan ke pantai sih...

    Mas Iwan, maaf ya kalo aku jarang berkunjung akhir2 ini.

    BalasHapus
  47. Duh indahnya panorama Rinjani, Sy paling suka suasana pegunungan dibanding pantai

    BalasHapus
  48. do a roaring trade

    BalasHapus
  49. pengen kesana bang...
    selamat berakhir pekan

    BalasHapus
  50. Ohh, ternyata cerita tentang film ya Bang..?

    BalasHapus
  51. Wisata alam di Indonesia ternyata banyak sekali yang memikat, semoga aku ada kesempatan utk mengunjunginya.

    BalasHapus
  52. bapak sibuk ya? tumben ga update tulisan. Padahal bapak hampir tiap hari posting.

    BalasHapus
  53. wow, bakal ada pilemnya yah?! pilem kolosal gitu lagi, kereeenn... moga sukses deehh... yaahh daripada hantu mulu yang jadi artis, ya ga?! hehehehe.. :p

    BalasHapus
  54. great post

    http://help4pc.blogspot.com/

    BalasHapus
  55. Wah 1,4 Miliar untuk film kolosal? yang bener tuh? apa nggak kedikitan?

    BalasHapus
  56. setuju..., film kolosal yang bagus sambil mengenal tempat2 indah di tanah air.. yang indah ini , siiipp

    BalasHapus
  57. wah film kolosal,....kaya nya seru nih,..apalagi tempat syuting digunung rinjani,..waw bisa jadi amazing,..nih,..

    kang iwan tolong dong link fajarbukan di masukin,..aku udah masukin link akang sejak lama looeeeeeeee

    BalasHapus
  58. Smoga saja film ini menjadi sarana efektif utk mempromosikan wisata lombok. Filmnya sukses, wisata lomboknya smakin OK

    BalasHapus
  59. wisata alam Indonesia memang sangat menjanjikan. oleh karena itu harus pandai pemerintah daerah untuk mengemasnya menjadi objek wisata komersial. dan NTB khususnya Lombok, paling jago dalam menarik investor untuk menciptakan keindahan alam mereka menjadi nilai komersil dari aspek pariwisata

    mampir ke blog kami. link sudah kami pasang, link balik kami tunggu

    BalasHapus
  60. wah belom nyampe ke rinjani
    cuma sampe senggigi dan gili trawangan
    moga pelemnya apik ya bang

    BalasHapus
  61. semoga pilem ini bisa sukses dan masuk nominasi OSCAR minimal

    BalasHapus
  62. harusnya pemerintah lebih concern mempersiapkan LOMBOK sebagai pengganti Bali,.

    soalnya BALI sekarang sudah penuh sesak.
    lombok yang relatif lebih sepi, aku pikir bisa dijadikan tujuan wisata yang tepat bagi mereka yang bosen sama Bali

    BalasHapus
  63. wah, ada film kolosal kah? duh, ga sabar nich. smoga hasil nya memuaskan dan bs menggeser tren film2 skg yg di penuhi dengan aroma s*x dan s***n huhuhu...

    BalasHapus
  64. ke lombok aja saya belum pernah bang..
    semoga rinjani segera terkenal wisatanya

    BalasHapus
  65. akan saya tunggu peluncuran film kolosal ini..
    Btw, pak iwan warga lombok ya?

    BalasHapus
  66. Sekedar informasi buat yang pengen tau tentang Pulau Lombok, Klik aja www.inside-lombok.com

    BalasHapus
  67. gunung rinjani memanng indah..inget waktu pertama naik gunung rinjani.....tapi lombok mengandung pesona tiada tara

    BalasHapus
  68. dimana bisa dapat CD/DVD filmnya... film seperti ini sangat menarik.. bisa menjadi daya tarik objek wisata yg ada diindonesia.

    BalasHapus
  69. Jadi pengen nnton nich . Rinjani memang indah. Brkemah 3 hri 3 mlam.. Dkat pantai danau segara anak sambil mncing wouw... Pokok.a Best deh plenD BIKIN KetaGihan.......

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger