Home » , , » GERHANA VENUS HARI INI

GERHANA VENUS HARI INI

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Mei 16, 2010 | 5/16/2010

GERHANA VENUS
Banyak fenomena astronomi menarik yang terjadi selama dua bulan ini. Setelah beberapa meteor sporadik yang menghantam wilayah Indonesia beberapa waktu lalu, disusul terjadinya puncak hujan meteor Eta Aquarids . Kini langit Indonesia juga dihias oleh munculnya beberapa planet yang cukup terang seperti Venus, Mars dan Saturnus pada sore hari serta kemunculan Jupiter dan Merkurius pada pagi hari.

Satu lagi fenomena astronomi yang sangat menarik yang mungkin hanya bisa kita saksikan sekali selama hidup kita. Ia adalah peristiwa “Gerhana Venus” atau sering disebut sebagai okultasi Venus yaitu fenomena saat planet Venus, benda langit paling terang nomor 3 setelah Matahari dan Bulan dan sering disebut sebagai ‘bintang Kejora” ini akan bermain petak umpet.

Ya, di langit Barat sore hari setelah Matahari terbenam Planet ini tiba-tiba ‘menghilang’ dari pandangan karena bersembunyi di belakang wajah Bulan sabit muda yang sore itu belum genap berumur 3 hari.

Apakah perlu peralatan khusus untuk menyaksikan fenomena ini? Jawabannya tentu tidak, sebab dengan mata telanjang saja kita bisa menyaksikan peristiwa ini dengan baik, sebab planet Venus yang kali ini memiliki magnitude -3,9 cukup terang dilihat langsung dengan mata telanjang. Demikian juga halnya dengan Bulan yang akan menutup Venus. Kali ini Bulan sedang pada fase bulan sabit muda di usianya yang sudah 3 hari dengan iluminasi mencapai 7% akan sangat mudah dilihat setelah Matahari terbenam.

Kita bisa melihatnya Fenomena astronomi ini malam Senin besok secara langsung kalau cuaca cerah," kata Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin dalam pesan singkatnya kepada VIVAnews, Sabtu 15 Mei 2010.

JADWAL TERJADINYA GERHANA VENUS DI BEBERAPA DAERAH.
..

Ba'da (usai) Magrib, kata profesor riset ini, masyarakat bisa mengarahkan tatapannya ke langit bagian barat. Saat itu akan terlihat 'bintang' terang atau bintang kejora. Venus akan terlihat di atas bulan sabit.

Pada masa lampau, gerhana Venus menjadi inspirasi pemuka agama Islam. Mereka menjadikan fenomena alam itu sebagai simbol berupa bulan sabit dan bintang.

Direktur Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, Hakim L. Malasan, mengatakan simbol agama Islam tersebut sebenarnya bulan sabit dan planet Venus, bukan bintang. Kedua benda luar angkasa itu terlihat seperti bersentuhan di langit saat gerhana Venus.

"Lambang seperti di atas kubah masjid itu dari peristiwa gerhana Venus," katanya. Dia menduga, para pemuka Islam ketika itu melihatnya saat memantau hilal, karena gerhana Venus seperti yang akan terjadi petang nanti, muncul saat bulan baru.

Berdasarkan perhitungan para astronom okultasi yang terjadi pada hari ini hanya akan berulang pada tahun 2052 yad. Maka dari itu jangan lewatkan fenomena ini atau anda tidak akan pernah menyaksikannya lagi seumur hidup. Akhirnya kita hanya bisa berharap semoga saat fenomena berlangsung nanti kondisi langit cukup menguntungkan alias cerah. Happy hunting!


Source :
• http://mutoha.blogspot.com/
• http://nasional.vivanews.com/



Share this article :

48 comments:

  1. Sayang sekali, saya nggak ada di dindonesia :( Malaysia ada gak, pak?

    BalasHapus
  2. baru tau lho ada gerhana Venus, thx bang Iwan buat infonya

    BalasHapus
  3. sekali seumur hidup
    kapan terjadi lagi ya?

    BalasHapus
  4. add blog q http://ilham210.blogspot.com

    BalasHapus
  5. wah asik nih... kejadian langka harus lihat, ... thx infonya mas.. jangan kapok mampir blogku ya mas ...

    BalasHapus
  6. sayang aku ga' bZ liat..

    BalasHapus
  7. aku belajar gerhana dulu waktu SMP sekarang dah lupa, keren ^_^

    BalasHapus
  8. Huwaaaa, dari tadi hujan... Berarti gak bisa keliatan dong :(

    BalasHapus
  9. mau lihat ntar achhh ntar malem..thanks infonya Bang iwan

    BalasHapus
  10. liat ah ntar.
    makasi ya pak infonya..;)

    BalasHapus
  11. ternyata ada gerhana venus juga , wah bener gaptek aku ini

    BalasHapus
  12. seandainya bisa kelihatan dengan mata pasti cantik deh

    BalasHapus
  13. berkunjung kerumah Senior, salam 7 taman langit

    BalasHapus
  14. kalo sby ujan kira2 bs keliatan gak ya...?

    BalasHapus
  15. Info yang bagus... Saya akan menunggu Fenomena ini..Thanks atas infonya kang

    BalasHapus
  16. Sayang di Pati turun gerimis tiada henti. Jadi kayaknya gak bisa ikut menikmati fenomena ini, Pak.

    BalasHapus
  17. siap-siap menanti jam 18:49

    BalasHapus
  18. penasaran dengan gerhana venus

    BalasHapus
  19. saat ini saat saya komentar gerhana sedang terjadi
    tapi mendung karena seharian hujan menjadikan bulan enggan terlihat

    BalasHapus
  20. * aLhmdulilah....
    * saia udah Lihat...!!!
    * sangatt indahh d'makassar ...

    BalasHapus
  21. sayangnya saya tidak bisa melihatnya bang

    BalasHapus
  22. sayang ditempat inyong ngga bisa lihat karna turun hujan lebat spanjang sore samapi malam

    BalasHapus
  23. Wah.., sayang sekali dari tadi sore internetku mati.. jadi telat baca info penting ini... :((

    BalasHapus
  24. BAng, aku baru tahu kali ini lho ada gerhana venus, soalnya selama ini yg aku ketahui hanya gerhana matahari dan gerhana bulan saja.
    Thanks banget ya infonya... :D

    BalasHapus
  25. Sayang yah, Jayapura gak masuk.
    HIkz.. :(
    Padahal pengen banget bisa lihat.

    BalasHapus
  26. Kalo orang awam gini, pasti bakalan gak terlalu ngerti yang mana gerhana venus, hihihi...
    Ya..kayak saya ini mas :D

    BalasHapus
  27. duuuh... sejak sore samPai lewat tengah malam ini, hujan gerimis tak jua reda Bang di Surabaya

    BalasHapus
  28. duuuh... sejak sore samPai lewat tengah malam ini, hujan gerimis tak jua reda Bang di Surabaya

    BalasHapus
  29. Subhanallah....
    Saya sempat menyaksikannya semalam.
    makasih banyak yah.

    BalasHapus
  30. info yang bermanfaat
    salam kenal gan

    BalasHapus
  31. subhanallah, demikian ajaibnya fenomena alam di jagat raya ya Bang
    inilah salah satu tanda2 kebesaran Allah swt
    salam

    BalasHapus
  32. makasih bang atas informasinya ...

    BalasHapus
  33. salah satu tanda kebesaran Tuhan ...

    BalasHapus
  34. wajib ditonton, dan wajib dijadiin artikel :D

    BalasHapus
  35. di manado bisa diliat gak ya? mendung sih

    BalasHapus
  36. Saya jadi tahu simbol agama ISlam bulan bintang itu ternyata dari gerhana venus

    Makasih Pak, info yg dahsyat

    BalasHapus
  37. Salam Takzim
    Baru denger nih gerhana Venus, makin maju saja dunia antropologi ya bang
    Jakarta kebagian pas magrib ya bang, wah pertanda apa ya
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  38. venus ini kayanya planet yang paling terang yang aq lihat, kadang aq lihatnya pas shubuh dari sekian banyak bintang yang paling terang adalah venus, katanya sih gt, pokoknya yg g terlihat kelap kelip itunamanya planet

    BalasHapus
  39. gak bisa liat..
    nyeselll....

    BalasHapus
  40. sayang ga liat kmrn..
    kelupaan..wkwk

    BalasHapus
  41. sayang sekali...
    waktu itu disini sedang mendung.
    jadi gak nampak gerhana venusnyaa

    BalasHapus
  42. baru tau bang ada yang namanya gerhana venus. Sayang sekali saya telat baca blognya bang iwan, jadinya gak tau ada gerhana venus, lagipula Surabaya mendung terus bang…menarik juga soal lambang bulan dan bintangnya…kira-kira apa ya maksudnya?

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger