Home » , , , » PANCE PONDAAG MENINGGAL DUNIA

PANCE PONDAAG MENINGGAL DUNIA

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Juni 04, 2010 | 6/04/2010


Hari ini kita kembali mendapatkan sebuah berita duka, terutama rakyat Sulawesi Selatan tentunya. Kita kembali kehilangan seorang Musisi Legendaris Pance F.Pondaag.

Beberapa waktu Sebelum Pance Pondaag Meninggal Dunia, Dia diketahui mengalami penyanyi struk. Bahkan, Penyayi lagu Aku Masih Sendiri ini sampai 9 kali mengalami struk. Pance Pondaag adalah salah satu penyanyi era 1980-an yg sangat terkenal dengan lagu pop mellow sendu. Dengan memiliki Suara yang tinggi melengking membuatnya menjadi sangat terkenal saat itu.

Di era 1980-1990-an lagu-lagu Pance Pondaag sering menghiasi acara Aneka Ria Safari, yang tayang di TVRI. Saat itu TVRI masih menjadi stasiun televisi satu-satunya diIndonesia . Selain lagu-lagunya yang mencetak hits, Pance juga sangat terkenal sebagai musisi yang berhasil menumbuhkan bibit-bibit banyak penyanyi tenar. Contoh salah satunya adalah Dian Pisesha, Maya Rumantir, Hetty Koes Endang dsb.

PROFIL PANCE PONDAAG

Pance Frans Pondaag (lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 18 Februari 1951 – meninggal di Jakarta, 3 Juni 2010 pada umur 59 tahun), seorang penyanyi sekaligus Pencipta lagu yang dikenal dengan suaranya yang khas.

Pada tahun 1980-an Pance mengorbitkan penyanyi-penyanyi seperti Dian Piesesha, Maya Rumantir dan Meriam Bellina. Di rumahnya ia mendirikan studio "Flower Sound". Di tahun 1978 Hetty Koes Endang menyayikan lagu ciptaannya "Lahir Lagi Satu" meraih juara 1 Tingkat Nasional.

Lagu-lagu ciptaannya yang sempat Hits adalah.
  1. Tak Ingin Sendiri dinyanyikan Dian Piesesha
  2. Kucari Jalan Terbaik
  3. Untuk Sebuah Nama dinyanyikan Meriam Bellina
  4. Orang ketiga dinyanyikan Susi Adella
  5. Engkau segalanya bagiku
  6. Kau dan sibuah hati
  7. Mulanya Biasa Saja
  8. Waktu
  9. Dimana aku harus mencari
  10. Symponi Rindu
  11. Disaat kau harus memilih
  12. Mengapa ada dusta
  13. Bukan aku menolakmu
  14. Nostalgia Biru
  15. Jangan pernah kau ragukan dinyanyikan Meriam Bellina
Disamping menciptakan lagu Pop, Pance Pondaag juga banyak merilis Album Rohani serta Album Lagu Bugis.

Berikut Lirik Lagu TAK INGIN SENDIRI, salah satu lagu Ciptaannya yang terkenal.

Aku masih... seperti yang dulu
Menunggunmu sampai akhir hidupku
Kesetiaanku tak luntur
Hati pun rela berkorban
Demi keutuhan kau dan aku

Biarkanlah aku memiliki
Semua cinta yang ada di hatimu
Apa pun kan ku berikan
Cinta dan kerinduan
Untukmu... dambaan hatiku...

Malam ini... tak ingin aku sendiri
Ku cari damai bersama bayanganmu...
Hangat pelukan yang masih kurasa
Kau kasih... kau sayang...

Pance Pondaag, Tak Ingin Sendiri..., Dia kini akan ditemani oleh Sang Khaliq. Semoga Sang legendaris tenang disisi-Nya.

Share this article :

21 comments:

  1. saya belum lahir deh.. saat lagu2 ini booming.

    BalasHapus
  2. Ya, kita kehilangan seorang Musisi Legendaris. Orang-orang kreatif yang selalu berbagi karya. Semoga damai akan ia dapatkan, seperti liriknya...."Ku cari damai bersama bayanganmu"

    BalasHapus
  3. semoga arwah beliau tenang disisiNya

    BalasHapus
  4. numpang lewat mau ke solo

    maaf tidak bisa komen banyak

    BalasHapus
  5. Saya turut berduka cita......semoga diterima disisi Alloh S.W.T.

    Amin..........

    BalasHapus
  6. ih mati kok ngajak ngajak hehe
    aku belum prenah denger lagunya kayanya

    BalasHapus
  7. Wah saya juga turut berduka cita........salam kenal......

    BalasHapus
  8. Nyuh... saya turut berdukacita walau... err... sungguh say ngak kenal siapa beliau ini, tapi saya doakan agar arwahnya senantiasa bersama Sang Khalik. Selamat jalan.

    BalasHapus
  9. Indonesia kehilangan musisi yang hebat. Selamat jalan utk Pance Pondaag. Semoga arwahnya tenang disisiNYA.

    BalasHapus
  10. sebaiknya yang sehat sekarang lebih menjaga kesehatan. sayang kan kalo kesuksesan gag bisa kita nikmati lama-lama hanya karena sakit. rugi dah semuanya

    BalasHapus
  11. turut berduka cita...!
    ibu saya penggemar pance dan saya jadi ikut2n hapal lagunya

    BalasHapus
  12. Turut berduka cita.
    Sempat keget denger kalo beliau meninggal.
    Gak nyangka bener...

    BalasHapus
  13. Indonesia kehilangan lagi salah satu putra terbaiknya.
    Lagu2'nya sampai sekarang masih enak didenger...

    BalasHapus
  14. selamat tinggal buat penyanyi legendaris Indonesia, karyamu akan selalu dikenang

    BalasHapus
  15. semoga amal ibadahnya di terima disisi Tuhan....

    BalasHapus
  16. Kasihan juga ya, 9 kali struk,

    BalasHapus
  17. Selamat jalan Om Pance...Semoga damai bersamaNya..

    BalasHapus
  18. Hari ini aku juga mendengar bahwa Andi Meriem Mattalatta juga meninggal dunia di negeri Belanda.
    makin banyak kita kehilangan artis seniman yg penuh bakat.

    Semoga beliau2 di tempatkan di tempat terbaik disisiNYA,amin
    salam

    BalasHapus
  19. banyak meninggal di bulan juniii :((

    BalasHapus
  20. Wah Indonesia kehilangan musisi terbaiknya..
    Semoga alm pance diterima disisi Tuhan YME.
    amin

    BalasHapus
  21. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

SAATNYA REKENING ANDA BERTAMBAH SECARA OTOMATIS

  1. Terpercaya, baru beberapa hari launching http://goo.gl/q9UZSR sudah mampu membayar membernya hingga jutaan rupiah
  2. Stop frustasi, saatnya jalanin http://goo.gl/q9UZSR kerja online dengan hasil pasti dan bisa dipantau perkembangan komisi setiap detiknya
  3. Bisnis online paling aman dan paling asyikkkk, iya disini http://goo.gl/q9UZSR
  4. Hanya di http://goo.gl/q9UZSR kita akan dibayar hanya dengan mendatangkan pengunjung meski tidak upgrade
  5. Ambil langkah tepat sekarang untuk mewujudkan kebebasan finansial Anda di http://goo.gl/q9UZSR
  6. Jika saat ini Anda masih belum menghasilkan puluhan hingga ratusan ribu rupiah dari internet, saatnya bergabung bersama kami secara gratis di http://goo.gl/q9UZSR
  7. Anda memiliki potensi untuk meraih puluhan juta rupiah dari internet, klik http://goo.gl/q9UZSR untuk bergabung bersama ribuan member kami

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : METROTIK | METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger