Home » , , » Sir Isaac Newton Birthday

Sir Isaac Newton Birthday

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, Januari 04, 2010 | 1/04/2010

google
Melihat buah apel jatuh adalah hal biasa. Tapi hari ini saya melihat buah apel itu jatuh di GOOGLE. yah.... logo Google hari ini kembali berubah. silahkan anda lihat disini

Isaac Newton dilahirkan pada tanggal 4 Januari 1643 [KJ: 25 Desember 1642] di Woolsthorpe-by-Colsterworth, sebuah hamlet (desa) di county Lincolnshire. Pada saat kelahirannya, Inggris masih mengadopsi kalender Julian, sehingga hari kelahirannya dicatat sebagai 25 Desember 1642 pada hari Natal.

Ayahnya yang juga bernama Isaac Newton meninggal tiga bulan sebelum kelahiran Newton. Newton dilahirkan secara prematur; dilaporkan pula ibunya, Hannah Ayscough, pernah berkata bahwa ia dapat muat ke dalam sebuah cangkir (≈ 1,1 liter). Ketika Newton berumur tiga tahun, ibunya menikah kembali dan meninggalkan Newton di bawah asuhan neneknya, Margery Ayscough.

Newton muda tidak menyukai ayah tirinya dan menyimpan rasa benci terhadap ibunya karena menikahi pria tersebut, seperti yang tersingkap dalam pengakuan dosanya: "Threatening my father and mother Smith to burn them and the house over them."


Berdasarkan pernyataan E.T. Bell (1937, Simon and Schuster) dan H. Eves:
Newton memulai sekolah saat tinggal bersama neneknya di desa dan kemudian dikirimkan ke sekolah bahasa di daerah Grantham dimana dia akhirnya menjadi anak terpandai di sekolahnya. Saat bersekolah di Grantham dia tinggal di-kost milik apoteker lokal yang bernama William Clarke. Sebelum meneruskan kuliah di Universitas Cambridge pada usia 19, Newton sempat menjalin kasih dengan adik angkat William Clarke, Anne Storer. Saat Newton memfokuskan dirinya pada pelajaran, kisah cintanya dengan menjadi semakin tidak menentu dan akhirnya Storer menikahi orang lain. Banyak yang menegatakan bahwa dia, Newton, selalu mengenang kisah cintanya walaupun selanjutnya tidak pernah disebutkan Newton memiliki seorang kekasih dan bahkan pernah menikah.

SIR ISAAC NEWTON merupakan salah seorang di antara sedikit ilmuwan yang cukup mempunyai pengaruh di dunia ilmu pengetahuan dunia. Teorinya yang paling dikenal adalah gaya gravitasi. Itu menjadi salah satu penemuan terbesar sepanjang masa.

Penemuan tentang teori gravitasi Newton itu ternyata cukup unik. Yaitu, berawal dari buah apel. Ya, buah tersebut berperan besar dalam sejarah hidup Newton. Bagaimana peran apel membuat Newton menemukan teori gravitasi?

Hal tersebut bermula ketika Newton sedang berjalan-jalan di sebuah kebun dekat rumahnya. Sambil berjalan, dia melihat pohon apel yang cukup rindang untuk istirahat. Muncullah keinginan Newton untuk berteduh dan bersantai di bawah pohon apel itu. Sambil berteduh, Newton mempelajari mengapa bulan bergerak mengelilingi bumi.

Tiba-tiba, sebuah apel jatuh dari atas pohon dan menimpa Newton yang sedang asyik dengan pemikirannya. Hal itu mungkin bakal menjadi peristiwa biasa dan sepele. Tapi, Newton menemukan sesuatu yang lain atas peristiwa tersebut.

Dalam benaknya, Newton tiba-tiba bertanya, "Mengapa apel ini tidak jatuh ke atas atau ke samping saja, tapi malah ke bawah?" Sejenak, kejadian apel yang jatuh menimpanya itu membuat Newton berpikir cukup keras.

Setelah beberapa saat, Newton menemukan sebuah jawaban. Yaitu, adanya sebuah gaya yang menarik apel itu ke bawah. Gaya itu sekarang populer dengan nama gravitasi.

Newton terus mengembangkan penelitian tentang hal tersebut. Akhirnya, pengembangan itu membawa ke sebuah paten hukum gaya berat (gravitasi) Newton (1687). Sebuah hukum yang sampai saat ini tetap diakui masyarakat dunia. Hukum gravitasi tersebut juga menjelaskan bagaimana sebuah planet yang mengorbit bisa memengaruhi bintang induknya.

Temuan Newton tersebut benar-benar menjadi gerbang menuju perkembangan ilmu pengetahuan. Selain menemukan hukum gravitasi, dia merumuskan hukum gerak yang ditemukan Galileo, menemukan hukum kalkulus, teleskop pantul, dan spektrum.

Newton juga begitu ahli di bidang matematika, fisika, astronomi, dan filsafat. Dia juga dianggap sebagai ilmuwan terbesar sepanjang masa. Pada usia 59 tahun, Newton diangkat menjadi presiden Royal Society, lembaga ilmu pengetahuan Inggris yang bertaraf internasional.

Peristiwa "apel jatuh" yang dialami Newton memberikan satu pelajaran moral. Yaitu, hal besar bisa berawal dari hal-hal kecil dan sepele. Jangan pernah meremehkan sesuatu yang terjadi di sekitarmu. Berpikirlah secara ilmiah dan positif. Siapa tahu kamu bakal menjadi ilmuwan berpengaruh seperti Sir Isaac Newton. Who knows?

Sumber tulisan disini



Share this article :

58 comments:

  1. amin..
    mudah2an aja saya dpat sprti Isac Newton..

    BalasHapus
  2. sama kayak Ultah aku ^_^ Om, wahh senengnya, Om ada hadiah buat Om, trimakasih untuk persahabatan ini :)

    BalasHapus
  3. google hebat ulang tahun orang2 penting yang berpengaruh dalam sejarah d rayakan juga

    BalasHapus
  4. Owh....

    mangkanya td aku liat google ada pohon apelnya, ad yg jatuh lg....

    BalasHapus
  5. wah ultah mbah isaac sama kek temenku XD

    BalasHapus
  6. om google logonya memang selalu menyesuaikan yah

    BalasHapus
  7. dan blog ini pasti akan selalu membahas makna logo tersebut

    BalasHapus
  8. makasih selalu membagi informasi secara detail dan rinci

    BalasHapus
  9. lebih keren gini gambar google nya
    sob saya kasih award buat anda semoga berkenan

    BalasHapus
  10. oohh.. 4 januari itu ultahnya Issac Newton yaahh,, google emg selalu update deehh,, kereenn...

    BalasHapus
  11. Google memang memuaskan semua orang dengan kejutan-kejutan kecil dimana didalamnya tersimpan hal-hal yang besar. lho kok kebalik ya, kata Bang Iwan hal besar bisa berawal dari hal-hal kecil dan sepele!

    Trim's ulasannya, tambah deh pengetahuanku!

    BalasHapus
  12. happy birthday to issac newton ^_^
    beliau merupakan seorang ilmuan yang ilmunya mengalir terus dan mempunyai peran penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, yupz seharusnya semua orang dapat menginspirasi beliau yang peduli pada hal kecil dalam hidup dan mampu menjadikan hal kecil itu besar dan berguna... karena tidak ada satupun di dunia ini yang Tuhan ciptakan dengan sia-sia, atau Tuhan izinkan terjadi dengan sia-sia, akan selalu ada hikmah dan ilmu positif yang terkandung dalam setiap hal... mungkin begitu kali yupz bro (bang Setiawan)... linkmu segera saya add bro... check di blogroll yupz... sorry klu ga ke add sebelumnya bro...

    BalasHapus
  13. sebenernya aku cuma mau komentar satu hal.... kenapa ya orang jaman dulu suka namain anaknya dengan nama yang sama... ga takut ketuker ya,,, hehehehehhe

    nice post...

    met taun baru ya...

    BalasHapus
  14. google yg kreatif, ilmuwan yg inspiratif dan pemilik blog yg cpt reflek update info trbaru yg menarik.

    terimksh jwbnx, linkx dah anaa add in my friends list

    BalasHapus
  15. Kalau menurut pendapat lainnya saya pernah dengar

    BUAH JATUH TIDAK JAUH DARI POHONNYA....

    Gak nyambung ya...

    Happy B'day deh buat ilmuan kita...tanpa beliau mungkin perkembangan otak,pikiran dan wawasan tidak sepesat seperti ini.

    BalasHapus
  16. Surprise juga waktu lihat apel jatuh di google, ternyata ultahnya Sir Isaac Newton. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  17. makasih mas, jd nambah wawsan sejarah nih, hehe

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. duh baca ini dari awal ampe akhir.. serasa balik ke SMP lagi... fisika... fisika.. fisika...

    BalasHapus
  20. yg paling aku inget newton ini... adalah saat ulangan, aku nyontek ke temen yg palinngg ganteng hahahaha

    BalasHapus
  21. maaf ya pak guru.. lagi sutris nih saya.. pengen nyepammm xixixi...

    soale inget guru fisika saya yg pelitnya minta ampun wkt SMA, pas sy masuk PTN favorit, baru deh melek tuh... pilikasih huuuhhh... *ngedumel..*

    BalasHapus
  22. setuju dengan moral of story dari kisah newton ini. bahwa kita sebaiknya senantiasa peduli dengan yang apa-apa yang terjadi di sekitar.
    kilasan yang inspiring, pak.

    BalasHapus
  23. hal besar bisa berawal dari hal-hal kecil dan sepele <-- ini benar banget pak Iwan.. dalam programming salah 1 karakter bisa fatal error ehuehueheu..

    oh iya pak iwan.. kok kalo komentar ditempatku selalu masuk ke spam yah..?? apa IPnya salah tuh??

    BalasHapus
  24. Sir Isaac Newton memang jenius. Tidak heran jika Google menjadikan salah satu teorinya menjadi ikon apel di logo.

    BalasHapus
  25. mbah google selalu merubah logo jika mengenang sesuatu yang hebat.

    BalasHapus
  26. APA KABAR SAHABAT BLOGGER? TETAP SEMANGAT DALAM BERKARYA. SALAM SUKSES.
    ~marcel adiguna~

    BalasHapus
  27. wah, bener2 up to date neh Abang... Mantab....

    BalasHapus
  28. seorang Ilmuwan yang hebat :)

    BalasHapus
  29. Seorang pecundang mungkin akan misuh2 saat kepalanya tertimpa apel, dan sepanjang hari curhat ke teman2nya betapa sial hari ini utknya. Tapi seorang pemenang justru memberi sumbangsih yg besar bagi dunia justru karena kejatuhan apel. Btw, kalo kejatuhan durian gimana ya?...

    BalasHapus
  30. keren banget infonya.. pengetahuan mas iwan lengkap banget.. thank 4 sharing :)

    BalasHapus
  31. yup hal yang kecil bisa menjadi besar
    sangat sulit mencari orang seperti Newton saat sekarang ini

    BalasHapus
  32. selamat ultah buat sir isaac ..and nice info bang.......

    BalasHapus
  33. MET TAON BARU PAK..LAMBAT UCAPINNYA.........

    BalasHapus
  34. Hmmm...sepertinya kita memang banyak melupakan hal-hal kecil yang terjadi di sekitar kita. Btw, selamat ulang tahun buat isaac. hehehe

    BalasHapus
  35. Oke,, Semoga kita dapat mengambil hikmah dari Bapak ilmuwan

    BalasHapus
  36. Berkunjung sambil mencari wawasan dan menemukan disini
    Terimakasih

    BalasHapus
  37. Info yang sangat menarik thanks ya sudah share infonya dan semoga kita semua dapat seperti Isac Newton.

    BalasHapus
  38. jadi inget jaman SD pak, belajar gravitasi :)

    BalasHapus
  39. x-change link with my PR3 blog plz :). ur link already on my blogroll, please link back. thanks :)

    BalasHapus
  40. ouwww ternyata tanggal kelahiran penemu gaya gravitasi itu sama loh dengan tanggal lahirnya ponakanq yg petama.

    BalasHapus
  41. tambah juga wawasanku ditempat sahabatku ini,makasih,ditunggu kunjungan baliknya....

    BalasHapus
  42. Sesuatu yang orang lain anggap wajar dan biasa tetapi sebaliknya menumbuhkan rasa keingintahuan yang menggebu dari seorang newton. Keknya inilah yang patut kita teladani

    BalasHapus
  43. Info menarik sobat...
    Selamat ulang tahun aja buat alm Newton. Smoga saja akan lahir Newton2 baru dari Republik ini

    BalasHapus
  44. Hebat emang si Newton ini... makasih pengetahuannya pak guru.. Mantap..!

    BTW, Newton ultahnya bareng dg Inuels ya ?

    BalasHapus
  45. Siip untuk google .. saya suka logo yang ini.. antik... sip juga untuk postingannya

    BalasHapus
  46. Selamat Ulangtahun Mbah Buyut, Moga2 anak2ku nanti bisa menerima dan meneruskan teori2 penemuan mbah buyut untuk menghasilkan hal yang bermanfaat buat seluruh dunia sebagaimana mbah buyutnya . Amin

    BalasHapus
  47. Aga kareba,
    Semoga mengawali tahun 2010 dengan mengenang kembali kelahiran Newton, bisa menjadi inspirasi buat kita semua.

    BalasHapus
  48. wah selamat ulang taun om newton, semoga taun2 kedepan bermunculan newton newton junior yang baru.. amin..

    BalasHapus
  49. ulang tahun orang yang ternama.
    sungguh indahnya jadi orang yang terkenal.
    jasanya yang selalu di kenal.

    BalasHapus
  50. mungkinkah ada newton junior yang akan datang kak?

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger