Home » , » PENTINGNYA SEBUAH AMANAH

PENTINGNYA SEBUAH AMANAH

Written By Nur Ulil Amri''s Note on Selasa, Maret 30, 2010 | 3/30/2010

Amanah dalam bahasa Arab berarti memenuhi janji. Amanah diambil dari kata Al-amnu (rasa aman) lawan dari ketakutan. Amanah berarti merasa aman dari pengkhianatan.

Sedangkan secara istilah: Segala sesuatu yang harus dijaga dan ditunaikan, baik itu hak-hak Allah seperti ibadah dan menjauhi maksiat. Maupun hak-hak sesama manusia, seperti menjaga rahasia dan menepati janji.

Ketika seseorang dilahirkan ke dunia ini akan terbentuk suatu pertanggungjawaban dari setiap tubuh manusia. Seperti yang difirmankan oleh Allah SWT pada surat An Nahl:93, “… Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan“. Dari sini saya mulai berpikir akan amanah yang Allah berikan kepada saya. Saya berpikir apakah amanah yang saya jalankan sesuai dengan jalan-Nya?

Allah mewajibkan kita untuk selalu menjaga Amanah. (Annisa 4:58)

Macam-macam amanah :

1. Umur (usia / jatah hidup).
Kita hidup di dunia ini sudah diberikan kesempatan, umur, usia dan jatah hidup oleh Allah SWT. Sudah sewajib nya kita harus menjaga amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Gunakan usia kita untuk hal-hal yang berguna dan bermanfaat untuk diri kita. Gunakan lah banyak kesempatan hidup kita untuk beribadah kepada Allah SWT.

Jangan sia-siakan waktu dan umur kita untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna. Semua yang kita perbuat di dunia ini akan dimintai pertanggungan jawab tidak terkecuali mengenai Umur ini.

2. Kesehatan.
Kesehatan dalam kehidupan kita ini juga merupakan Amanah dari Allah SWT. Kadang-kadang kita ingkar dan lupa akan nikmat kesehatan ini, ketika sehat kita sering kurang mensyukuri kesehatan yang diberikan Allah SWT kepada kita. Malah sering kita tidak memanfaatkan kesehatan kurang maksimal.

Ketika sehat sering kita gunakan waktu dan tubuh kita untuk melakukan perbuatan yang kurang bermanfaat. Atau cenderung untuk keuntungan dunia semata, dan melupakan kepentingan akhirat. Sering juga kita tidak memanfaatkan waktu kita ketika sehat untuk melakukan banyak hal, melainkan menunda-nunda pekerjaan yang sebaiknya dikerjakan ketika kita sehat, sehingga kita tidak bisa melakukan nya ketika sedang sakit.

Ada dua nikmat yang sering kita lupakan. Nikmat kesehatan dan nikmat kesempatan .

3. Ilmu
Ilmu yang kita miliki juga merupakan amanah dari Allah SWT. Karena dengan ilmu juga kita menjadi memiliki derajat yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Manusia lain yang tidak berilmu. Bagaimana anda menggunakan ilmu anda ? Untuk hal-hal kebaikan ataukah untuk hal-hal keburukan. Karena jika anda telah memiliki ilmu hanya dua kemungkinan yang akan dilaksanakan. Anda mengamalkan ilmu anda untuk hal-hal kebaikan / kebajikan bagi Umat Manusia atau hal-hal keburukan, atau tidak anda amalkan sama sekali.

Siapa yang berikhtiar mencari ilmu maka Allah SWT memudahkanbaginya menuju pintu Surga.
Maka banyak-banyaklah mencari ilmu, semangat dan giatlah dalam mencari ilmu. Amalkan ilmu anda untuk kemaslahatan orang banyak.

~~~~oooo~~~~

Tulisan ini juga saya tulis sebagai bentuk menjaga Amanah dari Ayahanda, yang menitip blog ini untuk di update setiap hari selama beliau menyelesaikan tugas penting.

Teramat berat rasanya karena blog saya sendiri sudah tidak terupdate selama beberapa bulan yang disebabkan karena kesibukan sekolah. Saya mohon maaf untuk sahabat semuanya...

Semoga saja apa yang saya tulis diatas dapat berguna bagi kita semuanya terutama sekali untuk diri pribadi saya.



Share this article :

37 comments:

  1. Jadilah pemegang amanah yang sejati!

    BalasHapus
  2. terimakasih ilmunya mbak putri, bapaknya lg sibuk ya? *udh tau nanya*

    BalasHapus
  3. jumap bang Iwan, pa kabarnya bang, baik aja kan semoga sukses selalu dah

    BalasHapus
  4. mantep bang..pagi2 udah dapat ilmu nih
    hehehe
    pa kabar bang??

    BalasHapus
  5. Sahabat Sejati…
    Telah ada 83 komentar pada Kuis Sahabat Sejati, termasuk darimu...
    Terima kasih atas partisipasinya, Sahabat Sejati
    Semata itu semua untuk menjalin persahabatan antara kita
    Semoga berkenan untuk selalu menjadi Sahabat Sejati
    Salam sukses dan terima kasih...

    sedjatee
    http://sedjatee.wordpress.com

    BalasHapus
  6. amiiin..
    sangat berguna mas :)

    BalasHapus
  7. tidak mudah memang menjaga sebuah amanah.
    namun kita tak patut menganggapnya sebagai beban, kerjakan saja dgn riang hati, insyaallah.
    salam

    BalasHapus
  8. semoga aja aq sll bisa mengemban semua amanah itu, amin

    ada post baru d blog aq, jika sempat

    BalasHapus
  9. Jujur saya baru tahu kalau ternyata blog ini bukan blog pribadi Pak Iwan. Sungguh, kalau bukan karena keteguhan memegang amanah, tak mungkin blog ini akan terawat layakya blog pribadi. Semoga senantiasa istiqomah dalam menjaga amanah Pak, amin

    BalasHapus
  10. Amanah membutuhkan orang yang teguh .....

    BalasHapus
  11. Menjaga, menyampaikan, dan memberi amanah adalah hal yang penting dalam hidup..

    BalasHapus
  12. salam sobat
    wah baru tahu bang Setiawan,,,ternyata blognya ini juga sebagai amanah dari Ayahandanya,,
    maaf lama ngga berkunjung .

    BalasHapus
  13. jagalah amanahmu..karena kelak akan dipertanggungjawabkan...

    BalasHapus
  14. pesan sama ayahnya ya putriiii, kalau onta di rumah pakde kesepian ga punya temen balapan. semoga Tugas masa depan ayahnya lencar dan terkendali. salam manis buat putrii malu yang cantik

    BalasHapus
  15. dalam membicaraka masalah amanah kita tidak usah terlalu jauh untuk mengukur seberapa besara amanah pejabat, dll. kita hidup sebagai seorang manusia juga sudah terbebani amanah yang besar. perjalanan hidup kita jugalah harus prosedural. berjalan di atas prosedur kehidupan yang benar, itu juga udah amanah. tangisan kita pertama di dunia, itu udah terbebani amanah. terlalu naif di saat kita selalu mengkoreksi para pejabat kita tapi kita lupa bahwa diri kita juga penggenngam amanah yang harus menuntaskan amanah itu....koreksi diri lebih penting dari sekedar mengoreksi orang lain

    mampir ke blgo kami. link sudah kami pasang, link balik kami tunggu

    BalasHapus
  16. memegang amanah itu emang sulit yaahh, tapi bukan berarti ga bisa... ;)

    BalasHapus
  17. amanah harus di jaga dengan baik

    BalasHapus
  18. Itu memang amanah yang diberikan Tuhan untuk umat manusia...

    Nice info, Gan..!

    BalasHapus
  19. selamat menjalankan amanah yach...

    BalasHapus
  20. Wah semoga saya juga bisa jadi orang yang menjaga amanah2 tersebut....(Umur, kesehatan, Ilmu)...Amin...

    BalasHapus
  21. Amanah memang penting...

    BalasHapus
  22. iya bener banget amanah emang penting :)
    http://empatmimpi.blogspot.com

    BalasHapus
  23. semoga amanahnya bisa tertuntaskan ^^

    semangat ^^

    BalasHapus
  24. memang sangat penting, makanya berat untuk menjaga amanat ya om

    BalasHapus
  25. Ternyata amanah sang ayah telah dijalankan dg sangat baik...! Sang ayah tak salah memilih orang utk pegang amanah nih.

    BalasHapus
  26. Semoga Sang Ayah dapat menjalankan tugas dengan sangat baik.

    BalasHapus
  27. selamat malam, kawan. maaf karena saya sudah lama tak berkunjung.
    have a nice blogging time ya ^_^

    BalasHapus
  28. benar sekali bahwa kita harus memegang amanah !

    BalasHapus
  29. trimakasih atas pencerahannya Bang... amanah... hmmmm...

    BalasHapus
  30. Good article.. Inspiratif, edukatif.. Hidup itu sendiri merupakan amanah dari Allah SWT, termasuk semua anugerah kehidupan dariNya (kesehatan, ilmu dll).. Btw yg nulis postingan ini putranya bang seti@wan dirg@ntara y.. Tulisannya sebagus tulisan ayahandanya ^^

    BalasHapus
  31. Setiap amanah yang baik tentu harus kita laksanakan dengan sebik-baiknya dengan niat untuk ibadah agar mendapat ridho dan barokah dari Allah Swt.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  32. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger